Ketahui 10+ gejala diabetes pada wanita ini, agar kamu dapat mencegahnya!

Pola makan tak teratur dan gaya hidup kurang sehat menjadi salah satu indikasi penyebab diabetes, salah satu penyakit yang cukup banyak merenggut korban jiwa. Simak pembahasan berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Diabetes, ‘Gula’ yang Harus Dihindari

Masih asing dengan istilah diabetes? Kayaknya sih enggak ya, karena diabetes adalah salah satu jenis penyakit cukup familiar yang penderitanya tidak pandang bulu alias bisa orang tua ataupun anak muda.

Penyakit ini menyerang metabolisme dalam tubuh sehingga terjadi gangguan akibat pankreas yang tidak mampu memproduksi insulin secara cukup atau tidak mampu menggunakan insulin yang telah diproduksi secara efektif.

Penyakit Diabetes Melitus Tipe I dan Tipe II 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Penyakit Diabetes Melitus Tipe I dan Tipe II? Apakah Dicover BPJS Kesehatan?]

 

Nah, insulin sendiri adalah hormon yang ada dalam tubuh dan berfungsi untuk mengatur keseimbangan gula darah dalam tubuh.

Ketika tubuh tidak dapat memproduksi insulin secara optimal, maka akan terbebani kadar gula darah yang tinggi (hiperglikemia).

Penumpukan itulah yang tidak terserap dengan baik akan menimbulkan berbagai gangguan pada organ tubuh si penderita.

Lebih berisiko lagi, jika tidak dikontrol dengan baik, penyakit ini dapat mengakibatkan berbagai komplikasi yang membahayakan nyawa penderitanya.

Melansir laman Alodokter.com (Minggu, 30/6/2019), penyakit diabetes atau dikenal dengan istilah penyakit gula, secara umum dibedakan ke dalam dua jenis:

 

#Diabetes Tipe 1

Diabetes Tipe 1 atau dikenal dengan diabetes autoimun terjadi karena sistem kekebalan tubuh penderita menyerang dan menghancurkan sel-sel pankreas yang memproduksi insulin.

Akibatnya, terjadi peningkatan kadar glukosa darah dan berdampak pada kerusakan organ-organ tubuh.

Meski belum diketahui secara pasti apa yang menjadi penyebab autoimun ini, namun salah satu dugaan yang paling kuat adalah faktor genetik penderita dan dipengaruhi juga oleh faktor lingkungan.

 

#Diabetes Tipe 2

Lain dengan diabetes autoimun, maka diabetes tipe 2 ini adalah yang lebih sering terjadi karena 90-95% persen penderita diabetes di dunia menderita diabetes tipe ini.

Penyebabnya adalah sel-sel tubuh yang menjadi kurang sensitif terhadap insulin, sehingga insulin yang dihasilkan tidak dapat dipergunakan dengan baik (resistensi sel tubuh terhadap insulin).

Selain kedua jenis diabetes tersebut, terdapat jenis diabetes khusus pada ibu hamil yang dinamakan diabetes gestasional.

Diabetes pada kehamilan disebabkan oleh perubahan hormon, dan gula darah akan kembali normal setelah ibu hamil menjalani persalinan.

 

Diabetes pada Wanita

Semua orang termasuk kamu tentunya ingin selalu dalam keadaan sehat, tapi yang namanya penyakit tentu tidak dapat kita tolak, hanya saja kita bisa mencegahnya dengan berbagai cara.

Setiap penyakit yang akan menyerang seseorang akan menimbulkan tanda atau gejalanya masing-masing. Tetapi setiap gejala yang muncul pada tiap-tiap orang tidak selalu sama bahkan tidak setiap orang menyadarinya.

Penyakit Diabetes Melitus Tipe I dan Tipe II 06 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Ampuh Menguruskan Badan Paling Mudah dan Alami]

 

Dalam kasus diabetes, penyakit ini mempengaruhi wanita dan pria dengan cara yang berbeda-beda.

So inilah pentingnya untuk menggali informasi sedini mungkin supaya kamu lebih aware dan tahu beberapa gejala khas dari penyakit ini.

Mungkin, kamu pun bertanya-tanya apakah gejala diabetes yang dialami wanita dan pria berbeda?

Nah, jawabannya bahwa berbagai penelitian telah menemukan alasan ternyata gender dapat mempengaruhi diabetes. Perbedaan hormon dan respon peradangan pada wanita yang bekerja secara berbeda dibanding pria.

Wanita akan mengalami gejala yang sama seperti pada pria. Akan tetapi, beberapa gejala unik terjadi pada wanita. Memahami keduanya akan membantu kamu mengidentifikasi diabetes dan melakukan pengobatan dini.

 

10+ Gejala Diabetes pada Wanita yang Mudah Dikenali

Jika kamu merasakan beberapa gejala di bawah ini, ada baiknya segera melakukan pemeriksaan dokter.

 

#1 Infeksi Jamur pada Vagina dan Mulut serta Ruam pada Vagina

Pada wanita, tingkat glukosa yang tinggi dapat menyebabkan infeksi di berbagai bagian tubuh seperti pada mulut berupa sariawan atau infeksi pada vagina.

 

#2 Infeksi Saluran Kencing

Beberapa wanita juga mengeluhkan infeksi saluran kemih yang terjadi akibat ketidakteraturan kadar glukosa tubuh.

 

#3 Disfungsi Seksual

Jika kamu tidak bergairah akhir-akhir ini? Ini bisa menjadi tanda disfungsi seksual terjadi karena timbulnya diabetes.

 

#4 Sindrom Ovarium Polikistik

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS), adalah masalah kesehatan yang kompleks dan terjadi akibat gangguan keseimbangan hormon. So, waspada ya karena ini bisa menjadi indikasi penyakit diabetes.

 

#5 Sering Merasa Haus dan Lapar

Tingginya kadar gula darah bisa membuat kamu merasa lapar dan haus lebih cepat. Khawatir perlu, tapi jangan panik ya karena itulah kamu sebaiknya memeriksakannya ke dokter jika hal ini terus berlanjut.

 

#6 Sering Buang Air Kecil

Tanda klasik dari diabetes dan cukup banyak umum dialami pria dan wanita, sering buang air kecil. Kamu harus memeriksakan diri segera.

 

#7 Berat Badan Naik dan Turun Secara Drastis Tanpa Sebab yang Jelas

Meski keinginan makan dan minum semakin tinggi, penderita diabetes justru akan mengalami penurunan berat badan. Dalam beberapa kasus, penambahan berat badan terjadi.

Tapi jika tidak ada alasan yang jelas untuk variasi berat badan ini, bisa jadi gejala utama diabetes.

 

#8 Lemas, Lelah, dan Tampak Tidak Bersemangat

Kesehatan darah menjadi sumber terpenting dalam tubuh manusia, ketika darah terkontaminasi dengan gula, besar kemungkinan sistem metabolisme tubuh terganggu. Hingga menyebabkan lemas, lelah dan tak bersemangat.

 

#9 Penglihatan Kabur

Kadar glukosa yang semakin meningkat menyebabkan cairan pembuluh darah terbatasi untuk masuk ke mata.

Keadaan yang demikian bahkan bisa membuat lensa mata berubah bentuk. Tetapi ciri yang demikian bisa hilang bila gula darah semakin berkurang dan normal.

 

#10 Luka Susah Sembuh

Penderita diabetes karena kadar gula yang berlebih menyebabkan kekebalan tubuh dan sistem imun menjadi tidak normal. Bila seorang penderita diabetes memiliki luka terbuka, maka akan sangat susah untuk proses penyembuhannya.

 

#11 Mual

Gastroparesis, adalah gangguan pencernaan akibat komplikasi diabetes, hal ini berkaitan dengan pengosongan lambung yang tertunda hingga menyebabkan rasa mual pada penderitanya.

 

#12 Infeksi kulit

Infeksi kulit, ditambah dengan kesemutan di tangan dan kaki juga bisa jadi tanda-tanda diabetes. Perhatikan alarm tubuh yang membuat kamu harus memeriksakan diri ke dokter.

 

#13 Napas Berbau Manis atau Aseton

Adanya infeksi akibat jamur pada mulut penderita diabetes menyebabkan napas berbau manis.

 

#14 Berkurangnya Sensitivitas Rasa pada Kaki dan Tangan

Penjelasan ini berkaitan dengan poin 13, infeksi kulit yang disertai kesemutan pada tangan dan kaki menyebabkan kurangnya sensitivitas rasa indra peraba ini.

 

Diabetes? Cegah dan Hindari Sekarang Juga!

Meski terkenal penyakit ini bisa menurun melalui faktor genetik, namun diabetes sebetulnya bisa dicegah dan dihindari dengan berbagai hal.

Pastinya orang yang memiliki riwayat atau keturunan orang tua penderita diabetes harus menjaga pola makan, menghindari makanan-makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Kamu juga bisa mengurangi konsumsi nasi dan menyantap nasi dalam keadaan dingin, tidak dalam keadaan panas.

Cara lain yang bisa dilakukan yaitu dengan menjaga pola hidup tetap sehat, rutin berolahraga dan memiliki waktu istirahat yang cukup.

Kamu juga harus memiliki dana darurat agar kamu sudah siap menghadapi berbagai keadaan yang tidak terduga dengan keuangan kamu sendiri. Kamu bisa merencanakan dana darurat dengan mudah menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku dapat Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Selain itu, kamu juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan kamu dapat tercapai sesuai rencana.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Semoga artikel ini bermanfaat, mencegah lebih baik daripada mengobati. Jangan lupa share artikel ini sebanyak-banyaknya ya… agar bermanfaat bagi banyak orang! Terima kasih

 

Sumber Referensi:

  • Kevin Sanly. 30 Agustus 2014. Waspadai 8 Gejala Diabetes Melitus. Lifestyle.kompas.com – https://bit.ly/2JoDc9M
  • Fitri Syarifah. 22 Juni 2015. Catat, 10 Gejala Diabetes pada Wanita. Liputan6.com – https://bit.ly/2XjW9zj
  • Marianti. 6 November 2018. Diabetes – Gejala, penyebab dan mengobati. Alodokter.com – https://bit.ly/2Xk9TPN

 

Sumber Gambar:

  • Diabetes – http://bit.ly/2JmtcOA