Sudah tahukah kamu ada setidaknya ada 5 generasi dalam 100 tahun terakhir? Kamu termasuk dalam generasi apa ya?

Ada banyak sekali ciri khas yang membedakan antara kelima generasi tersebut. Dan karakter tersebut juga dipengaruhi adanya perkembangan maupun tren dari masing-masing generasi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Inilah 5 Generasi Berbeda Dalam 100 Tahun Terakhir

Tahukah kamu bahwasannya ada 5 generasi berbeda dalam kurun waktu 100 tahun terakhir?

Manusia tentu saja mengalami evolusi serta perkembangan baik dalam segi fisik, cara berpikir, karakter, kehidupan sosial, dan masih banyak aspek kehidupan lainnya.

Tak terkecuali generasi manusia modern yang hidup dalam kurun waktu 100 tahun terakhir.

Kenali 5 Generasi Baby Boomers, X, Y, Z dan Alpha. Anda Termasuk Yang Mana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Perbedaan Gaya Parenting Milenial dengan Generasi Sebelumnya]

 

Uniknya setiap generasi tersebut memiliki karakter maupun ciri khas yang berbeda yang ter-influence dengan perkembangan serta tren pada zamannya masing-masing.

Tentu hal tersebut menjadikan kehidupan dari spesies Homo Sapiens ini semakin beragam.

Setidaknya ada 5 generasi berbeda bagi peradaban manusia dalam 100 tahun terakhir. Tanpa berlama-lama langsung saja kita berkenalan dengan 5 angkatan tersebut.

 

#1 Generasi Baby Boomers (kelahiran <1960)

Mengawali 5 generasi ini, terdapat generasi Baby Boomers. Bisa dikatakan angkatan ini mayoritas sudah memasuki masa pensiun karena lahir sebelum tahun 1960-an.

Kehidupan angkatan ini berada pada masa-masa perang dunia dan konflik yang telah berakhir. Sehingga sedikit banyak terdapat peralihan serta penataan kehidupan kembali menuju masa depan yang lebih baik.

Disisi lain, pada kehidupan Baby Boomers disokong dengan peningkatan ekonomi serta pertumbuhan penduduk yang cukup signifikan.

Dilihat dalam segi karakter, generasi ini memiliki cara berpikir yang “kolot” dan cenderung sulit untuk menerima kritik.

Masalah yang bersifat materialistik adalah mindset serta target utama mereka. Sehingga kehidupan Baby Boomers sangat erat dengan gengsi serta status sosial.

Namun hal positifnya adalah Baby Boomers memiliki loyalitas serta dedikasi dalam bekerja yang sangat tinggi.

 

#2 Generasi X (kelahiran 1961-1980)

Berikutnya adalah generasi X (gen-X) yakni manusia yang lahir dalam kurun waktu 1961-1980. Jika dilihat secara karakter, angkatan ini termasuk yang menyukai risiko serta pengambilan keputusan yang matang.

Jika dilihat dari periode peristiwa, maka gen-X hidup di waktu masa-masa transisi baik gejolak konflik global, hingga dimulainya perkembangan teknologi yang lebih mutakhir.

Sehingga dengan adanya berbagai fenomena tersebut, gen-X cenderung lebih toleran dengan adanya perbedaan serta memiliki pola pikir yang lebih inovatif.

Tidak hanya itu, gen-X cenderung terbuka dengan berbagai kritikan demi memperbaiki kualitas serta efisiensi dalam bekerja.

 

#3 Generasi Y-Milenial (kelahiran 1981-1994)

Nah kita beralih ke generasi selanjutnya yang sering sekali dibicarakan. Ya, generasi tersebut ialah milenial yakni manusia yang lahir pada kurun tahun 1981-1994.

Inilah yang disebut-sebut sebagai generasi visioner, yang cara berpikirnya sudah terpengaruhi oleh arus modernisasi serta perkembangan IPTEK yang signifikan.

Dengan pengaruh internet dalam perkembangannya, milenial menjadi angkatan yang dikenal memiliki banyak sekali ide serta inovasi.

Secara karakter, milenial cenderung berinisiatif untuk bertanya demi mengevaluasi kekurangannya.

Namun sedikit hal negatif milenial, yakni mereka cenderung menginginkan sebuah pekerjaan yang menunjang gaya hidup serta passion-nya.

Sehingga tak jarang dari mereka yang lebih memilih untuk keluar dari pekerjaan yang tidak sesuai.

Sebagai angkatan yang selalu memperbaiki diri dalam segala aspek, milenial ini gemar untuk menambah pengetahuannya lewat banyak hal.

Untuk menunjang kebutuhan gen-Y ini, Finansialku menyediakan e-book gratis yang bisa menambah pengetahuan dalam mengatur keuangan.

Download e-book Panduan Keuangan untuk Usia 30-an berikut.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Masih usia 20-an? Download e-book Panduan Keuangan untuk Usia 20-an berikut.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#4 Generasi Z (Tahun kelahiran 1995-2010)

Beralih dari milenial, kita bisa bertemu dengan generasi Z yang juga merupakan peralihan dari angkatan sebelumnya. Sama halnya seperti milenial, gen-Z hidup di era modernisasi serta teknologi yang sudah mumpuni.

Hanya saja teknologi-teknologi tersebut sudah semakin canggih dan mulai menunjukkan peranannya dalam kehidupan manusia.

Sehingga secara karakter dan pola pikir gen-Z cenderung menginginkan berbagai hal yang serba instan.

Meski begitu kita juga belum bisa menyimpulkan lebih jauh mengenai karakter dari angkatan ini mengingat rata-rata usia yang masih cukup muda.

 

#5 Generasi Alpha (kelahiran 2010-sekarang)

Dan generasi termuda yang hidup pada kurun waktu 1 abad terakhir adalah generasi Alpha. Bisa dikatakan angkatan ini baru sepuluh tahun memulai kehidupannya di dunia.

Otomatis mereka kini hidup berdampingan dengan perkembangan teknologi yang sudah sangat maju.

Kenali 5 Generasi Baby Boomers, X, Y, Z dan Alpha. Anda Termasuk Yang Mana 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Praktis Menemukan Pekerjaan Untuk Generasi Milenium]

 

Tentunya secara karakter, gen-Alpha jauh lebih terbuka dengan adanya fenomena-fenomena serta perkembangan mutakhir dari semua teknologi yang ada.

Sehingga hal tersebut juga berpengaruh dari segi kreatifitas, inovasi, serta transformasi.

 

Beda Generasi, Beda Pula Paradigma dan Cara Berpikir

Tentu saja setiap generasi tersebut berkembang di era yang berbeda. Sehingga hal tersebut juga memengaruhi perkembangannya dalam berpikir juga pembentukan karakter.

Ditambah lagi era industrialisasi serta perkembangan teknologi juga sedikit banyak telah memengaruhi kehidupan generasi-generasi ini secara signifikan.

Tentu Anda dapat saling memahami kepribadian berdasarkan pembagian generasi tadi, sehingga Anda bisa kenal satu sama lain dengan baik.

 

Nah itulah beberapa generasi yang hidup dalam 100 tahun terakhir. Jadi Anda termasuk generasi yang mana?

Jangan lupa share artikel ini ya. Semoga bermanfaat!!!

 

Sumber Gambar:

  • The 5 Generations – http://bit.ly/2RgyReg