Tertarik memulai bisnis waralaba modal kecil menguntungkan yang sedang trend akhir-akhir ini?

Bisnis waralaba memang sangat menggoda karena peluang keuntungannya yang cepat. Mengapa bisa? Karena umumnya bisnis ini sudah dikenal orang alias memiliki brand recognition.

Namun bagi Anda yang sedang terkendala modal, yuk cari tahu 10+ bisnis waralaba dengan modal kecil berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Mengapa Pilih Walaraba?

Apakah Anda pekerja kantoran yang jenuh dengan rutinitas sehari-hari? Apa Anda tertarik memulai bisnis namun terkendala modal? Apa Anda bingung harus memulai dari mana?

Jangan khawatir, kini sudah ada bisnis waralaba alias franchise. Bisa dibilang, waralaba kini menjadi salah satu solusi bisnis yang menarik. Bukan hanya di mancanegara, namun bisnis ini juga sudah berkembang pesat di Indonesia.

Mengapa bisa begitu?

Beberapa alasan bisnis waralaba dipilih daripada bisnis pribadi adalah sebagai berikut:

 

#1 Merupakan Bisnis yang Siap Dijalankan

Umumnya, banyak pebisnis pemula yang akan memilih usaha waralaba, tentunya karena usaha waralaba sudah terbukti bisa berjalan. Anda tidak akan memulai bisnis dari nol.

Dengan bisnis waralaba, Anda sudah mengeliminasi banyak kerja keras yang harus dilakukan jika membangun bisnis sendiri.

Sebagai contohnya adalah menentukan teritori, membangun sistem, mencari supplier yang terjamin, mencari dan melatih tenaga kerja, dan masih banyak lagi.

 

#2 Sudah Memiliki Sistem yang Terbukti Berjalan dengan Baik

Saat membeli sebuah bisnis waralaba, secara tidak langsung Anda telah membeli sebuah sistem bisnis karya sang franchisor. Artinya, Anda hanya perlu mengikuti sistem tersebut dan secara otomatis bisnis akan berjalan dengan baik.

Mau Bisnis Waralaba Ketahui Dulu Franchise Pasif Dalam Sistem Bisnis Franchise 01 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cepat Kaya dan Bebas Keuangan: Hancurkan 5 Mental Block Ini!]

 

Sistem yang terbukti telah berjalan dengan baik tentunya juga meminimalisasi kesalahan dan error, sehingga Anda tidak perlu mengalami kerugian yang umumnya dialami para pebisnis pemula.

 

#3 Sudah Memiliki Brand Recognition

Kabar baiknya, bisnis waralaba sudah memiliki brand recognition, yang artinya bisnis tersebut sudah dikenal masyarakat sehingga sudah memiliki sekelompok konsumen yang berminat membeli produk tersebut.

Hal ini terbukti dari sebuah perilaku konsumen yang umumnya lebih nyaman membeli produk atau jasa dari sebuah brand yang sudah mereka kenal dan percaya.

 

#4 Dukungan Berkepanjangan

Seperti telah disebutkan sebelumnya, franchisor akan selalu mendukung Anda demi menjaga reputasinya selama ini. Umumnya, Anda akan terus memperoleh dukungan dan bisa meminta bantuan jika sewaktu-waktu diperlukan.

Dukungan ini memiliki macam-macam jenis, misalnya saja dukungan dari sistem pemasaran. Beberapa bisnis waralaba bahkan menawarkan untuk menangani penuh pemasaran bisnis Anda, biasanya Anda membalas jasa berupa advertising fund atau brand fund.

Contoh lainnya adalah dalam melatih dan training sumber daya manusia-nya, dimana tenaga kerja akan diberi pelatihan yang sudah sesuai SOP-nya.  Dengan demikian sumber daya manusia dipastikan siap menjalankan bisnis sebagaimana mestinya.

Hal ini akan membantu Anda untuk memastikan bisnis sudah siap berjalan secara efisien, dan juga membantu mengeliminasi banyak kesalahan yang umum ditemui pebisnis pemula.

Mau Mulai Bisnis Waralaba Karaoke Siapkan Ini Semua! 02 Waralaba Karaoke 2 - Finansialku

[Baca Juga: Tidak Semua Bisnis Waralaba Mampu Mencetak Laba Lho, Kalau Mau Beli Bisnis Waralaba Pilih yang Seperti Ini]

 

Sudah tertarik memulai bisnis waralaba? Namun bagaimana dengan modalnya?

Sama seperti bisnis pada umumnya, Anda perlu mempersiapkan lokasi, peralatan, dan inventory untuk memulai bisnis waralaba (franchise). Lalu dimanakah perbedaan bisnis sendiri dan bisnis waralaba?

Dalam bisnis waralaba, umumnya Anda juga perlu membayar franchise fee dan royalty and advertising fee sebagai pengganti dari biaya training, prosedur, serta pemasaran yang sudah disiapkan oleh franchisor (penyedia waralaba).

Dengan demikian, dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk memulai sebuah bisnis waralaba.

Untungnya, semua itu kini lebih mudah dengan adanya aplikasi Finansialku. Anda bisa menghitung berapa dana yang harus disimpan atau diinvestasikan setiap bulannya hingga seluruh dana terkumpul.

Pertama-tama, log in ke dalam aplikasi Finansialku yang sudah Anda download tadi. Kemudian Anda bisa masuk ke fitur “Kalkulator Dana Membeli Barang” dalam menu “Rencana Keuangan” di aplikasi Finansialku untuk menghitung berapa biaya yang perlu dikumpulkan setiap periodenya demi memperoleh modal beli waralaba.

Jadi Anda juga bisa melihat bagaimana harga dan waktu akan mempengaruhi keputusan Anda. Praktis sekali kan aplikasi Finansialku ini? Yuk segera download GRATIS pada link berikut ini.

Jika Anda ingin menjadi akun premium Aplikasi Finansialku, Anda bisa menggunakan kode voucher POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan Rp50.000 sehingga Anda hanya perlu membayar Rp300.000 untuk 1 tahun.

Dengan aplikasi Finansialku yang premium, Anda akan mendapatkan online course GRATIS tentang perencana keuangan serta Anda bisa menggunakan menu Tanya Jawab langsung ke perencana keuangan profesional.

 

Nah, bagaimana jika benar-benar terkendala modal sehingga Anda tidak bisa memulai bisnis waralaba? Jangan khawatir, bisnis waralaba tidak melulu membutuhkan modal besar.

 

10+ Waralaba Modal Kecil yang Menguntungkan

Idealnya sebuah bisnis itu membutuhkan modal kecil dan menghasilkan untung yang banyak. Tentunya sudah menjadi idaman semua pebisnis untuk menemukan bisnis semacam itu.

Kabar baiknya, sudah ada pebisnis yang membangun bisnisnya dari nol kemudian menawarkan peluang kesuksesan yang sama bagi Anda dengan sistem waralaba.

Alhasil bisnis waralabanya dibanderol harga yang terjangkau.

Berikut 10+ bisnis waralaba dengan modal kecil yang menguntungkan tersebut:

 

#1 Fried Chicken

Kini bisnis waralaba ini semakin berkembang, sehingga menarik bisnis kuliner yang pastinya tidak pernah mati, salah satunya di bidang ayam goreng atau fried chicken.

Selama ini fried chicken atau ayam goreng sudah menjadi hidangan yang umum, tak lupa fried chicken sangat digemari masyarakat. Terbukti dengan banyaknya gerai dan restoran yang menawarkan produk yang satu ini.

Salah satunya adalah Sabana Fried Chicken yang dimulai dari gerai pertamanya yang bertempat di kawasan Pondok Gede.

Kini Sabana telah menjadi salah satu brand waralaba fried chicken paling populer, dengan lebih dari 2.000 gerai yang tersebar di 11 provinsi di Indonesia.

Bingung Milih Bisnis Waralaba Fried Chicken yang Cocok Temukan Rahasianya Di Sini 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Kelebihan dari waralaba ini adalah modalnya yang minim karena konsep yang diusung oleh Sabana Fried Chicken adalah konsep booth, dimana tujuannya adalah untuk mengoptimalkan peran bisnis Usaha Kecil Menengah (UMKM).

Apakah Anda juga berminat menjadi mitra Sabana Fried Chicken? Jika iya, Anda perlu mempersiapkan dana atau modal sebesar Rp16.750.000 untuk wilayah Jabodetabek. Sedangkan untuk mitra di luar Jabodetabek akan ditambah dengan ongkos kirimnya.

 

#2 Ayam Geprek

Jika bosan dengan sajian fried chicken yang sudah lama mendunia, yuk cicipi bisnis ayam geprek yang lagi naik daun ini.

Salah satunya yang sukses berbisnis ayam geprek adalah Geprek Bensu, karya Ruben Onsu selebritis sekaligus presenter yang pastinya sudah tidak asing lagi.

Bisnis ayam gepreknya ini melejit sukses karena cita rasa sambalnya yang luar biasa enak dengan harga yang sangat terjangkau bagi pasar di tanah air.

Di samping itu, memulai bisnis ayam geprek ini memang bisa dibilang tidak terlalu sulit sehingga banyak peminatnya.

Mengenal Prospek Waralaba Ayam Geprek di Indonesia yang Populer! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Prospek Waralaba Ayam Geprek di Indonesia yang Populer!]

 

Nah, apakah Anda juga tertarik memulai bisnis ayam geprek?

Ia menerapkan 2 sistem kemitraan: waralaba murni dan sistem kerja sama bagi hasil.

“Franchise enggak sampai 10 outlet, sih. Selebihnya sistem bagi hasil. Ayam dan semua alat dari saya. Mitra hanya menyediakan tempat.”

 

Untuk info kemitraannya, Anda bisa menjambangi lokasi Geprek Bensu terdekat atau melalui situs resminya.

 

#3 Cheese/Bubble Tea

Siapa sih yang hari gini belum tahu soal cheese/bubble tea? Minuman kekinian ini memang sedang menjamur di Indonesia, terutama di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan masih banyak lagi.

Salah satunya yang bisa Anda incar dengan modal kecil adalah Gulu Gulu dari Sour Sally Group. Founder Sour Sally dan Gulu Gulu, Donny Pramoni menjelaskan ada 50 unit waralaba yang ditawarkan, dengan kondisi 20 unit telah dipesan per SIAL Interfood Expo 2017 kemarin. Jadi kini hanya sisa 30 unit lagi.

Peluang Usaha Waralaba Cheese Tea Menjanjikan Lho, Tertarik 03 - Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Waralaba Cheese Tea Menjanjikan Lho, Tertarik?]

 

Gerai Gulu-Gulu terbagi menjadi 2 tipe model yakni sebagai berikut:

 

Tipe Outlet Island

  • Ukurannya 9-15 meter
  • Investment fee per satu outlet Rp130 juta
  • Mencakup 20 jenis minuman
  • mendapatkan gratis satu mesin brewer otomatis

 

Tipe Booth

  • Ukurannya 4-6 meter
  • Investment fee per satu booth sekitar Rp70 juta
  • Mencakup 15 jenis minuman

 

“Royalti jumlahnya tiga persen dan harus membeli beberapa bahan baku dari kami, sisanya bisa dibeli sendiri. License-nya bisa sampai lima tahun.”

 

Donny menambahkan bahan baku, daun teh, dan cheese ingredients berasal dari pihaknya.

 

#4 Kebab

Kebab juga menjadi salah satu bisnis waralaba nasional yang mendunia dan selalu menguntungkan.

Kebab Baba Rafi adalah pelopor waralaba kebab di Indonesia yang didirikan sejak tahun 2007 dan berpusat di Jakarta, dengan jumlah outlet yang semula hanya 2 kini telah berkembang mencapai 1200 outlet di seluruh dunia.

Bisnis yang telah berkembang selama 14 tahun ini kini sudah mengembangkan sayapnya hingga ke luar negeri, seperti Malaysia, Filipina, China, dan Sri Lanka.

Baba Rafi menawarkan peluang usaha yang terjangkau dan terpercaya.

Dengan jumlah outlet yang luar biasa besar dan tersebar di seluruh dunia, Baba Rafi tidak hanya menawarkan peluang usaha, namun juga peluang kesuksesan dengan beberapa inovasi terbaru seperti Baba Rafi Premium dengan konsep outlet indoor dan outlet 24 jam.

Kisah Sukses Hendy Setiono Pendiri Kebab Baba Rafi, 2 Outlet di 2003 Jadi Lebih Dari 1200 Outlet di 2015 04 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Sampah yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan]

 

Untuk jenis Baba Rafi Premium, diestimasikan ROI hanya dalam 1 hingga 2 tahun saja dengan estimasi omzet Rp120 juta hingga Rp140 juta. Sedangkan untuk program kerja sama syariah, estimasi ROI 1 hingga 3 tahun dengan omzet mencapai Rp75 juta.

Jika Anda tertarik, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli franchise Kebab Baba Rafi dan menjadi bagian dari bisnis waralaba sukses di Indonesia ini.

Jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda dapat membuka situs Kebab Baba Rafi atau Babarafi Online.

 

#5 Kedai Kopi

Kedai kopi kekinian juga merupakan bisnis yang sedang trend di kalangan anak muda belakangan ini. Dengan tempat yang nyaman dan berkonsep working space, banyak bermunculan waralaba kedai kopi di Indonesia.

Salah satunya adalah Semerbak Coffee, sebuah bisnis franchise kedai kopi yang membuka peluang kemitraan bagi Anda.

Bisnis ini menawarkan paket kemitraan dengan harga mulai dari Rp9.500.000 saja. Terjangkau sekali bukan?

Kopi Termahal 02 Kopi - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Waralaba? Ketahui Dulu Franchise Pasif Dalam Sistem Bisnis Franchise]

 

Adapun beberapa persyaratan dari franchise Semerbak Coffee adalah sebagai berikut:

  1. Membayar DP sebesar 70% (Rp6 juta) atau langsung pelunasan (Rp9,5 juta).
  2. Mencari lokasi usaha. (Jika lokasi belum didapat, booth dan peralatan sementara bisa dititipkan pada kami).
  3. Memiliki komitmen yang tinggi terhadap bisnis ini untuk maju dan berkembang bersama Semerbak Coffee.
  4. Bersedia meluangkan waktu untuk terjun mengawasi perkembangan
  5. Memahami risiko bisnis.
  6. Bersedia menaati peraturan yang tertuang dalam surat kontrak kerja sama.
  7. Wajib membeli Bahan baku dari pusat.

 

#6 Pertamini

Pertamini atau pertamina mini merupakan bisnis pom bensin mini yang sudah mulai menjamur di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Depok, dan sekitarnya. Bisnis ini ternyata juga ada waralabanya lho.

Galaxy Pertamini, pelopor usaha waralaba pom bensin mini berlokasi di Depok, Jawa Barat. Galaxy Pertamini menawarkan 4 paket pom bensin mini, yaitu sebagai berikut:

  • Pertamini Fit,
  • Pertamini Bima,
  • Pertamini Nova, dan
  • Pertamini Orion.

 

Perbedaan antara ke empat paket tersebut adalah booth dan juga mesin pom bensinnya.

Paket pom bensin mini ini pun sangat terjangkau, karena berkisar antara Rp9,7 juta hingga Rp20 juta saja. Galaxy Pertamini pun sudah dijamin kesuksesannya, karena telah memiliki 200 mitra di beberapa wilayah di Indonesia.

Franchise-Modal-Kecil-03-(Galaxy-Pertamini)-Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

 

#7 Es Krim

Setelah bisnisnya terus berkembang, Campina kembali memikirkan bagaimana cara agar bisnisnya bisa menjadi peluang bisnis bagi orang lain.

Dengan tujuan membagikan pengalaman memproduksi dan menjual es krim selama puluhan tahun, Campina akhirnya membuka program waralaba yang dikenal dengan nama Campina Scoop Counter (CSC).

Menawarkan modal yang kecil, Campina Scoop Counter tentunya dilirik banyak pebisnis pemula yang tidak mau repot. Terlebih karena Campina menjanjikan kualitas es krim yang sudah teruji.

Es Krim Campina, Terus Berkembang hingga Memiliki Ratusan Mitra Sejak Tahun 1972 03 - Finansialku

[Baca Juga: Nikmatnya Untung Waralaba Es Durian, Berikut Analisis Usahanya!]

 

Daerah Campina Scoop Counter kini masih terpusat di daerah Jawa, Surabaya, dan Bali.

Namun Campina mengungkapkan bahwa dirinya siap melayani permintaan kerja sama berupa waralaba ke daerah lainnya, misalnya Sulawesi, Kalimantan, Sumatera, dan beberapa daerah di luar pulau Jawa.

Anda hanya perlu mempersiapkan modal senilai Rp10 juta, dan Anda akan memperoleh satu booth Campina Scoop Counter, dimana yang digunakan hanyalah Rp4 juta dan sisanya berbentuk deposit yang kemudian dapat ditarik kembali saat menghentikan kerja sama.

Detailnya adalah sebagai berikut:

  • Rp2.000.000 sebagai jaminan atau deposit produk (refundable)
  • Rp4.000.000 sebagai biaya sewa freezer (refundable)
  • Rp4.000.000 sebagai modal pembelian peralatan

 

Sistem pembagian keuntungan CSC juga sangatlah nyata bahkan bisa mencapai 100%.

 

#8 Crepes

Apa yang pertama kali terbayangkan di benak Anda saat mendengar lekker atau crepes? Kalau saya sendiri langsung membayangkan kue tipis dengan berbagai topping yang manis dan menggugah selera.

Mengingat booming-nya makanan yang satu ini di Indonesia dan mancanegara, maka tidak aneh jika sudah banyak bisnis yang sukses dan mewaralabakan bisnisnya tersebut.

Salah satunya adalah Royal Crepes, yang saat ini sudah memiliki kurang lebih 800-an outlet yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Waralaba Crepes 06 (Royal Crepes) - Finansialku

[Baca Juga: Lebih Baik Bisnis Waralaba atau Bisnis Sendiri ? Baca Penjelasan Berikut]

 

Nah, untuk bergabung dengan kemitraan Royal Crepes, ada 3 jenis kemitraan yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi keuangan Anda. Tipe pertama dan kedua menyasar pembeli menengah kebawah dengan harga Rp2.000 sampai Rp2.500 serta Rp3.000 sampai Rp3.500 dengan 32 pilihan rasa crepes.

“Yang pertama itu modal Rp7.000.000 dengan keuntungan per hari kira-kira Rp180 ribu sampai Rp200 ribu, jadi bisa dapat Rp3 juta per bulan jadi balik modal bisa 3 sampai 4 bulan, ini pakai gerobak dorong jualannya. Kemudian tipe kedua itu modal awal Rp9.000.000 sama dengan tipe yang pertama tapi dia lebih mobile karena jualannya dengan gerobak becak.”

 

Tipe ketiga yang ditawarkan adalah Booth Display untuk pemasaran di daerah mal-mal. Dengan modal Rp15.000.000 dan keuntungan Rp300 ribu per hari, bisa balik modal selama kurang lebih 8 bulan.

“Kalau untuk di mal sasaran kita itu menengah keatas jadi harganya juga beda. Harganya dari Rp6.000 sampai Rp15.000. Kalau di mal kan paling ramenya itu akhir pekan ya, jadi kita pukul rata setiap hari untungnya Rp300 ribu.”

 

#9 Wafel

Tentunya Anda sudah tidak asing lagi dengan kudapan yang satu ini. Layaknya rasanya yang manis dan nikmat, sepertinya masa depan berbisnis wafel pun tampak manis.

Hal ini terbukti dari beberapa pemain di bisnis ini mulai menawarkan kemitraan atau waralaba.

Contohnya adalah Waffelicious, produk waffle asal Hong Kong yang bisa kita temui di berbagai pusat perbelanjaan yang laris manis meski hanya berbentuk gerai kecil.

Franchise Wafel 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Beli Waralaba? Kenali Dahulu Franchise Minimarket Alfamart!]

 

Apabila Anda berminat menjadi partner Waffelicious, caranya mudah. Anda hanya perlu menyiapkan usulan tempat bisnis yang berlokasi di pusat perbelanjaan, department store, supermarket, plaza, atau mall.

