Biasanya, hobi yang bisa dijadikan pekerjaan cenderung merupakan hobi yang berkaitan dengan olah raga. Tapi sebenarnya ada banyak hobi menghasilkan uang lainnya lho.

Memiliki hobi yang bisa menghasilkan uang tentu saja harapan yang dimiliki oleh hampir semua orang. Siapa yang tidak ingin memiliki pekerjaan yang menyenangkan untuk dilakukan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Hobi Menghasilkan Uang

Seiring perkembangan zaman, jenis-jenis pekerjaan semakin variatif.

Jika dulu, hobi menghasilkan uang cenderung hanyalah hobi yang sifatnya olah raga, seperti sepak bola atau atlet. Akan tetapi, sekarang hobi lainnya juga bisa menghasilkan uang.

Bahkan kegiatan yang Anda lakukan sehari-hari juga bisa menghasilkan uang jika Anda lakukan dengan serius. Namun, untuk bisa menghasilkan uang dari hobi, Anda perlu memiliki tekad yang kuat dan juga kegigihan.

Nah, berikut ini adalah hobi menghasilkan uang yang perlu Anda tahu dan bisa Anda jadikan inspirasi:

 

#1 Hobi Menggambar

Anda memiliki hobi menggambar? Hobi ini bisa dibilang adalah hobi yang sangat menjanjikan untuk bisa menghasilkan uang. Namun, sebelum gambar Anda layak jual, jangan berhenti untuk mengasah kemampuan menggambar Anda.

Pekerjaan-Sampingan-untuk-Introvert-01-Desainer-Grafis-Finansialku

[Baca Juga: 20 Gambar Tipografi Keren Yang Pasti Menginspirasi Kreativitas Anda]

 

Ada banyak cara agar hobi menggambar Anda bisa menghasilkan uang. Misalnya dengan menjual desain website, logo, ikon, desain kaos, gambar untuk website, lukisan, atau gambar untuk kebutuhan lainnya.

Akan tetapi, di antara berbagai alternatif tersebut, gambar untuk desain logo bisa dibilang adalah yang paling mahal. Apalagi jika Anda menemukan platform yang tepat untuk menjual hasil karya Anda.

 

#2 Hobi Bermain Game

Banyak orang mengira kalau hobi bermain game hanya akan menghabiskan uang. Tapi, jika Anda bisa memanfaatkannya dengan baik, hobi ini bisa memberikan Anda banyak uang.

Salah satu cara yang paling umum untuk menghasilkan uang dari bermain game adalah dengan menjadi konten kreator Youtube. Ada banyak gamer profesional yang berhasil mengumpulkan banyak uang dari bermain game.

Gamers, Jangan Sampai Salah! Inilah Tips Memilih Ponsel Gaming 02 Ponsel Gaming 2 - Finansialku

[Baca Juga: Gamers, Jangan Sampai Salah! Inilah Tips Memilih Ponsel Gaming]

 

Nama seperti Jess No Limit, Dyland Pros, Kimi Hime, dan Miawaug tentu saja bukan lagi nama yang asing bagi Anda yang hobi bermain game.

Anda bisa mengikuti jejak mereka dan membuat channel Youtube game Anda sendiri. Pastikan Anda konsisten dalam membuat konten, dan terus berlatih meningkatkan skill gaming Anda.

Jika penonton dan subscriber Anda sudah banyak, Anda bisa memonetize channel Anda dan mendapatkan bayaran dari setiap video yang Anda unggah.

 

#3 Hobi Memasak

Semua orang pasti tahu kalau hobi memasak adalah hobi yang mudah menghasilkan uang. Ada banyak jenis masakan yang bisa Anda jual. Mulai dari kue rumahan, jajanan tradisional, jajanan modern, atau masakan rumahan.

Jurus Hemat Memasak Menu Sahur dan Menu Buka Puasa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Walla! Inilah Resep Masakan Yang Cocok di Musim Hujan]

 

Anda yang punya hobi memasak bisa mendapatkan uang dengan membuka warung, merintis usaha catering, atau membuka toko kue Anda sendiri. Selain itu, Anda juga bisa menjual hasil masakan Anda melalui media sosial.

Jika mau, Anda juga bisa merekam proses memasak yang Anda lakukan dan mengunggahnya ke platform video seperti Youtube atau berbagai resep dan tips masakan yang enak.

Dari sini, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan juga, bukan?

 

#4 Hobi Koleksi Mainan

Hobi koleksi mainan termasuk hobi yang jarang ditemui. Salah satu hobi koleksi mainan yang bisa menghasilkan uang adalah koleksi action figure. Apalagi jika Anda bisa mendapatkan action figure yang limited edition.

Koleksi-Action-Figure-03-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Koleksi Action Figure Bisa Dibilang Investasi? Apakah Menguntungkan?]

 

Action figure ini cenderung terus meningkat harganya seiring waktu. Karena itu, Anda bisa membeli action figure yang limited edition pada saat peluncuran, dan menjualnya kembali saat stok sudah habis.

Anda bisa menjual action figure koleksi Anda melalui channel Youtube, Instagram, marketplace, atau di komunitas pecinta mainan.

Akan tetapi, pastikan Anda merawat action figure Anda dengan baik. Sehingga kondisinya selalu layak jual.

 

#5 Hobi Menulis

Banyak orang mengira bahwa orang Indonesia memiliki minat baca yang rendah. Tapi sebenarnya, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Masih banyak orang yang senang membaca, meski bentuknya tidak lagi buku yang tebal.

Saat ini, orang cenderung lebih suka membaca tulisan yang simpel dan singkat. Misalnya tutorial, cerita, informasi, atau berita. Hal ini bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan uang dari hobi menulis yang Anda punya.

Bagaimana Membuat Konten Tulisan yang Baik Meski Anda Bukan Penulis Andal 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Faktor Pendukung Kesejahteraan Freelancer, Kamu Sudah Punya?]

 

Mendapat uang dari hobi menulis tidak selalu berarti Anda harus memiliki buku karya sendiri.

Tapi bisa juga dengan menulis di internet, membuat ebook, menjadi penulis lepas untuk review produk, deskripsi produk, atau artikel di blog orang lain.

 

#6 Hobi Membuat Video

Seperti yang diketahui, platform audio visual seperti Youtube saat ini memang cukup diminati.

Untuk bisa mendapatkan hasil video yang bagus, tentu saja dibutuhkan skill yang baik. Jika Anda memiliki kemampuan ini, Anda bisa menghasilkan uang dari sana.

Cara Mudah Membuat Judul Video YouTube Agar Mengundang Banyak Viewers 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Aplikasi Edit Video Android Terbaik, Kualitas Kelas Dunia Lho!]

 

Misalnya dengan mengunggah video hasil karya Anda atau dengan bekerja sama dengan orang lain yang memiliki konten, namun tidak memiliki cukup waktu untuk membuat videonya sendiri.

Bayaran dari hobi membuat video ini bahkan bisa cukup besar juga.

 

#7 Hobi Memotret (Fotografi)

Saat ini, bisa dibilang semua orang sudah memiliki kamera di tangannya. Akan tetapi, jiwa seni adalah sesuatu yang perlu dilatih.

Jika Anda termasuk orang yang memiliki jiwa seni tinggi, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan membuka jasa fotografi.

Menghasilkan Uang Dari Photo Booth 05 Fotografer - Finansialku

[Baca Juga: Hobi Fotografi, Sekedar Koleksi atau Bisa Menghasilkan Uang?]

 

Selain itu, Anda juga bisa membuka studio foto, jasa foto prewedding, pernikahan, dan lain-lain.

Anda juga bisa menjual foto hasil karya Anda di situs-situs yang mau membeli foto Anda. Misalnya iStockphoto.com, shutterstock, fotolia.com, dan lain-lain.

 

#8 Hobi Berfoto

Selain hobi memotret, hobi berfoto atau difoto juga bisa menjadi hobi menghasilkan uang. Misalnya dengan menjadi model atau influencer. Dari sana, Anda bisa mendapatkan pendapatan dengan membuka endorse produk.

Foto dan Video Bugil Dijadikan Jaminan Utang 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Cara Berpenampilan Menarik Meski Keuangan Terbatas]

 

Akan tetapi, untuk bisa membuka jasa endorse, Anda perlu memiliki banyak follower terlebih dahulu. Namun, untuk memiliki follower yang banyak, tentu saja Anda harus serius dan membutuhkan kerja keras juga.

 

#9 Hobi Jalan-Jalan atau Travelling

Hobi jalan-jalan memang identik dengan menghabiskan uang. Akan tetapi, jika Anda tahu caranya, Anda bisa menjadikan hobi travelling sebagai hobi menghasilkan uang.

10 Pekerjaan Hobi Travelling Ini Pas Banget Buat Kalian! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Traveler WAJIB Tahu! 3+ Tips Jadikan Travelling Bukan Hobi Mahal]

 

Misalnya dengan menjadi pemandu wisata atau menjual foto pemandangan secara online.

Selain itu, Anda juga bisa menjadi travel blogger, atau menjadi vlogger dan membagikan pengalaman Anda selama travelling. Baik secara pemandangan, perjalanan, kultur, atau budaya dari lokasi yang Anda kunjungi.

 

#10 Hobi Makan

Sama seperti hobi travelling, hobi makan juga bisa menghasilkan uang. Misalnya dengan membuat ulasan mengenai makanan yang Anda cicipi. Atau Anda bisa merekam pada saat Anda menikmati makanan.

Menelusuri Peluang Usaha Bisnis Makanan Sehat yang Bisa Menguntungkan 03 Sukses - Finansialku

[Baca Juga: Makanan Terenak di Indonesia yang Terkenal Hingga Mancanegara]

 

Bukan mustahil juga akan ada restoran yang menawarkan Anda kerja sama untuk mengiklankan atau mengulas makanan yang mereka miliki.

Dengan begitu, bukan hanya Anda bisa makan secara gratis, tapi Anda juga bisa mendapat bayaran dari hal tersebut.

 

Hobi Yang Dibayar Itu Menyenangkan Lho!

Siapa yang tidak ingin hal yang disukai menjadi sesuatu yang menghasilkan juga. Semuanya bisa tercapai jika Anda memiliki tekad dan rencana yang kuat. Begitu juga dengan mimpi-mimpi Anda lainnya.

Anda ingin mewujudkan mimpi tersebut bukan? Tenang, Anda bisa memulainya dengan membaca buku dari CEO Finansialku, Melvin Mumpuni CFP yang berjudul “Make A Plan And get Your Financial Dreams Come True”.

Yuk klik link di bawah ini untuk mendapatkan bukunya..

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 01 - Finansialku

MAKE A PLAN!

 

Di antara 10 hobi menghasilkan uang tersebut, adakah yang merupakan hobi Anda? Jika ada, Anda bisa mulai membuat perencanaan dan lebih serius dalam menjalankannya.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda juga ya! Terima kasih..

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 15 Mei 2019. Mengejutkan! 12 Jenis Hobi yang Menghasilkan Uang Banyak. Matahidup.com – http://bit.ly/2kmTYh6

 

Sumber Gambar:

  • Hobi Menghasilkan Uang – http://bit.ly/2mqdryl