Tips makan daging saat Idul Adha: Kapan lagi banyak stok daging kambing dan sapi di rumah? Yap, tentu ketika Idul Adha tiba!

Supaya tetap sehat, jangan lupa untuk baca artikel Finansialku ini tentang tips makan daging khususnya saat Idul Adha tiba.

 

Bahaya Mengkonsumsi Daging Berlebih

Daging jadi menu sajian wajib di meja makan saat Idul Adha tiba. Stok daging yang melimpah mau tak mau membuat menu makanan berkisar pada daging.

Tak ayal sebagian besar masyarakat mengkonsumsi daging jauh lebih banyak di hari tersebut daripada hari biasanya. Tentu akan terasa tak lengkap kalau menghindari menu daging di hari ini.

Sayangnya, tak semua orang bisa mengkonsumsi olahan daging secara berlebihan.

Mereka dengan riwayat kolesterol tinggi dan penyakit lainnya harus membatasi konsumsi daging harian.

Selain bisa menaikkan kadar kolesterol dalam darah, daging juga memicu keluhan kesehatan lainnya. Hal tersebut terpicu dari kandungan lemak jenuh dalam masakan berbahan daging.

Lemak tak hanya memicu kolesterol, tetapi juga keluhan kesehatan lain. Termasuk obesitas atau kelebihan berat badan dari ambang normal.

Anda patut berhati-hati agar tak mengganggu aktivitas harian. Inilah pentingnya menjaga pola asupan daging menjelang hari raya Idul Adha. Mengingat menu santapan di rumah akan penuh oleh berbagai menu olahan berbahan daging.

 

Tips Makan Daging Saat Idul Adha

Lalu, adakah cara aman mengkonsumsi daging di hari raya Idul Adha tanpa harus takut kolesterol?

Tentu saja ada, berikut tujuh tips mengolah bahan daging jadi masakan nikmat dan tips makan daging saat Idul Adha.

Anda dapat menirunya di rumah untuk mengolah daging kurban yang Anda dapat.

 

#1 Makan Daging Saat Idul Adha: Memilih Daging yang Berkualitas

Sebelum mengolahnya jadi santapan lezat, Anda harus memastikan dulu jenis daging yang Anda pilih. Sebaiknya hindari daging yang terlalu berlemak.

Anda dapat membuang serat putih pada daging saat Anda bersihkan. Serat putih inilah yang kita kenal dengan lemak atau gajih oleh masyarakat kita.

Bagian lemak memang sangat mudah kita bedakan saat daging masih dalam kondisi mentah.

7 Tips Makan Daging Saat Idul Adha 02 - Finansialku

[Baca Juga: Diet Badan dan Diet Keuangan]

 

Selain membuang lemak atau gajih, Anda juga bisa memilih daging dari bagian tertentu. Kami sarankan, pilih bagian yang bebas lemak, yakni area sekitar paha atas sapi.

Kandungan lemak di bagian ini benar-benar sedikit jika kita bandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

 

#2 Makan Daging Saat Idul Adha: Memasak Daging dengan Tetap Mempertahankan Gizinya

Bila sudah memilih serta membersihkan daging, kini saatnya kita mengolah daging tersebut.

Ada beberapa teknik yang dapat mempertahankan kandungan gizi di dalam daging, yakni dengan cara merebus, panggang, bakar, atau menghaluskannya. Semuanya dapat menyesuaikan dengan selera dan keinginan Anda.

Teknik merebus daging sendiri relatif lebih sehat, apalagi dengan campuran rempah-rempah.

Tekstur daging akan lebih empuk tanpa meninggalkan bau amis sedikitpun. Sementara daging yang sudah Anda haluskan bisa Anda olah menjadi menu makanan lain yang tentunya rendah lemak.

 

#3 Menyajikan Variasi Makanan Pendamping yang Sehat

Daging yang kaya lemak dan protein harus diseimbangkan dengan menu pendamping yang sehat. Bukan berarti proses pembersihan lemak saat pencucian sudah membuang seluruh lemak dalam daging.

Kandungan lemak daging masih dapat kita jumpai sehingga butuh asupan kaya serat untuk penyeimbang.

Serat akan mengoptimalkan penyerapan protein dan zat gizi lain dari daging. Selain itu, serat akan mengeluarkan lemak dari dalam tubuh dengan cepat.

7 Tips Makan Daging Saat Idul Adha 03 - Finansialku

[Baca Juga: Anda Mau Mencoba Makan di 15 Restoran Termahal Di Dunia?]

 

Tambahkan beberapa menu pendamping sehat, seperti sayur-sayuran, umbi-umbian, kacang-kacangan, serealia, atau buah-buahan. Anda dapat memilih salah satu atau beberapa di antaranya.

Sebaiknya menu pendamping Anda sajikan dengan minim olahan, artinya tidak Anda olah berlebihan. Untuk sayur dan buah-buahan, Anda dapat mengolahnya menjadi jus atau smoothie yang siap minum.

 

#4 Gunakan Rempah Alami

Tinggal di Indonesia memberi Anda kemudahan menemukan rempah terbaik dengan mudah. Campuran bumbu rempah asli dapat memperkuat dan memperkaya cita rasa masakan.

Bau amis dari daging bisa pula Anda siasati dengan menambahkan bumbu rempah asli ke dalamnya. Sebut saja bawang, daun-daunan, atau bumbu alami lainnya.

Penggunaan bumbu dan rempah asli sebagai sumber fitonutrien yang kita tahu bagus untuk kesehatan tubuh.

7 Tips Makan Daging Saat Idul Adha 04 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Bisnis Makanan yang Dapat Menjadi Kerja Sampingan Anda?]

 

#5 Menggunakan Bumbu Kemasan Seperlunya

Menggunakan bumbu kemasan dapat menghemat waktu untuk mengolah rempah menjadi bumbu siap masak.

Tapi perlu Anda ingat, takaran dalam bumbu kemasan disesuaikan untuk hidangan dalam jumlah tertentu. Jika Anda menggunakan bumbu kemasan berlebih, ini dapat menyebabkan permasalahan lain.

Begitu pula dengan penambahan garam, gula, lemak, maupun santan yang berlebihan. Bukannya menyehatkan, malah akan memperburuk kandungan kolesterol serta tekanan di dalam darah. Oleh karena itu, bijaklah memilih bumbu masak serta bahan baku yang hendak diolah.

 

#6 Perhatikan Saran Penyajian

Sajikan menu olahan daging sesuai takaran konsumsi perseorangan.

Angka normal konsumsi daging dalam sehari berkisar antara 120 – 140 gram dalam sehari. Ini berlaku untuk daging sapi maupun kambing.

Setiap orang boleh makan sebanyak 3 – 4 kali menu olahan daging setiap hari. Lebih dari itu, risiko Anda tanggung sendiri.

 

#7 Jangan Melebihi Batasan Konsumsi

Menu sajian daging di momen Idul Adha memang selalu menggugah selera. Tak jarang membuat kita lupa tengah melakukan diet atau clean eating.

Agar tetap aman, batasi konsumsi masakan berbahan daging tetap dalam batas normal. Pilih pula menu yang terolah secara sehat, seperti sate atau steak.

7 Tips Makan Daging Saat Idul Adha 05 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Cara Memotong Anggaran Makan tapi Tetap Sehat]

 

Bila ingin mengkonsumsi gulai, pastikan menggunakan santan cair bukan kental. Begitu pula dengan campuran bumbu yang terpakai.

Konsumsi dalam porsi kecil dalam setiap kali menyantap. Jangan terlalu berlebihan, karena akan membahayakan kesehatan Anda sendiri.

 

Tetap Sehat Dengan Makan Daging Idul Adha

Sudah tidak bingung bukan ingin mengolah daging kurban nanti.

Jangan sampai mengorbankan kesehatan hanya demi nafsu makan yang tak terkontrol. Tetaplah menjaga pola makan seimbang dan sehat, supaya tubuh tidak menimbun penyakit di kemudian hari.

 

Pastikan semua menu sajian daging diolah secara sehat dan memperhatikan pola gizi seimbang.

Selamat bersantap daging ria di momen hari raya Idul Adha nanti dan bagikan informasi bermanfaat ini pada keluarga Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Ternyata Mudah, Ini 4 Tips Makan Daging Super Sehat saat Idul Adha! Doktersehat.com – https://bit.ly/2KgDNMF