Bagaimana tips berbelanja hemat dan aman saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)?

Promosi besar-besaran hingga tawaran produk menarik bakal ditemukan pada Harbolnas pada hari ini,  tanggal 12 Desember 2017. Potongan Harga hingga 95% ditawarkan oleh 254 e-commerce.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Harbolnas Menjadi Daya Tarik Konsumen

Menjelang perhelatan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) yang akan diselenggarakan pada 12 Desember 2017, banyak orang bersiap untuk berburu diskon serta penawaran menarik yang ditawarkan oleh para e-commerce.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 254 e-commerce menawarkan potongan harga hingga 95 persen.

Banyak orang yang tidak ingin melewatkan momen Harbolnas ini, akan tetapi untuk mendapatkan harga terbaik tidak didapatkan dengan begitu saja.

Ada beberapa tips khusus yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan harga terbaik pada Harbolnas.

Tips Berbelanja Hemat dan Aman Saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Bagaimana Cara Menghindari Belanja Online Berlebihan?]

 

Harbolnas menjadi momen yang tepat untuk mendapatkan produk incaran dengan harga miring.

Calon pembeli dianjurkan untuk tidak membeli semua barang yang mendapatkan potongan harga dan dianjurkan untuk menghindari sikap konsumtif serta berbelanja produk yang hanya diperlukan.

Sikap rasional seperti itu akan menghindarkan Anda pada jebakan potongan harga palsu. Sebab, hampir setiap gelaran Harbolnas, sering ditemukan merchant curang yang menaikan harga dagangnya, lalu kemudian menambahkan label diskon besar untuk menarik calon pembeli.

Meski hanya digelar satu hari, pihak Harbolnas 2017 menjanjikan pengalaman berbelanja menarik bagi calon pembeli seperti potongan harga, gratis ongkir, bahkan cashback.

 

Tips Berbelanja Online Saat Harbolnas

Berikut adalah tips belanja online aman, nyaman, hemat dan menguntungkan dari Finansialku.com untuk saat Harbolnas:

  1. Tentukan barang yang ingin Anda beli.
  2. Cari tahu promo sebelum Harbolnas (12 Desember 2017). Caranya subscribe email e-commerce, dimana Anda ingin belanja saat Harbolnas. Setelahnya, Anda akan diberitahu promo menarik lewat email.
  3. Cek review, rating, dan comment di toko para penjual atau seller. Pastikan rating toko atau seller memiliki banyak review
  4. Siapkan metode pembayaran, baik itu transfer bank atau mobile banking. Jika Anda memiliki kartu kredit, carilah berbagai promo menarik yang biasanya diberikan oleh bank. Bahkan Anda juga bisa kredit barang yang diinginkan jika toko atau seller
  5. Pantau terus promo Harbolnas dari e-commerce dari tengah malam saat dimulainya Harbolnas. Bahkan Anda bisa mendapatkan deal terbaik hingga jam terakhir diselenggarakannya Harbolnas.
  6. Gunakan kode promo Harbolnas dari e-commerce atau bank yang bisa digabungkan.
  7. Cari dan dapatkan layanan gratis ongkos kirim. Jika barang pesanan ingin cepat sampai, Anda bisa menggunakan layanan on demand.
  8. Sabar adalah kunci. Sambil menunggu barang pesanan sampai ditangan, tidak ada salahnya memanfaatkan waktu untuk berbelanja produk lainnya.

 

Konsultasi Bagaimana Cara Menghindari Belanja Online Berlebihan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Fakta Membuktikan: Belanja Impulsif dan Hedonisme adalah Tanda Seseorang Tidak Tahu Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga]

 

Tidak hanya mencari harga murah, calon pembeli juga menginginkan transaksi yang nyaman dan aman.

Berikut adalah hal yang harus diperhatikan saat berbelanja online agar aman dan nyaman:

  1. Pastikan website yang diakses diawali https, bukan http
  2. Pastikan website yang diakses adalah website resmi e-commerce.
  3. Jangan pernah memberikan data yang sifatnya rahasia kepada orang lain. Misalnya data seperti username, password, OTP, dan lain sebagainya. Hal ini untuk menghindarkan dari oknum yang tidak bertanggung jawab.
  4. Abaikan apabila ada modus phishing:
    • Modus proses transaksi. Modus ini biasanya terjadi saat melakukan transaksi. Oknum mengirimkan link phishing dan meminta pembeli untuk melakukan konfirmasi pesanan dengan cara mengklik link yang diberikan.
    • Modus mengatasnamakan admin. Oknum mengirimkan pesan yang berisi bahwa pembeli mendapatkan hadiah, promo, atau tawaran menggiurkan lainnya, dan meminta untuk mengklik link yang diberikan.
    • Modus Informasi Palsu. Modus ini ditandai dengan adanya oknum yang mengirimkan informasi palsu dan meminta pembeli mengklik link yang diberikan.
  5. Gunakan Payment System yang disediakan oleh pihak e-commerce tempat Anda melakukan transaksi. Payment system ini merupakan metode wajib untuk melakukan transaksi antara pembeli dan penjual agar aman dari penipuan.

Di pihak lain, Ketua Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA), Aulia E Marianto, meminta pelaku e-commerce untuk mengedukasi dan mensosialisasikan juga dampak positif belanja secara digital.

Marianto juga menambahkan, bahwa masyarakat yang melakukan pembelian dan mendapatkan kepuasan, bakal berdampak jangka panjang.

 

Apa yang akan Anda lakukan saat berbelanja online saat Harbolnas? Berikan komentar Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2017. Hindari Diskon Palsu, Ini Tips Belanja Cerdas Kala HarbolnasKatadata.com – https://goo.gl/WwxshR
  • Admin. 2017. Ingin Diskon 95%di Harbolnas? Terapkan Tips IniViva.com – https://goo.gl/5hfYTE
  • Admin. 2017. Tips Aman Belanja Online Saat HarbolnasLiputan6.com – https://goo.gl/wpkQpq
  • Admin. 2017. 8 Tips Belanja Harbolnas Aman, Cermat, dan HematLiputan6.com – https://goo.gl/tvLAue

 

Sumber Gambar:

  • Tips Berbelanja Harbolnas – https://goo.gl/Yy5F1E
  • Tips Berbelanja Online saat Harbolnas – https://goo.gl/Qw5ack

 

Free Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang