Penasaran kira-kira berapa hadiah piala dunia yang akan didapatkan oleh negara peserta piala dunia yang menjadi juara?

Untuk mengetahui jumlah hadiah Piala Dunia, silakan baca artikel berikut sampai habis!

 

Summary:

  • Piala dunia pertama kali diadakan di Uruguay tahun 1930 dan hingga perayaan ke-11 tidak pernah mengumumkan jumlah hadiahnya.
  • Piala dunia tahun 2022 di Qatar menganggarkan US$1 miliar untuk hadiah.

 

Euforia Pesta Sepak Bola Sedunia

Piala Dunia yang merupakan event sepak bola terbesar selalu menarik untuk kita bahas. Gelaran olahraga yang diselenggarakan tiap empat tahun ini selalu memiliki sisi yang bisa diulik.

Gelaran piala dunia pertama kali di Uruguay. Sang tuan rumah berhasil menggulung Argentina 4 – 2 setelah melalui perjalanan panjang. Tahun ini, Piala Dunia berlangsung di Qatar.

Salah satu hal menarik yang banyak masyarakat bahas adalah hadiah Piala Dunia. Tentu saja, mereka penasaran berapa uang yang didapat sebagai pemenang.

Tanpa berlama-lama, kali ini kita akan membahas jumlah hadiah Piala Dunia dari masa ke masa. Simak baik-baik, ya!

 

Daftar Hadiah Piala Dunia

Dalam satu kali gelaran Piala Dunia, biasanya ada 32 negara yang bertanding.

Selama perjalanannya, Brazil menjadi negara dengan jumlah kemenangan terbanyak, yakni lima kali di tahun 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002.

Dalam tiap gelaran, jumlah hadiahnya menjadi salah satu topik yang kita bahas. Bahkan, banyak portal berita merilis berita ini.

Berikut adalah jumlah hadiah Piala Dunia dari masa ke masa.

 

#1 Piala Dunia Pertama sampai Ke-11

Piala Dunia pertama berlangsung tahun 1930 di Uruguay. Saat itu, sang tuan rumah keluar sebagai juara setelah melipat Argentina.

Selama Piala Dunia pertama sampai kesebelas, FIFA tidak pernah mengumumkan jumlah hadiah. Mereka baru merilis informasi ini ke publik pada 1982.

 

#2 Piala Dunia ke-12

Spanyol menjadi tuan rumah Piala Dunia ke-12. Seluruh pertandingan berlangsung antara 13 Juni sampai 11 Juli 1982. Saat itu, ada 24 tim yang bertanding.

Dalam acara kali ini, Italia berhasil pulang sebagai juara setelah mengalahkan Jerman Barat 3 – 1. Sementara, Polandia dan Perancis berada di posisi tiga dan empat.

Dalam gelaran ini, total anggaran FIFA adalah US$20 juta. Hadiah Piala Dunia yang Italia terima adalah US$2,2 juta.

[Baca Juga: Daftar Tragedi Sepak Bola Terkelam dalam Sejarah, Ngeri!]

 

#3 Piala Dunia ke-13

Gelaran Piala Dunia ke-13 berlangsung di Meksiko. Acara ini berlangsung sejak 29 Mei sampai 39 Juni 1986 dan Meksiko maju sebagai pengganti Kolombia yang mengundurkan diri.

Di perayaan ke-13 ini, Argentina keluar sebagai juara setelah mengalahkan Jerman Barat 3 – 2. Sementara itu, di posisi tiga dan empat, masing-masing ada Perancis dan Belgia.

FIFA menyiapkan dana sekitar US$26 juta untuk acara ini, di mana Argentina mendapat hadiah piala dunia sebesar US$2,8 juta.

 

#4 Piala Dunia ke-14

Selanjutnya, Piala Dunia ke-14 berlangsung di Italia. Gelaran yang berlangsung tahun 1990 ini mempertemukan 24 tim dari berbagai benua.

Saat itu, Jerman Barat sukses menyingkirkan Argentina di pertandingan final dengan 1 – 0, sehingga Inggris dan Italia harus berpuas diri di posisi tiga dan empat.

Hadiah Piala Dunia yang Jerman Barat terima adalah US$3,5 juta. Sementara, untuk gelaran ini, FIFA menyiapkan dana US$54 juta.

 

#5 Piala Dunia ke-15

Di tahun 1994, Piala Dunia sukses digelar di Amerika Serikat. Gelaran ini berlangsung pada 17 Juni – 17 Juli. Sebagai penyelenggara, FIFA menyiapkan dana US$71 juta untuk gelaran ini.

Saat itu, Brazil keluar sebagai pemenang dan mendapatkan hadiah sebesar US$4 juta, disusul Italia, Swedia, dan Bulgaria.

 

#6 Piala Dunia ke-16

Di perayaan ke-16, Piala Dunia berlangsung di Perancis. Saat itu, tuan rumah berhasil mengalahkan Brazil 3 – 0 di Stade de France sehingga keluar sebagai pemenang.

Pemain kebanggaan mereka, Zinedine Zidane berhasil menyumbangkan dua gol. Sedangkan satu gol lainnya dibuat oleh Emmanuel Laurent Petit.

Di posisi ketiga dan keempat, masing-masing ada Kroasia dan Belanda.

Di tahun ini, FIFA menganggarkan US$103 juta. di mana, pemenang, yakni Perancis, mendapat hadiah Piala Dunia sebesar US$6 juta.

 

#7 Piala Dunia Ke-17

Di tahun 2002, gelaran Piala Dunia di adakan di Korea Selatan dan Jepang. Ini merupakan kali pertama event internasional ini diadakan di Asia dan di dua negara.

Pertandingan final berlangsung Stadion Internasional Yokohama.

Saat itu, FIFA menganggarkan US$156,5 juta untuk acara ini. Sebagai pemenang, Brazil berhak atas hadiah Piala Dunia sebesar US$8 juta.

Di samping itu, Ronaldo yang juga membela Brazil menjadi bintang setelah berhasil mencetak 8 gol selama Piala Dunia.

 

#8 Piala Dunia Ke-18

Piala Dunia selanjutnya berlangsung pada 9 Juni sampai 9 Juli 2006. Saat itu, ada 64 pertandingan yang dilaksanakan. Dalam gelaran kali ini, Italia berhasil membawa piala.

Di perayaan ke-18, FIFA memiliki total anggaran US$266 juta. Di mana, hadiah Piala Dunia yang Italia dapatkan adalah US$20 juta.

[Baca Juga: Harga dan Jenis Bola Kasti, Terjangkau dan Berkualitas]

 

#9 Piala Dunia ke-19

Afrika Selatan terpilih sebagai tuan rumah dalam gelaran Piala Dunia ke-19 di tahun 2010.

Di tahun ini, lagu tema Piala Dunia yang Shakira nyanyikan, Waka-waka, menjadi lagu Piala Dunia terpopuler sepanjang masa.

Saat itu, Spanyol meraih kemenangan setelah mengalahkan Belanda 1 – 0. Andres Iniesta adalah sosok dibalik gol tunggal itu.

Berikut adalah hadiah Piala Dunia ke-19 yang digelar 2010 di Afrika Selatan:

  • Total anggaran: US$420 juta
  • Pemenang: US$30 juta
  • Runner up: US$20 juta

 

#10 Piala Dunia Ke-20

Pada tahun 2014, Piala Dunia berlangsung di Brazil. Di gelaran ke dua puluh ini, Jerman berhasil keluar sebagai juara setelah berhasil mengalahkan Argentina. 

Berikut adalah hadiah Piala Dunia ke-20 di Brazil:

  • Total anggaran: US$576 juta
  • Total hadiah Piala Dunia yang dibagikan: US$358 juta
  • Pemenang (Jerman): US$35 juta
  • Runner up (Argentina): US$25 juta
  • Peringkat 3 (Belanda): US$22 juta
  • Peringkat 4 (Brazil): US$20 juta
  • Perempat final: US$14 juta
  • Lainnya: masing-masing US$1,5 juta

[Baca Juga: 9 Jenis Olahraga untuk Wanita, Lengkap dengan Manfaatnya]

 

#11 Piala Dunia Ke-21

Piala dunia ke-21 berlangsung di Rusia. Dalam gelaran ini, ada 32 negara yang ikut bertanding setelah melewati kualifikasi.

Saat itu, Perancis keluar sebagai juara. Di babak Final, Perancis berhasil menumbangkan Kroasia 4 – 2.

Hadiah Piala Dunia ke-21 ini berjumlah US$38 juta untuk peringkat teratas dari anggaran FIFA yang berjumlah US$791 juta.

 

#12 Piala Dunia Ke-22

Piala Dunia ke-22 berlangsung tahun 2022 di Qatar. Tahun ini, ada 64 pertandingan yang bisa kita saksikan. 

Tahun ini, FIFA menganggarkan US$1 miliar untuk hadiah. Jumlah ini sangat besar daripada tahun-tahun sebelumnya.

Berikut adalah pembagian hadiah Piala Dunia 2022:

  • Pemenang: US$42 juta
  • Runner up: US$30 juta
  • Peringkat 3: US$27 juta
  • Peringkat 4: US$25 juta
  • Posisi 5 – 8: US$68 juta (US$17 juta per tim)
  • Posisi 9 – 16: US$104 juta (US$13 juta per tim)
  • Posisi 17 – 32: US$144 juta (US$9 juta per tim)

 

Asyiknya Menonton Tim Favorit

Gelaran Piala Dunia selalu memiliki sisi menarik untuk kita bahas, salah satunya hadiah Piala Dunia. Selama acara berlangsung, demam Piala Dunia hampir terjadi di semua negara. 

Hal tersebut ditandai dengan maraknya orang yang membicarakan bola, membuat video reaksi, sampai membeli suvenir resmi. Apakah kamu juga termasuk?

Sebagai fans, tentu kamu juga membeli pernak-pernik piala dunia, seperti jersey, gantungan kunci, dan aksesori lain. Tapi, perlu kamu ingat untuk tidak belanja berlebihan.

Untuk mengatasinya, kamu bisa membuat anggaran keuangan dengan aplikasi Finansialku. Dijamin, kamu akan lebih mudah mengatur pengeluaran.

Yuk, download aplikasi Finansialku di Google Play dan App Store sekarang! Gratis, lho!

Banner Iklan Fitur Anggaran

 

Itulah penjelasan mengenai hadiah yang pemenang dapatkan di ajang sepakbola internasional. Negara mana yang kamu dukung?

Yuk, tulis di kolom komentar, siapa tahu ada Sobat Finansialku yang sama-sama mendukung tim favoritmu!

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi: 

  • Admin. 11 Maret 2022. FIFA World Cup Prize Money History (1982 to 2022). Totalsportal.com – https://bit.ly/3UegIL4
  • Admin. 26 Oktober 2022. Daftar Hadiah Piala Dunia dari Masa ke Masa. Sportstar.id – https://bit.ly/3EDTg49
  • Melly Yustin Aulia. 28 Oktober 2022. Hadiah Piala Dunia 2022 dan Sebelumnya: Jutaan Dollar, Tahun Ini Naik Drastis! Tokopedia.com – https://bit.ly/3gxPCB6
  • Tika Vidya Utami. 26 Oktober 2022. Evolusi Hadiah Piala Dunia, Ini Daftarnya dari Masa ke Masa. Sports.sindonews.com – https://bit.ly/3VanKlz
  • Wadiyo. 20 Desember 2021. (Infografik) Inilah Jumlah Hadiah Piala Dunia 1982 – 2018. Manajemenkeuangan.net – https://bit.ly/3F7lOES