Hari Anak Nasional: Masa depan bangsa ini ada di tangan anak-anak. semakin baik kualitas anak, maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa. Salah satu caranya dengan memberikan pendidikan terbaik untuk anak.

Agar lebih jelas, mari simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Peringatan Hari Anak Nasional

Hari Anak Nasional merupakan hari yang diperingati oleh masyarakat Indonesia setiap tanggal 23 Juli 2019. Penetapan Hari Anak Nasional ini dicetuskan oleh presiden Soekarno melalui keputusan Presiden RI Nomor 44 tahun 1984.

Hari Anak Nasional ini diperingati untuk mengingat bahwa anak-anak Indonesia merupakan bibit unggul dan aset yang paling berharga demi kemajuan negara Indonesia.

Selain itu Hari Anak Nasional bertujuan untuk memunculkan kepedulian semua pihak dalam mewujudkan lingkungan yang berkualitas bagi anak, dan peningkatan kualitas melalui pengasuhan yang berkualitas.

Peringatan Hari Anak Nasional juga merupakan kesempatan untuk terus mengajak seluruh komponen warga atau bangsa Indonesia, baik itu orang tua, keluarga, masyarakat termasuk dunia usaha, maupun pemerintah dan negara, untuk melaksanakan kewajiban dan tanggung jawabnya.

Mau Tahu Cara Mendidik Anak Jadi Pengusaha Sukses Praktikkan Sekarang 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Tahu Cara Mendidik Anak Jadi Pengusaha Sukses?? Praktikkan Sekarang]

 

Seperti yang telah di tetapkan dalam Undang-Undang No 23 Tahun 2002 yang berisi; melakukan upaya perlindungan dan mewujudkan kesejahteraan anak dengan memberikan jaminan terhadap pemenuhan hak-haknya dan perlakuan tanpa diskriminasi.

Di Indonesia sendiri, pemerintah telah mengembangkan kebijakan Kabupaten atau Kota Layak Anak (KLA) dengan tujuan akhir Indonesia Layak Anak (IDOLA).

Prinsip yang digunakan dalam pembangunan Anak Indonesia mengacu pada Konvensi Hak Anak (KHA) yaitu:

  • Non Diskriminasi
  • Kepentingan Terbaik Bagi Anak
  • Hak untuk Hidup
  • Kelangsungan Hidup dan Perkembangan Anak
  • Menghargai Pandangan Anak

 

Pentingnya Mempersiapkan Dana Pendidikan untuk Anak

Tidak dapat dipungkiri, meskipun ada berbagai macam kebijakan terkait peringatan Hari Anak Nasional, namun pemenuhan akan hak dan perlindungan pada anak masih belum bisa dilakukan dengan baik.

Seperti masih banyak anak yang belum mendapatkan pendidikan, maraknya kekerasan pada anak baik di dalam rumah atau di sekolah, terbatasnya wadah untuk anak berpartisipasi, dan tidak mendapatkan tempat tinggal yang layak.

Untuk mengatasi hal ini sangat diperlukan upaya yang bisa menjamin sang anak agar mereka dapat hidup, tumbuh, berkembang serta mendapatkan perlindungan.

Perlindungan ini tentu bisa diperoleh dari lingkungan keluarga.

Keluarga merupakan bagian terkecil yang mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan seorang anak yang diharapkan mampu melindungi anak sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Menghadapi Anak Minta Uang 04 Anak 4 - Finansialku

[Baca Juga: Sederhana, Praktikkan Cara Mendidik Anak Agar Cerdas Keuangan Sejak Kecil]

 

Anak merupakan penerus cita-cita perjuangan bangsa Indonesia. Masa depan bangsa ini tentu ada di tangan anak-anak saat ini. semakin baik kualitas anak, maka semakin baik pula kehidupan masa depan bangsa.

Begitupun sebaliknya, jika kualitas anak buruk, maka masa depan bangsa ini akan buruk juga.

Setiap anak tentu memiliki hak dalam hal pendidikan, melalui pendidikan pemikiran anak akan menjadi lebih terbuka serta menambah wawasan.

Sebagai bibit unggul, tentu anak harus diberikan pendidikan yang terbaik agar kelak dapat meneruskan bangsa ini menjadi lebih maju.

Yang seringkali jadi penghambat dalam pendidikan adalah faktor ekonomi, banyak dari para orang tua yang tidak menyekolahkan anaknya karena tidak mampu untuk membayar.

Meskipun ada program beasiswa dari pemerintah, namun tetap saja para orang tua harus menyiapkan dana pendidikan untuk anaknya.

Meski begitu, Anda tidak perlu risau, Finansialku akan memberikan tips kepada para orang tua di semua kalangan agar bisa memberikan pendidikan terbaik untuk anaknya.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyiapkan dana pendidikan bagi anak, diantaranya:

 

Hadiah Hari Anak Nasional 1: Asuransi Pendidikan

Di zaman sekarang banyak perusahaan-perusahaan yang menawarkan paket asuransi pendidikan dalam paket unit link.

Produk asuransi pendidikan ini berisi perlindungan terhadap orang tua dan investasi tertentu saja.  Pastikan besaran dana polis yang dibayarkan bisa memenuhi kebutuhan dana pendidikan.

Dengan menggunakan asuransi pendidikan ini, jika suatu saat terjadi musibah pada orang tua, maka pendidikan anak akan tetap terjamin. Namun, kekurangannya jika dibandingkan dengan produk investasi hasilnya tidak sebaik produk investasi lainnya.

 

Hadiah Hari Anak Nasional 2: Reksa Dana

Reksa dana adalah salah satu alternatif produk investasi untuk menyiapkan dana pendidikan. Reksa dana terdiri dari reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, reksa dana pasar uang, dan reksa dana saham.

Anda bisa memilih reksa dana sesuai dengan kebutuhan Anda. Biasanya jenis reksa dana dipilih berdasarkan profil risiko serta jangka waktu investasi.

 

Hadiah Hari Anak Nasional 3: Tabungan Pendidikan

Tabungan pendidikan ini bisa Anda temui di bank, karena ini merupakan produk yang kerap kali ditawarkan oleh Bank. Hampir sama seperti tabungan pada umumnya, hasilnya pun tidak setinggi produk investasi.

Jika menggunakan produk tabungan pendidikan ini bunga yang ditetapkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan tabungan yang biasa.

 

Hadiah Hari Anak Nasional 4: Deposito

Menabung dalam bentuk deposito adalah salah satu cara tabungan pendidikan yang paling banyak dipilih oleh para orang tua.

Bunga yang ditawarkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis tabungan lainnya. Tetapi deposito memiliki batas waktu penyetoran dan pengambilan.

Mengajarkan Anak Berhemat 01 - Finansialku

[Baca Juga: Anti Galau! Pahami Cara Cerdas Menyiapkan Dana Pendidikan Anak]

 

Untuk mengetahui berapa besaran dana yang dibutuhkan untuk memberikan pendidikan pada anak yang harus Anda ketahui adalah biaya pendidikan sesuai dengan jenjang sang anak karena biaya untuk anak usia pra sekolah, sekolah dan kuliah tentu berbeda.

Faktor lainnya pun yang berpengaruh adalah tempat pendidikan yang akan dituju. Sekolah swasta dan sekolah negeri tentu memiliki biaya pendidikan yang berbeda.

Biasanya sekolah swasta mematok harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan sekolah negeri.

Anda pun harus memikirkan biaya lainnya seperti uang jajan, biaya kos atau asrama, biaya ekstrakurikuler, dan biaya lainnya.

Untuk meminimalisasi itu Anda bisa mencari beasiswa yang tepat agar orang tua bisa terbantu untuk mengumpulkan biaya pendidikan.

 

Pendidikan Hak Setiap Anak

Jika Anda mau menyekolahkan anak di sekolah yang terbaik tentu saja memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Dengan mempersiapkan dana pendidikan sejak dini, maka Anda bisa sedikit tenang saat anak Anda sudah mendekati usia sekolah.

Di Hari Anak Nasional ini, yuk mulai berinvestasi, menabung, mencari asuransi pendidikan untuk anak. Pastinya setiap orang tua ingin yang terbaik untuk sang anak dalam hal apapun.

Bagi Anda para orang tua yang ingin segera menyiapkan dana pendidikan anak, maka Anda bisa download secara gratis ebook dari Finansialku mengenai cara untuk menyekolahkan anak dari TK sampai sarjana. Selamat membaca..

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Melia Istighfaroh. 22 Juli 2019. Hari Anak Nasional. Tribunnewswiki.com – http://bit.ly/2JKOhn1
  • Admin. 22 Juli 2019. Pedoman Pelaksanaan Hari Anak Nasional. Jogloabang.com – http://bit.ly/2Y73keD

 

Sumber Gambar:

  • Hari Anak Nasional – http://bit.ly/2LBnRpT