Sebagai orang tua, para ibu muda seringkali tergoda untuk membeli saat melihat baju anak yang lucu-lucu.

Bahkan tak jarang, dana yang dikeluarkan untuk belanja baju anak ini melebihi anggaran yang telah direncanakan.

Tidak heran kalau urusan belanja baju anak ini bisa cukup menguras anggaran belanja. Nah, untuk itu, Anda harus cerdas dalam mengelola keuangan agar tidak jebol karena belanja baju anak.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Anak Tampil Menarik Tapi Tetap Hemat

Melihat anak tampil dengan lucu dan menggemaskan tentu saja menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Khususnya bagi para ibu muda dan para orang tua baru.

Karena itu tak jarang belanja baju anak bisa menjadi salah satu hal yang menyenangkan untuk dilakukan agar anak bisa tampil menarik.

Salah satu cara membuat anak tampil lucu dan menggemaskan adalah dengan membeli baju-baju anak yang juga lucu-lucu.

Melihat anak tampil dengan lucu dan menggemaskan juga memunculkan rasa bangga di hati orang tua. Apalagi saat orang-orang sekitar Anda juga ikut menyadari betapa lucu dan menariknya anak Anda.

Karena itu, banyak orang tua yang akhirnya berlomba-lomba untuk mendandani buah hatinya agar bisa tampil menarik.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Namun hal ini terkadang menyebabkan anggaran rumah tangga jadi terkuras. Tetapi bukan berarti tidak ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan anggaran belanja Anda.

Jika Anda ingin menjaga anggaran rumah tangga Anda agar tidak “jebol”, ada beberapa tips cerdas yang perlu Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli baju anak.

Dengan menjalankan beberapa tips berikut ini, sebagai ibu muda Anda tetap bisa membeli baju-baju lucu untuk anak Anda tanpa harus menguras anggaran yang dimiliki.

Dan meskipun cara ini dapat membantu Anda menghemat anggaran cukup banyak, buah hati Anda tetap akan terlihat menggemaskan.

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

#1 Cari Tahu Waktu Diskon Baju

Salah satu cara cerdas menghemat anggaran namun tetap bisa membeli baju yang lucu untuk anak Anda adalah dengan mengetahui kapan saja diskon baju diadakan.

Suatu toko sering kali memberikan diskon cukup besar pada tanggal atau bulan tertentu. Misalnya diskon hari raya, diskon Hari Kemerdekaan, diskon akhir tahun, dan diskon di momen-momen spesial lainnya.

Saat diskon-diskon ini diadakan, tak jarang toko akan memberikan potongan harga yang cukup besar. Pada saat seperti inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk membeli baju anak dengan harga yang murah.

Jika Anda tidak tahu kapan saja diskon diadakan, beberapa pusat perbelanjaan menyediakan katalog yang bisa Anda minta. Atau Anda juga bisa bertanya kepada petugas mengenai kapan waktu akan diadakannya diskon.

Bukan hanya di pusat perbelanjaan, toko-toko online pun sering mengadakan momen diskon atau flash sale yang bisa Anda manfaatkan untuk membeli baju anak dengan harga murah.

Jika Anda sering memanfaatkan momen diskon seperti ini dalam membeli baju anak, maka Anda bisa menghemat anggaran bulanan yang cukup besar.

Tips Belanja Baju Anak 02 Diskon Baju Anak - Finansialku

[Baca Juga: Ibu Muda Kenali dan Praktikkan Cara Merencanakan Keuangan Berikut Ini]

 

#2 Belanja Online

Salah satu cara cerdas menghemat anggaran belanja baju anak adalah dengan melakukan pembelian baju anak secara online.

Bagi sebagian orang, melakukan belanja baju anak di pusat perbelanjaan dapat membuat anggaran lebih mudah membengkak. Dan hal ini dapat membahayakan kondisi finansial Anda.

Tapi bagaimana jika Anda yang mudah tergoda dan sulit menahan keinginan untuk belanja baju anak? Maka belanja baju secara online bisa menjadi solusi alternatif.

Dengan berbelanja secara online, maka Anda tidak perlu mendatangi toko tempat menjual barang yang Anda inginkan. Anda hanya tinggal melihat katalog barang yang dijual melalui smartphone Anda.

Selain itu, saat Anda melakukan belanja online, Anda juga akan lebih mudah menemukan baju dengan harga yang lebih sesuai.

Karena sering kali, baju-baju yang dijual secara online memiliki harga yang jauh lebih murah bahkan mendekati harga grosir dibandingkan dengan baju anak yang dijual di pusat perbelanjaan.

Hal ini akan sangat membantu Anda agar dapat menghemat anggaran belanja bulanan.

Tips Belanja Baju Anak 03 Belanja Online - Finansialku

[Baca Juga: 5 Langkah Mudah untuk Mendapatkan Liburan Termurah]

 

#3 Memilih Baju Berkualitas

Meskipun Anda ingin menekan anggaran bulanan, bukan berarti Anda perlu membeli baju anak secara asal yang memiliki harga murah.

Sama seperti membeli barang lainnya, membeli baju anak yang berkualitas juga merupakan sesuatu yang penting.

Dengan memilih baju anak yang berkualitas, maka baju anak Anda akan cenderung lebih awet. Sehingga baju anak jadi tidak mudah sobek, berlubang, atau pudar.

Semakin baik kualitas baju anak Anda, maka akan semakin panjang pula waktu pakai baju tersebut untuk anak Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mempertimbangkan karakter favorit saat memilih baju untuk si buah hati. Baju-baju anak, khususnya balita seringkali juga dihiasi dengan gambar-gambar karakter yang banyak disukai anak-anak.

Memilih baju dengan karakter yang disukai anak akan membuat anak tidak cepat bosan memakai baju tersebut.

Dan yang juga tidak boleh Anda lupakan adalah merawat baju anak yang sudah Anda beli. Dengan perawatan yang tepat, baju anak yang Anda beli juga tidak akan cepat rusak dan kualitas pakaian tersebut juga akan lebih terjaga.

Tips Belanja Baju Anak 04 Memilih Baju Anak Berkualitas - Finansialku

[Baca Juga: 20 Tips Parenting untuk Keluarga Muda, Semua Berawal dari Rumah]

 

Menekan Anggaran Namun Baju Anak Tetap Berkualitas

Itulah beberapa tips cerdas yang bisa Anda lakukan untuk menekan anggaran bulanan yang Anda punya. Meskipun harus menekan anggaran, bukan berarti Anda harus mengesampingkan kualitas baju anak yang ingin Anda beli.

Selain itu, meskipun melakukan penghematan, dengan cara-cara tersebut, Anda juga bisa tetap membeli baju-baju untuk anak Anda. Dan anak Anda juga bisa tetap tampil dengan lucu dan menggemaskan.

 

Selain tiga tips cerdas yang telah disebutkan di atas, menurut Anda apalagi cara cerdas belanja baju anak yang bisa diterapkan? Tuliskan tips belanja baju anak yang Anda miliki di kolom komentar untuk berbagi dengan pembaca lainnya.

Bagikan juga artikel ini kepada kerabat dan teman-teman Anda lainnya, khususnya sudah menjadi ibu muda. Agar mereka bisa lebih bijak menggunakan anggaran belanja baju anak yang mereka miliki.

Semoga tips belanja baju anak ini dapat membantu Anda menghemat anggaran. Selamat mencoba.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 6 Maret 2018. 3 Tips Hemat Belanja Baju Anak. Orami.co.id – https://goo.gl/YVkJWS

 

Sumber Gambar:

  • Baju Anak – https://goo.gl/iHrE1T
  • Diskon Baju Anak – https://goo.gl/WoCfjf
  • Belanja Online – https://goo.gl/H4oFYk
  • Memilih Baju Anak Berkualitas – https://goo.gl/XAp5XK