Menjalani puasa di bulan Ramadan bukanlah suatu alasan untuk kita bermalas-malasan, apalagi sampe tidak memperhatikan kesehatan.

6 olahraga irit ini patut dicoba di bulan puasa!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Tetap Jaga Kesehatan di Bulan Ramadan

Tidak ada satu pun ajaran yang menganjurkan kita untuk bermalas-malasan saat berpuasa. Justru bulan Ramadan mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang tangguh dan tetap beraktivitas saat perut lapar, termasuk melakukan olahraga.

Olahraga di bulan puasa, siapa takut? Olahraga saat menjalani puasa sangat dianjurkan untuk tetap menjaga daya tahan tubuh, dengan catatan tidak terlalu berat dan memperhatikan waktunya.

National Fitness Training Manager Fitness First Indonesia dr. Alia Basalamah menuturkan olahraga saat puasa sebaiknya dilakukan sebelum buka atau setelahnya. Tepatnya adalah 30 sampai 60 menit sebelum buka puasa ataupun 60 menit setelah berbuka.

Jaga-Kesehatan-dengan-6-Olahraga-Irit-yang-Cocok-Dilakukan-Saat-Puasa!-2-Finansialku

[Baca Juga: Menuju Ramadan Industri Busana Muslim Alami Lonjakan]

 

Ada juga yang menyarankan sebelum dan sesudah berbuka atau setelah sahur. Khusus untuk setelah sahur tidak disarankan untuk melakukan olahraga berat, karena tujuannya hanya untuk membuat tubuh tetap segar.

Karena olahraga yang dilakukan saat puasa cenderung olahraga ringan, seharusnya biaya pun lebih irit. Mengingat di bulan puasa ini biasanya pengeluaran meningkat dua kali lipat, bahkan lebih.

Buat kamu yang biasa olahraga di gym, main futsal, berenang, atau olahraga lain dengan biaya cukup mahal, ada baiknya berhenti sementara saat bulan puasa. Solusinya kamu bisa melakukan 6 olahraga yang dapat dilakukan saat puasa.

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

6 Olahraga di bulan Ramadan untuk Tetap Sehat dan Hemat!

Puasa tidak bisa menjadi alasan untuk berleha-leha. Hilangkan rasa malas! Yuk coba olahraga di bawah ini, lebih asyik jika dilakukan bareng teman, pasangan, atau keluarga, dan yang pasti olahragnya tetap hemat meski dilakukan di bulan Ramadhan.

 

#1 Jalan Kaki Sambil Menunggu Jam Buka

Jalan kaki terlihat sepele namun nyatanya termasuk dalam bagian olahraga. Khususnya kamu yang dituntut buat seharian duduk karena bekerja, jalan kaki jadi alternatif olahraga paling mudah yang bisa dilakukan.

Di bulan puasa, kamu bisa manfaatkan jam pulang kantor yang lebih awal buat jalan kaki sambul ngabuburit.

Semisal kantor kamu dekat dengan stasiun kereta dan bisa ditempuh dengan jalan kaki sekitar 10 menit, gak ada salahnya buat dilakuin.

Jalan kaki berguna untuk melancarkan sirkulasi darah dan mencegah penyakit jantung. Badan pun terasa bugar, selain itu jalan kaki bisa membakar kalori meskipun tidak terlalu banyak.

Biasanya cuma sekitar 100 kalori hingga 200 kalori per 30 menit.

Jika memang ingin bakar kalori lebih banyak bisa dengan berjalan cepat, semakin berkeringat semakin banyak kalori dalam tubuh terpangkas.

Yang terpenting, selain kalori, tentunya ongkos menuju stasiun pun terpangkas.

 

#2 Jogging di Pagi Hari

Poin pertama adalah olahraga irit yang bisa dilakukan sore hari. Nah, kalau poin ini cocok untuk kamu yang tidak sempat olahraga sore karena jam pulang kerjanya sangat mepet dengan waktu buka puasa.

Kamu bisa melakukan jogging di pagi hari setelah melaksanakan sahur. Bukannya bikin lemas, jogging pagi bisa memberikan efek segar dan bugar, lho.

Jaga-Kesehatan-dengan-6-Olahraga-Irit-yang-Cocok-Dilakukan-Saat-Puasa!-3-Jogging-Finansialku

[Baca Juga: Sudahkah Anda Mengelola Keuangan di Bulan Ramadhan? Ini Dia Caranya!]

 

Tujuan olahraga pagi ini supaya kamu gak cepat lelah apalagi ngantuk pas kerja. Jadinya, kamu tetap bisa beraktivitas dengan lebih bersemangat meski sedang menjalankan ibadah puasa.

Jika berbicara biaya, tentu saja olahraga ini sangat irit. Bagaimana tidak? Kamu cukup berkeliling di sekitaran tempat tinggal kamu, apalagi jika komplek yang ditinggali memiliki fasilitas olahraga, itu lebih enak lagi.

 

#3 Lakukan Pemanasan Ringan

Olahraga satu ini bahkan gak menuntut kamu buat beranjak dari meja kerja kamu!

Meski malas banget, kamu tetap bisa menjaga tubuh lebih sehat ketimbang sama sekali gak olahraga.

Pemanasan bisa kamu lakukan dengan cara push-up, sit-up, ataupun lari di tempat serta gerakan pemanasan lainnya. Kamu bisa searching di tips atau panduan olahraga yang bisa dilakukan di kantor.

