Sebagai penggiat bisnis di era digital, pasti istilah fintech sudah tidak asing di telinga Anda. Namun, apa saja informasi fintech yang dapat diperoleh untuk memaksimalkan suatu bisnis?

Kali ini Finansiaku akan membahas tentang 10 pertanyaan seputar fintech yang paling sering ditanyakan. Simak dulu yuk!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Fintech dan Gaya Hidup di Era Digital

Fintech atau financial technology adalah hasil dari gabungan antara teknologi dengan jasa keuangan yang mengubah model bisnis konvensional menjadi moderat.

Pada awalnya pembayaran harus dilakukan dengan bertatap muka sekaligus membawa sejumlah uang kas.

Akan tetapi untuk sekarang ini hal semacam itu tidak perlu dilakukan lagi, karena kita bisa melakukan transaksi dengan cara yang lebih mudah dan praktis.

Kemudahan dan gaya hidup yang praktis inilah yang menjadikan banyak para masyarakat merasa dimudahkan dalam melakukan transaksi.

 

Alasan Mengapa Fintech Disambut Baik Oleh Masyarakat

Banyak orang yang beranggapan bahwa semakin berkembangnya zaman, maka segala hal apapun juga akan ikut berubah dan berkembang.

Jika pada zaman dahulu pembelian barang hanya bisa dilakukan secara offline.  Namun sekarang ini sudah ada banyak toko online yang menyuguhkan banyak pilihan barang.

Jadi banyak kebutuhan yang dapat dipenuhi oleh para masyarakatnya tanpa harus datang ke tokonya secara langsung.

Tidak hanya perihal jual beli online saja, akan tetapi perkembangan zaman membawa banyak kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan transaksi.

Aturan OJK Fintech Lending Resmi Dirilis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perkembangan Fintech Ancam Bank Menengah dan Kecil di Indonesia]

 

10 Pertanyaan Seputar Fintech yang Sering Ditanyakan

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan fintech, baik itu konsumen atau pun pedagang produk maupun jasa, diantaranya yaitu mencakup 10 pertanyaan berikut:

  1. Bagaimana cara memperbanyak pilihan untuk konsumen?
  2. Bagaimana cara fintech bisa menyederhanakan rantai transaksi?
  3. Apakah konsumen akan mendapatkan pelayanan yang jauh lebih lagi?
  4. Apakah harga menjadi lebih murah?
  5. Bagaimana peran fintech bagi pedagang produk maupun jasa?
  6. Apakah fintech mampu digunakan untuk membekukan alur informasi?
  7. Bagi negara, apakah fintech mampu memberikan manfaat dalam mendorong transmisi pada kebijakan ekonomi?
  8. Apakah fintech dapat mendorong strategi nasional Keuangan Inklusif/SKNI khususnya di negara Indonesia?
  9. Apakah fintech dapat meningkatkan kecepatan perputaran dan meningkatkan perekonomian masyarakat?
  10. Apa saja pengaruh fintech secara global?

 

Pengaruh Fintech Terhadap Sistem Pembayaran

Dampak yang ditimbulkan oleh fintech yaitu fintech sudah bisa mengubah sistem pembayaran yang ada di masyarakat.

Selain itu, fintech juga sudah membantu sebagian besar perusahaan-perusahaan start up dalam hal menekan biaya operasional maupun biaya modal yang cukuplah tinggi.

Fintech memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan zaman yang ada untuk saat ini, diantaranya yaitu seperti fintech sudah dapat menggantikan peran dari lembaga keuangan secara formal, misalnya seperti bank.

Perlu Berhati-Hati Terhadap Fintech Ilegal 03 Fintech 3 - Finansialku

[Baca Juga: Asosiasi Fintech Indonesia Ingin OJK Rampungkan Aturan Main]

 

Peran penting dari fintech ini pun juga dapat dibuktikan melalui peran fintech sebagai penyedia pasar untuk pelaku usaha, menjadi alat bantu dalam proses pembayaran.

Selain itu, membantu melaksanakan investasi dengan cara yang lebih efektif dan efisien, mampu menyelesaikan atau settlemen atau Kliring.

Kemudian, dapat digunakan dalam mitigasi risiko dari adanya sistem pembayaran secara konvensional, menyertakan modal, membantu pihak untuk menabung maupun meminjamkan dana.

Semakin kuatnya arus teknologi yang ada di sistem pembayaran, maka hal ini mampu mendorong pihak Bank Indonesia selaku bank sentral dari Republik Indonesia.

