Tidak ada seorangpun yang tidak ingin hidup bahagia, sejahtera, mapan, ditambah lagi mencapai keadaan financial freedom dalam keuangan pribadi. Melihat kondisi usia yang saat ini masih muda, sekitar 20an, Anda pasti bisa mencapainya di usia 30an. Tentu saja banyak cara yang dapat dilakukan. Namun sebelumnya, cek terlebih dahulu keuangan pribadi Anda melalui artikel. Selamat membaca dan mulailah cek keuangan pribadi Anda!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Berpikir Jangka Panjang

Usia 20an merupakan kisaran usia yang penuh dengan kebahagiaan dalam hidup, tetapi juga merupakan suatu rentang usia yang sangat memungkinkan untuk membuat suatu keputusan finansial yang tepat yang dapat membantu kondisi keuangan di usia 30an. Sering kali tidak semua menyadari hal ini, terlebih lagi anak-anak muda di usia 20an yang sedang kuliah sambil bekerja atau yang sudah lulus kuliah dan mendapatkan sebuah posisi jabatan yang sangat baik namun menyia-nyiakan waktunya untuk tidak memikirkan kondisi finansial jangka panjang.

Ingin Hidup Bahagia dan Sejahtera di Usia 30an 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mahasiswa, Coba Cari Tambahan Uang dengan Kuliah Sambil Kerja]

 

Memang itu bukan sesuatu yang salah karena setiap orang memiliki pilihan dalam hidup masing-masing. Namun, apabila Anda ingin berpikir lebih panjang tentang kondisi finansial Anda di usia 30an yang lebih baik, Anda perlu segera cek kondisi keuangan Anda dan membuatnya lebih stabil di usia 30an dengan beberapa langkah-langkah praktis berikut ini.

 

10 Langkah Praktis Menuju Kemapanan Untuk Keuangan Pribadi

Inilah 10 langkah praktis menuju kemapanan dan hidup bahagia serta sejahtera untuk keuangan pribadi Anda.

 

#1 Lunasi Semua Utang

Utang seringkali dapat membatasi keinginan kita untuk melakukan banyak hal. Ketika utang kita semakin menumpuk, kita harus membayarnya sebelum jatuh tempo dan tentu saja akan menguras pundi-pundi keuangan kita. Segera lunasi utang-utang Anda dan jadikan prioritas untuk segera membayarnya, terutama utang-utang yang bersifat konsumtif. Apabila Anda baru masih duduk di bangku perkuliahan dan sedang mencicil pembayaran kuliah, setidaknya Anda dapat bekerja sampingan untuk segera melunasi cicilan kewajiban pembayaran kuliah. Ada banyak jenis pekerjaan sampingan (part time) bagi Anda yang berkuliah tanpa menggangu waktu belajar dan kuliah Anda.

 

#2 Hindari Terlilit Utang Kartu Kredit

Bagi Anda yang sudah lulus kuliah dan menikmati hasil kerja Anda di usia 20an, mungkin Anda akan tergiur untuk memiliki kartu kredit dengan segala fasilitas yang ditawarkan, seperti diskon, pengumpulan poin, promo menarik dan lain sebagainya. Gunakanlah kartu kredit dengan bijak dengan memastikan terlebih dahulu bahwa Anda memiliki uang untuk membayarnya sehingga Anda tidak terlilit utang kartu kredit oleh karena mengalami gagal bayar.

Sudah Cukupkah Dana Darurat Anda Yuk Ketahui Cara Mudah Mengumpulkan Dana Darurat 01 - Finansialku

[Baca Juga: Sudah Cukupkah Dana Darurat Anda? Yuk Ketahui Cara Mudah Mengumpulkan Dana Darurat]

 

Apabila suatu waktu Anda mendapatkan sebuah promo menarik dan produk tersebut memang Anda perlukan untuk kebutuhan Anda (bukan keinginan), Anda dapat menggunakan kartu kredit dan disarankan untuk segera membayarnya agar Anda tidak lupa di kemudian hari apabila Anda tidak mencatat pemakaian kartu kredit. Selalu ingat bahwa total penggunaan kartu kredit tidak dianjurkan untuk menggunakannya dengan maksimal limit 30% dari total pendapatan bulanan Anda.

 

#3 Persiapkan Dana Darurat

Tahukah Anda bahwa di kemudian hari ada kemungkinan kita mengalami keadaan yang mendesak dan memaksa kita untuk menghabiskan tabungan kita? Inilah pentingnya kita membuat sebuah tabungan khusus untuk dana darurat yang dapat dikeluarkan hanya untuk kepentingan-kepentingan yang bersifat darurat.

Besaran dana darurat tergantung status Anda saat ini, apabila Anda masih single, Anda dapat mempersiapkan 6x jumlah pengeluaran bulanan Anda, namun apabila Anda sudah menikah, Anda perlu mempersiapkan 9x jumlah pengeluaran bulanan Anda. Tentu saja akan berbeda besarannya apabila Anda sudah memiliki anak, yaitu 12x jumlah pengeluaran bulanan Anda.

Jangan lupa untuk menyimpan dana darurat itu di tempat yang aman seperti bank dan dapat diambil kapan saja dan dimana saja.

 

#4 Memulai Tabungan untuk Persiapan Hari Tua

Usia 20an memang sangat potensial untuk mengumpulkan dana di hari tua. Selain usia Anda yang masih muda dengan kondisi kesehatan yang sangat bugar, beban hidup dan tanggungan belum terlalu besar. Bandingkan dengan mereka yang sudah menikah dan ditambah pula memiliki tanggungan anak. Begitu banyak pengeluaran yang harus menjadi tanggung jawab dan kewajiban yang harus dipenuhi tanpa sempat memikirkan untuk menyimpan dana hari tua.

Risiko Jika Tidak Mempersiapkan Dana Hari Tua - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Risiko Jika Tidak Mempersiapkan Dana Hari Tua]

 

#5 Mengikuti Asuransi

Kerapkali anak muda usia 20an tidak terlalu berpikir tentang pentingnya sebuah asuransi kesehatan. Semakin muda Anda memiliki asuransi, maka semakin murah biaya yang perlu Anda bayarkan tiap bulannya. Apabila Anda sudah memiliki atau berencana ingin memiliki asuransi kesehatan, pastikan setiap kebutuhan medikalnya sesuai dengan yang Anda butuhkan.

 

#6 Belajar Hidup Sederhana

Hidup sederhana dan belanja sesuai dengan kebutuhan berdampak pada jumlah tabungan Anda. Buat berbagai pencapaian jumlah tabungan di setiap tahunnya dan prioritaskan tabungan Anda setiap bulannya. Tahukah Anda bahwa hasil tabungan Anda dapat menjadi bibit investasi yang kelak bisa menjadi sumber pendapatan pasif Anda dan mesin keuangan pribadi tanpa Anda harus bekerja di beberapa dekade ke depan? Latihlah diri Anda untuk hidup sederhana dan belanja sesuai kebutuhan.

 

#7 Mulai Berinvestasi

Apabila Anda memiliki tanggungan yang cukup, diluar dana darurat yang Anda alokasikan, Anda dapat mencoba untuk berinvestasi melalui saham atau obligasi. Di usia Anda yang masih sekitar 20an, Anda dapat belajar banyak mengenai berbagai tools investasi dan sadarilah akan setiap keuntungan di masa mendatang yang dapat Anda nikmati. Anda dapat melakukan investasi melalui pilihan reksa dana dengan risiko yang paling rendah terlebih dahulu.

5-langkah-investasi-reksa-dana-untuk-mahasiswa-2-finansialku

[Baca Juga: Mengenal Investasi Reksa Dana untuk Pemula: Pahami dan Nikmati]

 

#8 Siapkan Uang Cash untuk Biaya Pernikahan Anda

Apabila Anda berencana untuk menikah sebelum usia 30an, tentu saja Anda sudah merencanakan segala sesuatunya dengan matang. Kami menyarankan agar Anda dapat melunasi setiap biaya pernikahan Anda dengan cash daripada membayarnya dengan melakukan pinjaman. Itulah sebabnya tabungan yang sudah dipersiapkan sebelumnya sangat diperlukan.

Dalam persiapan pernikahan Anda, buatlah suatu anggaran yang realistis dengan berbagai pertimbangan standar keperluan sesuai dengan kemampuan bayar Anda.

 

#9 Target Keuangan Jangka Panjang

Buatlah suatu target jangka panjang saat Anda masih menginjak usia 20an. Hal ini akan sangat menolong Anda untuk mencapai setiap target yang ingin Anda capai  dengan lebih mudah. Atur target yang realistis untuk masa depan Anda walaupun terkadang ada saja target yang perlu sedikit perubahan untuk hidup bahagia saat muda.

 

#10 Tetap Manjakan Diri untuk Sesuatu yang Berarti

Hidup bahagia dan sederhana bukan berarti tidak memperhatikan kualitas diri. Tetap menjaga diri Anda untuk sesuatu yang Anda inginkan (apalagi yang Anda butuhkan, seperti liburan) namun tetap pada batas dimana Anda dapat merealisasikannya. Luangkan waktu untuk merawat diri ke salon atau pergi ke gym station untuk kebugaran dan kesehatan Anda atau pergi travelling sebelum Anda memiliki anak dan berkeluarga.

Tentu saja setiap uang yang Anda hasilkan, harus tetap Anda nikmat, bukan? Tetapi bukan berarti Anda harus menghabiskannya seperti kutipan, “Hari ini adalah untuk hari ini” tanpa berpikir untuk jangka panjang.

Slide Perencanaan Keuangan Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Slide Perencanaan Keuangan: Rencana Keuangan Sebagai GPS untuk Masa Depan dan Tujuan Keuangan Anda]

 

Keputusanmu Menentukan Masa Depanmu

Mulailah untuk cek kondisi keuangan Anda untuk meraih kondisi keuangan yang mendukung hidup bahagia dan sejahtera di usia 30an. Praktikkan dan alami sendiri setiap keuntungan dari setiap langkah di atas. Keputusan Anda hari ini menentukan masa depan Anda. Tim Finansialku memberikan sebuah buku panduan E-book untuk perencanaan keuangan bagi usia 20an yang dapat Anda download secara gratis.

 

Sudahkah Anda Hidup Bahagia dengan kondisi keuangan Anda Saat Ini? Sudahkah Anda melakukan berbagai langkah di atas? Berikan komentar dan tanggapan Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini dan jangan lupa untuk membagikan setiap informasi dari artikel Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Chonce Maddox. 12 Juni 2017. 10 Financial Moves that’ll Help Make Your 30s More Fun. Moneyunder30.com – https://goo.gl/sWoCQL

 

Sumber Gambar:

  • Pemuda Asia – https://goo.gl/JSweCD
  • Asian Student – https://goo.gl/3FT5sn

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com