Apakah mungkin belanja online dengan puas tetapi tetap hemat?

Artikel ini akan memberikan cara mudah dan praktis yang dapat Anda lakukan pada saat belanja online. Simak artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

5+ Jurus Ampuh untuk Hemat Belanja Online

Kecanggihan teknologi berguna tidak hanya di bidang sosial tetapi juga di bidang ekonomi. Untuk bertransaksi saja, seseorang hanya perlu menggunakan “one click”.

Tetapi kemudahan ini terkadang menjerumuskan. Semakin mudah seseorang berbelanja, semakin banyak uang yang akan dikeluarkan juga.

Selain itu, semakin banyak pula barang yang tidak diperlukan dibeli hanya karena berjudul “diskon”.

Untuk menghindari sifat belanja seperti itu, di bawah ini adalah trik dan tips untuk belanja online dengan hemat. Tips ini mudah dilakukan dan dapat membantu Anda untuk tetap berbelanja tanpa kehabisan uang.

Hemat Saat Belanja Online 02 Online Shopping 2 - Finansialku

[Baca Juga: TTS: Buktikan Kalau Anda Online Shopper Sejati! Ketahui Kamus Belanja Online Sekarang]

 

#1 Tunggu Pada Saat Diskon

Jika Anda ingin tetap hemat pada saat belanja online, Anda harus rela dan sabar menunggu waktu diskon. Anda dapat men-download beberapa aplikasi platform jual beli online di dalam smartphone Anda dan berikan notifikasi.

Dengan adanya notifikasi, Anda tidak akan melewatkan promosi dan diskon dari platform tersebut. Selain itu, menunggu diskon juga dapat membantu Anda mengontrol sifat belanja yang impulsif.

Salah satu contohnya adalah gebyar belanja tanggal 11 November yang lalu. Tanggal yang diramaikan dengan angka 11.11 dimana-mana merupakan momen yang tepat untuk berbelanja dengan hemat.

Di bulan Desember mendatang, akan ada acara diskon serupa yaitu di tanggal 12 Desember.

Jika Anda ingin berbelanja dengan hemat, jangan lewatkan hari tersebut!

Hemat Saat Belanja Online 03 Online Shopping 3 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Berbelanja Hemat dan Aman Saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)]

 

#2 Rajin Melihat Promo dan Mencari Voucher

Serunya berbelanja online adalah Anda dapat menemukan promosi dalam bentuk voucher, kode unik atau potongan langsung dari mana saja.

Untuk dapat berhemat ketika belanja online, Anda harus rajin mencari promosi tersebut. Promosi yang paling sering diadakan adalah kerja sama dengan kartu kredit.

Walaupun tidak disarankan untuk membeli dengan kartu kredit, tetapi potongan yang diberikan oleh kartu kredit tertentu dapat sangat menguntungkan. Selain itu, Anda dapat mencari potongan dari sosial media.

Biasanya platform jual beli online akan bekerja sama dengan influencer pada sosial media untuk promosi dan mereka akan memberikan kode unik agar pembeli mendapatkan potongan.

 

#3 Coba Pikir Dua Kali, Apakah Perlu Anda Membelinya?

Seringkali kita berbelanja hanya karena keinginan bukan kebutuhan. Nah, berbelanja dengan dasar keinginan tersebut sering berakhir buruk. Ada yang terlilit cicilan kartu kredit, ada yang harus meminjam sana sini.

Sebaiknya sebelum Anda berbelanja, pikirkan dulu. Apakah perlu Anda membelinya? Sudahkah Anda memiliki barang serupa di rumah atau dapatkah Anda menunggu hingga diskon?

Biasanya, jika Anda harus menunggu ketika membeli sesuatu, Anda akan membatalkan pembelian tersebut, apalagi jika barang tersebut tidak berguna.

Hemat Saat Belanja Online 04 Online Shopping 4 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Kartu Kredit, Ini Alat Bayar untuk Belanja Online yang Aman Digunakan]

 

#4 Membuat Daftar Belanja Sebelum Membeli

Jangan mengira daftar belanja hanya penting dibuat ketika berbelanja di pasar fisik. Daftar belanja juga sebenarnya berguna untuk menghemat belanja online.

Dengan membuat daftar belanja, Anda dapat fokus pada barang-barang yang Anda butuhkan.

Selain itu, Anda dapat mengetahui mana barang yang dapat dihilangkan dari daftar. Mudahnya ketika berbelanja online, Anda dapat membuat daftar dengan memasukkan barang ke keranjang, tanpa harus langsung membayar.

 

#5 Apakah Membeli Dalam Jumlah Banyak Lebih Murah?

Anda dapat membeli dengan jumlah yang banyak untuk beberapa produk. Sebagai contoh barang kebutuhan rumah tangga yang selalu Anda.

Harga grosir yang diberikan biasanya akan jauh lebih murah dibandingkan harga satuan. Tentu tidak semua barang dapat dibeli dalam jumlah banyak.

 

#6 Berbelanja Dengan Uang Tunai Hasil Tabungan

Cara mudah untuk menghemat ketika berbelanja online adalah dengan menggunakan uang hasil tabungan. Jadi, Anda menabung dulu, kemudian membelinya, bukan sebaliknya.

Mudahnya berbelanja online sering menjerumuskan orang kepada cara belanja yang tidak sehat. Semakin mudah cara pembayaran, semakin mudah pula Anda menghabiskan uang dengan tidak tepat.

Cara Belanja Online 06 Diskon Online Shopping - Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Hemat Belanja Online Di Bulan Ramadhan]

 

Menabung dapat membantu Anda mengontrol sifat belanja yang kurang baik. Selain itu, dengan menabung sebelum berbelanja, Anda akan memiliki kebiasaan keuangan yang lebih baik.

Karena Anda harus memakai uang tunai, maka Anda akan lebih membatasi diri

 

#7 Jadilah Member Pada Platform Online

Menjadi member sebenarnya adalah salah satu cara untuk menghemat uang Anda pada saat belanja online. Anda dapat mendaftar sebagai anggota, kemudian, Anda dapat mengumpulkan poin setiap kali Anda belanja.

Poin ini kemudian dapat digunakan layaknya uang, atau dapat ditukarkan menjadi kupon potongan.

Bahkan ada beberapa situs online yang memberikan voucher potongan untuk pembelanjaan pertama Anda jika Anda mendaftar menjadi anggota.

Selain itu, dengan menjadi member, Anda akan lebih mudah mengetahui adanya promo atau diskon sehingga memungkinkan Anda untuk membeli produk sebelum kehabisan.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

#8 Selalu Lakukan Perbandingan Harga

Tidak hanya di pasar fisik, di pasar online pun, Anda tetap harus melakukan perbandingan harga. 1 barang yang sama mungkin memiliki harga yang berbeda di masing-masing situs jual beli online.

Selain itu, perbandingan harga memberikan Anda peluang untuk mendapatkan harga termurah.

Simpanlah beberapa situs jual beli online yang cukup terpercaya, kemudian, bandingkan beberapa barang yang ingin Anda beli. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat selisih harga barang tersebut.

Cara-Jualan-Baju-Online-1-Finansialku

[Baca Juga: Perlu Ditiru! Ini Dia Cara Bebas dari Godaan Belanja Online yang Bikin Kamu Bangkrut!]

 

#9 Beli Di Situs Jual Beli Online yang Terpercaya

Siapa saja dapat menjadi penjual online, oleh karena itu, Anda harus berhati-hati ketika melakukan transaksi online. Yang pertama, pilih situs jual beli online yang telah memiliki reputasi baik.

Kedua, jika Anda melakukan transaksi melalui situs, jangan pernah langsung mengirimkan uang ke rekening pribadi penjual.

Alasannya, pengiriman uang tidak dapat dilacak dan terjadi di luar pengetahuan situs tersebut. Jika ternyata transaksi tersebut berbasis penipuan, maka situs tersebut tidak dapat membantu Anda.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Yang terakhir adalah pastikan toko atau penjual tersebut memiliki reputasi yang baik. Penipuan dapat terjadi dalam berbagai cara. Misalnya, penggelapan uang, pemalsuan produk, dan lain sebagainya.

Walaupun situs jual beli memiliki reputasi yang baik, belum tentu mereka dapat mengontrol setiap penjual di dalamnya. Untuk itu, Anda pun harus pintar-pintar memilih penjual.

 

Beli Sesuai dengan Kebutuhan

Seluruh tips di atas dapat dilakukan untuk membantu Anda menghemat uang. Tetapi, yang paling penting adalah membeli sesuai dengan kebutuhan.

Membeli sesuai dengan kebutuhan berarti Anda membeli dengan sikap yang bertanggung jawab secara keuangan.

 

Apakah Anda termasuk ke dalam kategori “shopaholic”? Cobalah tips di atas ketika Anda berbelanja online dan bagikan pengalaman Anda setelahnya di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa juga untuk membagikan artikel ini pada teman dan saudara Anda agar lebih banyak yang dapat berhemat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Helda. 1 Oktober 2018. Pengin Hemat Tapi Bisa Beli Baju Tiap Bulan? 7 Trik Ini Boleh Dicoba Lho! Moneysmart.id – https://goo.gl/LoCmAo

 

Sumber Gambar:

  • Online Shopping 1 – https://goo.gl/MVkn4s
  • Online Shopping 2 – https://goo.gl/7mvwDg
  • Online Shopping 3 – https://goo.gl/rdp1Z1
  • Online Shopping 4 – https://goo.gl/Yef7T4
Summary
Mau Tetap Hemat Saat Belanja Online? Tiru 5+ Jurus Ampuh Berikut Ini
Article Name
Mau Tetap Hemat Saat Belanja Online? Tiru 5+ Jurus Ampuh Berikut Ini
Description
Apakah mungkin belanja online dengan puas tetapi tetap hemat? Berikut ini cara mudah dan praktis yang dapat Anda lakukan saat belanja online.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo