Gambar Rumah Mewah: Pertimbangkan 5 Hal Berikut Saat Membangun Rumah

Tidak ada salahnya jika Anda menghadiahi diri sendiri dengan rumah mewah dan nyaman. Apalagi jika Anda memang memiliki dana berlebih.

Selain menghadirkan kenyamanan dan juga kebanggaan. Rumah mewah juga bisa menjadi investasi yang menguntungkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Membangun Rumah Mewah

Rumah mewah masa kini biasanya memiliki karakteristik tertentu. Misalnya garis batas yang lurus, proporsi yang seimbang, tata ruang yang terbuka, serta pencahayaan alami yang melimpah.

Karakteristik ini diadaptasi dari gaya arsitektur rumah international style yang berkembang di tahun 1920.

Ciri khas rumah-rumah seperti ini adalah atap yang rendah dan cenderung datar, jendela kaca yang besar-besar, dan terhubung dengan halaman luar.

Selain itu, dindingnya juga dibuat lebih sederhana dan polos sehingga memberikan kesan yang luas, rapi, dan minimalis.

Jika Anda memutuskan untuk membangun rumah dengan gaya mewah minimalis, tidak ada salahnya jika Anda memperhatikan lebih dulu beberapa hal berikut ini:

Gambar Rumah Mewah 02 Rumah 2 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Rumah? Ini Cara Dapat Rumah Tanpa Skema Riba]

 

#1 Lokasi

Sebelum memutuskan untuk membangun rumah, lokasi adalah hal penting yang perlu Anda pertimbangkan.

Misalnya, apakah lokasi rumah tersebut dekat dengan tempat kerja Anda atau tidak, apakah lokasinya cukup strategis, bagaimana aksesnya ke pasar, dan lain sebagainya.

Sebaiknya Anda memilih tempat yang tidak terlalu jauh dengan tempat Anda beraktivitas. Selain memudahkan akses, hal ini juga akan sangat membantu Anda untuk menghemat waktu yang Anda habiskan di jalan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#2 Tukang yang Profesional

Tukang juga menjadi pertimbangan penting yang harus Anda perhatikan sebelum membangun rumah. Pastikan Anda menggunakan jasa tukang yang berpengalaman dan profesional untuk membangun rumah mewah Anda.

Anda bisa mengetahui bagaimana kualitas tukang tersebut dengan menanyakan testimoni dari orang yang pernah menggunakan jasa tukang tersebut sebelumnya, atau Anda juga bisa mewawancarainya secara langsung.

Selain berpengalaman dan profesional, pastikan juga bahwa tukang yang Anda pakai jasanya tersebut memiliki karakter yang jujur dan dapat dipercaya.

Anda juga bisa menggunakan jasa arsitek profesional untuk membantu Anda menerjemahkan keinginan Anda dengan baik.

Jangan sampai Anda memilih tukang bangunan dan arsitek secara asal-asalan, karena hal ini bisa saja menimbulkan kekecewaan di kemudian hari.

Jangan sampai hasilnya tidak memuaskan atau bahkan membuat rumah Anda malah terlihat jelek.

 

#3 Hitung Setiap Detil

Pastikan Anda memperhatikan dan menghitung setiap detil dari rumah Anda, mulai dari keran air di kamar mandi hingga lantai rumah. Hal ini akan membantu Anda memperkirakan biaya yang Anda butuhkan secara rinci.

Jangan sampai nanti Anda malah terkejut karena biaya-biayanya di luar dugaan dan jumlahnya cukup besar.

Akan cukup sulit jika Anda ingin tetap mengacu dan mempertahankan anggaran awal untuk membangun rumah yang mewah. Apalagi jika Anda juga ingin melengkapi seluruh properti di dalamnya sekaligus.

Misalnya kursi, tempat tidur, peralatan elektronik, keran air, dan lain sebagainya. Kecuali jika Anda ingin mengisi rumah tersebut secara bertahap.

Gambar Rumah Mewah 03 Rumah 3 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Rahasia Membersihkan Rumah dan Rapi Tanpa Ribet]

 

#4 Keamanan dan Privasi

Hal lain yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan dan pertimbangkan adalah keamanan dan privasi.

Rumah adalah tempat dimana Anda bisa beristirahat dari rutinitas yang melelahkan, bercengkrama dengan keluarga, juga sebagai tempat untuk berlindung.

Karena itu, keamanan dan privasi adalah hal yang penting dalam membangun rumah. Kebanyakan rumah mewah biasanya berada di kawasan komplek perumahan dan dijaga oleh staf keamanan komplek.

 

Namun jika rumah Anda tidak berada di kawasan komplek perumahan, Anda bisa menambahkan pagar rumah yang dilengkapi dengan sistem pendeteksi gerakan untuk membukanya.

Dan jika Anda memang memiliki anggaran yang cukup, Anda juga bisa mempekerjakan satu atau dua orang satpam pribadi untuk menjaga rumah Anda. Adanya satpam akan membuat Anda merasa lebih aman di rumah Anda.

