Dewasa ini, usaha food truck sudah mulai merambah ke industri waralaba lho! Penasaran bagaimana caranya agar usaha food truck Anda juga dikenal dalam industri ini?

Yuk segera simak pembahasannya disini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn Franchise

 

Bisnis Food Truck: Bisnis Kekinian yang Naik Daun

Di Amerika, bisnis food truck memang diakui sebagai salah satu bisnis kekinian dengan peluang berkembang sangat besar.

Bisnis ini diestimasikan tumbuh ke angka US$2,17 miliar di AS per 2017, yang berarti meningkat hampir empat kali lipat dari US$650 juta di tahun 2012.

Sejak mulai merambah ke tanah air di tahun 2013, bisnis food truck memang disambut dengan sangat baik. Terbukti dengan lebih dari 50 bisnis food truck yang bergabung dalam AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia). 

Bahkan di Jakarta jumlah bisnis ini dikabarkan naik 100% dari tahun 2014 ke tahun 2015. Dimana awalnya hanya 35 bisnis, hingga 70 bisnis hanya dalam 1 tahun saja. Luar biasa sekali bukan?

Satu hal yang tentunya menjadi pertanyaan bagi Anda para pebisnis adalah mengapa bisnis ini bisa berkembang sangat pesat?

Jawabannya dapat Anda ketahui dari beberapa potensi bisnis food truck berikut ini:

  1. Biaya investasi lebih terjangkau dalam jangka panjang dengan konsep takeaway.
  2. Fleksibel, bisa berpindah tempat ke berbagai lokasi strategis dengan potensi penjualan yang besar.
  3. Dapat secara proaktif mendekatkan produk langsung ke calon konsumen, sehingga biaya pemasaran dapat ditekan.
  4. Adanya perubahan trend yang memungkinkan bisnis ini terus berkembang.

 

Bahkan, kabarnya bisnis ini sudah merambah ke industri waralaba. Para pebisnis tentunya berbondong-bondong bersaing untuk membuat usaha food truck-nya dikenal dalam industri waralaba ini.

Cara Jitu Usaha Food Truck 02 Food Truck 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Mobil Pribadi? 9 Start Up Indonesia Tawarkan Uang untuk Pasang Iklan di Mobil]

 

Siapa sih yang tidak mau usaha food truck-nya menjadi waralaba terkenal yang dicari banyak orang?

Tapi muncul pertanyaan di benak pebisnis yaitu bagaimana cara jitu agar usaha food truck di industri waralaba dikenal?

 

Cara Jitu agar Usaha Food Truck di Industri Waralaba Dikenal

Apa yang harus mulai dilakukan agar usaha food truck saya dikenal bahkan dalam industri waralaba?

Nyatanya memulai bisnis food truck tidak sesulit membangun sebuah bisnis pada umumnya. Tetapi Anda tentunya perlu memastikan semuanya berjalan lancar bukan? Langsung saja simak pembahasannya berikut ini:

 

#1 Memilih Konsep Food Truck yang Menarik

Bisnis food truck berbeda dengan bisnis pada umumnya, disini ruang, peralatan, dan sumber daya lainnya lebih terbatas.

Satu hal yang sama disini adalah bahwa Anda harus memberikan (supply) sesuai dengan apa yang diharapkan pelanggan (demand). Namun yang perlu diingat adalah ada perbedaan ekspektasi pelanggan dengan bisnis food truck.

Bisnis food truck umumnya memiliki reputasi baik dengan makanan dan pelayanan yang luar biasa, hingga tak jarang pelanggan rela mendatangi dan mengantre makanan di lokasi yang berubah-ubah.

Pada tahun 2018, diprediksi pemilik bisnis akan terus memanfaatkan keunikan masing-masing dalam bisnisnya untuk bisa bersaing.

Dengan mengidentifikasi minat masyarakat akan produk baru dan memberikan produk yang presisi, Anda bisa memanfaatkan strategi ini dalam berbisnis.

Namun satu hal yang penting adalah menentukan konsep food truck yang juga selaras dengan produk yang ditawarkan, yang pastinya harus sama-sama menarik.

Cara Jitu Usaha Food Truck 03 Food Truck 3 - Finansialku

[Baca Juga: Para Calon Pebisnis, Inilah Syarat Pendirian CV – Comanditaire Venootschap yang Harus Anda Lengkapi]

 

Jadi pertama-tama Anda perlu menentukan konsep seperti apa yang akan Anda anut disini. Beberapa yang bisa Anda pertimbangkan antara lain:

 

#1 Truk

Truk yang dipilih haruslah dapat menarik perhatian konsumen, misalnya dengan warna hangat yang memang menggugah nafsu makan (misalnya warna merah dan kuning).

Selain itu, pastikan desainnya pun memang kontras dan menarik pelanggan dari jarak yang cukup jauh. Dengan demikian Anda tidak akan kalah dalam persaingan dan mudah dikenali dimana saja.

 

#2 Waktu

Anda juga perlu mengatur waktu penjualan, dimana kebanyakan kota memungkinkan truk untuk beroperasi hanya 2-4 jam dalam sehari, biasanya sekitar waktu makan siang.

Artinya lakukan persiapan memasak dengan matang sehingga tidak terlalu banyak waktu dihabiskan untuk memasak.

 

#3 Permintaan Pelanggan 

Selain perlu mengutamakan keunikan, Anda harus yakin betul bahwa ide sudah sesuai dengan kebutuhan dan minat masyarakat.

Mulai dari jenis makanan, harga, hingga porsinya. Mengingat bahwa konsepnya takeaway, pertimbangkan juga bahwa pelanggan lebih memilih makanan yang lebih mudah untuk makan.

Jika masih bingung, jangan ragu untuk melakukan riset sederhana untuk mengetahui apakah ide Anda memiliki potensi untuk sukses. Anda bisa melakukan riset, focus group discussion (FGD), dan trial error.

Riset ini adalah sebuah proses validasi terhadap ide Anda. Karena jika tidak valid, Anda hanya buang-buang waktu saja.

Cara Jitu Usaha Food Truck 03 Food Truck 3 - Finansialku

[Baca Juga: 40 Kata-kata Bijak untuk Startup dan Entrepreneur yang Memotivasi dan Penuh Inspirasi]

 

#2 Gunakan Proses Masak yang Menarik Pelanggan

Belum lama ini saya mendatangi sebuah bazaar makanan yang isinya food truck makanan semua. Sungguh menarik pergi kesana, tapi makanan apa yang dipilih terlebih dahulu?

Umumnya saya melihat food truck yang memang mencolok dan ramai pelanggan.

Saya pun kemudian memilih sebuah food truck yang menawarkan menu ayam geprek dengan berbagai rasa, mulai dari cabai hijau, sambal matah, saus BBQ pedas, dan masih banyak lagi.

Namun satu hal yang saya lihat saat makan di tempat itu adalah saat food truck di sebelahnya sangatlah sepi.

 

Karena penasaran saya pun membandingkan food truck yang ramai dan yang tidak. Satu hal yang langsung saya sadari adalah proses memasaknya.

Pada food truck yang ramai umumnya proses memasak disiarkan langsung bagi pelanggan. Belum lagi proses masaknya pun sangat menarik.

Misalnya saja ada yang membakar sate yang dilumuri keju dengan torch, sehingga pelanggan bergerombol menyaksikannya dan langsung tertarik untuk memesan.

Pada kedai yang saya datangi pun proses menggeprek disiarkan langsung dengan cabai yang berlimpah sehingga menarik pelanggan.

Satu hal lagi yang menguntungkan saat membuka proses masak adalah karena harumnya akan semerbak kemana-mana. Umumnya harum yang timbul ini pun bisa memanggil pelanggan lho!

Anda juga bisa memasang hood dan kemudian membuangnya melalui cerobong yang mengarah keramaian.

Misalnya saja mengarahkan cerobong tersebut ke trotoar tempat pejalan kaki melintas. Saat mereka berjalan dan menghirup aroma sedap, mungkin mereka akan tertarik dan mampir.

Cara Jitu Usaha Food Truck 04 Food Truck 4 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

#3 Menyiapkan Pemasaran yang Tepat

Pemasaran juga menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis food truck Anda, karena sebaik atau seenak apapun produk yang ditawarkan, akan sia-sia jika masyarakat gagal mengenal produk itu.

Oleh karena itu jangan lupakan faktor pemasaran atau promosi. Tenang saja, kini Anda bisa menjalankan strategi pemasaran sederhana dengan kecanggihan teknologi, sehingga pemasaran digital pun bukanlah hal yang mustahil.

Beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

 

#1 Media Sosial

Media sosial telah mengubah cara orang berkomunikasi dan memungkinkan tumbuhnya jaringan antar teman, keluarga, bahkan rekan bisnis.

Sebagai seorang franchisor, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk menambah upaya pemasaran. Sebagai contohnya:

  • Gunakan jasa profesional untuk mengelola sosial media waralaba Anda untuk menjamin profesionalitas, konsistensi, dan konten yang baik.
  • Pastikan Anda membuat konten yang konsisten dengan isi yang informatif dan baik. Hindari memaksakan post setiap hari dengan isi yang tidak bermanfaat.
  • Berikan sarana bagi franchisee untuk memberikan feedback dan memberikan input
  • Lakukan pemeriksaan berkala untuk tetap memastikan profesionalitas konten agar tetap bersifat positif.

 

#2 Blog

Dunia blog terus berkembang dan kini sangat berpengaruh, terutama pada anak muda. Anda juga bisa menggunakannya dalam bisnis waralaba.

Caranya adalah dengan menjadikannya bagian dari situs Anda. Dengan banyaknya keyword yang digunakan dalam blog, tentunya akan meningkatkan efektivitas SEO Anda.

Cara kedua adalah dengan membuat blogosphere. Artinya, Anda memasukkan artikel mengenai produk atau jasa waralaba Anda dalam blog yang sudah memiliki banyak pengunjung dan sudah terkenal.

Terlebih apabila Anda menyertakan link dalam blog tersebut, siap-siap saja situs Anda diserbu pengunjung.

 

Beberapa tips yang bisa diaplikasikan dalam pembuatan blog adalah sebagai berikut:

  • Lakukan riset untuk mengetahui beberapa situs blog
  • Pilihlah keywords yang sesuai dalam setiap konten, gunakan minimal setiap 100 kata sekali dalam blog dengan maksimal 450 kata.
  • Masukkan link situs Anda dalam blog
  • Buatlah konten yang mendidik dan penuh informasi.
  • Ubah setidaknya 30% bagiannya apabila Anda ingin melakukan post konten pada lebih dari 1 situs agar tidak dihapus oleh search engines.

 

Anda juga bisa mengundang food blogger atau food vlogger ternama untuk memberi review-nya atas makanan atau produk Anda. Dengan demikian akan menarik banyak konsumen potensial.

Jangan lupa juga menjalankan strategi pemasaran konvensional seperti memasang spanduk unik dengan disertai gambar di depan truck usaha, membagikan brosur, serta membuat program promosi yang menarik.

Contohnya adalah promo beli satu gratis satu atau harga promo pada happy hour.

Cara Jitu Usaha Food Truck 05 Food Truck 5 - Finansialku

[Baca Juga: Pemasaran Jaringan: Memiliki Bisnis Waralaba Pribadi dengan Biaya Terjangkau]

 

#4 Pilih Lokasi yang Tepat

Dalam berjualan menggunakan food truck, lokasi merupakan sebuah faktor utama yang tidak dapat diabaikan. Anda harus tahu lokasi mana yang memang bisa “menjual”.

Pastikan area yang dipilih tepat dan sesuai untuk bisa mencapai target dengan benar. Selain itu hindari area yang memang akan menyulitkan konsumen, misalnya lokasi yang seperti ini:

  • Lokasi yang rawan banjir.
  • Lokasi yang sulit dijangkau oleh kendaraan roda empat.
  • Lokasi yang tidak memiliki lahan parkir sehingga harus parkir di tempat lain yang jauh.
  • Lokasi yang sepi dan tidak ramai pengunjung.

 

Dengan memilih lokasi yang tepat, Anda akan memperoleh lebih banyak konsumen dan lebih mudah diakses. Dengan demikian usaha food truck Anda akan lebih cepat dikenal dari pemasaran mulut ke mulut.

 

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

#5 Jangan Lupa Mengurus Perizinannya

Meski masih tergolong baru dan bisnisnya pun berupa food truck yang berpindah-pindah, bukan berarti Anda lepas dari perizinan.

Agar bisnis dapat dikenal dan dipercaya, Anda harus mengurus perizinannya agar bisnis bisa berjalan dalam jangka panjang.

Bagi banyak pemilik bisnis food truck, tahapan ini adalah yang paling sulit, dan yang paling memakan waktu. Namun kabar buruknya tahap kedua ini wajib dilakukan.

Berbagai perizinan yang umumnya perlu diurus meliputi:

  • Sertifikat Departemen Kesehatan.
  • Izin truk yang layak jalan dan sudah melakukan uji KIR agar tidak bermasalah dengan dinas perhubungan.
  • Izin permohonan parkir dan sebagainya.

 

Umumnya untuk dapat memperoleh lisensi dan izin usaha, Anda bisa lakukan sendiri dengan mengurusnya ke pemerintah setempat.

Bagi Anda yang berada di kota besar, sudah banyak informasi lengkap mengenai perizinan ini melalui situs resmi, antara lain sebagai berikut:

  • Jakarta: www.jakarta.go.id
  • Jawa Barat: www.jabrprov.go.id
  • Bali: baliprov.go.id

 

Kesimpulan

Demikianlah 5 cara jitu agar usaha food truck Anda dikenal di industri waralaba versi Finansialku.

Jangan berhenti membekali diri Anda dengan pengetahuan bisnis. Ingatlah bahwa segala sesuatu ada prosesnya, karena itu jangan menyerah dalam menjalankan usaha Anda. Teruslah berusaha dan semoga berhasil!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara jitu untuk usaha industri waralaba food truck?

Silahkan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Rick Grossmann. 3 Februari. 8 Online Methods to Attract Potential Franchisees (How These Internet Marketing Methods Can Help You Sell Your Franchise). Entrepreneur.com – https://goo.gl/GVcyyn
  • Admin. Food Truck Anda Ingin Cepat Dikenal? Ini Caranya. Unileverfoodsolutions.co.id – https://goo.gl/THiAMF
  • Admin. 5 Tempat Terbaik untuk Menjalankan Bisnis Food Truck. Unileverfoodsolutions.co.id – https://goo.gl/hpZ2hC

 

Sumber Gambar:

  • Food Truck 1 – https://goo.gl/ANWqec
  • Food Truck 2 – https://goo.gl/ZxDifj
  • Food Truck 3 – https://goo.gl/iHfK38
  • Food Truck 4 – https://goo.gl/EZxVhb
  • Food Truck 5 – https://goo.gl/UaS34i
  • Food Truck 6 – https://goo.gl/4uBGYZ