Anda selama ini hanya mengenal olahraga renang saja? Ingin mencari sesuatu yang baru dan lebih seru?

Berikut olahraga Air selain renang yang tentunya tidak kalah seru dan menyenangkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Manfaat Olahraga Air

Selain makanan yang sehat dan istirahat yang cukup, ternyata olahraga juga merupakan sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Bagaimana tidak? Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Menjaga tubuh dari penyakit, meningkatkan metabolisme, membakar lemak dan mencegah obesitas merupakan salah satu manfaat berolahraga.

Selain itu olahraga juga terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan psikologis seseorang.

Olahraga juga memiliki berbagai jenis dan cabang, dan didalamnya termasuk juga olahraga air. Sesuai namanya, olah raga air ini tentunya dilakukan di air.

Jika sudah berbicara mengenai olahraga air, umumnya setiap orang akan langsung teringat dengan yang namanya renang.

Yaps! Renang memang salah satu jenis olahraga air yang paling banyak digemari dan tentunya memiliki banyak manfaat, selain itu renang cukup mudah untuk dilakukan dan juga tidak memerlukan peralatan yang khusus.

Namun tahukah Anda, selain renang masih ada begitu banyak jenis olahraga air lainnya yang tentunya sangat menyenangkan dan bahkan sering diperlombakan hingga tingkat nasional dan internasional.

Jika Anda mulai bosan dengan olahraga renang yang hanya seperti itu-itu saja, berikut ini beberapa jenis olahraga air lainnya yang dapat Anda lakukan, baik secara individual maupun berkelompok:

 

#1 Kano

Selain Renang, 10+ Jenis Olahraga Air Ini Sangat Recommended Dilakukan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Olahraga Atletik Yang Bisa Buat Badan Bugar!]

 

Olahraga yang satu ini termasuk kategori olahraga mendayung. Kano atau yang biasanya di Indonesia disebut dengan istilah perahu jukung memiliki bentuk yang cukup unik.

Bagian atasnya terbuka, namun juga bisa diberi penutup jika penggunanya menginginkan. Selain itu, kedua ujung kano berbentuk lancip.

Sebagaimana dengan olahraga dayung lainnya, kano juga menggunakan dayung yang akan digerakkan oleh penggunanya.

Umumnya, dayung yang digunakan untuk olahraga kano biasanya hanya terdiri dari satu blade, ini tentunya dipengaruhi oleh badan kano yang cukup lebar dan berat sehingga susah jika menggunakan jenis dayung double blades.

 

#2 Synchronized Swimming / Renang Indah

Selain Renang, 10+ Jenis Olahraga Air Ini Sangat Recommended Dilakukan 03 - Finansialku

[Baca Juga: Top 10 Kolam Renang Termahal di Dunia! Mana Favoritmu?]

 

Renang indah termasuk olahraga yang sudah cukup lama berkembang, khususnya di daerah Kanada, tepatnya sekitar awal tahun 1900. Namun sampai saat ini, atlet renang indah masih di dominasi oleh wanita. Ini karena renang indah sangat memperhatikan keanggunan.

Renang indah tentunya berbeda dengan olahraga renang biasanya. Selain kekuatan fisik, renang indah juga dipadukan dengan keluwesan.

Ini karena renang indah merupakan perpaduan dari renang, senam dan juga tarian. Karenanya renang indah tentu jauh lebih rumit dari pada renang biasa.

Jadi, bagi Anda yang tertarik dengan olahraga yang satu ini, Anda perlu melatih kelenturan tubuh dan juga kekuatan fisik Anda, termasuk kemampuan aerobik.

 

#3 Polo Air

Selain Renang, 10+ Jenis Olahraga Air Ini Sangat Recommended Dilakukan 04 - Finansialku

[Baca Juga: Bye Bye Perut Buncit! Yuk, Bakar Lemak Dengan Olahraga Mengecilkan Perut Ini!]

 

Polo air termasuk kategori olahraga air yang sudah dipertandingkan dalam Pentas Olahraga Nasional, pertama kalinya yaitu tahun 1948 yang diselenggarakan di kota Solo.

Walau demikian, masih banyak orang yang masih belum mengenal olahraga yang sangat seru ini. Dengan kombinasi dari renang, sepak bola, bola basket dan gulat, polo air dimainkan secara beregu yang terdiri dari 6 pemain ditambah 1 penjaga gawang.

Peraturan dalam olahraga ini juga sebenarnya tidak terlalu sulit. Masing-masing regu harus dapat memasukkan bola ke gawang regu lawan, dan yang memiliki poin terbanyak akan menjadi pemenangnya.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#4 Arung Jeram

Selain Renang, 10+ Jenis Olahraga Air Ini Sangat Recommended Dilakukan 05 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Rekomendasi Olahraga Seru Bagi Para Generasi Milenial]

 

Bagi Anda yang suka dengan olahraga ekstrim dan menantang adrenalin, maka olahraga air yang satu ini sangat cocok  untuk Anda.

Arung jeram atau rafting merupakan kegiatan mengarungi jeram sungai yang sangat menantang dan bahkan bisa terlihat menakutkan dengan menggunakan boat karet dan dayung.

Dalam satu boat, biasanya terdiri dari 4 orang dengan satu pemandu. Dan untuk mengikuti olahraga ini, Anda tentunya harus dalam kondisi yang sehat dan prima.

 

#5 Ski Air

Selain Renang, 10+ Jenis Olahraga Air Ini Sangat Recommended Dilakukan 06 - Finansialku

[Baca Juga: Punya Hobi Olahraga Mahal Seperti Bermain Golf? Wujudkan Tanpa Merusak Keuangan]

 

Masih termasuk olahraga yang menantang nyali, ski air dimainkan dengan menggunakan papan yang kemudian ditarik dengan perahu.

Bagi mereka yang pemula dan masih belum bisa menjaga keseimbangan untuk meluncur dengan papan, maka biasanya akan menggunakan tubing terlebih dahulu untuk melatih keseimbangannya.

Ski salju sudah ada sejak tahun 1922, yang ditemukan oleh Ralph Samuelson bersama saudaranya ketika ia masih berumur 18 tahun.

 

#6 Snorkeling

Selain Renang, 10+ Jenis Olahraga Air Ini Sangat Recommended Dilakukan 08 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Ide Olahraga Saat Puasa yang Tidak Memerlukan Dana Besar]

 

Snorkeling termasuk olahraga menyelam, untuk itu bagi Anda yang ingin mencobanya, pastikan Anda juga dapat berenang. Saat ber-snorkeling, Anda perlu menggunakan beberapa peralatan seperti snorkel, masker, dan jika ingin Anda dapat menggunakan kaki katak agar pergerakan saat didalam air dapat lebih lincah.

 

#7 Flyboard

Selain Renang, 10+ Jenis Olahraga Air Ini Sangat Recommended Dilakukan 07 - Finansialku

[Baca Juga: Jaga Kesehatan dengan 6 Olahraga Irit yang Cocok Dilakukan Saat Puasa!]

 

Flyboard adalah olahraga air yang saat ini cukup nge-trend terutama dikalangan anak muda. Olahraga ini mungkin bisa dibandingkan dengan wakeboard dan olahraga air lainnya yang sejenis.

Flyboard adalah kombinasi dari jet ski, ski air, snowboard, dan acrobatic dive yang pertama kali diperkenalkan oleh Franky Zapata, seorang pria asal Prancis dan merupakan mantan atlet jet ski profesional.

Flyboard terhubung dengan dengan pipa sepanjang 18 meter ke PWC/ personal water craft, dan nozzle yang ada dibawah kaki bisa menerbangkan pengendaranya hingga ketinggian 15 meter.

Untuk dapat menikmati olahraga yang seru satu ini, Anda juga perlu mengeluarkan biaya yang cukup mahal untuk menyewa alatnya. Selain itu, mental juga adalah sesuatu yang perlu disiapkan.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#8 Selam Bebas

Selain Renang, 10+ Jenis Olahraga Air Ini Sangat Recommended Dilakukan 09 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Disiapkan]

 

Selam bebas juga termasuk olahraga air yang dikategorikan sebagai yang cukup ekstrim. Dalam olahraga ini, tanpa menggunakan alat apapun, penyelam mencoba untuk turun hingga kedalaman semaksimal mungkin.

Hingga saat ini, rekor tertinggi dipegang oleh penyelam asal Prancis, Loic Leferme, dengan catatan mencapai hingga kedalaman 171 meter pada 30 Oktober 2004.

Jika Anda tertarik untuk mencoba olahraga ini, maka pastikan Anda berada dalam pengawasan seorang yang profesional, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

#9 Selam Skuba

Selain Renang, 10+ Jenis Olahraga Air Ini Sangat Recommended Dilakukan 10 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Terhindar Penyakit Kritis? Lakukan 5 Gaya Hidup Sehat Ini!]

 

Selam skuba tidak se-ekstrim selam bebas, yang sama sekali tidak menggunakan alat bantu.

Selam skuba menggunakan berbagai alat untuk pernapasan dan penglihatan seperti tabung oksigen, tangki, regulator dan bahkan juga penambah berat badan untuk dapat menyelam hingga kedalaman tertentu.

Jika dilihat dari alat yang digunakan, jelaslah bahwa tujuan selam ini adalah agar penyelam dapat menikmati keindahan alam bawah laut. Selain itu selam skuba juga tergolong lebih aman dilakukan meskipun oleh seorang pemula sekalipun.

Meskipun demikian, Anda tentunya tidak boleh melonggarkan tingkat kewaspadaan Anda saat menyelam, agar Anda dapat menikmati indahnya pesona bawah laut tanpa adanya gangguan.

 

#10 Memancing

Selain Renang, 10+ Jenis Olahraga Air Ini Sangat Recommended Dilakukan 11 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Biaya Kesehatan dan Olahraga yang Harus Selalu Dipersiapkan]

 

Memancing? Ya! Anda tidak salah baca.

Memancing juga termasuk olahraga air yang begitu banyak digemari, walaupun memancing tentunya tidak harus langsung masuk kedalam air sebagaimana halnya berenang ataupun menyelam, namun cukup menggunakan peralatan pancing seperti kail, pemberat, dan peralatan lainnya.

Memancing cukup memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya adalah untuk mengurangi rasa stres dan juga untuk menghilangkan rasa penat dari aktivitas sehari-hari.

 

#11 Surfing

Selain Renang, 10+ Jenis Olahraga Air Ini Sangat Recommended Dilakukan 12 - Finansialku

[Baca Juga: Suka Surfing? Kunjungi 5 Tempat Terbaik Berselancar [Bonus: Daftar Harga Peralatan]]

 

Surfing atau selancar juga termasuk olahraga air yang tidak akan pernah membuat Anda bosan untuk memainkannya. Menari diatas ombak dengan menggunakan sebuah papan selancar tentu memberi sensasi tersendiri bagi setiap peselancar.

Di Indonesia ada begitu banyak spot surfing yang dapat menjadi pilihan Anda, salah satunya adalah pantai Sorake dan Lagundri yang terletak di Nias Selatan, Sumatera Utara.

Kedua spot surfing ini dikenal oleh surfer mancanegara sebagai “The Point” dan “Indicator”. Ketinggian ombaknya yang mencapai 15 kaki juga tentu tidak akan membuat Anda kecewa pernah kesana.

 

Seru dan Bermanfaat

Tidak diragukan lagi jika olahraga air merupakan aktivitas fisik yang sangat menarik dan menyenangkan. Tidak hanya sampai disitu saja, olahraga air juga ternyata memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh dan mental.

Untuk itu, ada baiknya Anda selalu meluangkan waktu untuk selalu berolahraga. Jika bosan dengan jenis yang itu-itu saja, cobalah jenis olahraga air yang mungkin masih belum pernah Anda lakukan.

Yuk! Jaga kesehatan tubuh dan mental dengan rajin berolahraga.

“Mens Sana In Corpore Sano”.

 

Beberapa olahraga diatas tentunya perlu merogoh kocek dalam untuk dilakukan. Jangan khawatir, Anda pasti bisa melakukannya jika Anda dapat merencanakan keuangan Anda dengan baik.

Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

Sumber Referensi:

  • Muhammad Bukhori. 02 Oktober 2017. Pengertian dan Macam-macam Olahraga Air. karyapemuda.com – https://bit.ly/30fjjd7
  • Rita Nora. 18 Agustus 2018. 11 Olahraga Air yang Menyenangkan untuk Dilakukan. olahragapedia.com – https://bit.ly/2W6pnFi
  • Bilares Taborat. 02 Januari 2018. Mengenal Olahraga Flyboard yang Bakal Jadi Trend di 2018. geeq.id – https://bit.ly/2Q5WPXq
  • Dimas Kurnia. 5 Spot Surfing di Indonesia yang Wajib Kamu Coba. tiket.com – https://bit.ly/2DoILA5

 

Sumber Gambar:

  • Olahraga Air 1 – http://bit.ly/2Waav9c
  • Olahraga Air 2 – http://bit.ly/30snTVA
  • Olahraga Air 3 – http://bit.ly/2Eq0fQb
  • Olahraga Air 4 – http://bit.ly/2VIAfd9
  • Olahraga Air 5 – http://bit.ly/2VINudP
  • Olahraga Air 6 – http://bit.ly/2Q9n5Qy
  • Olahraga Air 7 – http://bit.ly/2LNWGcz
  • Olahraga Air 8 – http://bit.ly/30pnyD2
  • Olahraga Air 9 – http://bit.ly/2HAQizN
  • Olahraga Air 10 – http://bit.ly/2HnxK7g
  • Olahraga Air 11 – http://bit.ly/2VF70rI
  • Olahraga Air 12 – http://bit.ly/2HuqfdG