Properti dekat stasiun mulai mendapatkan perhatian semenjak infrastruktur Indonesia ditingkatkan.

Artikel ini akan memberikan Anda informasi mengenai cara untuk memilih, mencari dan menemukan properti dekat stasiun. Yuk, simak artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Properti Dekat Stasiun

Saat ini properti dekat stasiun commuter line telah menjadi pilihan bagi para investor atau pencari tempat tinggal. Mengapa tidak? Banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari memiliki properti di dekat stasiun.

Yang pertama, akses transportasi akan menjadi sangat mudah dan dekat. Cara ini juga dapat membantu Anda menghemat ongkos transportasi. Kedua, harga properti akan terus meningkat akibat infrastruktur yang mendukung.

Ketiga, properti dapat dijadikan sebagai tempat untuk melakukan beragam bisnis, seperti F&B (Food and Beverage) atau tempat penginapan.

Manfaat tersebut dapat dirasakan dengan maksimal apabila Anda dapat memilih properti dekat stasiun dengan tepat.

 

Perkiraan Harga

Untuk harga properti dekat stasiun, terus meningkat. Saat ini, untuk sebuah apartemen dengan tipe studio di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan telah dijual dengan harga awal Rp1,1 miliar.

Terdapat 4 wilayah penyangga DKI Jakarta yang dilalui oleh jalur KRL atau commuter line yaitu Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Dibandingkan kuartal III tahun 2018, harga properti di Depok mengalami kenaikan 7,56 persen di kuartal IV 2018.

Bahkan titik 113,7 pada kuartal IV 2018 tersebut menunjukkan kenaikan 16,35% jika dibandingkan dengan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Di wilayah lain, contohnya di Bogor, harga properti naik sebesar 10,98% dan di Bekasi naik 10,19%.

 

Cara Memilih dan Mencari Properti Dekat Stasiun

Di bawah ini terdapat beberapa aspek yang harus Anda perhatikan ketika membeli dan mencari properti dekat stasiun

 

#1 Tentukan Kegunaan Properti

Untuk dapat memilih dengan tepat, sebelumnya Anda harus mengetahui kegunaan dan manfaat dari properti tersebut. Anda dapat menggunakannya sebagai tempat tinggal, bisnis, kantor, tempat usaha atau bahkan investasi.

Dengan menentukan kegunaan properti, Anda dapat mengecilkan pilihan dan mencari lingkungan yang sesuai dengan kegunaannya.

Misalnya tempat usaha pasti akan lebih cocok ditempatkan di stasiun yang menjadi pusat keramaian dibandingkan stasiun yang ada di pinggiran kota.

Cara Memilih, Mencari dan Menemukan Properti Dekat Stasiun, Ketahui Harganya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Milenial Gaji UMR Beli Properti? Bisa, Gini Lho Caranya!]

 

#2 Pilih Jenis Properti: Baru atau Bekas?

Sebuah properti akan tetap berharga walaupun bekas. Salah satu perbedaan yang paling signifikan adalah dari segi harga yang dibutuhkan untuk membeli kedua jenis properti tersebut.

Kembali pada poin sebelumnya, masing-masing kegunaan akan membutuhkan jenis properti yang berbeda.

Pada kegunaan investasi, properti yang sudah bekas tetap akan mengalami peningkatan harga karena peningkatan harga tanahnya sendiri.

Untuk tempat tinggal, properti baru akan membutuhkan biaya yang mungkin lebih murah karena Anda tidak perlu melakukan renovasi ulang dan dapat sekaligus menghemat waktu.

 

#3 Perhatikan Kenyamanan

Kenyamanan sebuah tempat tinggal dapat dinilai dari berbagai aspek. Pertama, akses menuju tempat tinggal, akses yang terlalu padat dan sering macet tentu akan lebih memusingkan dibandingkan akses yang lapang dan tenang.

Selain itu, aspek kedua dapat dinilai dari ketenangan di sekitar lingkungan rumah. Memilih properti dekat dengan stasiun, berarti Anda harus siap dengan suara keras dari datangnya kereta.

Sesuaikan dengan kebutuhan properti tersebut. Jika Anda ingin mencari tempat tinggal, mungkin jarak yang lebih jauh akan lebih nyaman dibandingkan jarak yang terlalu dekat dengan stasiun.

Jika Anda ingin mencari properti untuk bisnis atau sekedar investasi maka pastikan bahwa properti tersebut berada di pusat keramaian.

 

#4 Mengetahui Kemampuan Finansial

Hal ini adalah aspek yang cukup penting dalam membeli properti. Zaman sekarang, properti kebanyakan dibeli dengan sistem KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Walaupun cara ini dapat memudahkan penggunanya, cara ini akan berbahaya bagi Anda yang tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik.

Cara Sederhana Membuat Laporan Keuangan Pribadi Bulanan 02 Laporan Keuangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Dijamin Cepat Laku Dengan Harga Tinggi Jika Melakukan Tips Jual Properti Ini]

 

Sebelum membeli rumah, hitung berapa harga rumah yang Anda sanggupi. Jangan lupa untuk memasukkan biaya tambahan seperti sertifikasi rumah atau biaya renovasi.

Setelah menentukan kemampuan Anda, barulah Anda dapat mencari properti yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Jangan memaksakan keinginan hanya karena hal-hal yang berbasis keinginan. Perhatikan apa yang menjadi kebutuhan Anda, dan fokus pada hal tersebut.

 

#5 Memperhatikan Pembangunan di Sekitarnya

Kenyamanan saat ini memang penting, namun kenyamanan di masa yang akan datang, tidak kalah penting. Kenyamanan juga dapat dipengaruhi dengan pembangunan yang akan datang.

Apakah infrastruktur di wilayah Anda akan terus ditingkatkan? Bagaimana dengan pembangunan di sekitar lingkungan Anda? Fasilitas umum apa sajakah yang disediakan atau akan dibangun di sekitar lingkungan properti?

Strategi Jitu Bagi Investor Properti Agar Pengajuan Kredit Disetujui Bank! 99 Persen Berhasil! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Meski Banyak Hambatan Saat Investasi Properti, Tapi Ada Juga Jalan Keluarnya]

 

Pertanyaan ini juga dapat menjawab apakah harga properti tersebut akan terus naik atau stagnan. Jika harga properti terus naik, tentu keuntungan yang Anda dapatkan dari membeli properti tersebut akan meningkat.

 

#6 Menggunakan Situs Agen Properti Online

Salah satu hal yang dapat Anda manfaatkan secara online adalah agen properti online yang dapat membantu Anda mencari properti yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Biasanya situs tersebut akan menyaring pencarian berdasarkan dengan lokasi yang Anda inginkan, kisaran harga yang sesuai dengan kemampuan serta jenis properti yang Anda cari.

Dengan situs ini, Anda dapat memiliki gambaran perkiraan harga serta lokasi mana yang harus Anda cari yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan finansial Anda.

 

Tips Membeli Properti dekat Stasiun

Untuk membeli properti dekat stasiun, terdapat beberapa tips singkat yang dapat Anda lakukan sebelum melakukan keputusan, yaitu:

  • Melakukan perbandingan langsung ke lokasi. Cara ini dapat membantu Anda untuk mengetahui langsung keadaan, fasilitas, potensi hingga mempelajari akses ke stasiun
  • Tentukan kriteria properti. Kriteria ini harus disesuaikan dengan kemampuan finansial. Jangan memilih properti hanya karena desain bagus atau promo harga tanpa mempedulikan aspek lainnya.
  • Perhatikan perkembangannya. Salah satu keuntungan yang dapat dirasakan dari sebuah properti adalah kenaikan harga. Kenaikan harga ini secara garis besar dipengaruhi oleh perkembangannya di masa depan. Untuk itu, sebelum membeli rumah, pastikan bahwa Anda telah mempertimbangkan hal tersebut.

 

Sudahkah Anda Memilih dengan Baik?

Agar Anda dapat memaksimalkan keuntungan dari investasi properti dan kegunaan properti tersebut, pastikan bahwa Anda mencari sesuai dengan kebutuhan dan membeli sesuai dengan kemampuan.

Anda juga perlu merencanakan keuangan Anda terlebih dahulu sebelum membeli properti yang Anda inginkan.

Anda bisa membaca ebook dari Finansialku berikut ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda dapat tercapai sesuai rencana tanpa mengganggu tujuan keuangan yang lain. Selamat membaca..

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Setelah membaca artikel ini, apakah Anda tertarik membeli rumah di dekat stasiun? Jika ya, pastikan bahwa Anda melakukan tips-tips di atas untuk membeli properti yang menguntungkan.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan tulis komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Aloysius Sunu D. 21 Maret 2019. Dekat Stasiun Commuter Line Pilihan Orang untuk Beli Rumah, Tips Beli Rumah Dekat Stasiun. Tribunnews.com – https://bit.ly/2RlvCk1
  • Admin. 26 September 2016. Cari Rumah Dekat Stasiun KRL? Perhatikan 5 Hal Berikut Ini. Tribunnews.com – https://bit.ly/2KYwKsM

 

Sumber Gambar:

  • Properti 1 – http://bit.ly/2LcT3Lc
  • Properti 2 – http://bit.ly/2IYcDrW