Walaupun sudah memiliki hunian sendiri dengan beli rumah bersubsidi, namun ada hal yang harus diketahui tentang renovasi rumah subsidi, lho!

Apa saja informasi penting tersebut? Simak bahasannya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Renovasi Rumah Subsidi: Kebutuhan atau Keinginan?

Rumah subsidi merupakan rumah yang dibantu oleh pemerintah yang diperuntukkan bagi orang-orang yang kurang mampu untuk membeli rumah dengan harga tinggi.

Sebagian besar generasi milenial mengikuti untuk membeli rumah subsidi tersebut. Karena terkait dengan bantuan dari pemerintah, sudah pasti ada ketentuan yang berlaku terhadap rumah tersebut. Salah satunya adalah mengenai renovasi rumah subsidi.

Banyak orang yang membeli rumah yang sudah siap pakai atau perumahan BTN merasa kurang puas kalau belum direnovasi, karena memang banyak bagian yang belum lengkap.

 

Pertimbangan Sebelum Renovasi Rumah Subsidi

Untuk melakukan renovasi, para pemilik rumah harus benar-benar memperhatikan semua aspek salah satunya adalah peraturan yang diberlakukan oleh pemerintah terhadap rumah tersebut. Beberapa informasi berikut ini harus diperhatikan sebelum berniat merenovasinya.

 

#1 Tidak Mengubah Bagian Depan

Dalam rangka menetapkan peraturan untuk sebuah rumah subsidi, pemerintah menentukan jangka waktu pemilik rumah subsidi untuk bisa merenovasi. Salah satunya yang diatur adalah mengubah bagian depan rumah atau yang disebut fasad.

Pemerintah menetapkan bahwa rumah subsidi belum bisa untuk diubah bagian tampilan depan rumah sampai batas waktu yang ditentukan, yaitu kurang lebih setelah 5 tahun berjalan.

Jangan Sembarangan Renovasi Rumah Subsidi, Cek Info Penting Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Cara Beli Rumah Pakai BPJS, KPR BPJS Ketenagakerjaan]

 

#2 Menghabiskan Sisa Tanah

Salah satu yang diperbolehkan dan justru dianjurkan dalam renovasi rumah subsidi adalah menggunakan atau memaksimalkan penggunaan sisa lahan yang ada.

Setiap perumahan subsidi yang dibangun biasanya memiliki sisa lahan di bagian belakang rumah, dan dianjurkan untuk membangunnya sebagai dapur atau yang lainnya seperti halaman belakang rumah.

 

#3 Cicilan Jalan Terus

Selain melakukan renovasi, yang harus dilakukan oleh seorang pemilik rumah subsidi adalah tetap membayar cicilan untuk yang membayar dengan cara KPR. Karena, apabila Anda melakukan renovasi terutama renovasi yang menyalahi aturan tapi Anda membayar cicilan dengan tersendat-sendat maka Anda akan kena tegur dari pihak bank.

Jangan Sembarangan Renovasi Rumah Subsidi, Cek Info Penting Ini! 02 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO : Kata Siapa FREELANCER Ga Bisa Beli Rumah ? Ini Dia Caranya !]

 

#4 Tidak Merombak Total

Selain tidak boleh merenovasi pada bagian-bagian tertentu, pemilik rumah juga tidak diperbolehkan merombak total atau sepenuhnya rumah tersebut. Karena, jika Anda merenovasi total atau seperti membangun dari awal artinya Anda sama saja membeli baru rumah tersebut.

Dengan begitu, pastinya status rumah Anda akan dipindahkan dari rumah subsidi menjadi rumah komersil karena dianggap Anda memiliki kemampuan dalam hal finansial dan berbeda dari data yang Anda berikan pada pihak developer atau bank.

 

#5 Menjual Pindah Tangan

Selain merenovasi, Anda juga tidak diperbolehkan untuk menjual rumah kepada pihak kedua atau yang disebut over kredit sebelum batas waktu yang ditentukan.

Adapun batas waktu yang dikatakan sama dengan merenovasi selama kurang lebih 5 tahun berjalan dari Anda mulai melakukan cicilan pembayaran.

 

#6 Perbaiki Kekurangan

Satu hal lagi yang masih boleh Anda lakukan yaitu adalah sekadar memperbaiki kekurangan dari rumah yang sudah dibangun developer. Misalnya saja membangun atau merenovasi atap yang kemungkinan bocor. Karena, pembangunan dari developer biasanya kurang maksimal.

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang

 

 

#7 Bukan Bangunan Bertingkat

Selain membangun total, Anda juga belum diperbolehkan untuk membangun bertingkat sebelum mencapai waktu 5 tahun. Karena dengan membangun bertingkat artinya menambah tampilan depan bangunan.

 

Jadi, Siap untuk Merenovasi Rumah Subsidi?

Begitu Anda sudah memahami apa saja peraturan sebelum mulai melakukan renovasi rumah subsidi, maka Anda harus menjalaninya dengan tidak melakukan apa yang dilarang atau belum boleh dilakukan.

Setidaknya, Anda pun tidak perlu terburu-buru dalam merenovasi rumah sambil mengikuti waktu yang ditentukan oleh pemerintah dan developer.

Selain itu, ketahui pula bagaimana trik membeli rumah impian Anda dengan menyimak video di bawah ini.

 

Apakah informasi di atas termasuk baru untuk Anda? Jika banyak orang di sekitar Anda yang mengambil rumah bersubsidi, maka jangan lupa untuk berbagi artikel penting di atas ya! terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Cynthia Novianti. 9 Juni 2019. 8 Tips Renovasi Rumah Subsidi dan Batas yang Berlaku. 99.co – https://bit.ly/2UahU6t

 

Sumber Gambar:

  • Rumah Subsidi 1 – https://bit.ly/2QGS9Zn
  • Rumah Subsidi 2 – https://bit.ly/2QH6vZT
  • Rumah Subsidi 3 – https://bit.ly/3dm318J