Mau tau caranya hemat belanja online di bulan Ramadhan?

Sepertinya kamu perlu membaca artikel Finansialku ini, agar penawaran menarik yang seringkali ditawarkan situs belanja online tidak membuat kamu lupa diri. 

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Ingin Praktis, Efisien, dan Hemat Belanja Online? Ikuti 10 Cara Berikut Ini!

Tren belanja online kini semakin diminati banyak masyarakat, terutama mereka yang memiliki tingkat kesibukan tinggi.

Selain praktis, juga efektif dan efisien dalam waktu karena hanya dengan menggerakkan jari kita bisa mendapatkan banyak produk yang diinginkan tanpa harus berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Memasuki bulan suci Ramadhan seperti saat ini menjadi bulannya para pelaku usaha online atau perusahaan e-commerce untuk menebar kebaikan melalui banyaknya penawaran menarik dan menggiurkan salah satunya diskon gede-gedean.

Tak jarang, kita sebagai pangsa pasarnya seolah terhipnotis untuk miliki semua produk yang diinginkan.

Apalagi setelah menjalankan ibadah puasa, kita akan merayakan hari Lebaran yang biasanya identik dengan ‘serba baru’. Tentunya, kamu sudah mengambil ancang-ancang dong untuk belanja kebutuhan yang diperlukan dari sekarang?

Cara Belanja Online 02 Online Shopping - Finansialku

[Baca Juga: Konsultasi: Bagaimana Cara Menghindari Belanja Online Berlebihan?]

 

Berikut ini 10 cara kamu agar kamu tetap nyaman dan aman serta hemat dalam belanja online!

 

#1 Selidiki Situs Belanja Online

Seperti dilansir dari jalantikus.com (Rabu, 16/5/2018), kamu perlu meluangkan sedikit waktu untuk menyelidiki kredibilitas situs belanja online yang menarik perhatian dan menjadi pilihan kamu.

Tentunya untuk mendapatkan sesuatu yang berharga, memang patut diperjuangkan dulu kan?

Karena itu, tidak ada salahnya kamu mencari informasi tentang situs tersebut agar tidak asal membeli karena risikonya bisa saja produk atau barang yang kamu inginkan nyatanya tidak sesuai dengan harapan.

Berdasarkan riset dari Alexa.com beberapa situs belanja online seperti MatahariMall, Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Blibli, merupakan situs yang masuk ke dalam kategori 50 situs ternama paling banyak dikunjungi di Indonesia.

 

#2 Perhatikan Deskripsi Produk

Sumber lainnya papasemar.com yang dikutip pada Rabu, 16/5/2018, menyebutkan bahwa sebelum memutuskan untuk membeli satu produk, ada baiknya kamu membaca deskripsi produk tersebut.

Hal ini guna menghindari barang yang kamu beli tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Riset ini bisa memberikan informasi mengenai detail dan harga produk yang sama di beberapa toko online.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Supaya lebih hemat, kamu bisa berstrategi dengan mengajak kerabat atau teman-teman membeli lebih dari satu barang, karena ada juga produk yang memberlakukan pembelian minimum untuk ongkos kirim gratis.

Sekalipun ada ongkos kirim, kamu juga bisa patungan untuk membayar biaya ongkos kirim dengan temanmu, jadi akan lebih hemat kan pengeluarannya.

 

#3 Perhatikan Testimoni Pelanggan

Adanya testimoni produk yang muncul dalam situs online, bukan sekedar hiasan belaka.

Tapi kamu bisa membacanya sebagai bahan referensi dan pertimbangan sebelum membeli produk tersebut.

Perhatikan dengan saksama, apakah testimoni yang diberikan lebih bernada positif atau negatif.

Jadi sebelum kamu belanja, kamu bisa menilai apakah toko online yang akan dituju bisa dipercaya atau tidak.

