Di era informasi yang semakin maju, handphone (HP) menjadi sebuah kebutuhan yang tidak dapat dipungkiri. Namun, jenis handphone yang beredar kini sangat beragam. Handphone seperti apakah yang sesuai untuk Anda? Mari kita bahas beberapa hal yang sebaiknya Anda pertimbangkan sebelum membeli HP baru.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pertimbangan Dalam Membeli HP Baru

Tentunya Anda memiliki beberapa pertimbangan dalam membeli HP baru bukan? Salah satu hal yang umumnya menjadi kendala adalah harga. Selain harga, biasanya konsumen mempertimbangkan spesifikasi HP yang sesuai dengan kebutuhannya. Pada artikel ini, Finansialku akan membahas hal-hal yang dapat membantu Anda memilih jenis HP yang tepat.

Hal yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Membeli HP Baru 2 - Finansialku

[Baca Juga: Pelajaran dari Bisnis Teknologi Dropbox]

 

#1 Harga

“Harga memang tak pernah bohong” begitulah pepatah yang sering dikatakan orangtua. Namun, apakah kata-kata tersebut benar? Ternyata tidak. Banyak sekali HP yang beredar di pasaran saat ini, namun apakah Anda rela merogoh kocek cukup dalam hanya demi sebuah HP? Ternyata, banyak HP dengan harga terjangkau dengan spesifikasi yang tak kalah dari HP mewah. Anda hanya perlu meluangkan sedikit waktu untuk membandingkan (benchmarking) beberapa HP yang sesuai untuk Anda.

Mengubah Visi Menjadi Kekayaan, Begini Caranya! 1 - Finansialku

[Baca Juga: Mengubah Visi Menjadi Kekayaan, Begini Caranya!]

 

#2 Spesifikasi yang Sesuai

Kebutuhan setiap orang tentunya berbeda, sehingga belum tentu HP kesayangan teman Anda sesuai untuk Anda. Dengan demikian, alangkah baiknya jika Anda menentukan apa saja kebutuhan Anda dan spesifikasi HP seperti apakah yang Anda cari. Sebagai contoh, jika Anda memiliki online shop mungkin kebutuhan Anda antara lain adalah HP dengan kamera yang cukup baik, HP yang mampu mendukung kebutuhan media sosial Anda, dan memori yang cukup besar untuk menyimpan data penjualan. Berikut beberapa spesifikasi yang dapat Anda gunakan dalam memilih HP yang tepat:

  1. Kapasitas RAM (Random Access Memory) yang Besar. Besarnya kapasitas RAM mempengaruhi kinerja sebuah handphone. Akan lebih baik jika Anda memilih HP dengan kapasitas RAM yang cukup besar untuk menghindari HP anda menjadi ‘lemot’ akibat banyaknya aplikasi yang Anda gunakan.
  2. Jaringan dan Konektivitas yang Baik. Kini jaringan 4G merupakan teknologi terbaru yang sudah dapat digunakan di berbagai kota besar. Teknologi ini menawarkan kualitas suara yang lebih jernih dan kecepatan internet yang lebih baik. Walaupun belum tersedia di beberapa bagian Indonesia, nampaknya teknologi ini akan segera menyebar luas.
  3. Kualitas Kamera. Banyak HP yang kini menawarkan kualitas kamera dengan kapasitas megapixel yang besar, sehingga dapat menghasilkan foto yang lebih jelas dan gambar yang jernih. Mengabadikan momen kini menjadi hal yang umum sehingga HP dituntut untuk memiliki kamera dengan kualitas yang baik. Bukan hanya itu, kini banyak perusahaan yang menawarkan handphone dengan kamera depan dengan kualitas yang tak kalah bagus, karena meningkatnya permintaan akibat trend swafoto atau sering disebut selfie.
  4. Kualitas Layar. Apalah arti kamera yang baik jika tidak didukung dengan kualitas layar yang memadai? Luasnya layar, resolusi layar, dan sensitifitas layar menjadi faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Dengan semakin meluasnya teknologi layar sentuh, sensitifitas layar menjadi sangat dipertimbangkan. Tak lupa luas layar dan resolusinya untuk mendukung kualitas gambar yang ditampilkan.
  5. Kapasitas Baterai. Tentunya HP tidak hanya digunakan untuk telepon saja, tapi juga untuk browsing, chatting, gaming, dan media sosial. Maka dibutuhkan kapasitas baterai yang cukup untuk mengimbangi aktivitas-aktivitas ini agar Anda tidak perlu membawa power bank atau charger kemana-mana. Konsumen tentunya mencari HP dengan waktu charging yang singkat, namun dengan kapasitas baterai yang besar, sehingga handphone dapat digunakan lebih lama.
  6. Sistem Operasi dan Kapasitas Memori. Teknologi sistem operasi terus bergulir seiring waktu. Sistem operasi yang saat ini paling banyak digunakan adalah Android, namun kita tidak pernah tahu kelak sistem operasi seperti apa yang akan beredar. Yang jelas adalah sistem operasi juga harus didukung memori yang besar. Jika HP Anda tidak memiliki kapasitas memori yang besar, kini Anda dapat mengakalinya dengan menggunakan memori eksternal.

Mahasiswa, Ini 3 Langkah Memulai Trading Saham yang Realistis dan Dapat Dimulai Sekarang Juga 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bertransaksi Saham Dengan Salah Satu Aplikasi Software Online Trading]

 

#3 Ketersediaan

Apalah arti spesifikasi yang sempurna dengan harga yang sesuai jika barang tidak tersedia untuk Anda? Terkadang produsen menggunakan teknik marketing yang cukup unik sehingga Anda harus mengantri atau bahkan harus inden (pembelian barang dengan cara memesan dan membayar terlebih dahulu) sebelum Anda dapat memperoleh barang yang diinginkan. Mungkin teknik marketing tersebut memiliki dampak positif bagi produsen, namun kadang malah menimbulkan ketidaknyamanan bagi konsumen. Anda tentunya dapat memilih untuk mengantri lama demi handphone yang sedang trend saat ini, atau memilih untuk membeli handphone yang lebih sederhana via media online di rumah.

11 Fakta Unik Tentang Uang yang akan Membuat Anda Terperangah 03 - Finansialku

[Baca Juga: 11 Fakta Unik Tentang Uang yang akan Membuat Anda Terperangah]

 

Pilihlah HP yang Sesuai Untuk Anda

Beberapa pertimbangan di atas mungkin hanya sebagian dari pertimbangan Anda dalam memilih HP baru. Harga HP mahal bukan menjadi jaminan kebutuhan Anda akan komunikasi terpenuhi. Anda bisa saja memiliki pertimbangan lainnya yang menurut Anda cukup penting. Namun semoga artikel dari Finansialku ini dapat membantu Anda menemukan HP yang tepat.

 

Apakah Anda mengetahui pertimbangan dalam membeli HP baru lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Lazyman. 2 Februari 2017. I Bought a New Cell Phone… Guess Which One and Why. Lazymanandmoney.com – https://goo.gl/I0TAHG
  • Tribun. 15 Januari 2016. Ingin Beli Handphone Baru? Ini Lho Hal-Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Membelinya. Tribunnews.com – https://goo.gl/YO10fc

 

Sumber Gambar:

  • Businesswoman phoning – https://goo.gl/ucPAmV
  • Woman using phone – https://goo.gl/i5y1O7

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang