7 Cara Memotong Anggaran Makan tapi Tetap Sehat

Apakah boleh memotong anggaran makan sehari-hari dengan tujuan selisih anggaran makan dimanfaatkan untuk keperluan lain? Mengapa tidak, kan ada banyak pilihan untuk mengganti diet yang Anda biasa lakukan sehari-hari. Belum lagi, masih ada kok cara-cara lainnya untuk memotong anggaran makan dan tetap sehat.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apakah Bisa Memotong Anggaran Makan dan Tetap Sehat? Jika Bisa Gimana Caranya?

Kebutuhan makan merupakan kebutuhan yang harus dinomor satukan dibanding kebutuhan-kebutuhan lainnya. Bukan berarti kebutuhan yang lain tidak penting ya. Yang jelas setiap makhluk hidup itu perlu makan sebagaimana halnya manusia. Jadi, sudah sepatutnya kalau anggaran makan Anda dijadikan yang terdepan sedangkan belanja-belanja kebutuhan selain makan bisa Anda lakukan jika kebutuhan makan telah terpenuhi terlebih dahulu. Kan gak lucu kalau Anda membeli iPhone 7 terlebih dahulu sementara beberapa hari ke depan Anda terpaksa makan mie instan demi penghematan anggaran.

“Jangan lupa makan ya”. Kata-kata semacam inilah yang sering mengingatkan pengunjung warung makan agar tidak lupa makan. Ya, makan itu penting lho untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi makanan yang memenuhi 4 sehat 5 sempurna serta pola makan yang teratur, kesehatan Anda akan terjaga serta sistem kekebalan tubuh Anda semakin kuat. Bukan berarti, memotong anggaran makan adalah tindakan yang salah. Anda dapat melakukan pengurangan anggaran untuk makan dengan tujuan saving (hemat). Di sisi lain, Anda ingin tetap kesehatan Anda terjaga dan tidak mudah jatuh sakit. Hal inilah yang perlu Anda pertimbangkan jika Anda ingin memotong anggaran dan tetap sehat.

7 Cara Memotong Anggaran Makan tapi Tetap Sehat 2 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Langkah Awal yang Perlu Anda Ikuti dari Dave Ramsey]

 

Pemotongan anggaran makan itu perlu demi kesehatan keuangan anda. Apalagi kan kebutuhan konsumsi terus membengkak seiring berjalannya waktu dan inilah penyebab mengapa alokasi makan semakin mengikis isi dompet Anda. Berikut ini ada 7 tips memotong anggaran makan dan tetap sehat sebagai solusi yang tepat guna meciptakan kesehatan jasmani dan keuangan sekaligus.

 

#1 Belanja Cerdas

Jika semasa sekolah dulu Anda cerdas di kelas, inilah penerapannya dalam berbelanja. Anda harus dapat membedakan apakah ini adalah penawaran yang bagus atau tidak. Selain itu, dalam memilih Anda harus bisa menentukan dengan jeli mana yang terbaik di antara seabrek pilihan yang ada. Hanya karena barang itu merupakan brand ternama atau hanya karena Anda memiliki kupon untuk barang tersebut, itu bukanlah suatu penawaran terbaik. Sebaiknya Anda mengarahkan perhatian pada barang-barang yang umum karena biasanya harga akan lebih murah. Pastikan untuk selalu melihat-lihat “harga unit” nya, yang akan berbeda dalam hal nilai. Sebotol kecap bisa jadi lebih murah dari pada alternatif lainnya, tetapi harganya bisa lebih tinggi per unitnya (seperti per ons).

Moms, Lebih Baik Belanja Mingguan atau Bulanan - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Lebih Baik Belanja Mingguan atau Bulanan?]

 

#2 Rencanakan Menu Hidangan Anda

Merencanakan hidangan apa yang akan Anda nikmati tiap minggunya merupakan salah satu langkah tepat dalam memotong anggaran makan dan tetap sehat. Ini akan membuat urusan memasak menjadi lebih mudah dimana Anda tidak lagi menjumpai kekosongan pada isi kulkas anda tiap kali akan memasak. Bahan masakan apa saja yang Anda butuhkan dan bumbu apa yang Anda cari bisa segera dalam genggaman Anda jika telah memiliki perencanaan masak sebelumnya. Tentu saja ini akan mengurangi stres, mengurangi makanan yang cuma-cuma, dan membantu Anda memastikan bahan-bahan masakan apa saja yang perlu Anda beli untuk satu minggu ke depan.

 

#3 Berbelanja dengan Membawa Catatan Belanja

Pergi ke swalayan merupakan sebuah misi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Anda. Pastikan bahwa apa yang Anda cari disana sudah terdaftar di secarik kertas yang Anda bawa. Fungsi kertas yang berisi catatan belanja tersebut yaitu agar apa saja yang Anda masukkan ke dalam keranjang belanja tidak melenceng dari perencanaan Anda sejak di rumah. Ini juga merupakan trik untuk menghindari Anda mengambil barang-barang yang kebetulan menarik minat anda untuk membelinya.

Darimana Saya Harus Memulai untuk Merencanakan Keuangan Keluarga 1 - Finansialku

[Baca Juga: Dari Mana Saya Harus Memulai untuk Merencanakan Keuangan Keluarga?]

 

#4 Siapkan Persediaan Bahan Makanan Dasar

Orang-orang Indonesia umumnya tidak ribet soal makanan, terutama bagi yang sedang berhemat. Jika Anda berencana memotong anggaran makan dan tetap sehat, banyak kok alternatifnya. Salah satunya yaitu dengan membeli persediaan bahan makanan pokok yang murah meriah. Bahan-bahan makanan tersebut meliputi beras, telur dan sayur-sayuran.

 

#5 Memasak Lebih Banyak

Bagi Anda yang hobi memasak, cara ini cukup ampuh untuk memotong anggaran makan dan tetap sehat. Anda bisa mencoba memasak banyak makanan dengan panduan resep sehat dan murah yang sudah dapat disajikan dalam waktu 15 menit atau kurang. Anda juga dapat menyiapkan menu hidangan dengan porsi besar pada akhir pekan sehingga Anda akan memiliki makanan yang tersisa untuk hari-hari selanjutnya. Pada prinsipnya, semakin banyak masakan yang Anda buat, semakin sedikit yang Anda bayarkan untuk membeli ngemil.

Moms, Suka Belanja Berlebihan Ini Cara Mengendalikannya! - Finansialku

[Baca Juga: Moms, Suka Belanja Berlebihan? Ini Cara Mengendalikannya]

 

#6 Jangan Biarkan Ada Sisa yang Sia-Sia

Makanan yang tersia-siakan adalah suatu kerugian keuangan yang sangat besar. Jangan keuangan Anda semakin mengering untuk membayar makanan yang tidak Anda makan. Belajarlah untuk memanfaatkan sisa makanan dengan cara kreatif. Anda bisa memanfaatkan sisa sayuran yang masih layak dimakan untuk menjadi campuran resep makanan yang baru.

 

#7 Jadilah Seorang Vegetarian meski Hanya Kadang-Kadang

Sudah menjadi rahasia umum jika bahan-bahan makanan yang melibatkan daging menguras anggaran belanja yang besar. Dengan mengalihkan konsumsi pada menu-menu vegetarian, seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, Anda dapat memotong anggaran makan dan tetap sehat. Untuk kebutuhan protein dan kalsium, Anda bisa mengganti konsumsi susu sapi dengan susu kedelai. Tidak hanya murah, diet vegetarian semacam ini kaya akan serat dan bebas lemak.

 

Rencanakan Anggaran Makan

Anda membutuhkan sebuah rencana anggaran makan Anda. Perhatikan dan pertimbangkanlah tips dan cara yang dapat mengurangi anggaran makan Anda, agar keuangan Anda bahagia. Masih banyak juga cara-cara lain dalam berhemat dan bijak menggunakan uang, Anda dapat memberikan yang terbaik melalui hidup keseharian Anda.

 

Apa akibatnya jika orang tidak membuat anggaran ketika hendak berbelanja di pasar atau supermarket? Apa yang terjadi? Berikan jawaban Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Jangan lupa untuk share kepada teman terdekat Anda agar mereka pun dapat berhemat dalam menggunakan uangnya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Paula Pant. 19 Oktober 2016. 7 Ways to Slash Your Food Budget.  The Balance.com – https://goo.gl/3eOobr

 

Sumber Gambar:

  • Belanja di pasar – https://goo.gl/5yRsrh
  • Belanja di swalayan – https://goo.gl/DFYl0P

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

By |2017-03-02T09:45:41+00:00February 26th, 2017|Categories: Keuangan Keluarga, Lifestyle|Tags: , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Thanks!

Hi, ada yang bisa Finansialku.com bantu?

Konsultasi ke Perencana Keuangan

Event Terdekat

In House Training

Cek Kondisi Keuangan

Buat Financial Planning