Gak pede dengan tubuh yang gemuk? Kamu bisa menguruskan badan dengan cara alami dan tentunya tidak menimbulkan efek samping. Simak cara menguruskan badan berikut!

Selamat membaca..

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Menguruskan Badan Impian Setiap Orang

Memiliki tubuh langsing dan ideal sudah menjadi dambaan setiap orang. Dengan berat badan ideal, seseorang akan mendapatkan bentuk tubuh yang ideal pula.

Berat badan kini akan menunjang penampilan bagi siapapun, maka tak jarang orang merasa kurang percaya diri dengan tubuh yang sedikit gemuk.

Sehingga untuk menambah rasa percaya diri, banyak cara yang bisa ditempuh untuk mendapatkan tubuh yang ramping dan ideal.

Banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari obat suplemen pelangsing tubuh hingga dilakukan secara medis.

Namun jika obat-obatan itu dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Kandungan kimia yang terdapat pada obat pelangsing dapat mengganggu fungsi hati dan ginjal.

Cara lainnya bisa dilakukan dengan melakukan olahraga rutin, selain bisa menguruskan badan, dengan olahraga tubuh kita akan menjadi lebih sehat.

Tapi terkadang kita sudah bersusah payah menguruskan badan dengan olahraga namun rasanya untuk turun 1 kg saja sulit. Wajar jika banyak orang mencari berbagai cara menguruskan badan tanpa olahraga.

 

Cara Menguruskan Badan dengan Alami

Ada beberapa alternatif yang bisa membantu menguruskan badan. Berikut ini cara menguruskan badan dengan alami yang bisa diterapkan setiap hari dengan mudah.

 

#1 Konsumsi Banyak Protein

Makanan yang Mengandung Protein 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bye Bye Perut Buncit! Yuk, Bakar Lemak Dengan Olahraga Mengecilkan Perut Ini!]

 

Protein berfungsi untuk meningkatkan perasaan kenyang sehingga dapat membantu mengurangi kalori dalam tubuh.

Menurut penelitian yang dikutip oleh Authority Nutrition, partisipan terbantu untuk memakan 441 lebih sedikit kalori per hari dan dapat menguruskan badan sekitar 4 kg dalam 12 minggu tanpa membatasi apa pun, hanya dengan meningkatkan asupan protein 15-30 persen.

Protein bisa kamu dapatkan dengan mengkonsumsi telur sebagai menu sarapan. Selain itu protein juga dapat ditemukan pada dada ayam, ikan, greek Yogurt, dan kacang almond.

 

#2 Rubah Porsi Makan

TTS 10 Makanan Sahur dan Makanan Buka Puasa yang Harus Kamu Hindari! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Berat Badan Turun 10 kg? Ikuti Dulu Cara Diet Sehat dan Alami Berikut Ini]

 

Jika selama ini kamu memiliki porsi makan yang cukup banyak, mulai saat ini kurangi porsi makan menjadi lebih sedikit. Mungkin akan terasa sulit, namun ketika berhasil, maka kamu akan terbiasa dengan porsi tersebut.

Porsi makan yang besar dapat menimbulkan risiko obesitas. Untuk mengatasi perubahan porsi makan ini kamu bisa menggunakan piring kecil.

Piring kecil akan membuat makanan terlihat lebih besar dan otak pun akan menangkapnya seperti itu.

 

#3 Perbanyak Makanan yang Mengandung Serat

5 Usaha Rumahan Membantu Orang Diet 03 Makanan Sehat - Finansialku

[Baca Juga: Mau Terhindar Penyakit Kritis? Lakukan 5 Gaya Hidup Sehat Ini!]

 

Makanan yang mengandung banyak serat dapat membantu kita merasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Cara ini dapat dikatakan efektif dalam menguruskan badan.

Salah satu jenis serat yaitu serat kental, dapat membentuk gel ketika terjadi kontak dengan air. Gel ini akan meningkatkan waktu untuk menyerap nutrisi dan memperlambat pencernaan, sehingga lambung tidak cepat kosong.

Serat kental ini dapat ditemukan di sereal gandum, sayuran, buah, kacang-kacangan, dan biji rami. Selain itu kamu juga bisa mendapatkannya pada suplemen glucomannan.

 

#4 Perbanyak Minum Air

Cara Ampuh Menguruskan Badan Paling Mudah dan Alaami 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Rekomendasi Olahraga Seru Bagi Para Generasi Milenial]

 

Minumlah air hangat 1-2 gelas di pagi hari. Minum air putih saat pagi hari dipercaya mampu membantu mengaktifkan sistem metabolisme sekaligus mengeliminasi toksin dari dalam tubuh.

Selain itu, dibanding jenis minuman lainnya, air putih juga bebas kalori. Dan karena minum air bisa membantu mengontrol rasa lapar, disarankan minum 1 gelas air beberapa menit sebelum makan untuk mencegah konsumsi berlebihan.

 

#5 Kurangi Garam Berlebihan

Bisa-Irit-Kalau-Tahan-Hal-yang-Membatalkan-Puasa-2-Makan-Finansialku

[Baca Juga: Lakukan Diet Makanan Sehat Agar Biaya Kesehatan Bisa Diminimalisasi]

 

Garam di sini juga meliputi semua snack yang rasanya asin dan tinggi sodium. Biasanya garam dipakai untuk mengawetkan makanan, namun sifat garam juga mengikat air sehingga bisa membuat tubuh tampak lebih besar.

Garam mengandung natrium dan makanan tinggi natrium menyebabkan retensi air dalam tubuh, yang bisa membuat Anda terlihat kembung

Dan karena garam bersifat ‘candu’, maka itu bisa membuat kamu ingin ngemil dan ngemil lebih banyak lagi. Salah satu cara ampuh untuk menghindari garam adalah libur membeli snack kemasan atau makanan olahan.

 

#6 Kurangi Makanan Manis

Anak Susah Makan Ini Caranya Meningkatkan Nafsu Makan 3 Finansialku

[Baca Juga: Mau Sehat? Ada 10 Makanan Diet Murah Meriah]

 

Mengurangi gula adalah salah satu aturan yang wajib diterapkan sebagai cara menguruskan badan.

Bagi kamu yang suka dan hobi makan, mungkin kamu bisa makan makanan manis dengan mengganti gula dengan bahan pemanis alami, contohnya pemanis dari daun stevia.

Tanaman stevia ini merupakan pemanis alami yang bebas gula serta mengandung nol kalori.

Pemanis ini cocok untuk penderita diabetes dan bagi Anda yang sedang diet. Selain itu, daun stevia punya kandungan rasa lebih manis daripada gula, sehingga cocok untuk yang suka makan makanan manis.

 

#7 Olahraga

5+ Rekomendasi Olahraga Seru Bagi Para Generasi Milenial 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Olahraga Atletik Yang Bisa Buat Badan Bugar!]

 

Dari sekian banyak jenis olahraga, lari merupakan salah satu latihan yang bisa diandalkan kalau Anda ingin kurus. Tak cuma membakar kalori, lari juga bisa mengurangi stres dan menekan hormon rasa lapar.

Bila dilakukan dalam jumlah waktu yang sama, lari membakar lebih banyak kalori ketimbang jalan. Para ahli juga percaya bahwa tubuh tetap membakar kalori hingga 2 jam lamanya setelah Anda selesai lari.

Bila tak ada waktu untuk jogging di pagi hari, maka Anda bisa melakukan push up atau squat. Tak hanya baik dalam membakar lemak, baik push up maupun squat, keduanya juga bisa membentuk lengan dan kaki sehingga lebih ramping.

 

#8 Tidur Cukup

Pola Tidur Sehat 01 - Finansialku

[Baca Juga: Suka Begadang? Orang Sukses Tidak Sepelekan Pola Tidur Sehat!]

 

Menurut penelitian dari Columbia University, seseorang yang kurang tidur, atau tidur di bawah 7 jam dalam sehari, lebih sulit menahan keinginan makan.

Pasalnya, ketika kamu begadang dan tidak tidur, tubuh bisa memunculkan hasrat lapar dan keinginan untuk ngemil. Selain itu ada banyak studi juga yang menunjukkan saat merasa lelah, tubuh akan lebih menuntut makan.

Maka, coba atur dan cukupi kebutuhan istirahat tubuh, agar proses menguruskan badan Anda lancar tanpa harus menahan rasa lapar berlebihan.

Oh iya, buat kamu yang mau mengembangkan potensi diri, kamu bisa tonton video dari channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

Haruskah Menguruskan Badan?

Jika alasan menguruskan badan karena ingin hidup yang lebih sehat dan jauh dari penyakit, hal tersebut adalah jawaban paling tepat.

Masalah kepercayaan diri memang merupakan salah satu hal berbahaya, karena kepercayaan diri secara tidak langsung mampu mendorong orang untuk melakukan apapun demi menguruskan badan.

Bahkan tidak sedikit orang yang lebih memilih kelaparan karena melakukan diet ketat. Namun sayangnya, diet yang diterapkan dengan cara yang salah.

Maka dari itu, kamu bisa praktikkan tips alami untuk menguruskan badan seperti yang tertera di atas.

Oh iya, Apakah kamu sudah mengatur keuangan kamu dengan tepat? Tenang, kamu bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca..

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 28 Maret 2019. 16 Cara Menguruskan Berat Badan Yang Sehat dan Alami. Honestdocs.id – http://bit.ly/2IbIF4s
  • Admin. 20 Juli 2018. 10 Cara Menguruskan Berat Badan Tanpa Olahraga. Lifestyle.kompas.com – http://bit.ly/2IaFHNA

 

Sumber Gambar:

  • Menguruskan Badan 1 – http://bit.ly/2F4p3NW
  • Menguruskan Badan 2 – http://bit.ly/2KU28sr