Manfaatnya pun bagus banget buat tubuh, yaitu memperlancar peredaran darah, mencegah tubuh jadi kaku, dan melatih otot-otot tubuh.

Yang pasti, olahraga ini sama sekali gak butuh biaya.

 

#4 Skipping atau Lompat Tali

Buat kamu yang berpuasa tapi berat badan makin nambah bukannya turun karena banyaknya ajakan buka bersama dengan tema “all you can eat”,  kamu bisa lakukan olahraga skipping atau lompat tali jelang buka puasa.

Olahraga ini bisa memangkas kalori sebanyak 425 kalori buat cowok dan 375 kalori buat cewek hanya dalam waktu 30 menit aja.

Jaga-Kesehatan-dengan-6-Olahraga-Irit-yang-Cocok-Dilakukan-Saat-Puasa!-4-Lompat-Tali-Finansialku

[Baca Juga: Begini Cara Menabung di Bulan Puasa Hingga 5 Jutaan]

 

Selepas olahraga, kamu bisa langsung buka puasa dengan air mineral deh. Pas banget, ‘kan?

Sekedar informasi, harga tali skipping sangat terjangkau, kok. Kamu cukup merogoh kocek sekitar Rp30 ribuan hingga Rp60 ribuan aja untuk digunakan berkali-kali.

Udah bisa olah raga irit deh!

 

#5 Yoga

Olahraga yoga bisa kamu lakukan setelah sahur maupun sebelum berbuka puasa. Yang pasti pilih gerakan yoga yang ringan biar kamu gak kehausan.

Meski gak mengurangi banyak kalori, olahraga yoga cocok banget buat para pekerja kantor yang dipaksa duduk seharian.

Jaga-Kesehatan-dengan-6-Olahraga-Irit-yang-Cocok-Dilakukan-Saat-Puasa!-5-Yoga-Finansialku

[Baca Juga: Bisa Irit! Kalo Kamu Bisa Tahan dari Hal-hal yang Membatalkan Puasa Berikut Ini!]

 

Kamu bisa hilangkan pegal-pegal dengan olahraga ini. Yoga juga memberikan efek badan yang lebih tenang dan kualitas tidur yang lebih baik.

Yang kamu butuhkan buat yoga cuma matras. Modalnya pun gak gede, kamu cukup sediakan uang Rp100 ribuan aja, dan udah dapat satu matras deh.

 

#6 Naik Turun Tangga

Naik turun tangga, terdengar sedikit aneh dan berisiko. Namun bila kamu lakukan olahraga ini dengan benar, maka kamu bakal mendapat manfaat yang memuaskan.

Buat kamu yang ingin jaga badan pas puasa atau sekaligus menurunkan berat badan, naik turun tangga bisa kamu lakuin selama 10 menit aja.

Lakukan jelang buka puasa sehingga kamu bisa langsung minum sehabis olahraga.

Buat kamu yang kerja di gedung perkantoran, kamu bisa memanfaatkan tangga darurat untuk pergi dari santu lantai ke lantai lain.

Eits, tapi inget ya jangan memaksakan untuk naik turun tangga dengan intensitas tinggi dan rentang waktu yang lama. Karena naik turun tangga rentan bikin kamu dehidrasi.

Alih-alih ingin olah raga hemat saat Ramadan malah jadi batal puasa.

Olahraga yang satu ini tidak membutuhkan biaya sama sekali. Kamu hanya perlu melakukan ini di kantor atau rumah kamu yang memiliki tangga.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Miliki Tubuh Bugar dan Ideal Usai Jalani Puasa

Gimana? Gampang bukan menjaga kesehatan di bulan Ramadan? Jadi, tidak ada lagi alasan bermalas-malasan saat beribadah puasa ya!

Dengan menjaga tubuh tetap sehat dan bugar, kamu tidak perlu takut melar saat Lebaran. Virus pun akan sulit masuk ke tubuhmu!

Nggak mau dong, lagi puasa tapi sakit?

 

Terima kasih sudah membaca artikel ini hingga selesai.

Apakah informasi dalam tulisan ini menambah wawasan dan berguna untuk Anda? Apakah ada teman-teman atau rekan Anda yang membutuhkan informasi ini juga?

Bantu sebarkan artikel ini untuk membantu mereka mendapatkan informasi ini ya.

 

Sumber Referensi:

  • Helda. 20 Mei 2018. Olahraga Saat Puasa yang Gak Ngabisin Duit, Coba Deh 6 Ide Ini. Moneysmart.id – https://goo.gl/GgEw2i

 

Sumber Gambar:

  • Olahraga – https://goo.gl/pKry1o
  • Jogging – https://goo.gl/xwq2fR
  • Lompat Tali – https://goo.gl/7bKvdB
  • Yoga – https://goo.gl/9ffFZA

 

Summary
Jaga Kesehatan dengan 6 Olahraga Irit yang Cocok Dilakukan Saat Puasa!
Article Name
Jaga Kesehatan dengan 6 Olahraga Irit yang Cocok Dilakukan Saat Puasa!
Description
Menjalani puasa di bulan Ramadan bukanlah suatu alasan untuk kita bermalas-malasan, apalagi sampe tidak memperhatikan kesehatan.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo