Gibran Rakabuming Raka, putra sulung Presiden Joko Widodo kembali menggeluti dunia kuliner dengan memperkenalkan Goola, bisnis minuman tradisional kekiniannya.

Bisnis ini lantas menarik perhatian masyarakat karena keunikannya dan ide luar biasanya. Mari kita lihat yuk bagaimana menariknya bisnis baru Gibran yang satu ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Gibran Sukses Terjun di Dunia Kuliner

Ini bukan pertama kalinya Gibran Rakabuming Raka atau yang akrab disapa Gibran menggeluti dunia kuliner. Putra sulung Presiden Joko Widodo ini memang terkenal dengan jiwa entrepreneur-nya yang ulet dan tegas.

Kisah bisnis kuliner Gibran dimulai sejak dirinya lulus dari University of Technology Sydney, Australia pada tahun 2010. Saat itu Gibran segera kembali ke Solo dan merintis catering Chilli Pari.

Gibran Rakabuming Memperkenalkan Goola, Minuman Tradisional Kekinian 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Gibran Rakabuming Raka, Pendiri Markobar]

 

Setelah sukses menjalani usaha catering, Gibran berpikir untuk merambah dunia kuliner dan membuka usaha martabak dengan berbagai varian topping yang dinamai Markobar. Markobar mulai dirintis di Solo pada tahun 2015.

Pada tahun 2016 ia juga membuka usaha baru di bidang kedai kopi yang dinamai CS Coffee Shop yang kini sudah memiliki gerai di Solo, Semarang, dan Yogyakarta.

Gibran masih punya banyak bisnis kuliner lainnya, dirinya pun diketahui bekerja sama dengan adiknya Kaesang pangarep di beberapa bisnisnya.

Ayah dari Jan Ethes Srinarendra itu ternyata punya alasan sendiri mengapa dirinya mendalami bisnis kuliner. Menurutnya, masih banyak resep makanan dan minuman khas Indonesia yang bisa dieksplorasi lebih jauh.

Gibran meyakini minuman-minuman di Indonesia bisa bersaing dengan kompetitor, termasuk minuman-minuman dari luar. Ia mengatakan:

“Makanan dan minuman Indonesia kalau dibranding dan packagingnya baik bisa sangat bagus sekali, bisa menyaingi produk-produk luar.”

 

Seolah tak kenal lelah, Gibran kembali menggebrak dunia kuliner dengan memperkenalkan Goola, sebuah bisnis minuman tradisional kekinian.

Bisnis ini sontak menggemparkan anak muda terutama di Jakarta, karena keunikannya dibandingkan minuman kekinian lainnya. Memang apa bedanya sih Goola dengan minuman kekinian lainnya? Yuk kita simak ulasannya berikut ini:

 

Uniknya Goola, Minuman Tradisional Kekinian

Di tengah maraknya bisnis minuman kekinian seperti kopi, cheese tea, boba milk tea, dan sebagainya, Gibran memilih untuk tetap mempertahankan budaya asli Indonesia dalam bisnis kekiniannya, Goola.

Pertama-tama, nama ‘goola’ sengaja dipilih karena mudah diucapkan baik orang Indonesia maupun asing. Goola juga berasosiasi dengan rasa manis sesuai rasa produknya. Gibran menjelaskan:

“Goola itu mengucapnya gampang, orang bule juga bisa mengucap. Jadi kita juga berharap ini juga bisa go internasional. Indonesia juga jadi punya ciri khas.”

 

Selanjutnya, kentalnya budaya asli Indonesia juga tercermin dari jenis minuman tradisional Indonesia seperti es doger, es cincau, es blewah, asam jawa, hingga ketan hitam, dan sebagainya.

Gibran menjelaskan, bahwa semua minuman Goola tersebut menggunakan 100 persen bahan asli dari Indonesia, resepnya pun diambil dari resep minuman tradisional asli Indonesia tanpa banyak perubahan.

Namun semuanya dikemas secara kekinian ala minuman di kafe atau gerai waralaba luar negeri. Selain itu, ditambahkan topping kekinian yang semakin membuat unik Goola.

Misalnya, topping “merdeka 45” yang dibuat dari mutiara namun tampak seperti bubble. Ada pula kelapa cincang yang juga bisa ditambahkan ke dalam menu pilihan.

Pada acara peresmian gerai Goola di Plaza Indonesia, Gibran menjelaskan tujuan bisnisnya ini:

“Kami ingin anak Indonesia bangga dengan produk sendiri. Kami ingin anak Indonesia bangga minum (misalnya) es doger, lalu diposting di medsos.”

 

Saat ini, total ada 22 menu khas Indonesia yang diperkenalkan, keseluruhan jenis racikan itu dibagi menjadi beberapa kelompok menu, yakni Tea Series, Coffee Series, Refreshing, dan Signature.

Gibran Rakabuming Memperkenalkan Goola, Minuman Tradisional Kekinian 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ada Lho Waralaba Dengan Harga 3 Jutaan! Intip 8 Waralaba Makanan dan Minuman Ini]

 

Gibran menjelaskan jumlah ini akan terus bertambah. Hal itu disebabkan pendapat Gibran bahwa masih banyak minuman tradisional yang bisa lebih diangkat. Ayah satu anak ini mengatakan:

“Indonesia kan luas, punya budaya yang kaya dan setiap daerah punya signature dish. Kalau semua digarap bisa ratusan ribu.”

 

Saat ini, Goola memiliki gerai di lima lokasi, di antaranya Cikini (gerai Markobar), Pacific Place, Tokopedia Tower, Foodhall Plaza Indonesia, dan Padang Merdeka Mall Kelapa Gading.

Harga menu minuman Goola cukup terjangkau, mulai dari Rp18.000 hingga Rp27.000.

 

Melirik Minuman Tradisional Indonesia Khas Goola

Melihat keunikan konsep bisnis kuliner terbaru Gibran Rakabuming Raka pastinya membuat Anda penasaran dan ingin mencobanya kan? Namun menu apa yang sebaiknya dipesan?

Gibran Rakabuming Memperkenalkan Goola, Minuman Tradisional Kekinian 04 - Finansialku

[Baca Juga: Kekinian! 10 Bisnis Waralaba Modal Kecil yang Menguntungkan]

 

Agar tidak salah pilih, yuk simak beberapa menu andalan Goola yang bisa Anda jadikan referensi pesanan.

 

#1 Es Goola Aren

Satu minumannya yang cukup menjadi unggulan adalah Es Goola Aren (Rp25.000) yang merupakan versi Indonesia dari tren boba drink saat ini.

Alih-alih menggunakan boba dari tapioka, minuman ini mencampurkan bubble 45 (mutiara sagu) ke dalam racikan krim santan dan gula aren, sehingga menciptakan sensasi rasa gurih, manis, dan legit dalam setiap tegukan.

 

#2 Es Doger Jeger

Ada pula Es Doger Jeger (Rp25.000) yang berisikan aneka isian melimpah, mulai dari bubble 45, irisan nangka, jelly, dan masih banyak lainnya. Dicampur dengan sirup coco pandan, menjadikan racikan ini terasa manis namun tetap menyegarkan.

 

#3 Es Merdeka 45 dan Jeruk Nipis Sagu Mutiara

Beberapa racikan andalan lainnya yang tidak kalah nikmat untuk dicoba adalah Es Merdeka 45 (Rp23.000) dengan foam kelapa sebagai basis rasanya.

Kemudian ada juga Jeruk Nipis Sagu Mutiara (Rp23.000) yang punya cuatan rasa asam segar.

 

#4 Teh Pandan Coco dan Teh Melati Coco

Jika Anda yang menyukai teh, Teh Pandan Coco (Rp19.000) dan Teh Melati Coco (Rp19.000) dapat memberikan efek santai namun tetap sejuk dan segar lho!

 

Sudah Mencoba Goola?

Melihat kisah sukses seorang Gibran Rakabuming Raka tentunya menjadi inspirasi bagi banyak orang. Ia menunjukkan bahwa sebuah bisnis kekinian tidak melulu harus membawa konsep luar negeri.

Dirinya justru membawa nama baik dan budaya asli Indonesia agar bisa dikenal lebih dalam oleh anak muda hingga terkenal ke mancanegara.

Yuk jadikan kisah Gibran Rakabuming Raka sebagai inspirasi Anda dalam berbisnis. Langkah pertamanya, yuk coba dahulu minuman tradisional kekiniannya, Goola.

Oh iya, Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar Anda bisa mengelola keuangan pribadi dan bisnis Anda dengan tepat.

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Apakah Anda mengetahui kisah sukses wirausaha di Indonesia lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Artikel ini cukup menginspirasi bukan? Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Selamat berbagi yang bermanfaat, terimakasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Kisah Bisnis Kuliner Gibran Rakabuming. Visitjateng.com – http://bit.ly/2Z2HVnj
  • Admin. 8 November 2016. Kisah Kesuksesan Gibran Rakabuming Raka. Durniyanti.blogspot.co.id – http://bit.ly/2OQ2WlB
  • Admin. 5 Januari 2016. Markobar, martabak ‘kampungan’ milik putra Jokowi hebohkan dunia maya. Rappler.com – http://bit.ly/2MeXJ4s
  • Admin. Gibran Rakabuming Raka Pengusaha Muda yang Tak Mendompleng Nama Besar Ayahnya. Kisah-motivasi.com – http://bit.ly/2H2ZmhH
  • Admin. Profil Gibran Rakabuming Pengusaha Katering Sukses. Biografitokohinspiratif.blogspot.co.id – http://bit.ly/2YZYk06
  • Nabila Tashandra. 5 Juli 2019. “Goola”, Gerai Minuman Tradisional Kekinian dari Gibran. Lifestyle.kompas.com – http://bit.ly/2YZlXBP
  • Happy Ferdian. 8 Juli 2019. Tradisional Kekinian Punya Anak Presiden. Qraved.com – http://bit.ly/2yOWccT
  • Reza Gunadha, Dian Kusumo Hapsari. 16 September 2018. Gibran Anak Jokowi Luncurkan Goola, Minuman Tradisional Kekinian. Suara.com – http://bit.ly/33swoRN

 

Sumber Gambar:

  • Goola 1 – http://bit.ly/2ONAMrl
  • Goola 2 – http://bit.ly/2TnIEOZ
  • Goola 3 – http://bit.ly/2ONY3cx
  • Goola 4 – http://bit.ly/2H3aAmb