Selain itu, pastikan Anda memiliki suatu tempat atau ruangan di rumah dengan privasi yang cukup. Ruang ini akan menjadi tempat dimana Anda bisa menyimpan hal-hal yang sifatnya lebih privasi.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Mobil - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#5 Rencana Untuk Dijual Kembali

Tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa depan, termasuk Anda. Karena itu, pastikan Anda selalu memiliki rencana cadangan.

Pertimbangkan bagaimana jika di masa depan Anda perlu pindah dan menjual rumah mewah Anda. Oleh karena itu, pastikan rumah yang Anda bangun memiliki nilai jual.

Anda bisa saja membangun rumah dengan desain yang Anda suka. Tapi akan lebih baik jika Anda tetap menggunakan standar umum desain rumah untuk membangun rumah Anda.

Hal ini akan cukup membantu saat Anda perlu menjual rumah Anda. Desain rumah yang terlalu personal dan terlalu menggambarkan diri Anda memang menarik.

Namun hal ini akan membuat rumah Anda sulit untuk dijual kembali, kecuali pada orang yang memiliki karakteristik mirip dengan Anda.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Rumah Mewah 1 Lantai

Sebuah rumah mewah tidak selalu harus bertingkat. Anda juga bisa membangun rumah satu lantai yang mewah. Ada banyak rumah mewah 1 lantai yang bisa Anda jadikan referensi.

Gambar Rumah Mewah 04 Rumah 4 - Finansialku

[Baca Juga: Membeli Rumah: 5 Kriteria Orang Yang Ditolak Saat Cicilan Kredit Rumah]

 

Rumah mewah satu lantai sangat cocok bagi Anda yang tidak ingin lelah naik turun tangga. Selain itu, desain rumah 1 lantai tanpa tangga juga cukup aman bagi Anda yang memiliki balita.

Gambar Rumah Mewah 05 Rumah 5 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Bisa Hasil Investasi Reksa Dana Dipakai Untuk Dekorasi Taman Rumah?]

 

Sebelum itu, pastikan Anda memiliki ruangan-ruangan yang Anda butuhkan di rumah. Tentu saja selain kamar tidur, ruang tamu, kamar mandi, dan dapur.

Anda bisa menambahkan ruang kerja, ruang bermain anak, gudang, studio pribadi, atau ruangan lainnya yang Anda rasa perlu.

Gambar Rumah Mewah 06 Rumah 6 - Finansialku

[Baca Juga: Trik Ampuh Membeli Rumah Sebelum Menikah, Buktikan Sendiri!]

 

Rumah Mewah 2 Lantai

Anda yang membutuhkan ruangan lebih luas dan ruangan yang lebih baik dapat membangun rumah mewah dengan dua lantai. Selain itu, rumah mewah dua lantai juga memberikan kesan mewah dan dapat menambah gengsi tersendiri.

Gambar Rumah Mewah 07 Rumah 7 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Model Rumah Minimalis 2 Lantai yang Menginspirasi]

 

Saat membangun rumah dua lantai, Anda membutuhkan perhitungan yang tepat, khususnya mengenai tata ruang rumah Anda nantinya. Mana ruangan yang akan ada di lantai satu dan ruangan mana yang akan ada di lantai dua.

Gambar Rumah Mewah 08 Rumah 8 - Finansialku

[Baca Juga: Yuk Intip Model dan Desain Rumah Kolonial Belanda nan Klasik dan Elegan]

 

Banyak referensi denah dan gambar rumah yang bisa Anda jadikan contoh dalam membangun rumah Anda.

Jika Anda merasa kesulitan atau kebingungan dalam membuat denah, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan jasa arsitektur profesional untuk membantu Anda.

Gambar Rumah Mewah 09 Rumah 9 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Jenis Asuransi Rumah Terbaik yang Berlaku di Indonesia]

 

Itulah hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan dalam membangun rumah. Menurut Anda apalagi hal yang perlu dijadikan pertimbangkan dalam membangun rumah?

Tuliskan pendapat Anda di kolom komentar untuk berbagi dengan pembaca lainnya.

Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada keluarga dan kerabat Anda lainnya yang ingin membangun rumah.

 

Sumber Referensi:

  • Rumah Mewah Kekinian Dengan Gaya Modern Minimalis. Arsitag.com – https://goo.gl/CkFwrC

 

Sumber Gambar:

  • Rumah 1 – https://goo.gl/k1a6Kp
  • Rumah 2 – https://goo.gl/Qy1jqX
  • Rumah 3 – https://goo.gl/Qy1jqX
  • Rumah 4 – https://goo.gl/Ce5TXB
  • Rumah 5 – https://goo.gl/wUuVFB
  • Rumah 6 – https://goo.gl/MvQRb3
  • Rumah 7 – https://goo.gl/Ce5TXB
  • Rumah 8 – https://goo.gl/Ce5TXB
  • Rumah 9 – https://goo.gl/Ce5TXB

About the Author:

Ike Nofalia, S.Kom
Ike Nofalia, S.Kom adalah seorang ibu rumah tangga yang saat ini bekerja sebagai penulis freelance. Memiliki background S1 Teknik Informatika, di Universitas Nusantara PGRI Kediri. Sejak tahun 2013 sampai saat ini bekerja sebagai content writer, dan mempunyai pengalaman sebagai admin web, marketing web online, admin sosmed, dan sedang menggeluti bisnis online.

Leave A Comment