Apakah Anda sedang membutuhkan tips untuk hemat uang? Melihat banyaknya usaha dan pekerjaan yang terkena imbas negatif.

Pada artikel ini, Finansialku akan memberikan tips untuk para pembaca akan cara-cara kreatif untuk menghemat pengeluaran agar tabungan tidak menipis.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Cara Penghematan Uang selama Pandemi

Pandemi telah mengakibatkan terhentinya aktivitas normal, dan salah satu yang sangat terkena imbasnya adalah terhentinya penghasilan. Memang masih ada pegawai yang dapat bekerja dari rumah dan masih mendapatkan penghasilan rutin.

Namun privilege tersebut tidak dapat dirasakan oleh setiap orang. Satu-satunya cara untuk menekan pengeluaran adalah dengan berhemat selama pandemi. Di bawah ini merupakan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk berhemat selama pandemi.

 

#1 Jangan Sering Memesan Makanan dari Luar

Salah satu pengeluaran yang cukup besar ketika Anda selalu berada di rumah adalah kebutuhan pangan. Karena kebijakan pemerintah masih memperbolehkan restoran untuk beroperasi, banyak orang yang berbondong memesan makanan dari luar.

Padahal masa pandemi ini sebaiknya digunakan untuk lebih berhemat dan meningkatkan kreativitas Anda selama di rumah, Memasak makanan dari rumah selain lebih bersih dan sehat, juga akan lebih menghemat pengeluaran.

Ternyata Bisa Hemat Uang dengan Cara Ini Selama Pandemi! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Seni Cara Menjual Properti Saat Pandemi Anti Gagal!]

 

Bonusnya, jika masakan Anda menarik dan lezat, Anda dapat mencari penghasilan tambahan dengan menjual makanan tersebut. Daripada membeli makanan online, tentu lebih menguntungkan berjualan online bukan?

Anda pun harus mampu mengolah makanan sisa, baik makanan yang dibeli dari luar atau makanan yang dimasak sendiri. Selain mengurangi membuang makanan, Anda pun dapat berhemat dengan mengolah makanan.

 

#2 Kurangi Belanja

Tidak ada kerjaan di rumah pasti membuat Anda lebih sering melihat lapak jualan online. Entah pakaian, ataupun pernak pernik lainnya pastinya menggoda Anda untuk dibeli.

Namun, yang perlu diingat selama pandemi adalah Anda harus berhemat. Salah satu caranya adalah dengan mengurangi rutinitas belanja. Jika memang Anda ingin belanja, Anda dapat belanja barang-barang yang memang dibutuhkan.

Masa pandemi ini membuat orang urung untuk keluar rumah untuk mencegah penyebaran. Jika memang Anda ingin belanja, Anda dapat membeli sayur, daging, sembako secara online.

 

#3 Berbelanja dengan Diskon atau Kupon

Jika Anda memang harus pergi ke toko swalayan untuk membeli kebutuhan, usahakan untuk berbelanja dengan dengan menggunakan kupon dan membeli barang yang diskon.

Kupon dan diskon dapat Anda manfaatkan untuk lebih berhemat. Selain itu, Anda dapat membantu tetangga atau orang yang lebih rentan terkena virus untuk berbelanja dengan sistem komisi.

Selain diskon dapat Anda manfaatkan, Anda pun dapat mencari sedikit penghasilan tambahan dengan membantu lingkungan Anda.

 

#4 Stop Berlangganan Keperluan yang Tidak Mendesak

Cara ketiga untuk melakukan penghematan adalah dengan menghentikan langganan bulanan untuk keperluan yang tidak mendesak. Beberapa contohnya seperti Spotify, Youtube Premium, Netflix dan hiburan lainnya.

Bahkan jika Anda ada berlangganan fitness, makanan atau member restoran, Anda pun dapat menunda langganan tersebut selama pandemi untuk berhemat. Anda dapat menghubungi pihak yang terkait akan kebijakan berlangganan selama pandemi.

Ternyata Bisa Hemat Uang dengan Cara Ini Selama Pandemi! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Tetap Hemat Saat Belanja Online? Tiru 5+ Jurus Ampuh Berikut Ini]

 

Siapa tahu Anda tidak perlu membayar denda atau bunga. Tentu Anda dapat memilah mana yang lebih menjadi prioritas dan dibutuhkan.

Jangan sampai Anda tidak betah di rumah karena harus menghentikan seluruh langganan hiburan. Bukan untung malah jadi buntung!

 

#5 Menyusun Anggaran

Masa pandemi tidak menjadi pengecualian untuk melupakan pentingnya anggaran untuk keuangan Anda. Justru ketika masa pandemi ini, Anda lebih membutuhkan anggaran keuangan.

Berkurangnya pendapatan harus menjadi pertimbangan Anda menentukan pengeluaran. Selain itu, dengan menyusun anggaran, Anda dapat mengetahui cara untuk melakukan penghematan.

 

Finansialku punya E-book lho untuk Anda yang ingin belajar mengenai perencanaan keuangan. Dapatkan di sini ya!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Ebook Sekarang

 

#6 Selalu Mencatat pengeluaran dan Membayar Tagihan Secara Tepat Waktu

Selama pandemi, Anda sebaiknya mencatat seluruh pengeluaran baik yang dilakukan secara langsung ataupun online. Semakin Anda sadar dengan apa yang Anda belanjakan, maka Anda dapat terhindar dari kemungkinan boros.

Selain itu, Anda dapat mengetahui jumlah pengeluaran bulanan selama pandemi dan mengatur keuangan Anda dengan lebih baik. Selain mencatat pengeluaran, Anda pun jangan lupa untuk membayar tagihan secara tepat waktu.

Tagihan yang telat dibayar dapat dikenakan denda dan/atau bunga. Denda dan bunga tersebut dapat membebani keuangan Anda. Untuk itu, selalu catat tanggal jatuh tempo pembayaran.

 

#7 Siapkan Dana Darurat

Salah satu cara penghematan adalah menyiapkan dana darurat. Bayangkan jika Anda harus berutang karena tidak memiliki dana darurat, tentu biaya dan beban bunga akan lebih besar dibandingkan menabung untuk dana darurat.

Dana darurat juga terbukti sangat berguna ketika masa pandemi ini. Bagi yang tiba-tiba kehilangan pekerjaannya, dana darurat merupakan sumber keuangan yang dapat mereka andalkan selama pandemi.

Bagi Anda yang belum memiliki dana darurat, siapkan dana darurat mulai dari sekarang. Terutama pada masa pandemi ini di mana kita tidak dapat mengetahui kapan situasi akan berangsur membaik.

 

Buat Anda yang hobi belanja online, hati-hati keuangan Anda dalam keadaan bahaya! Ikuti tips menarik dari Finansialku berikut ini, supaya Anda bisa bijak dalam menggunakan uang.

 

Kapan lagi Anda bisa menggunakan aplikasi keuangan dengan banyak fitur menarik? Dapatkan aplikasi Finansialku secara gratis di sini!

playstore icon
appstore icon

 

Setelah membaca artikel ini, semoga Anda menerapkan cara untuk menghemat keuangan selama pandemi.

Yuk bagikan artikel ini, pasti banyak lho yang bisa terbantu!

 

Sumber Referensi:

  • Lynda Hasibuan. 13 April 2020. 3 Cara Mudah Hemat Duit Selama Pandemi Corona. – https://bit.ly/3eRif5t
  • Rina Anggraeni. 25 April 2020. 7 Tips Hemat Uang Belanja di Tengah Pandemi Corona. sindonews.com – https://bit.ly/2Msxdmx

 

Sumber Gambar:

  • Hemat Uang 01 – https://bit.ly/2AKOPrj
  • Hemat Uang 02 – https://bit.ly/30MuEUE
  • Hemat Uang 03 – https://bit.ly/3dfecis