Galau dengan berat badan? Bingung mana cara diet sehat dan alami yang tepat untuk menurunkan berat badan?

Pada kesempatan kali ini, Finansialku akan membahas cara diet yang sehat dan alami. Yuk mari simak bersama.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Berat Badan Ideal

Memiliki berat badan ideal tentu menjadi keinginan setiap orang, tak terkecuali pria ataupun wanita. Tidak hanya untuk tampil lebih keren, berat badan yang ideal juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

Dalam dunia pekerjaan pun, saat ini ada begitu banyak tempat yang menuntut agar karyawannya memiliki berat badan dan bentuk tubuh yang ideal.

Karena itu, tidaklah heran jika banyak orang yang menjadi galau dengan berat badannya dan berniat untuk menjalani program diet. Biasanya seseorang akan melakukan berbagai macam cara untuk menurunkan berat badannya, tanpa benar-benar memperhatikan kesehatan tubuh sendiri.

Namun alih-alih hendak menurunkan berat badan, orang tersebut hanya akan membahayakan kesehatannya sendiri.

Bukan hanya itu, strategi diet yang salah malah hanya akan menjadikan angka timbangan semakin meningkat.

 

Memulai Program Diet yang Sehat

Jika mendengar kata diet, sebagian besar orang akan mengaitkannya dengan usaha seseorang untuk menurunkan berat badan dengan cara mengurangi porsi makan, ataupun dengan mengkonsumsi obat penurun berat badan.

Pengertian yang seperti ini sesungguhnya bisa dikatakan kurang tepat.

Diet sendiri sebenarnya termasuk kata serapan dari bahasa Inggris yang berarti “makanan yang biasa dimakan”, dan juga berakar dari bahasa Yunani Kuno yang mengandung arti “cara hidup”. Karena itu dapatlah disimpulkan bahwa diet merupakan kebiasaan makan yang menjadi gaya hidup.

Mau Berat Badan Turun 10 kg Ikuti Dulu Cara Diet Sehat dan Alami Berikut Ini 21 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Salah! Begini Cara Menjalani Diet Keto dengan Benar]

 

Tujuan diet juga tidak hanya sebatas untuk menurunkan berat badan. Ada juga orang yang menjalani program diet untuk menjaga kesehatan, menjaga kondisi tubuh, dan bahkan juga untuk menaikkan berat badan. Jadi semuanya tergantung tujuan masing-masing orang.

Nah! Bagi Anda yang memang ingin diet untuk menurunkan berat badan, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar tujuan Anda untuk menurunkan berat badan dapat tercapai tanpa membuat kesehatan Anda menjadi terganggu, ataupun membuat perut Anda menjadi tersiksa karena menahan rasa lapar, bahkan sampai menggunakan obat-obat berbahan kimia.

Berikut pembahasannya!

 

#1 Atur Jadwal Makan Anda

Pada umumnya orang yang hendak menurunkan berat badan akan sering melewatkan waktu makannya. Sebenarnya hal ini hanya akan membuat Anda mendapat masalah baru.

Jika Anda sering melewatkan waktu makan, maka penyakit sesungguhnya sedang mengintip Anda. Maag, gula darah yang tidak stabil, dan bahkan rasa stres akan mudah menjangkit Anda. Anda juga tentunya tidak akan dapat bekerja dengan kondisi yang prima.

Untuk itu, jangan sampai Anda menyiksa tubuh dengan melewatkan waktu makan. Anda dapat tetap makan 3×1 hari, namun yang perlu diperhatikan adalah porsi serta menu makanan Anda.

 

#2 Mengontrol Porsi Makanan

Bagi mereka yang biasa dengan porsi makan yang terbilang jumbo, ini mungkin akan menjadi sedikit sulit. Namun jika memiliki keinginan yang kuat untuk menurunkan berat badan, orang tersebut pasti mampu menjalani hal yang satu ini.

Dengan mengontrol porsi makan, bukan berarti Anda harus mengurangi porsi makan Anda secara drastis. Yang terpenting adalah Anda perlu memenuhi zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Jadi, walaupun porsi makan Anda tidak sebanyak sebelumnya, tubuh Anda tidak menjadi lemas akibat kurangnya asupan gizi.

 

#3 Selektif Saat Memilih Jenis Makanan

Jenis makanan Anda juga mempengaruhi dari keberhasilan dari diet yang dijalani. Makan makanan yang banyak mengandung lemak, berminyak, terlalu asin, dan yang manis-manis sebaiknya perlu dikurangi atau bahkan mulai diganti dengan makanan yang lebih sehat.

Ini karena selain mengganggu program diet Anda, makanan yang seperti ini juga termasuk kurang baik bagi kesehatan.

Untuk itu, Anda perlu lebih selektif lagi dalam memilih makanan. Buah-buahan, sayuran hijau, daging tanpa lemak, kacang, ikan dan susu ataupun produk susu yang rendah lemak mungkin sebaiknya masuk dalam daftar menu makan Anda.

Mau Sehat Ada 10 Makanan Diet Murah Meriah - Finansialku

[Baca Juga: Mau Sehat? Ada 10 Makanan Diet Murah Meriah]

 

#4 Mengurangi Konsumsi Garam

Cara yang satu ini mungkin sudah menjadi cara yang paling dipercaya ampuh oleh sebagian besar orang. Ini karena jika Anda mengonsumsi sodium dalam jumlah yang banyak, maka tubuh Anda akan mengalami kesulitan dalam memproses metabolisme lemak.

Mengganti dengan garam laut yang mengandung sodium rendah juga bisa menjadi pilihan terbaik, jika Anda tidak ingin makanan berasa hambar.

 

#5 Jangan Biarkan Tubuh Anda Kekurangan Cairan

Air memiliki peran yang begitu penting bagi tubuh, ini karena tubuh kita sebagian besar adalah cairan. Mengingat fungsinya yang begitu banyak, maka tidaklah heran jika tubuh manusia sangat membutuhkan air, meskipun masing-masing orang memiliki kebutuhan akan air dalam jumlah yang berbeda.

Meminum air dalam jumlah yang cukup banyak, ternyata dapat juga mempengaruhi program diet yang Anda jalani. Sebab jika kebutuhan tubuh akan air tercukupkan, maka rasa lapar cenderung akan berkurang.

Untuk itu sangat disarankan agar Anda selalu memiliki persediaan air untuk diminum, kemana pun Anda pergi. Selalu membawa botol berisi air mungkin dapat menjadi cara yang baik.

 

#6 Selalu Meluangkan Waktu Untuk Berolahraga

Memperhatikan pola makan saja, sebenarnya kurang efisien jika tidak dibarengi dengan rajin berolahraga. Dengan berolahraga, maka kalori yang ada dalam tubuh Anda akan terbakar.

Selain untuk menurunkan berat badan, berolahraga dengan teratur juga akan membuat tubuh Anda lebih sehat, dan postur tubuh Anda juga akan lebih terlihat gagah dan menarik.

Untuk itu, luangkanlah waktu Anda untuk olahraga setidaknya 30 menit dalam sehari.

Tiru 8 Cara Menjadi Pengusaha Sukses yang Berhasil 02 Olahraga Fitness - Finansialku

[Baca Juga: Bye Bye Perut Buncit! Yuk, Bakar Lemak Dengan Olahraga Mengecilkan Perut Ini!]

 

Bagi Anda yang cukup sibuk dalam bekerja dan tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga, ada beberapa jenis olahraga yang dapat Anda lakukan dengan mudah.

Diantaranya:

  • Skipping atau Lompat Tali

Olahraga yang satu ini bisa menjadi pilihan utama bagi Anda yang kesehariannya begitu sibuk. Selain mudah dilakukan, olahraga lompat tali juga tidak membutuhkan tempat khusus, namun dapat dilakukan dimana saja, termasuk didalam rumah. Anda bisa saja melakukannya sewaktu-waktu ketika sedang beristirahat.

Meskipun terlihat sangat mudah, lompat tali sebenarnya cukup efektif juga untuk membakar kalori.

  • Lari Santai

Lari santai atau yang lebih biasa disebut “jogging” termasuk jenis olahraga yang dapat membakar kalori dalam jumlah yang cukup banyak. Selain itu, jogging juga dapat dilakukan disekitar perumahan, ataupun ditempat lain.

Jika Anda merasa bosan dengan olahraga ini, mungkin mengajak pasangan untuk jogging bersama bisa menjadi ide yang baik.

  • Renang

Berenang merupakan olahraga yang sangat menyenangkan maka tidak heran jika banyak orang yang selalu berusaha meluangkan waktu untuk berenang.

Selain murah, olahraga air yang satu ini juga tidak terlalu sukar untuk dilakukan, dan melihat begitu banyaknya kolam renang yang dibuka untuk umum, maka tidaklah susah untuk mencari tempat yang diinginkan.

Nah! selain untuk bersenang-senang, berenang juga ternyata dapat membakar kalori dalam tubuh. Ini karena saat berenang, seluruh tubuh kita akan bergerak aktif.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#7 Jauhi Kebiasaan Hidup yang Tidak Sehat

Kebiasaan hidup kita juga dapat mempengaruhi program diet yang dijalani. Usahakan agar Anda benar-benar jauh dari kebiasaan tidak sehat seperti merokok, minum minuman keras, ataupun begadang.

Alangkah lebih baik jika uang yang digunakan untuk merokok, dialihkan untuk membeli makanan yang sehat dan buah-buahan.

 

Utamakan Kesehatan Anda

Tidak salah jika seseorang melakukan banyak cara untuk menurunkan berat badan dan mendapat bentuk tubuh yang ideal. Namun perlu juga diketahui bahwa kesehatan adalah sesuatu yang paling penting.

Apa gunanya jika memiliki bentuk tubuh yang bagus namun selalu diserang berbagai macam penyakit? Tentunya kita tidak akan dapat menikmati hidup dengan nyaman bukan?

Nah, bagi Anda yang menderita penyakit maag, atau sejenisnya namun tetap ingin menjalani program diet, jangan lupa untuk selalu memperhatikan jadwal makan Anda, meski porsinya diatur.

Karenanya, pastikan Anda benar-benar menggunakan cara yang paling sehat untuk menurunkan berat badan.

 

Bagaimana? Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda? Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman terdekat Anda ya!

 

Sumber Referensi:

  • Risky Candra Swari. 10 April 2019. Cara Diet Sehat Turunkan Berat Badan yang Aman Tanpa Bahayakan Kesehatan. Hellosehat.com – https://bit.ly/2CZ6Lhl
  • Septika Shidqiyyah. 29 Oktober 2018. 8 Cara Diet Sehat Menurunkan Berat Badan yang Baik dan Benar Agar Tidak Membahayakan Tubuh. Liputan6.com – https://bit.ly/2yIvItU

 

Sumber Gambar:

  • Cara Diet Sehat dan Alami 01 – https://bit.ly/2JcokwS
  • Cara Diet Sehat dan Alami 02 – https://bit.ly/2GS7Jf9