Cara Belanja Online 03 Belanja Online - Finansialku

[Baca Juga: Tips Belanja Online yang Aman & Terhindar dari Toko Online Penipu]

 

#4 Bandingkan Harga

Nah, selanjutnya buat para shopaholic disarankan untuk mencari referensi situs yang mempunyai barang beragam dan pastinya menawarkan harga menggiurkan sesuai dengan kemampuan dompet ya…

Keuntungan jika kamu mencari beberapa referensi situs belanja online, adalah mempermudah kamu untuk menemukan produk yang tepat.

Selain itu juga bisa mendapatkan harga terbaik dengan membandingkan harga produk serupa dalam beberapa situs belanja online.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

#5 Periksa Kembali Pesanan Agar Tidak Terjadi Kesalahan

Sebelum kamu melakukan pembayaran, sangat disarankan untuk kamu kembali mengecek bahwa kamu sudah memesan produk yang sesuai dengan keinginan.

Hal ini bertujuan untuk menghindari kesalahan barang yang dipesan atau jumlah uang yang kamu kirim ke rekening toko online tersebut. 

Selain itu, pastikan juga kamu sudah memasukan alamat dan nomor telepon dengan benar.

Ini juga agar tidak terjadi kesalahan pada saat proses pengiriman barang. Sehingga barang bisa sampai dengan selamat sampai tujuan.

 

#6 Pilihan Alternatif Metode Pembayaran

Saat ini situs-situs belanja online semakin melebarkan sayapnya untuk memberikan kemudahan kepada customer melalui variasi metode pembayaran.

Misalnya, sebuah situs berbelanja online yang bekerjasama dengan berbagai bank di Indonesia, akan menyediakan potongan harga atau bunga cicilan yang rendah.

Metode pembayaran seperti ini biasanya akan memberikan diskon sesuai dengan kartu yang dimiliki.

Tapi buat kamu yang lebih merasa aman dan nyaman tanpa kartu kredit, kamu bisa manfaatkan metode pembayaran menggunakan program lainnya yang tidak melibatkan kartu sakti tersebut.

Opsi lainnya untuk kamu yang cenderung kurang percaya akan kualitas barang ketika berbelanja online, sebaiknya pilih situs belanja online yang menerapkan sistem COD (Cash On Delivery).

Cara Belanja Online 04 COD - Finansialku

[Baca Juga: Menkeu Optimis Belanja Online Bukan Lifestyle, Tapi Sudah Jadi Kebutuhan]

 

Selain kamu bisa melihat kualitas barangnya terlebih dulu sebelum membayar, sistem COD juga lebih memberikan keyakinan bahwa produk tersebut telah sampai di tangan yang tepat.  

Apapun metode pembayaran yang kamu pilih sesuaikan dengan isi kantong ya jangan sampai terjadi pembengkakan pengeluaran hanya karena belanja online yang tidak terkontrol.

Sebaiknya untuk kamu yang ketagihan belanja online atau telah menjadikannya habit, tidak ada salahnya untuk mengontrol pengeluaran melalui aplikasi perencanaan keuangan.

 

#7 Metode Pengiriman Barang

Tidak hanya metode pembayaran, sistem pengiriman barang yang akan digunakan ketika belanja online pun hal penting yang harus diperhatikan.

Kamu harus lebih cermat karena sekalipun harga barang di sebuah situs belanja online terbilang murah, belum tentu biaya yang dikeluarkan akan tetap lebih murah ketika ditambahkan dengan biaya kirim.

Beberapa kejadian seperti ini seringkali terjadi dan mengecoh kita sehingga harapan untuk hemat belanja online pupus sudah hanya karena biaya pengiriman yang tinggi.

Karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli, pastikan harga akhir yang tertera merupakan harga terbaik.

 

#8 Pantau Informasi Situs e-Commerce Favorit

Beberapa situs berbelanja online seringkali meminta customernya untuk memasukkan alamat email dan penawaran berlangganan newsletter sebagai salah satu media informasi.

Ternyata, bagi individu-individu yang gemar berbelanja online, newsletter dapat menjadi fitur yang praktis.

Selain melalui newsletter, saat ini customer juga bisa mengetahui koleksi, promo, dan penawaran menarik dari situs-situs tersebut lewat media sosial Instagram. 

 

#9 Perhitungkan Diskon dan Promosi

Sebagai bulan yang dikenal sebagai bulan penuh berkah, banyak orang berlomba untuk menebarkan kebaikan di bulan Ramadhan ini.

Termasuk salah satunya menawarkan diskon dan promosi khusus pada banyak situs online.

Terkadang karena melihat coretan harga yang begitu besar atau icon persen mencapai angka 50, seperti menghipnotis kita untuk segera membeli barang tersebut.

Padahal, ada beberapa aturan yang harus diketahui untuk mendapatkan potongan harga namun seringkali kita mengabaikannya.

Cara Belanja Online 05 Teliti Belanja Online - Finansialku

[Baca Juga: Tips Berbelanja Hemat dan Aman Saat Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)]

 

Sehingga dalam hal ini, customer diharapkan dapat teliti dalam mencari diskon yang disediakan oleh perusahaan e-Commerce, misalnya dengan memperhatikan banner website, newsletter, membuka laman kategori produk pilihan, dan lain-lain.

 

#10 Manfaatkan Kupon Diskon

Belanja online pun bisa menggunakan voucher atau kupon diskon lho. Salah satu caranya, kamu bisa mencari kode promo untuk dapat potongan harga di situs online favoritmu.

Setelah menemukan kode kupon yang biasanya ada di laman Facebook toko online tersebut, baru deh kamu copy kode tersebut.

Selanjutnya masuk ke toko online tujuanmu, pilih produk yang akan kamu beli, lalu paste kode kuponmu.

Dengan begitu, total belanjaanmu akan otomatis dikurangi. Nah, jadi kamu bisa lebih hemat berapa persen dari harga barang yang kamu ingin kan?

 

Jangan Asal Beli, Tetap Teliti Sebelum Membeli

Hal yang paling penting ketika berbelanja online adalah tetap berhati-hati dalam segala hal, sehingga prinsip ‘jangan asal beli’ memang harus diingat dan diterapkan.

Cara Belanja Online 06 Diskon Online Shopping - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tips Belanja Online yang Aman dan Smart di Instagram]

 

Belanja online terkadang seperti membeli kucing dalam karung. Kita tidak bisa mengetahui wujud barangnya secara langsung, seringkali nampak indah difoto namun jauh berbeda dengan kenyataannya.

 

Tentunya, hal itu tidak ingin menimpa kamu kan? Tidak ada salahnya ikuti cara-cara yang dijelaskan sebelumnya supaya kamu tetap aman dan nyaman serta hemat ketika belanja online.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 7 Juni 2016. 7 Tips Berbelanja Online Hemat di Bulan Ramadan. Jalantikus.com – https://goo.gl/UrtJtk
  • Imma Purnama. 18 Juni 2016. 8 Tips Hemat Belanja Online Saat Bulan Ramadhan Agar Barang yang Kamu Beli Sesuai Harapan. Papasemar.com – https://goo.gl/b96Cmn

 

Sumber Gambar:

  • Hemat Belanja Online – https://goo.gl/7iUqvJ
  • Online Shopping – https://goo.gl/oKLj8D
  • Belanja Online – https://goo.gl/nerS5X
  • Cash On Delivery – https://goo.gl/KRjYxr
  • Teliti Belanja Online – https://goo.gl/2Zr3kf
  • Diskon Online Shopping – https://goo.gl/wGguxX
Summary
10 Cara Hemat Belanja Online Di Bulan Ramadhan
Article Name
10 Cara Hemat Belanja Online Di Bulan Ramadhan
Description
Membaca artikel Finansialku ini membuat penawaran menarik yang seringkali ditawarkan situs belanja online tidak membuat kamu lupa diri.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo