Rekomendasi ide Bisnis Idul Adha berikut ini bisa jadi usaha menguntungkan untuk kamu yang mau membuka usaha. Apa saja ide bisnisnya?

Tahun ini, Idul Adha jatuh pada tanggal 30 Juli 2020. Momen ini bisa kamu manfaatkan untuk berbisnis, lho! Bisnis musiman Idul Adha apa saja yang bisa kamu lakukan? Yuk, cari tahu dalam artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Ide Bisnis Idul Adha

Hari raya Idul Adha pastinya disambut antusias oleh masyarakat muslim. Salah satu hal yang paling menonjol dari perayaan Idul Adha adalah berkurban.

Di hari raya ini, Anda pun bisa meraup keuntungan dengan berbisnis. Ada beberapa bisnis Idul Adha yang dapat dilakukan. Berikut ini beberapa usaha untuk menjemput rezeki Anda:

 

#1 Bisnis Hewan Kurban

Semua orang yang akan berkurban pasti mencari hewan kurban saat Idul Adha. Itulah mengapa bisnis hewan kurban bisa jadi pilihan tepat.

Sebagai permulaan, Anda dapat mencari peternakan. Pastikan bahwa hewan yang ada di peternakan tersebut sehat.

Tujuannya supaya hewan yang akan Anda jual nanti tidak sakit, tidak cacat, atau sedang mengandung dan akan melahirkan. Namun, hal ini membutuhkan modal yang cukup besar.

Ini 7 Ide Bisnis Idul Adha yang Enggak Kepikiran Sebelumnya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Takut! 7 Tips Makan Daging Saat Idul Adha Supaya Tetap Sehat]

 

Akan tetapi, Anda dapat menjadi broker hewan kurban. Artinya, Anda akan menjadi penghubung atau orang ketiga yang mempertemukan antara penjual hewan ternak dan calon pembeli. Anda hanya perlu mempromosikannya pada teman, saudara, atau tetangga.

 

#2 Jasa Penitipan Hewan Kurban

Jika memiliki lahan yang tidak terpakai, Anda dapat memanfaatkannya menjadi tempat penitipan hewan kurban. Daripada tidak terpakai, lebih baik dimanfaatkan, bukan?

Perlu dipahami bahwa nantinya Anda tidak hanya dititipkan hewan kurban saja, tetapi juga merawat dan memberi makan secara rutin.

Berikan jaminan bahwa hewan kurban yang dititipkan akan dirawat semaksimal mungkin sampai hari Idul Adha tiba. Untuk jasa ini, Anda dapat menentukan harganya yang dihitung per hari.

 

#3 Catering Olahan Daging

Makanan khas saat Idul Adha tidak jauh-jauh dari menu daging. Namun, banyak orang yang tidak bisa memasaknya dengan lezat. Ini bisa jadi peluang bisnis bagi Anda!

Jika pandai memasak, Anda dapat membuka jasa katering olahan daging. Bisa juga orang-orang memberikan dagingnya, sementara Anda yang memasaknya.

Ini 7 Ide Bisnis Idul Adha yang Enggak Kepikiran Sebelumnya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Saatnya Memahami 7 Esensi dan Makna Idul Adha Serta Berkurban]

 

#4 Bumbu Siap Pakai

Menjual bumbu siap pakai bisa jadi peluang bagus. Apalagi, di masa pandemi Covid-19 ini di mana beberapa orang masih takut untuk belanja ke pasar.

Anda bisa menyediakan bermacam-macam bumbu siap pakai untuk mengolah daging kurban, seperti bumbu sate, rendang, gulai, dan sebagainya. Anda dapat menggunakan sistem PO alias Pre-Order supaya bumbu yang Anda racik masih segar.

 

#5 Peralatan dan Perlengkapan Membuat Sate

Nyate merupakan tradisi khas orang Indonesia ketika Idul Adha. Bisnis menjual peralatan dan perlengkapan membuat sate bisa jadi peluang besar.

Anda dapat menawarkan tusuk sate, arang, batok kelapa, alat pemanggang, kipas, sampai bumbu sate.

 

 

#6 Bisnis Perlengkapan Ibadah

Bisnis perlengkapan ibadah bisa jadi pilihan bisnis menjanjikan saat menjelang hari raya. Seperti halnya saat Idul Fitri, umat Islam melakukan shalat Idul Adha.

Supaya lebih semangat dan menyambut suasana baru, banyak orang yang membutuhkan perlengkapan ibadah baru.

Anda dapat menjual perlengkapan ibadah seperti mukena, sajadah, sarung, baju koko, dan lain-lain. Dengan promosi yang bagus, kemungkinan besar Anda mendapat banyak keuntungan.

Ini 7 Ide Bisnis Idul Adha yang Enggak Kepikiran Sebelumnya! 04 - Finansialku

[Baca Juga: Ucapan Idul Adha 10+ Ucapan Selamat Idul Adha yang Kekinian]

 

#7 Bisnis Baju Muslim

Saat Idul Adha, permintaan akan baju muslim tinggi. Pasalnya, banyak orang yang membutuhkan busana muslim untuk bersilaturahmi dengan saudara atau tetangga.

Memang, kebutuhan akan sandang tidak bisa dipungkiri. Apalagi, fashion zaman sekarang sangat beragam.

Anda dapat memanfaatkan sosial media dengan fitur ads atau iklan, supaya produk Anda cepat dikenal. Bisa juga menawarkannya pada teman atau saudara.

 

Manfaatkan Momen Idul Adha

Bisnis musiman saat Idul Adha bisa membawa keuntungan dan rezeki lebih. Pasalnya, minat pasar sedang tinggi untuk memenuhi kebutuhan Idul Adha. Oleh karena itu, Anda harus bergerak cepat dari jauh-jauh hari sebelumnya.

Namun, ingat juga bahwa Idul Adha tidak semata-mata tentang keuntungan. Pastikan juga bahwa rezeki yang kita dapatkan itu halal. Dengan begitu, ketenangan hati akan diraih.

Jika Anda berminat untuk membuka bisnis di atas, jangan lupa untuk memisahkan keuangan bisnis dan pribadi Anda. Catatlah semua transaksi keuangan Anda agar lebih teratur.

Gunakanlah aplikasi Finansialku untuk mengatur dan merencanakan keuangan pribadi dan bisnis Anda. Dalam aplikasi ini, Anda juga bisa terhubung dengan ahli keuangan yang akan memberikan rekomendasi atas masalah keuangan Anda.

Download sekarang untuk mencoba fiturnya.

playstore icon
appstore icon

 

Supaya pengelolaan finansial Anda lebih teratur lagi, Anda dapat membaca ebook dari Finansialku berjudul Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis.

Ebook ini dapat Anda unduh secara gratis, lho! Yuk, klik tautan di bawah ini untuk mendapatkannya!

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Itu dia peluang bisnis yang bisa Anda lakukan menjelang Idul Adha. Tertarik mencobanya? Yuk, share pendapatmu di kolom komentar! Siapa tahu bisa menginspirasi, kan?

 

Sumber Referensi:

  • Firda Nur Asmita. Rezeki Menanti! 7 Ide Bisnis Idul Adha Ini Pasti Laris Manis. Koinworks.com – https://bit.ly/3gBHoSB

 

Sumber Gambar:

  • Bisnis 1 – https://bit.ly/3faNd9b
  • Bisnis 2 – https://bit.ly/38NSEZH
  • Bisnis 3 – https://bit.ly/2ZMQ1mF