Tak disangka ternyata ada banyak sekali hobi di dunia ini yang amat mahal. Nah berikut ini kami akan membahas 9 hobi termahal yang untuk merealisasikannya saja harus merogoh kocek yang amat dalam.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

9 Hobi Termahal, Apakah Salah Satunya Kini Tengah Anda Tekuni?

Apakah Anda memiliki sebuah hobi? Tentunya kami yakin setiap orang pasti memilikinya.

Hobi secara definisi bisa diartikan sebagai kegiatan yang menjadi kesukaan maupun kegemaran seseorang. Kegiatan tersebut bisa dilakukan disaat waktu yang senggang.

Namun ada pula sebagian orang dapat memaksimalkan hobinya tersebut sebagai sumber penghasilan untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah. Bahkan dari hobi tersebut berubah menjadi sebuah profesinya.

Tetapi disisi lain, kecintaan seseorang terhadap hobinya tersebut membuat mereka rela mengorbankan apa saja demi merealisasikan serta melakukannya, termasuk uang.

Walaupun hobi itu sama sekali tidak menguntungkan selain kepuasan belaka.

Karena pada dasarnya tidak semua hobi dapat dilakukan dengan hanya membuka laptop, sambil berbaring di kamar, atau hanya sekedar berjalan-jalan biasa saja.

Melainkan ada juga hobi yang membutuhkan banyak sekali aspek yang perlu disiapkan.

Seperti fisik, mentalitas, waktu, bahkan uang yang tidak sedikit. Tetapi apakah memang ada hobi yang sangat mahal dan menguras uang yang tidak sedikit? Tentu Anda penasaran bukan?

TERUNGKAP 10 Hobi Menghasilkan Uang Banyak dan Kesuksesan 01 - Finansialku

[Baca Juga: TERUNGKAP 10 Hobi Menghasilkan Uang Banyak dan Kesuksesan]

 

Kali ini kami akan membahas 9 hobi termahal dengan biaya yang sangat fantastis. Lalu apa sajakah hobi-hobi tersebut?

 

#1 Menggeber Mobil Balap Formula 1

Balapan Formula 1 merupakan ajang balap mobil paling bergengsi di dunia.

Dengan berbagai format kompetisi dan juga mobil yang didesain khusus untuk berkompetisi, tentunya tidak sembarangan orang bisa menggeber mobil ini.

Para pembalap profesional lah yang memiliki kesempatan paling luas untuk bisa menyandarkan tubuhnya dibalik kokpit kemudi.

Sebab perlu kemampuan khusus untuk bisa mengendarai mobil yang bisa mengebut hingga kecepatan 370 km/jam ini (record top speed dari mobil F1).

Namun apakah orang biasa yang bukan berstatus pembalap profesional bisa merasakan sensasi mengebut dengan mobil balap ini? Jawabannya adalah, tentu saja bisa.

Jika memiliki kocek berlebih, maka Anda bisa menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu hobi. Bagaimana tidak, untuk bisa mengendarai mobil ini, Anda harus menyiapkan uang paling sedikit Rp20 juta hanya untuk durasi satu jam.

Namun selain uang, Anda juga harus memiliki beberapa prasyarat lainnya seperti sertifikasi serta Surat Izin Mengemudi khusus.

 

#2 Skydiving

Bagi sebagian orang, ketinggian merupakan hal yang sangat menarik untuk dijelajahi sebagai sebuah tantangan. Sehingga muncullah salah satu kegiatan yang dijadikan banyak orang sebagai hobi, yakni skydiving.

Skydiving sendiri bisa disebut juga sebagai olahraga udara. Anda bisa meliuk-liukan tubuh Anda diatas angkasa layaknya seekor burung yang sedang terbang.

Meskipun di Indonesia masih belum begitu popular, namun sudah bisa kita temui komunitas-komunitas yang menekuni olahraga ini.

Disisi lain skydiving sudah menjadi olahraga yang sangat popular di negara-negara Eropa maupun Amerika.

Mereka menghimpun berbagai orang yang sudah profesional maupun amatir untuk bergabung dalam komunitas olahraga ini.

Bagi Anda yang tertarik menjadikan olahraga ini sebagai hobi, maka setidaknya Anda harus menyiapkan uang yang tidak sedikit. Untuk bisa terbang diatas ketinggian 5000 mdpl, setidaknya Anda harus didampingi oleh orang profesional.

Untuk menyewa pesawat terbang, instruktur, sekaligus peralatan skydiving, setidaknya Anda harus menyiapkan uang sebesar Rp340 ribu per menitnya, cukup lumayan bukan?

 

#3 Jalan-jalan keluar negeri

Berjalan-jalan keluar negeri, kini merupakan salah satu kegiatan yang lazim.

Bahkan sebagian orang menjadikan kegiatan ini sebagai sebuah hobi. Walaupun tentu saja untuk dapat merealisasikannya harus menyiapkan banyak sekali aspek.

Beberapa diantara aspek tersebut antara lain fisik, waktu, perbekalan, dan tentu saja biaya/finansial. Karena pada dasarnya untuk bisa berjalan-jalan keluar negeri membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Setidaknya untuk satu perjalanan, Anda harus menyiapkan uang paling sedikit sebesar Rp10 juta.

4 Tipe Travelling Liburan Sendiri, Beli Paket Wisata dan Lainnya, Kamu yang Mana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Traveler WAJIB Tahu! 3+ Tips Jadikan Travelling Bukan Hobi Mahal]

 

#4 Beternak Kuda

Kuda merupakan salah satu hewan ternak yang sangat spesial bagi sebagian orang.

Tidak hanya statusnya sebagai binatang ternak, akan tetapi kuda dapat dijadikan sebagai sebuah simbol yang sangat penting. Dan dibandingkan dengan hewan ternak lainnya kuda tergolong hewan yang ekslusif.

Maka dari itu, untuk bisa memelihara seekor kuda, pemilik harus memastikan kenyamanan bagi hewan ini. Dimulai dari tempat yang khusus, makanan, hingga kesehatannya.

Tidak hanya itu untuk membeli benih kuda yang unggul saja, Anda harus menyiapkan uang hingga puluhan juta rupiah.

Namun dibalik eksklusifnya beternak kuda dan biaya yang dibutuhkan pun tidaklah sedikit, banyak orang termasuk di Indonesia mulai melirik kegiatan ini sebagai sebuah hobi.

 

#5 Menerbangkan Pesawat

Tidak semua orang bisa secara bebas menerbangkan sebuah pesawat. Karena bayangkan saja untuk mendapatkan lisensi izin menjadi pilotnya saja, Anda harus menyiapkan uang setidaknya Rp1,2 miliar.

Dengan harga yang fantastis tersebut, Anda juga bisa mendapatkan pelatihan khusus untuk menerbangkan pesawat pribadi, pesawat kecil, bahkan menjadi seorang pilot profesional yang menerbangkan pesawat komersil.

Namun kini menerbangkan pesawat pun dijadikan sebagian orang sebagai hobi.

Ada beberapa contoh orang yang melakukannya seperti actor Hollywood bernama John Travolta. Ia mampu menerbangkan pesawat pribadinya untuk menjelajahi kepulauan di Amerika.

Cara Jitu Berburu Promo Tiket Pesawat di Traveloka 04 - Finansialku

[Baca Juga: BOROS? Simak 5 Tips Menabung dan Menyalurkan Hobi Meski Gaji Minim]

 

#6 Memelihara Hewan Langka

Memelihara hewan langka merupakan salah satu hobi yang dilakukan sebagian orang. Kecintaannya terhadap hewan-hewan tersebut membuat mereka rela merogoh kocek yang amat dalam untuk melakukannya.

Ada banyak hewan langka yang dijadikan peliharaan oleh orang-orang yang menekuni hobi antara lain Cheetah hingga Harimau.

Bahkan orang-orang terkenal pun tak mau ketinggalan untuk melakoni hobi ini. Salah satunya adalah mantan juara dunia tinju, Mike Tyson.

Ia sempat memelihara hewan-hewan langka nan eksotis di pekarangan rumah dan menjadikannya seperti kebun binatang.

Tapi ingat, semuanya harus memiliki izin yang jelas ya!

 

#7 Balap Kapal Pesiar

Balapan tak mesti soal mobil dan motor saja, melainkan kapal pesiar pun bisa dijadikan kendaraan membalap. Meski masih jarang, namun beberapa orang telah menjadikan kegiatan ini menjadi sebuah hobi.

Namun, Anda harus merogoh kocek yang amat sangat dalam untuk melakukannya. Bagaimana tidak, untuk menaiki kapal pesiar saja, Anda harus membayar paling sedikit Rp10 juta.

Apalagi untuk memilikinya, setidaknya Anda harus menyiapkan uang paling sedikit US$800.000. Angka yang fantastis bukan?

 

#8 Mengoleksi Mobil Mewah

Tentunya kita harus memiliki uang yang sangat banyak untuk memiliki sebuah mobil mewah.

Namun dibalik harga yang setinggi langit, ada kalangan orang yang menjadikan mobil mewah sebagai barang koleksi, bahkan menjadi sebuah hobi.

Jika harga satu unit mobil mewah paling sedikit Rp1 miliar, bisa dibayangkan bukan berapa uang yang harus digelontorkan untuk bisa mengoleksinya?

6 Barang Mewah Terkena Pajak di Indonesia - Finansialku - Mobil Mewah

[Baca Juga: Shopaholic! Ini Cara Terbaik Habiskan Uang dan Menyalurkan Hobi Belanja]

 

#9 Koleksi Barang Antik

Ya namanya juga hobi, apapun barangnya dan berapapun uangnya pasti bukanlah masalah.

Salah satunya adalah mengoleksi barang-barang seni maupun antik. Bahkan para kolektor rela berburu barang-barang antik yang sesuai dengan keinginannya.

Tak jarang uang sebesar apapun rela mereka keluarkan untuk mendapatkannya. Seperti salah satu lukisan yang diberi judul “When You Will Merry” karya seniman Paul Gauguin.

Lukisan ini berhasil terjual seharga Rp400 miliar. Masih banyak lagi barang antik lainnya yang harus didapatkan dengan harga selangit.

Hobi-hobi mahal tersebut tentunya bisa ditekuni jika Anda sudah memiliki kondisi keuangan yang baik dan tentunya stabil. Anda bisa memulainya dengan merencanakan keuangan Anda dengan matang.

Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana. Selamat membaca!

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Itulah kesembilan hobi termahal, apakah Anda salah satu penikmat dari hobi tersebut, atau tertarik untuk memulainya??

Jangan lupa share artikel ini ya, semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 16 Juli 2018. Hobi Berbiaya Tinggi. Bp-guide.id – http://bit.ly/2QzoOzi

 

Sumber Gambar:

  • Hobi Termahal – http://bit.ly/2tgH4pb