Fenomena bitcoin yang marak terdengar mungkin membuat Anda berpikir ‘apa definisi dari bitcoin sebenarnya?’

Inilah ulasan lengkap tentang definisi bitcoin dalam artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Definisi Bitcoin

Bitcoin merupakan sebuah aset yang biasanya dalam kehidupan aset dalam bentuk emas atau tanah, namun disini hanya aset dalam bentuk digital saja. Bitcoin biasa disebut juga dengan uang elektronik, karena penggunaan digital.

 

Pertanyaan Penting Seputar Bitcoin

Dalam penggunaannya, bitcoin sudah diperdagangkan di berbagai negara termasuk negara Indonesia. Banyak orang berinvestasi menggunakan ini dengan alasan bahwa perkiraan harganya akan selalu naik dalam setiap tahunnya.

Maka tidak salah jika selain investasi tanah dan emas secara langsung, banyak orang yang berinvestasi dengan menggunakan bitcoin ini.

Padahal apakah tepat berinvestasi di bitcoin? Berikut beberapa pertanyaan penting tentang bitcoin dan jawabannya.

 

#1 Apakah Penggunaan Bitcoin Aman?

Sesuai definisi bitcoin yang adalah aset digital, banyak orang khawatir atas keamanan investasi ini. Karena, kemungkinan besar yang berhubungan dengan menggunakan akun dalam dunia internet terjadi kebobolan akun.

Namun pada kenyataannya, selama sistem ini ada tidak pernah terjadi masalah apapun, termasuk pembobolan seperti yang dikhawatirkan banyak orang.

Mengerti Definisi Bitcoin Dengan Cepat dan Akurat 02

[Baca Juga: Cara Menambang Bitcoin Dengan Smartphone Android]

 

Maka sudah bisa dijamin, bahwa penggunaan sistem bitcoin ini sangat aman dan tetap di bawah pengawasan dan setiap privasi profil pengguna sistem tetap terlindungi.

 

#2 Siapa Penemu dan Penerbit Bitcoin?

Bitcoin ditemukan oleh seseorang yang berasal dari Jepang bernama Satoshi Nakamoto pada tahun 2009. Namun ia adalah orang yang misterius, karena dari dulu hingga sekarang belum ada yang tahu sosok Satoshi.

Hal ini bisa terjadi karena sosok Satoshi yang menggunakan TOR Browser yang menyebabkan tidak ada satu orang pun yang mampu melacak alamat IPnya.

Bitcoin diterbitkan melalui proses mining yang mampu menguraikan matematika kompleks.

Sehingga dapat menemukan block baru bitcoin. Agar tidak terjadi inflasi, maka sistem sudah memastikan bahwa bitcoin yang beredar di seluruh dunia sebesar 21 juta BTC.

 

#3 Kapan Aktivitas Bitcoin dilakukan?

Transaksi pertama dalam penggunaan bitcoin adalah pada awal tahun 2009. Namun pada tahun-tahun awal penggunaan sistem aplikasi bitcoin masih tidak banyak peningkatan pada harga tunggal inkarnasinya.

Bitcoin membutuhkan waktu sampai dekade terakhir untuk mencapai tingkat lebih dari satu juta.

 

#4 Mengapa Harga Bitcoin Berubah-ubah?

Harga bitcoin tidak pernah bisa diperkirakan, bisa saja harga naik dan bisa saja harga turun dalam jangka waktu yang sangat pendek.

Hal ini terjadi karena keberadaan dalam bidang ekonomi yang masih baru dan tidak cairnya pasaran ekonomi.

Cara Menambang Bitcoin 02

[Baca Juga: Cara Menambang Bitcoin Menggunakan PC (Terbaru dan Mudah!)]

 

Maka dari itu, dilihat dari sisi ini bitcoin bukanlah tabungan atau tempat investasi yang direkomendasikan. Karena masih memiliki risiko perekonomian yang sangat bertingkat tinggi.

 

#5 Di Negara Mana Bitcoin Tidak Dianjurkan?

Di negara Indonesia, transaksi menggunakan bitcoin sangat tidak dianjurkan atau bahkan dilarang karena bukan alat pembayaran yang sah.

Selain itu, seperti definisi bitcoin yang bersifat digital bebas, sistem bitcoin tidak memiliki administrator yang resmi dan otoritas tidak bertanggung jawab.

Jadi, dengan sistem yang seperti itu dianggap rawan terjadinya pencucian uang. Hal ini dapat merugikan banyak masyarakat dan mempengaruhi jalannya sistem keuangan.

 

#6 Bagaimana Sistem yang Digunakan?

Bitcoin ini menggunakan sistem peer-to-peer (P2P), yang artinya mata uang digital ini termasuk alat transaksi yang langsung tanpa adanya perantara transaksi.

Tetapi banyak orang yang menganggap bahwa penggunaan bitcoin aman. Karena, setiap transaksi yang dilakukan oleh investor langsung terverifikasi dan tercatat dalam sebuah jaringan. Sehingga, terlihat bahwa setiap transaksi langsung masuk dalam brankas publik.

 

Ketahui Informasi dan Definisi Bitcoin Secara Jelas

Kesimpulannya, jika Anda masih memilih berinvestasi menggunakan mata uang virtual yaitu bitcoin, maka pastikan Anda sudah mengetahui apa saja plus minusnya.

Tentunya, setiap jenis bisnis atau investasi pasti ada risikonya. Selain itu, setiap risiko yang terjadi adalah tanggungan Anda sendiri dan negara tidak mau bertanggung jawab.

Pastikan untuk selalu berhati-hati dan memiliki ilmu yang sudah cukup sebelum melangkah.

Untuk lebih mengerti tentang definisi bitcoin, Anda bisa menonton video Finansialku berikut ini.

 

Apakah Anda tertarik untuk menggunakan bitcoin dalam berinvestasi atau bisnis?

Yuk diskusikan bersama sesama pebisnis untuk mengetahui bagaimana pandangan rekan Anda terkait isi dari artikel di atas, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Definisi Bitcoin 01 – http://bit.ly/2tiGGGZ
  • Definisi Bitcoin 02 – http://bit.ly/2Nu4Ll7