Tertarik memulai waralaba ayam geprek yang sedang tren akhir-akhir ini? Tenang, kini banyak waralabanya loh!

Anda tidak perlu lagi memulai bisnis dari nol. Tapi jangan gegabah, kenali dahulu bisnisnya dan beberapa hal penting berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Siapa yang Tidak Kenal Bisnis Ayam Geprek?

Dalam kondisi ekonomi yang sedang melemah akhir-akhir ini, banyak usaha yang mengalami kebangkrutan, namun terdapat sebuah bisnis yang terus berkembang. Bisnis apakah itu? BISNIS MAKANAN.

Nyatanya, tidak peduli seberapa sedikit uang yang diperoleh, setiap hari semua orang membutuhkan makan. Oleh karena itu, bisnis yang satu ini tidak pernah surut.

Bagi Anda para pebisnis yang ingin memulai usaha, bisnis makanan merupakan sebuah lahan yang berpotensi memberi keuntungan.

Dengan modal kecil, Anda bisa memulai bisnis tanpa menghabiskan banyak waktu layaknya pekerjaan kantoran.

Tetapi pertanyaan yang mungkin muncul di benak Anda adalah, “Makanan seperti apa yang akan laku di pasaran?”

Sebenarnya ada banyak sekali jenis makanan yang dapat Anda pertimbangkan, contohnya adalah bisnis olahan daging ayam yang dikenal dengan nama ayam geprek.

Kombinasi daging ayam yang lembut dengan baluran yang renyah dengan rasa sambal yang khas membuat para pecinta kuliner pedas kian menikmati jenis makanan satu ini.

Mengenal Prospek Waralaba Ayam Geprek di Indonesia yang Populer! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menelusuri Peluang Usaha Bisnis Makanan Sehat yang Bisa Menguntungkan]

 

Bisnis ini pun langsung menjamur, mulai dari bisnis rumahan hingga bisnis besar garapan para artis. Anda bisa menemui ayam geprek mulai dari kaki lima hingga di pusat perbelanjaan besar di kota Anda.

Contohnya saja Ruben Onsu, selebritis sekaligus presenter yang juga menggeluti bisnis ini dengan merk dagang Geprek Bensu.

Bisnis ayam gepreknya ini melejit sukses karena cita rasa sambalnya yang luar biasa enak dengan harga yang sangat terjangkau bagi pasar di tanah air.

Nah, apakah Anda juga tertarik memulai bisnis ayam geprek? Jika iya, Finansialku mengajak Anda melihat beberapa persiapan penting yang perlu Anda ketahui termasuk beberapa alternatif waralaba ayam geprek sebagai berikut.

 

Prospek Bisnis Ayam Geprek

Seperti telah disebutkan sebelumnya, peluang bisnis kuliner memang tidak pernah ada matinya.

Oleh karena itu, melihat banyaknya peminat kuliner yang mencintai keunikan penyajian olahan ayam ini, bisa dibilang peluang bisnis yang satu ini memang cukup menarik.

Target pasarnya pun luas, karena mulai dari anak kecil, dewasa, hingga orang tua menyukai sajian ayam goreng pada umumnya.

Terlebih harga daging ayam tergolong terjangkau, sehingga pasar kuliner olahan ayam memang selalu ramai.

Namun ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan saat menjalani bisnis ayam geprek ini. Anda perlu mengutamakan selera masyarakat. Sehingga Anda tidak bisa sembarang memilih waralaba ayam geprek.

Pertama, Anda harus tahu bahwa tidak semua orang menyukai rasa pedas, jadi penting untuk membeli waralaba yang menyediakan menu dengan beberapa level pedas. Dengan demikian semua kalangan bisa menikmatinya.

Kedua, tidak sedikit pelaku usaha yang menambahkan topping sambal yang menarik pada kreasi ayam gepreknya, misalnya saja sambal matah, sambal kecombrang, saus keju, dan sebagainya.

Hal ini ditujukan untuk menarik konsumen dan menjangkau target market yang lebih besar.

Ketiga adalah dari segi harga. Hasil dari pengamatan kami, bisnis ayam geprek terkenal dengan harganya yang terjangkau dan rasanya yang nikmat.

 

Dengan demikian penting bagi Anda untuk memilih bisnis ayam geprek dengan harga jual yang terjangkau dan bersaing. Harga yang terlalu tinggi hanya akan membuat konsumen mengharapkan lebih dan bisa menimbulkan rasa kecewa.

Poin penting selanjutnya adalah selalu memberikan pelayanan terbaik, karena konsumen adalah raja dalam bisnis ini. Jangan biarkan pelayanan menurun seiring waktu, justru tingkatkan demi kepuasan pelanggan.

Terlebih Anda menyasar bisnis waralaba yang dituntut selalu memberikan pelayanan yang prima dimana pun berada.

 

Waralaba Ayam Geprek di Indonesia

Nah, setelah mengetahui prospeknya dan bagaimana memilih waralaba ayam geprek yang sesuai dengan preferensi konsumen kini Anda bisa melihat beberapa alternatif bisnis waralaba ayam geprek yang tersedia di Indonesia.

Adapun beberapa bisnis waralaba ayam geprek yang bisa Anda pilih adalah sebagai berikut:

 

#1 Geprek Bensu

Merek dagang satu ini mungkin merupakan merek paling populer di bidang ayam geprek dewasa ini. Hingga saat ini Geprek Bensu sudah punya lebih dari 100 outlet di berbagai daerah.

Mengenal Prospek Waralaba Ayam Geprek di Indonesia yang Populer! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ada Lho Waralaba Dengan Harga 3 Jutaan! Intip 8 Waralaba Makanan dan Minuman Ini]

 

Geprek Bensu berhasil merajai bisnis waralaba ayam geprek karena beberapa kelebihan, yakni sebagai berikut:

  • Olahan ayam milik selebriti Ruben Onsu ini punya beragam variasi mulai dari paket Bensu telur asin, paket Bensu leleh, sambal matah, hingga paket Bensu keju.
  • Rasa ayamnya sendiri sudah nikmat dengan kelembutan di dalam dan garing di luar.
  • Harganya sangat merakyat dan bisa dijangkau oleh masyarakat menengah ke bawah sekalipun. (mulai dari Rp15.000 hingga Rp20.000)

 

Geprek Bensu sendiri telah berdiri sejak tahun 2017. Geprek Bensu kini sudah meluaskan sayapnya dengan membuka peluang kemitraan.

Bagi Anda yang tertarik dengan kemitraan ayam geprek Bensu ini, bisa langsung menghubungi ke alamat email info@geprekbensuindonesia.com

 

#2 Ayam Gepuk Pak Gembus

Ayam Gepuk Pak Gembus (AGPG) adalah salah satu pemain bisnis kuliner olahan ayam gepuk yang cukup senior. Ayam gepuk adalah olahan ayam yang mirip dengan ayam geprek. 

Ayam Gepuk Pak Gembus  mulai berdiri sejak tahun 2013 silam dan hingga kini terus berkembang hingga sudah mempunyai sekitar 700 outlet di berbagai kota-kota besar.

Serupa dengan ayam geprek Bensu, ayam gepuk olahan AGPG ini dikenal dengan aneka sambalnya yang pedas.

Mengenal Prospek Waralaba Ayam Geprek di Indonesia yang Populer! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Perhatikan Ini, Sebelum Membeli Waralaba Makanan]

 

Namun satu hal yang membuatnya unik adalah sambalnya yang diolah dengan campuran kacang tumbuk dengan rasa yang menawan.

Beberapa menu andalannya antara lain ayam gepuk, sate usus hingga sate ati dengan harga terjangkau yakni mulai dari Rp20.000 saja.

Bagi Anda yang mau membuka kemitraan dengan AGPG, Anda bisa menyiapkan modal awal sekitar Rp40 juta.

 

#3 Geprek Si Boss

Ayam geprek satu ini juga tidak kalah populer dari kedua waralaba ayam geprek di atas. Menu-menu andalan seperti paket mie geprek hingga geprek leleh menjadi menu yang banyak dicari pelanggan.

Menu-menu yang dijual juga terjangkau sekitar Rp20.000.

Geprek Si Boss pertama kali diluncurkan pada tahun 2017. Berselang dua bulan sejak diluncurkan, mereka langsung berani menawarkan bisnis waralaba. 

Mengenal Prospek Waralaba Ayam Geprek di Indonesia yang Populer! 05 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Jitu Agar Usaha Food Truck Di Industri Waralaba Dikenal?]

 

Kini merek dagang Geprek si Boss sudah menjadi merek ayam geprek populer sehingga akan memudahkan Anda membuka bisnis kemitraan Geprek Si Boss.

Bagi Anda yang berencana membuka kemitraan Geprek Si Boss, kamu bisa menyiapkan modal hingga Rp78 juta.

Besaran modal tersebut telah termasuk sewa tempat, biaya dekor, meja bangku, peralatan dapur, brand license feecommitment fee, alat promosi opening hingga alat kasir online.

 

TIPS Memulai Bisnis Kuliner

Apapun jenis usahanya, termasuk ayam geprek, berikut beberapa tips untuk sukses di bidang bisnis makanan:

 

#1 Kualitas Makanan Baik dan Terjaga

Tidak peduli sebagus apapun strategi pemasaran yang dilakukan, tidak akan berhasil jika kualitas produk yang dijual buruk.

Pembeli hanya akan membeli lebih dari sekali jika produk tersebut berkesan baik. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kualitas makanan secara konstan.

 

#2 Mementingkan Inovasi Baik dalam Produk dan Pemasaran

Jika Anda menawarkan produk yang sudah umum, maka pesaing Anda sangatlah banyak, ada yang lebih enak, lebih murah, atau lebih bervariasi.

Demi menonjol di tengah-tengah persaingan, Anda perlu menciptakan sebuah produk dan strategi pemasaran yang unik sehingga memancing banyak pembeli.

 

#3 Membangun Hubungan Baik dengan Konsumen

Hubungan baik memiliki sebuah tujuan jangka panjang, yakni membuat konsumen menumbuhkan loyalitas terhadap brand tersebut.

Mengembangkan hubungan baik sesungguhnya bisa dicapai dengan memberi pelayanan yang baik dan berkesan.

 

#4 Memilih Strategi Penjualan yang Sesuai dengan Segmen Pasar

Tips ini merupakan sesuatu yang masih sulit bahkan bagi pebisnis profesional sekalipun.

Mengapa demikian? Karena menemukan strategi penjualan yang sesuai dengan keinginan pasar itu tidaklah mudah.

Sebagai contoh, jika Anda membuka kedai kopi bagi anak muda, tentunya pemasaran yang lebih sesuai adalah harga yang lebih murah dan tampilan yang menarik bukannya porsi besar dan rasa yang tradisional.

 

#5 Berpikir Besar dan Selalu ke Depan

Untuk berhasil dalam sebuah bisnis, Anda selalu harus berpikir out of the box dan membuat rencana jangka panjang. Dengan demikian bisnis Anda dapat berkembang dengan baik.

Jika Anda hanya berpikir jangka pendek, maka lama kelamaan Anda akan kalah dengan para pesaing baru. Selalu buatlah rencana jangka panjang dengan ide-ide dan inovasi yang terus diperbarui secara berkala.

 

Rencanakan dan Raih Bisnis Ayam Geprek yang Sukses

Setelah melihat beberapa alternatif waralaba ayam geprek di atas, apakah Anda sudah membayangkan manakah bisnis ayam geprek yang akan Anda pilih?

Manapun pilihan Anda, yang terutama adalah lakukan perencanaan yang baik dan menyeluruh agar bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu Anda dapat juga terlebih dahulu melakukan riset pasar dan melakukan analisis kelayakan usaha sehingga rencana Anda terpampang jelas ke depan.

Oh iya, Anda juga bisa membaca ebook Pentingnya mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis dari Finansialku bawah ini secara GRATIS.

Selamat mencoba dan kami yakin Anda pasti berhasil!

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai prospek waralaba ayam geprek yang populer di Indonesia lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda.

Bagikan juga artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Heri Kusdianto. Peluang Usaha Ayam Geprek Lengkap dengan Analisis Usaha. Pojokbisnis.com – http://bit.ly/2LUjVl4
  • Admin. Peluang Usaha Ayam Geprek Dan Analisa Usahanya. Agrowindo.com – http://bit.ly/2QaffpO
  • Sikah. 19 Januari 2018. Strategi Memulai Bisnis Ayam Geprek. Franchiseglobal.com – http://bit.ly/2X0j3g9
  • Miftahul Khoer. 11 March, 2019. Mau Bisnis Ayam Geprek? Cek Daftar Franchise Paling Hits!. Cekaja.com – http://bit.ly/2LSfZRW
  • Okky Budi. 13 Maret 2019. 3 Rekomendasi Bisnis Ayam Geprek, Modalnya Mulai dari Rp 8 Jutaan Aja. Moneysmart.id – http://bit.ly/2LWz7yd

 

Sumber Gambar:

  • Ayam Geprek 1 – http://bit.ly/2JtAfaE
  • Ayam Geprek 2 – http://bit.ly/2Jw06OX
  • Ayam Geprek 3 – http://bit.ly/2WU0cmK
  • Ayam Geprek 4 – http://bit.ly/2YBJ45E
  • Ayam Geprek 5 – http://bit.ly/30tQXMf