Dimana harus memastikan bahwa lalu lintas pembayaran sudah terpenetrasi dengan teknologi tetap berjalan disertai dengan keamanan dan ketertiban sekaligus mendukung pada pilar-pilar dalam mencapai visi maupun misi dari Bank Indonesia.

Dalam menjaga ketertiban dalam pembayaran perihal fintech, maka dalam penyediaan pasar untuk pelaku usaha, pihak dari Bank Indonesia harus memastikan pada perlindungannya terhadap pihak konsumen.

Perlindungan ini khususnya perihal jaminan kerahasiaan data maupun Informasi Fintech atau konsumen yang lewat pada jaringan keamanan siber.

Cara yang dilakukannya yaitu dengan cara pihak Bank Indonesia mewajibkan setiap pelaku usaha harus mematuhi peraturan yang telah dibuatnya.

Termasuk peraturan pendalaman perihal pasar keuangan, peraturan makro prudensial, keamanan siber dalam menjaga data maupun informasi konsumen serta pembayaran untuk mendukung operasi.

 

Dukungan Bank Indonesia Terhadap Fintech

Demi menjaga keamanan sekaligus ketertiban dalam pembayaran, maka pihak dari Bank Indonesia melakukan cara seperti berikut ini.

 

#1 Analis bisnis intelligent

Bank Indonesia menjalin kerjasama dengan pihak agen-agen internasional dan otoritas.

Melalui kerja samanya tersebut, bank Indonesia menjadi analisis diantara para pelaku usaha yang berhubungan dengan fintech serta memberikan arahan maupun pandangan perihal tata cara dalam menciptakan sistem pembayaran yang tertib dan aman.

 

#2 Fasilitator

Sebagai pihak yang memberikan fasilitator, maka pihak dari Bank Indonesia itu sendiri menyediakan lahan yang digunakan pada arus lalu lintas transaksi atau pembayaran, sehingga hal ini akan lebih memudahkan bagi pihak konsumen.

 

#3 Assessment

Bank Indonesia memiliki kedudukan sebagai assessment atau penilaian dan monitoring pada kegiatan usaha yang dapat melibatkan fintech maupun sistem pembayaran yang menggunakan kecanggihan teknologi.

 

#4 Koordinasi dan Komunikasi

Sebagai pihak yang memiliki tugas dalam mengkoordinasi dan komunikasi, maka pihak dari Bank Indonesia selalu menjaga hubungan kerja samanya dengan otoritas.

Hal ini agar bisa tetap memberikan dukungan perihal keberadaan fintech pada sistem pembayaran Indonesia.

Tidak hanya itu saja, dalam memberikan pengarahan secara berkala. Bank Indonesia juga berkomitmen untuk terus mendukung pelaku usaha yang ada di Indonesia.

 

Kesimpulan: Fintech Berperan Penting dalam Perekonomian Global

Kehadiran fintech di zaman modern ini pun mampu mengubah gaya hidup masyarakat yang memang selalu menginginkan gaya hidup yang praktis dan semuanya dapat dilakukan secara instan.

Banyak para masyarakat yang merasa terbantu dengan adanya fintech di zaman modern ini.

Bagaimana tidak? Melalui fintech inilah yang menjadikan permasalahan perihal transaksi jual beli maupun pembayaran bisa dilakukan tanpa harus ke ATM.

Bahkan bagi Anda yang memiliki kesibukan di luar rumah dan tidak sempat pergi ke tempat langsung untuk berbelanja, tidak perlu khawatir.

Fintech datang dengan banyak manfaat bagi para masyarakat, terutama dalam membantu masyarakat untuk melakukan transaksi jual beli dengan menggunakan sistem pembayaran yang lebih ekonomis, efisien namun tetap berjalan dengan efektif.

Oh iya, berbicara mengenai Fintech, Finansialku merupakan salah satu fintech yang sudah tercatat dan berada di bawah pengawasan OJK loh!

Jadi, buat yang belum download Aplikasi Finansialku, Anda bisa download Aplikasi ini pada link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Anda juga bisa menggunakan kode referral POTONG50RIBU untuk upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium, sehingga Anda hanya perlu membayar Rp300.000 untuk satu tahun penuh, cukup terjangkau bukan?

Selain itu, bagi Anda yang sedang memulai bisnis, Anda juga bisa membaca ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis di bawah ini Secara GRATIS.

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda sudah siap bergabung dalam sistem fintech?

Bagikan informasi di atas pada sesama penggiat bisnis untuk bisa memaksimalkan sistem fintech di Indonesia, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Financial Technology. Bi.go.id – http://bit.ly/2GoPlvc

 

Sumber Gambar:

  • Fintech – http://bit.ly/2IF8MBk