Sudah tahu belum apa aja  5+ indikator kepemimpinan? Peran pemimpin sangat dibutuhkan di suatu lembaga agar tetap on track untuk mencapai tujuan.

Penasaran? Yuk simak artikel Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Leadership Dilahirkan atau Dibentuk?

Kepemimpinan atau yang lebih populer dengan sebutan Leadership, memiliki definisi yaitu tahapan dimana seorang individu mempunyai pengaruh atas orang lain dan mengilhami, memberikan motivasi, semangat dan juga memberi arahan aktivitas-aktivitas mereka untuk membantu tercapainya tujuan kelompok dan organisasi.

Orang yang memiliki jiwa kepemimpinan tentu akan berpengaruh di lembaga atau perusahaan yang dipercayakan pada mereka.

Jika pemimpin itu efektif, maka pengaruhnya atas orang lain akan memudahkan tercapainya tujuan-tujuan organisasi.

Tipe Kepemimpinan dalam Organisasi, yang Manakah Anda 04

[Baca Juga: Banyak Gaya Kepimpinan Di Dunia, Anda Tipe yang Mana?]

 

Ada empat teori yang populer mengenai kepemimpinan, antara lain:

  1. Teori Genetika: bagi mereka yang menganut teori ini, berpendapat jika pemimpin itu dilahirkan dan bukan dibentuk, faktor keturunan membawa bakat genetik pemimpin menjadikan seseorang memiliki kemampuan alami untuk memimpin.

Dalam realitasnya, hal ini terjadi pada golongan kerajaan dan bangsawan.

  1. Teori Sosial: teori ini berpendapat jika seseorang dapat menjadi pemimpin karena dibentuk.

Para penganut teori ini meyakini bahwa semua orang itu sama dan memiliki potensi untuk menjadi pemimpin, seseorang hanya perlu dilatih, diajar, dididik untuk memiliki kemampuan seorang pemimpin.

12 Sifat Pemimpin yang Bisa Bikin Usaha Sukses 01

[Baca Juga: Ini Dia 12 Sifat Pemimpin yang Bikin Usaha Sukses]

 

  1. Teori Ekologi: untuk teori ini seseorang dianggap memiliki potensi pemimpin saat mereka dilahirkan dan dibentuk.

Seseorang yang telah memiliki bakat kepemimpinan dikembangkan melalui pelatihan, pendidikan dan pengalaman yang mendukung bakat yang sudah ada.

Lingkungan yang mendukung dapat mengaktualisasikan bakat seseorang semakin tajam.

  1. Teori Kontingen: ada tiga faktor yang berperan dalam proses kepemimpinan seseorang.

Bakat, Pengalaman dan pendidikan, Kegiatan individu itu sendiri yang mengembangkan potensi kepemimpinannya.

Teori berpendapat ada ketidakpastian dalam membentuk potensi seorang memiliki bakat kepemimpinan, seseorang terbentuk karena bakat, lingkungan yang membentuknya, kesempatan, motivasi dan minat yang memungkinnya membentuk karakter kepemimpinan terwujud.

 

 

Bagaimana Sifat dan Karakter Seorang Pemimpin yang Telah Terbentuk? Miliki 5+ Indikatornya!

Menurut Wahjosumidjo 1991:154, secara garis besar indikator kepemimpinan adalah:

 

#1 Adil

Rasa kebersamaan para anggota dalam suatu organisasi adalah mutlak. Kebersamaan adalah cerminan kesepakatan antara pemimpin dan timnya dalam mencapai tujuan organisasi.

Dalam kebersamaan tercipta rasa aman dimana pemimpin berperan dalam memelihara hal-hal yang positif, sikap optimisme dalam menghadapi permasalahan.

 

#2 Menginspirasi

Seorang pemimpin pada hakikatnya adalah sumber semangat bagi para bawahannya. Oleh karena itu, setiap pemimpin harus selalu dapat membangkitkan semangat orang lain dan timnya.

Melalui hal itu, setiap orang yang dipimpinnya dapat menerima dan memahami tujuan organisasi dengan antusias dan bekerja secara efektif.

12 Sifat Pemimpin yang Bisa Bikin Usaha Sukses 02

[Baca Juga: 5 Prinsip Kepemimpinan Dalam Islam yang Bisa Kamu Tiru]

 

Pemimpin sebagai figur yang dapat dicontoh dalam bekerja dan berorganisasi, sehingga langkah-langkah yang diambil oleh pemimpin dalam menjalankan organisasi dan usahanya mendapat dukungan penuh.

Setiap orang yang bekerja pada unit organisasi apapun, selalu memandang atasan atau pimpinannya mempunyai peranan dalam segala bidang kegiatan. Seorang pemimpin adalah segala-segalanya, oleh karena itu segala perilaku, perbuatan, dan kata-katanya akan selalu memberikan kesan-kesan tertentu terhadap organisasinya.

 

#3 Sikap Menghargai

Setiap orang pada dasarnya menghendaki adanya pengakuan dan penghargaan diri pada orang lain.

Demikian pula setiap tim dan karyawan dalam organisasi memerlukan adanya pengakuan dan penghargaan dari pemimpin.

Menjadi suatu kewajiban bagi pemimpin untuk mau memberikan penghargaan atau pengakuan dalam bentuk apapun kepada bawahannya.

Melakukannya secara natural dan tanpa mengada-ada akan memberi kesan tersendiri.

Sebagai katalisator seorang pemimpin dikatakan berperan apabila pemimpin itu dapat meningkatkan segala sumber daya manusia yang ada, menemukan dan mengakui potensi seseorang dapat memberikan reaksi yang menimbulkan semangat dan daya kerja cepat semaksimal mungkin.

 

#4 Fokus pada Tujuan

Seorang pemimpin akan mendukung tercapainya tujuan, visi dan misi. Memimpin dan mengambil keputusan berdasarkan pertimbangan sasaran yang akan dituju.

Setiap tujuan yang ingin dicapai perlu disesuaikan dengan keadaan organisasi serta memungkinkan para karyawan untuk bekerja sama.

Diperlukan kemampuan seorang pemimpin yang mampu menggerakkan hati orang lain.

Memberikan pengaruh dalam organisasi mempunyai peranan yang sangat penting di dalam memelihara dan membina harga diri serta rasa pengabdian, partisipasi, dan rasa kebersamaan.

 

#5  JULID (Jujur, Fleksibel, Integritas dan Inisiatif, Open Minded)

Kejujuran

Kejujuran adalah hal yang paling utama sebagai dasar dalam kepemimpinan. Seorang pemimpin yang baik akan selalu jujur pada anggota tim atau karyawannya untuk risiko dan tantangan, tidak mementingkan kepentingan diri sendiri melainkan mengutamakan tim dan pelanggan.

Terbuka dalam setiap situasi dan kondisi akan mempererat hubungan antar anggota tim dan karyawan.

Fleksibel

Selain dikenal berpendirian teguh dan percaya diri. Fleksibilitas tidak mengartikan seorang pemimpin berkarakter plin-plan.

Melainkan fleksibel mencerminkan pemimpin yang mampu beradaptasi dengan situasi dan kondisi apapun.

Bagaimana menangani situasi yang tidak terduga atau tidak nyaman akan menentukan tingkat fleksibilitas.

Seorang pemimpin fleksibel akan semakin kuat dan cepat menyesuaikan diri dengan keadaan. Semakin sering terjadi perubahan, kreativitas akan semakin diasah.

Integritas dan Inisiatif

Integritas merupakan konsistensi antara ucapan dan keyakinan yang tercermin dalam perbuatan sehari-hari.

Seorang pemimpin memiliki sifat, mutu atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki kemampuan dan potensi yang memancarkan kewibawaan.

Berinisiatif tinggi dan bertanggung jawab, seorang pemimpin berpikir tiga langkah ke depan, bekerja keras mengerjakan tugas dengan sebaik-baiknya dan membuahkan hasil yang melebihi ekspektasi.

Open Minded

Pemimpin yang berpikiran terbuka akan mempertimbangkan semua pilihan sebelum mengambil keputusan.

Seorang pemimpin tidak akan tersinggung akan perkataan orang lain tetapi menerima setiap opini yang muncul demi kenyamanan bersama.

Dengan kecerdasan dan pengetahuan yang terus dikembangkan, pemimpin menerima informasi dan masukan sebagai sarana evaluasi diri dan kebijakan keputusan setiap rencana yang telah dan sedang dilaksanakan.

Banyak Gaya Kepemimpinan di Dunia, Anda Tipe yang Mana 03 - Finansialku

[Baca Juga: Para Pemimpin, Praktikkan 7 Langkah Menjadi Visioner!]

 

Tidak takut melakukan perubahan jika ada rencana atau program yang berjalan tidak sesuai tujuan atau gagal mencapai sasaran. Semakin sering melakukan evaluasi, maka akan semakin teliti dan terpercaya.

Bukan pula sering melakukan perubahan, sebab perubahan yang terlalu sering bukanlah hal yang baik.

Menjadi pemimpin perlu teratur, baik dalam hal emosional, intelektual, maupun struktural. Tidak hanya keteraturan diri sendiri, melainkan juga harus menjaga keteraturan tim dan karyawan yang ada.

Sudahkah Anda miliki 5 indikator kepemimpinan yang sudah dijelaskan di atas? Jika Anda masih belum, yuk mulai dari sekarang untuk mengeksplor diri lebih lagi mengenai kepemimpinan.

Selain dari 5 indikator di atas, menjadi seorang pemimpin harus memiliki gaya hidup yang bijak dalam mengatur keuangan, jika Anda bingung caranya. Anda dapat menggunakan Aplikasi Finansialku untuk membantu kamu, dengan download aplikasinya di Play Store dan App Store atau pada link berikut ini.

 

Setelah membaca artikel di atas, Ceritakan pengalaman Anda dalam memimpin dan share artikel menarik ini pada orang terdekat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Indikator Kepemimpinan. 123dok.com – https://bit.ly/2ulhdNN
  • Si ganteng. 29 September 2018. Pengertian Leadership, Fungsi dan Contohnya. Onoini.com – https://bit.ly/39kfuHf
  • Abdul Muslim. 14 April 2014. Pemimpin Itu Dilahirkan Atau Dijadikan? Kompasiana.com – https://bit.ly/2UE4SPk
  • Admin. 3 November 2019. 14 Karakter Pemimpin untuk Perkembangan Bisnis. Ajurnal.com – https://bit.ly/2Sb222D