Semakin ketat persaingan jasa transportasi online, kali ini Grab resmi akuisisi unit bisnis Uber Asia Tenggara.

Bergabungnya Uber dengan Grab merupakan salah satu akuisisi terbesar yang terjadi di Asia Tenggara.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Grab Resmi Akuisisi Uber, Semakin Ketat Persaingan Dua Raksasa Transportasi Online

Perusahaan Grab resmi mengumumkan pengambilalihan (akuisisi) terhadap operasional Uber di Asia Tenggara.

Berdasarkan siaran pers yang diterbitkan melalui situs resmi Grab, ini merupakan akuisisi terbesar antara perusahaan berbasis internet di Asia Tenggara.

Kabar mengenai akuisisi unit bisnis Uber di Asia Tenggara pun telah di konfirmasi langsung oleh Grab, pihaknya menyebut transaksi ini sebagai yang terbesar di kawasan tersebut.

Melalui penggabungan bisnis keduanya, pihak Grab mengaku akan mengintegrasikan layanan pesan kendaraan dan makanan milik Uber di kawasan Asia Tenggara dengan platform yang sudah mereka miliki.

Nantinya, pihak Uber akan memiliki 27,5% saham di Grab. Selain itu, Dara Khosrowshahi selaku CEO perusahaan asal Amerika Serikat tersebut akan bergabung dengan dewan direksi Grab.

Anthony Tan, CEO and co-founder Grab meyakini bahwa bergabungnya Grab dan Uber akan memenangkan bisnis ini di kawasan Asia Tenggara:

“Akuisisi yang diumumkan hari ini menjadi tonggak dari dimulainya era baru. Penggabungan bisnis ini melahirkan pemimpin dalam platform dan efisiensi biaya di kawasan Asia Tenggara.”

 

Grab-Akuisisi-Uber-2-Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengatur Keuangan untuk Driver Ojek Online dan Driver Taksi Online]

 

Ke depannya, pihak Grab akan segera melakukan migrasi mitra pengemudi, merchant, hingga pelanggan dari layanan berbagi tumpangan dan pemesanan milik Uber ke dalam platform milik mereka.

Hal ini diakui oleh perusahaan asal Singapura tersebut untuk meminimalisir disrupsi.

Terkait dengan migrasi ini, dalam dua minggu ke depan aplikasi Uber akan tetap beroperasi.

Hal ini dilakukan untuk memastikan stabilitas para mitra Uber dalam memperoleh informasi lebih lanjut mengenai persyaratan pendaftaran sebagai mitra Grab.

Selain itu, UberEats akan tetap beroperasi hingga akhir Mei nanti, sebelum layanan pengantaran dan restoran milik Uber tersebut pindah ke platform GrabFood.

 

Saingan Uber Tinggal Go-Jek

Dalam proses akuisisi Uber kawasan Asia Tenggara oleh Grab, SoftBank Group berperan besar. Sebab, perusahaan teknologi dan investor tersebut merupakan penanam modal terbesar di kubu Grab, sekaligus pemegang saham mayoritas di Uber.

Perusahaan asal Jepang itu berperan besar dalam mempercepat proses konsolidasi untuk menyeimbangkan neraca keuangan Uber yang rata-rata menggelontorkan miliaran dollar AS tiap tahunnya.

Hal serupa juga sudah dilakukan oleh SoftBank dalam akuisisi operasional Uber di China oleh Didi Chuxing.

Sebelumnya, saat masih dipimpin oleh Travis Kalanick di posisi CEO, Uber telah menjual unit bisnis platform ride sharing tersebut di China kepada Didi Chuxing pada 2016 lalu.

Kemudian, langkah serupa juga dilakukan di Rusia pada Februari lalu, dengan Yandex menjadi pihak yang mengakuisisinya.

Dijualnya operasional Uber di Asia Tenggara, diperkirakan mampu meningkatkan keuntungan perusahaan yang berkantor pusat di California ini.

Hal ini menjadi sangat penting mengingat Uber telah mengeluarkan lebih dari USD 10 miliar sejak berdiri pada 2009, seperti yang detikINET kutip dari Bloomberg, Ahad (25/3/2018).

Nantinya, Uber masih akan memiliki saham sekitar 25%-30% dalam unit bisnis gabungannya bersama Grab.

Dengan keluarnya Uber dalam persaingan berbagi tumpangan di Asia Tenggara, praktis tinggal dua nama yang tersisa dalam pasar transportasi online di kawasan tersebut, yaitu Go-Jek dan Grab.

 

Silakan beri tanggapan dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Muhamad Imron Rosyadi. 26 Maret 2018. Resmi! Grab Akuisisi Uber. Detik.com – https://goo.gl/kkgbsT
  • Muhamad Imron Rosyadi. 25 Maret 2018. Grab Dikabarkan Resmi Caplok Uber, Saingan Tinggal Go-Jek. Detik.com – https://goo.gl/r7pNpB

 

Sumber Gambar:

  • Grab Akuisisi Uber – https://goo.gl/m2YBxu
  • Grab Akuisisi Uber 2 – https://goo.gl/iWZ1TU

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang