Salah satu cara menuju keadaan keuangan keluarga yang sehat adalah dengan berhemat. Lalu bagaimana cara menghemat pengeluaran keluarga yang tepat?

Apakah berhemat itu hanya sebatas bisa dilakukan dengan cara membeli yang perlu saja? Ternyata tidak, lho! Jika kita mau lebih peka, ada banyak hal yang sebenarnya dapat kita hemat, simak pembahasan berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Ampuh Hemat Pengeluaran Keluarga

Penulis buku keuangan terkenal di Amerika, Dave Ramsey, pernah berkata:

“Kedamaian finansial bukanlah masalah kepemilikan benda, tapi cara belajar hidup hemat, di mana pengeluaran lebih kecil daripada penghasilan, sehingga Anda dapat punya uang lebih dan uang untuk berinvestasi. Anda tidak bisa menang sampai melakukan hal ini.” (Prof Candra Chahyadi, 2015)

 

Kebanyakan dari kita berpikir Financial Freedom berarti dapat pekerjaan bagus, gaji besar, berhemat gila-gilaan, menginvestasikan 50% dari pendapatan, tidak punya utang dan berharap bisa menabung untuk hari tua.

Tapi apakah kenyataannya seperti itu? Kenyataannya, 97% orang yang hidup dengan pola pikir seperti itu ketika memasuki masa pensiun tidak punya apa-apa. Uang mereka habis. Kenapa?

Karena ada terlalu banyak godaan dan terlalu sedikit kekuatan untuk melawannya. Pada akhirnya kita malah jadi stres sendiri karena tidak melakukan apa yang seharusnya dilakukan dan melakukan apa yang seharusnya tidak dilakukan.

Cara ampuh yang diberikan saat ini adalah cara yang sederhana yang bisa Anda coba lakukan dalam keluarga Anda. Dan nantinya Anda akan menyadari bahwa sudah banyak sekali yang Anda bisa hemat dari pengeluaran keluarga Anda.

Cobalah cara ampuh berikut ini:

 

#1 Hemat Pengeluaran Listrik

Untuk masalah ini, ada dua hal yang dapat Anda lakukan. Yang pertama, pilihlah produk-produk yang hemat energi. Memang harganya biasanya jauh lebih mahal, tapi dalam jangka panjang, produk-produk seperti ini bisa sangat menghemat pengeluaran Anda.

Yang kedua, disiplinlah dalam menggunakan listrik. Dorong tiap anggota keluarga untuk mematikan perangkat-perangkat listrik seperti AC, TV, lampu saat tidak digunakan. Maka niscaya biaya listrik yang Anda bayar tiap bulan juga akan berkurang.

Percaya tidak percaya, cara ini terbukti ampuh menghemat listrik dan pastinya menghemat pengeluaran rumah tangga Anda.

 

#2 Buat Daftar Belanja

Apakah Anda Saat Belanja Sering Over budget Ternyata Ini Lho Alasannya 02 Berbelanja - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Ini Dia Rahasia dan Trik Jitu Dalam Hemat Belanja Bahan Makanan]

 

Seberapa sering Anda ingin membeli sesuatu tapi berakhir membeli barang-barang lain yang tidak Anda rencanakan sebelumnya? Ya, cara berhemat adalah dengan membeli daftar belanja dan menepatinya.

Usahakan, daftar tersebut dimulai dari barang yang terpenting dahulu, baru berlanjut pada barang yang sifatnya remeh atau bisa dinanti-nantikan. Tujuannya tentu agar terhindar dari membeli barang yang tidak perlu.

Finansialku bisa membantu Anda dalam merencanakan keuangan dengan lebih tepat, Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

#3 Miliki Gaya Hidup Sehat

Sakit itu mahal. Demikianlah sebuah ungkapan berkata. Faktanya memang benar demikian.

Karena itu, usahakanlah untuk menjalani gaya hidup sehat, sehingga Anda dapat meminimalisasi terjadinya keadaan di mana Anda harus mengeluarkan banyak biaya untuk obat-obatan dan bahkan perawatan rumah sakit.

Dorong tiap anggota keluarga untuk menjaga makanan dan rutin berolahraga.

 

#4 Kurangi Hangout

Adanya banyak tempat nongkrong dan mall sekarang mau tidak mau menggoda banyak orang untuk hangout bersama keluarga atau teman-teman. Hal ini sebenarnya sah-sah saja dilakukan, tapi hendaknya jangan terlalu sering.

Nongkrong bersama teman-teman atau rekan kerja memang diperlukan sebagai bagian dari sosialisasi. Pergi keluar bersama keluarga untuk sekadar refreshing juga diperlukan sesekali.

Meski demikian, bukan berarti Anda harus melakukannya setiap hari, dan di tempat yang mahal pula, kan?

 

#5 Hentikan Langganan Layanan tertentu

Coba periksa kembali keanggotaan dan langganan Anda pada produk dan jasa tertentu seperti koran, majalah, jasa online, keanggotaan gym, klub renang, TV berbayar dan sebagainya.

Hitung jumlah iuran keanggotaan yang harus Anda bayarkan tiap bulan untuk semua itu, dan Anda akan terkejut dengan jumlahnya.

Pilihlah keanggotaan dan langganan untuk keperluan yang sifatnya mendesak saja dan mulailah berhenti berlangganan layanan yang dirasa tidak perlu.

 

#6 Belanja di Pasar Tradisional

Hidup-di-Kota-Besar-Tidak-Mudah-2-Pasar-Tradisional-Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Hemat yang Suka Dilupakan Oleh Banyak Pasangan Muda]

 

Belanja barang kebutuhan bulanan, atau kebutuhan memasak memang lebih nyaman di tempat perbelanjaan modern. Tapi jika Anda mau berkeringat sedikit, tidak ada salahnya untuk mulai menyambangi pasar-pasar tradisional.

Memang tidak senyaman mall, tapi harga barang-barang di pasar tradisional ini sudah pasti lebih miring dan masih bisa ditawar pula. Selisihnya lumayan lho!

 

#7 Memilih Produk All in One

Jika Anda ke pusat perbelanjaan, maka kini pabrikan mengeluarkan berbagai varian produk. Shampo, misalnya, ada yang untuk rambut patah, ada yang untuk rambut berminyak, dan sebagainya.

Lalu produk pembersih, ada yang untuk kaca, ada yang untuk lantai, ada yang khusus untuk meja dapur, dan sebagainya.

Memenuhi semuanya itu tidak mungkin (dan bahkan rasanya tidak perlu). Karena itu, kurangi beragam pembelian produk yang tak perlu, cukup gunakan, misalnya satu produk pembersih yang bisa digunakan untuk semua kebutuhan.

 

Ketahui Pengeluaran Anda

Jika Anda tidak tahu kemana uang Anda pergi, maka penting bagi Anda untuk mulai melacak pengeluaran Anda. Anda harus tahu berapa banyak yang Anda habiskan untuk kebutuhan, seperti bahan makanan atau untuk hangout.

Finansialku sudah menyiapkan untuk Anda aplikasi yang bisa melacak kemana perginya pengeluaran Anda. Sehingga Anda bisa menghemat pengeluaran Anda.

Anda bisa dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai artikel di atas? Apakah Anda sudah siap merencanakan keuangan Anda agar lebih hemat lagi kedepannya? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Prof Candra Chahyadi, M. P. (2015). Revolusi Uang Perubahan Radikal Mindset dan Cara Mengelola Uang. Bandung: PT Visi Anugerah Indonesia.
  • Emmie Martin. 21 Desember 2017. 5 Ways to Save More Money in 2018. Cnbc.com – https://cnb.cx/2V1FlMI

 

Sumber Gambar:

  • Hemat Pengeluaran Keluarga – http://bit.ly/2ZU0wnh