Kemudian siapkan dana sejumlah Rp45 juta untuk biaya investasi berupa peralatan dapur, lisensi penggunaan brand selama 5 tahun, stok bahan baku awal, dan fasilitas penunjang lainnya.

 

#10 Air Isi Ulang

Mungkin kedengarannya tidak begitu kekinian, namun bisnis air isi ulang ini tidak pernah mati dan terus berkembang. Peminatnya semakin meningkat dari waktu ke waktu mengingat perubahan budaya rumah tangga yang semakin modern.

Melihat kebutuhan air isi ulang yang tinggi, hal ini dapat kita lihat sebagai salah satu peluang bisnis yang cukup menjanjikan.

Bisnis air isi ulang memang banyak pemainnya, salah satu pengusaha yang ikut berkecimpung di sektor ini adalah Teguh Sansan. Bisnis air isi ulangnya yakni Depo Air Minum Elim didirikannya di Surabaya.

Teguh menjelaskan, paket investasi yang ditawarkannya kepada mitra yakni senilai Rp200 juta.

Mitra akan mendapatkan fasilitas pembangunan interior dan eksterior, mesin operasional, mesin pendukung seperti kasir, dan CCTV, seragam karyawan, perekrutan dan pelatihan karyawan. Biaya ini sudah termasuk franchise fee sebesar Rp30 juta.

Waralaba Air Isi Ulang 02 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Untuk Waralaba Air Isi Ulang? Begini Peluang Bisnisnya]

 

Namun biaya ini belum termasuk lokasi, sehingga Anda disarankan untuk memiliki lokasi sendiri dengan luas ruangan adalah sekitar 6 meter persegi (m²). Dalam menjalankan usaha ini, Anda juga setidaknya harus memiliki tiga orang karyawan.

Menurut Teguh, dengan tarif sebesar Rp4.500 per galon dan tarif galon jasa antar sebesar Rp5.500 per galon. Mitra bisa balik modal sekitar dua tahun hingga tiga tahun.

 

Bisnis Waralaba Modal Kecil: BISA!

Setelah melihat beberapa rahasia di atas, apakah Anda sudah membayangkan bisnis mana yang sesuai dengan preferensi Anda?

Manapun bisnis yang Anda pilih, yang terpenting adalah melakukan perencanaan yang baik dan menyeluruh agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.

Selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki informasi mengenai bisnis waralaba modal kecil yang menguntungkan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Don Daszkowski. 20 April 2018. Top Reasons to Buy a Franchise. Thebalancesmb.com – https://bit.ly/2M2VG05
  • Heksa Ragil Pamungkas, Dian Eko Prasetio, Ramdhan Anugerah. 2017. 250 Franchise Business Prospects 2017.
  • Admin. 30 Usaha Waralaba Modal Kecil yang Menguntungkan. Infobisnisusaha.com – https://bit.ly/2YMN1Io
  • Suci Rahmadhani. 10 Franchise Makanan Minuman Murah, Modal Kurang dari 10 Juta, Omzet Puluhan Juta. Goukm.id – https://bit.ly/2YMrm35
  • Indra Kurniawan. 23 Juli 2017. Ruben Onsu Sukses Berbisnis Kuliner I Am Geprek Bensu. Tabloidbintang.com – https://bit.ly/2ZvVYmy
  • Tribunnews. Gulu Gulu Tawarkan Waralaba di Indonesia. Tribunnews.com – https://bit.ly/2K8W5j9
  • Admin. 9 Jan 2012. Bermula dari Iseng, Ferry Jadi Juragan Crepes. Detik.com – https://bit.ly/2GP1WHI
  • Admin. 21 Mei 2012. Mencicipi Manisnya Kemitraan Waffle. Pengusaha.kontam.co.id – https://bit.ly/2MHxCTt
  • Admin. 5 Januari 2016. Menampung Laba Dari Air Minum Isi Ulang. Kontan.co.id – https://bit.ly/2MFlan3

 

Sumber Gambar:

  • Waralaba Modal Kecil – https://bit.ly/2YHMAiB

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG