Perusahaan telekomunikasi Indosat PHK 677 Karyawannya Minggu (10/02) lalu, mengapa bisa terjadi?

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Indosat PHK 677 Karyawannya

Perusahaan jasa dan jaringan telekomunikasi domestik terkemuka, Indosat Ooredo, memutuskan hubungan kerja terhadap ratusan karyawannya, Minggu (16/02).

Berdasarkan data yang tersebar, sebanyak 677 karyawan menerima surat Pemutusan Surat Kerja (PHK) dengan alasan perombakan organisasi.

Melansir dari Antaranews, Senin (17/02), Director & Chief of Human Resources Indosat, Irsyad Sahroni dalam keterangan tertulis menjabarkan bahwa perusahaan melakukan pemecatan dengan adil sesuai ketentuan yang berlaku.

“Kami telah mengkaji secara menyeluruh semua opsi, hingga pada kesimpulan bahwa kami harus mengambil tindakan yang sulit ini, namun sangat penting bagi kami untuk dapat bertahan dan bertumbuh.” Ungkap Irsyad Sahroni.

Rombak Organisasi, 677 Karyawan Kena PHK Indosat! 02

[Baca Juga: Jika Karyawan Resign atau Kena PHK, Bagaimana Status Kepesertaan BPJS Kesehatan?]

 

Irsyad juga mengatakan bahwa perusahaan telah mengomunikasikan langsung secara transparan kepada karyawan.

Per tanggal 14 Febuari 200 sebanyak 80 persen karyawan yang terdampak PHK telah setuju menerima paket kompensasi yang jauh lebih baik dari yang disyaratkan oleh undang-undang.

Adapun perombakan regulasi adalah menyangkut transisi perusahaan ke arah yang lebih baik dan terpercaya serta memperkuat tim regional agar lebih cepat mengambil keputusan dan lebih dekat dengan pelanggan.

“Kami percaya langkah ini akan meningkatkan kinerja Indosat, membantu kami untuk tetap kompetitif di tengah tantangan disrupsi, mengoptimalkan layanan kami, dan menghadirkan pengalaman yang lebih baik bagi pelanggan.” Pungkasnya.

Rombak Organisasi, 677 Karyawan Kena PHK Indosat! 03

[Baca Juga: Para Karyawan: Jangan Hanya Andalkan Uang Pesangon PHK, Tetapi Juga Dana Darurat!]

 

“Ini adalah salah satu langkah strategis dalam menjadikan Indosat Ooredo sebagai perusahaan telekomunikasi digital terdepan yang terpercaya,” Lanjut Irsyad melansir dari Detik.com (17/02)

Ada juga yang digencar oleh perusahaan telekomunikasi ini melingkup penambahan Sumber Daya Manusia demi mengingatkan daya saing, menaikkan kualitas layanan dan memenuhi kebutuhan pasar.

Kendati demikian, Serikat Pekerja Indosat yang pertama kali menyuarakan kabar Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) ini menilai penawaran PHK masal terkesan memaksa dan ilegal.

Melansir Detik.com (17/02), Presiden Serikat Pekerja Indosat, R. Roro Dwi Handayani, memaparkan pendapatnya bahwa serikat pekerja menyesalkan atas keputusan PHK ini.

Baca Juga: 24 Jam Call Center Indosat Ooredoo dan Mentari, Catat Ya!

 “….Karena tidak dirundingkan dan disepakati secara tertulis, padahal Undang-undang dan PKB yang berlaku di Indosat mewajibkan adanya perundingan dan kesepakatan tertulis jika perusahaan ingin melakukan PHK, jadi yang dilakukan Indosat ini adalah program PHK Ilegal.” Unkap Roro Dwi, Sabtu (15/02).

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana tanggapan Anda mengenai artikel ini? Semoga para karyawan yang terkena PHK bakal dapat hak yang setimpal.

Anda bisa menuangkan komentar pada kolom yang ada di bawah! Bagikan juga informasi ini kepada kawan dan sanak saudara. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Soraya Novika. 16 Februari 2020. 677 Karyawan Indosat Kena PHK, Apa Biang Keladinya? Detik.com – https://bit.ly/2wloBJr
  • Ahmad Wijaya. 16 Febuari 2020. Ini Alasan Indosat Ooredoo Harus Kurangi 677 Karyawan. Antara News – https://bit.ly/2UYEqAe

 

Sumber Gambar:

  • PHK 677 Karyawan 01 – http://bit.ly/2UWVC99
  • PHK 677 Karyawan 02 – http://bit.ly/2SOPCwy
  • PHK 677 Karyawan 03 – http://bit.ly/32289d5