Baru Bisa Mobil, Lebih Baik Beli Mobil Baru Atau Beli Mobil Bekas?

Lebih baik beli mobil baru atau beli mobil bekas? Apa pertimbangannya?

Menjadi hal wajar ketika seseorang mulai bisa mengendarai mobil, orang tersebut akan berkeinginan untuk memiliki mobil sendiri. Apakah Anda merasakan hal yang sama?

Perhatikan 4 hal ini jika Anda ingin membeli mobil pertama Anda.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Tunaiku

 

Keinginan Beli Mobil Baru atau Beli Mobil Bekas Saat Mulai Lancar Mengendarai

Apakah Anda mengalami rasa gatal ingin terus menggunakan mobil ketika Anda mulai lancar mengendarai mobil?

Itu adalah hal yang wajar terjadi. Selanjutnya, akan timbul pemikiran untuk membeli mobil sendiri agar tidak usah rental dan pinjam pada teman atau keluarga.

Ketika Anda mulai lancar mengendarai mobil, biasanya Anda ingin bepergian kemana-mana dengan menggunakan mobil. Mengajak keluarga, teman, atau pacar main. Disitu Anda memperlihatkan kepiawaian dalam mengendarai mobil.

Baru Bisa Mobil, Lebih Baik Beli Mobil Baru Atau Beli Mobil Bekas 02 - Finansialku

[Baca Juga: Beberapa Hal Ini Mempengaruhi Harga Asuransi Mobil Lho]

 

Biasanya setelah lancar mengendarai mobil, Anda akan merasa bahwa memiliki mobil adalah sebuah kebutuhan. Jika Anda memiliki tabungan, tidak ada salahnya jika Anda menginvestasikan tabungan Anda untuk membeli mobil.

Namun untuk Anda yang masih pemula, manakah yang lebih sesuai? Membeli mobil bekas atau mobil baru? Keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Agar tidak bingung memilih untuk membeli mobil baru atau mobil bekas, lebih baik Anda perhatikan hal-hal berikut sebelum memutuskan membeli mobil.

Oh ya, sebelum kita membahas poin pertama, cobalah unduh Aplikasi Finansialku dengan mengklik Banner berikut. Dalam salah satu poin pertimbangan di bawah, akan ada simulasi perhitungan harga mobil di Aplikasi Finansialku.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

4 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil

Sebelum membeli mobil, 4 hal ini akan membantu Anda menentukan untuk membeli mobil baru atau mobil bekas!

 

#1 Sesuaikan Harga Mobil Dengan Keuangan Anda

Seperti yang kita ketahui, harga mobil baru dan mobil bekas memiliki selisih yang cukup lumayan. Untuk membeli mobil baru, biasanya DP yang harus dibayarkan itu sekitar 30% dari harga mobil yang akan Anda beli.

Untuk sebagian orang, DP ini dirasa memberatkan. Disisi lain, DP pembelian mobil bekas biasanya cukup fleksibel. Tergantung bagaimana Anda bernegosiasi dengan pihak dealer atau pihak leasing.

Beberapa Hal Ini Mempengaruhi Harga Asuransi Mobil Lho 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sebelum Ambil Kredit Mobil, Pilih Fitur Mobil Keluarga Berikut Ini]

 

Harga mobil bekas pun lebih murah dibanding dengan harga mobil baru.

Namun, yang menjadi tantangannya adalah Anda harus memiliki pemahaman terhadap kondisi mobil agar Anda tidak perlu mengeluarkan banyak dana untuk reparasi mobil bekas.

Baru atau bekas, tinggal sesuaikan saja dengan kondisi keuangan Anda. Untuk menghitungnya, Anda dapat mengunduh Aplikasi Finansialku, dan membuka fitur “Rencana Keuangan, Dana Membeli Barang”. Berikut adalah Video Tutorial Panduan Menghitung Dana membeli Mobil.

 

#2 Terkadang, Harga Bisa Terkompensasi Dengan Biaya Perawatan

Mobil baru memang lebih mahal, tapi Anda akan memperoleh garansi pembelian plus gratis servis selama beberapa bulan. Selain itu, mobil Anda juga bisa dipastikan belum ada cacat atau rusak sama sekali akibat pemakaian.

Sementara seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, saat Anda memilih mobil bekas, memang harus lebih jeli dalam menggali riwayatnya. Kita tidak tahu apakah mobil tersebut pernah mengalami insiden yang mengakibatkan kerusakan atau tidak.

Bombastis, Parkir Di Jakarta Semakin Mahal. Parkir Mobil Bisa Sampai Rp 50.000 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah Pilih! Inilah Ciri-ciri Perusahaan Asuransi Mobil Dengan Reputasi Terpercaya]

 

Kita juga tidak tahu apakah pemilik sebelumnya merawat mobilnya dengan benar atau tidak. Jangan sampai tergiur harga murah tapi biaya perawatannya jadi melonjak gara-gara mobil sering rewel.

 

#3 Terkadang Mobil Bekas Diuntungkan Dengan Terpasangnya Variasi

Membeli mobil baru tentunya fitur yang Anda dapatkan adalah fitur standar bawaan pabrik. Untuk mengubah atau memberikan variasi agar terlihat ciamik, Anda harus merogoh kocek lagi untuk membeli spare part tambahan dan aksesoris tambahan pada mobil Anda.

Selain itu, ketika membeli mobil baru Anda juga harus menunggu surat-suratnya keluar agar mobil baru Anda benar-benar layak jalan.

Jika digunakan untuk pribadi sih tidak jadi masalah, tapi lain halnya bila mobil Anda akan digunakan untuk keperluan usaha. Tentunya akan sedikit menghambat gerak usaha Anda.

Refinancing Apakah Anda Tahu Strategi Cerdas dalam Melunasi Kredit Mobil 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji Rp3 Juta Mau Beli Mobil? Apakah Bisa? Apakah Benar?]

 

Berbeda dengan mobil baru, ketika Anda membeli mobil bekas tentunya mobil tersebut sudah siap digunakan karena surat-surat kendaraan sudah lengkap. Anda tidak perlu menunggu surat-surat mobil Anda.

Hal ini jelas lebih menguntungkan Anda yang ingin menggunakannya untuk usaha. Jika beruntung, Anda juga bisa mendapatkan fitur tambahan, misalnya velg atau audio system yang lebih bagus dari bawaan pabrik karena dijual sekalian bersama mobilnya.

 

#4 Perhatikan Depresiasi dan Premi Asuransi

Mobil baru biasanya mengalami nilai depresiasi yang lebih tinggi dibandingkan mobil bekas. Ini artinya setelah dipakai selama satu tahun, harga mobil baru akan jatuh jauh lebih rendah ketika Anda memutuskan untuk menjualnya kembali.

Mau Beli Mobil Baru Pahami Dulu Apa Itu Kredit Mobil dan Cara Kerjanya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Mobil Baru? Pahami Dulu Apa Itu Kredit Mobil dan Cara Kerjanya]

 

Sementara, harga jual kembali mobil bekas biasanya tidak terlampau jauh dibandingkan saat Anda membelinya. Apalagi jika Anda pintar memasarkan dan mempresentasikan mobil Anda, bisa jadi harga jual naik karena pembeli terayu oleh Anda.

Tapi, umumnya mobil baru memiliki premi asuransi yang lebih rendah, sementara kita harus membayar premi yang lebih tinggi untuk mobil bekas.

Pos ini biasanya termasuk ke dalam cicilan. Artinya, suku bunga cicilan yang ditawarkan pada mobil baru mungkin lebih rendah dari mobil bekas.

Yuk Daftar Uber Driver
Yuk Daftar Uber Driver

 

Beli Mobil Baru Atau Beli Mobil Bekas?

Nah, setelah mempertimbangkan hal-hal di atas, semoga Anda tidak bingung lagi menentukan untuk beli mobil baru atau beli mobil bekas.

Setiap orang memiliki pemikiran dan kesenangan yang berbeda-beda. Setiap keputusan dan pertimbangan dikembalikan lagi kepada Anda!

 

Yuk, tulis opini Anda di kolom komentar. Menurut Anda, lebih hemat beli mobil baru atau bekas?

Jangan lupa juga share tulisan ini kepada orang-orang terdekat Anda agar bermanfaat, khususnya bagi mereka yang akan membeli mobil.

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • Beli Mobil Bekas Atau Beli Mobil Baru – https://goo.gl/sRkZ4V dan https://goo.gl/S4z6cH

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

By | 2017-12-10T19:08:31+00:00 September 25th, 2017|Categories: Asuransi Kendaraan|Tags: , , , , |0 Comments

About the Author:

Dendy Agustiyan
Dendy Agustiyan, S.I.Kom. Seorang digital marketer yang terus belajar untuk mengembangkan kemampuannya. Memiliki latar belakang pendidikan S1 Ilmu Komunikasi di Fakultas Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Komputer Indonesia. Dengan pengalaman sebagai online marketing dan tele marketing.

Leave A Comment