Apakah kamu sudah tahu apa itu gaya hidup minimalis? Apakah kamu tahu bahwa gaya minimalis ini bisa membantu kamu untuk mengatur keuangan kamu lebih baik?

Gaya hidup minimalis memang menjadi tren yang sangat digandrungi bagi para milenial. Tahukah kamu kalau dengan memiliki gaya minimalis ini dapat membantu kamu dalam mengatur keuangan yang lebih baik?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Gaya Hidup Minimalis

Gaya hidup minimalis memang menjadi tren yang sangat digandrungi belakangan ini, bagaimana tidak? Tren gaya hidup minimalis ini banyak sekali digemari oleh para selebgram yang sering diikuti oleh para milenial.

Tidak ingin di cap ketinggalan zaman, semakin banyak orang yang menerapkan gaya hidup minimalis dalam kehidupannya.

Sebelum minimalis ini menjadi sebuah gaya hidup, kita pasti mengenal bahwa minimalis ini ditemui pada sebuah dekor rumah.

Ya, betul sekali, minimalis ini lebih akrab di telinga kita sebagai sebuah konsep estetika dalam menata ruangan. Seperti yang sering kita lihat di beberapa toko furniture, banyak sekali furniture yang diperuntukkan untuk konsep rumah ini.

Tetapi, sebenarnya prinsip dari minimalis ini bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satunya ke dalam gaya hidup, minimalis ini dijadikan sebuah landasan mindset atau pola pikir, yang kemudian bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Apakah Mungkin Berpikir Positif Malah Menghancurkan Hidup Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gaya Hidup Mencerminkan Siapakah Diri Anda! Mari Mengatur Gaya Hidup]

 

Sebenarnya, apa sih gaya hidup minimalis itu? Gaya hidup minimalis ini bisa didefinisikan sebagai perlawanan terhadap sifat atau gaya dari konsumerisme yang tanpa disadari masih banyak orang yang sangat konsumtif.

Dengan hadirnya berbagai e-commerce dan juga sale yang bertebaran dimana-mana ini dapat membuat hidup kita menjadi jauh lebih konsumtif. Efeknya, kita sering membeli barang yang bukan kita butuhkan.

Terkadang, barang yang kita beli tidak langsung kita pakai, bukan? Seringnya barang tersebut kita timbun terlebih dahulu, karena ada barang yang sebelumnya dan masih dipakai.

Tanpa disadari, barang yang sudah kita beli dari sale atau promo tersebut ternyata sudah tidak layak pakai atau sudah kedaluwarsa. Sesal pun datang menghampiri.

Selain itu, kasus lainnya, sering sekali barang sale tersebut hanya tergeletak di rumah atau di kamar kita, tanpa pernah kita gunakan sama sekali.

Ujung-ujungnya kalau gak dikasih ke orang lain ya dibuang, karena ya sudah tidak layak pakai.

Hal seperti itu yang sering kita tidak sadari bisa menjadi salah satu penyebab kenapa selama ini kita boros, sulit menabung dan kalau punya resolusi dari tahun ke tahun masih saja sama.

Apakah kamu salah satunya? Apakah kamu menyangkal bahwa barang dari sale selama ini terpakai? Setelah kamu menyangkal, tetapi pada kenyataannya di tabungan kamu masih segitu aja uangnya atau bahkan tidak ada tabungan?

Tenang, kamu tidak berada di posisi yang salah, kita pasti pernah mengalami hal itu semua. Kamu masih punya waktu untuk memperbaiki sifat konsumtif tersebut dengan memulai gaya hidup minimalis.

Selain itu, finansialku pun akan menemani kamu dalam menjalani gaya hidup minimalis. Yuk download Aplikasi Finansialku di bawah ini, kamu tinggal klik link di bawah ini untuk mengunduhnya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Gaya Hidup Minimalis Bisa Bantu Atur Keuangan Kamu Lebih Baik

Jadi, pada dasarnya konsep gaya hidup minimalis ini adalah dengan menghilangkan atau mengurangi terlebih dahulu sifat konsumtif yang dimiliki.

Buat kamu yang ingin memulai untuk memiliki gaya hidup minimalis yang bisa bantu atur keuangan kamu, berikut ini saya akan memberikan tipsnya untuk memulai gaya hidup minimalis:

 

Tips #1 Membeli Barang Saat Barang yang Sudah ada Tidak dapat terpakai

Konsep dari gaya hidup minimalis ini adalah kita membeli sebuah barang, saat barang yang sudah kita miliki memang sudah rusak dan tidak dapat kita gunakan lagi.

Misalnya, kamu mau membeli sebuah kaos warna putih, pastikan kaos yang kamu miliki memang sudah tidak bisa kamu gunakan atau kamu berikan kaos putih kamu ke yang membutuhkan, baru kamu BOLEH membeli kaos warna putih.

Cara Membantu Teman Shopaholic 02 Belanja - Finansialku

[Baca Juga: Hedonisme dan Gaya Hidup Konsumtif yang Dapat Merusak Keuangan Anda]

 

Intinya, saat kamu akan membeli sebuah barang, berarti ada satu barang yang harus kamu buang atau keluarkan dari rumah, kamar maupun lemari kamu. Hal ini mencegah supaya kamu gak boros juga loh.

Dengan cara begini juga, kamu jadi tahu sebenarnya kamu butuh belanja itu apa saja sih yang kamu butuhkan dan kamu pun jadi bisa membedakan kebutuhan dan keinginan kamu dengan tepat.

Jadi, langkah pertama adalah saat kamu akan membeli barang, pastikan barang yang kamu punya ini memang sudah bisa digunakan lagi atau harus kamu keluarkan dari rumah kamu.

Dengan begitu juga, kamu akan semakin mudah membedakan mana kebutuhan dan keinginan. Sehingga, sifat konsumtif kamu pun dapat dikurangi bahkan bisa kamu enyahkan sifat konsumtif tersebut.

 

Tips #2 Buatlah Anggaran Keuangan di Aplikasi Finansialku

Sekarang, kamu jadi tahu kan barang apa yang kamu belanjakan, supaya terdeteksi dan tahu juga apa yang seharusnya kamu beli. Anggaran keuangan ini kamu buatnya gak bisa seminimalis mungkin.

Melainkan, anggaran ini kamu harus buat sejelas mungkin. Kalau memang bulan tersebut, kamu perlu belanja baju, tulis berapa sih budget untuk belanja baju di bulan tersebut.

Jika bulan tersebut, kamu harus belanja skincare atau make up, berapa sih budget yang kamu perlukan.

Definisi Budget atau Anggaran Adalah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hindari! Gaya Hidup Ini Tidak Membuat Milenial Bebas Keuangan]

 

Jangan lupa, dalam membuat anggaran, kamu harus menulis terlebih dahulu pengeluaran yang produktif dibandingkan pengeluaran yang konsumtif.

Pengeluaran produktif ini, kalau di aplikasi adalah pengeluaran yang sudah disimpan di paling awal. Kaya apa sih? Pajak, sedekah/donasi, tabungan/investasi, premi asuransi, cicilan dan utang.

Pengeluaran ini diharapkan akan memberikan manfaat di masa depan tetapi kita keluarkan uangnya sekarang.

Pengeluaran kedua adalah pengeluaran konsumtif yang selalu kita konsumsi sehari-hari, seperti makanan, transportasi, hobi, dan pengeluaran konsumsi lainnya.

 

Tips #3 Catat Yuk!

Setelah kamu mulai mahir membedakan antara kebutuhan dan keinginan, lalu membuat anggaran keuangan. Saatnya kamu mencatat sekarang.

Mencatat apa sih? Mencatat semua pemasukan dan pengeluaran yang masuk maupun keluar baik dari dompet maupun rekening ATM kamu. Jadi keliatan kan, bener gak nih kita bikin anggaran, bener keluarnya segitu.

Dengan adanya catatan keuangan ini, kamu makin dibantu dalam berhemat. Kamu jadi tau apa aja sih penyebab kamu gak bisa nabung dan boros terus. Jadi, masih ogah-ogahan bikin catatan keuangan?

Padahal ini langkah yang mudah loh, terlebih lagi kalau kamu pake aplikasi Finansialku yang bisa kamu bawa kemana aja dan tinggal masukin datanya. Ketauan deh kemana aja sih selama ini uang kamu perginya.

 

Yuk Terapkan Gaya Hidup Minimalis!

Ga ada salahnya kita mulai menerapkan gaya hidup minimalis, selain membuat kita jauh lebih hemat dan mengurangi sifat konsumtif dalam hidup. Ternyata gaya hidup minimalis dapat membantu kita dalam mengatur keuangan.

Selain itu, dengan gaya hidup minimalis ini membawa sebuah dampak positif dalam hidup kita. Belum lagi kalau kamu yang masih bingung gimana caranya ngebedain antara kebutuhan dan keinginan.

Dengan gaya hidup minimalis kamu pasti akan terbantu bagaimana cara membedakannya dan juga, kamu bakal dibantu sama finansialku dalam menerapkan gaya hidup minimalis.

Kalau kamu masih bingung gimana caranya atur keuangan kamu dengan gaya hidup minimalis, kamu bisa baca ebook mengenai perencanaan keuangan untuk usia 20 an di bawah ini.

Kamu cukup klik link di bawah ini, isi formnya dan kamu bisa tahu nih gimana sih caranya mengatur keuangan lanjutan setelah kamu udah mulai disiplin bikin anggaran dan catatan keuangan.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui tips memiliki gaya hidup minimalis yang bisa bantu atur keuangan kamu.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara kamu yang belum mengetahui tips memiliki gaya hidup minimalis yang bisa bantu atur keuangan kamu. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Kania Dekoruma. 30 Januari 2019. Anti ribet! Gaya Hidup Minimalis Bikin Kamu Lebih Happy, Lho! Dekoruma.com – https://bit.ly/2UZFKmK

 

Sumber Gambar:

  • Gaya Hidup Minimalis – http://bit.ly/2Df3Akn