Berhasil dihasut Amerika, Inggris larang Huawei untuk bangun jaringan 5G atas alasan keamanan negara.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Inggris Larang 5G Huawei

Pada Selasa (14/07) kemarin, pemerintah Inggris resmi melarang Huawei membangun jaringan 5G dengan alasan keamanan nasional. Langkah ini mengikuti kebijakan sekutu terdekat Inggris, Amerika Serikat.

CNN mewartakan Inggris memberikan izin kepada operator lain seperti BT dan Vodafone untuk mengganti semua peralatan 5G dari Huawei hingga 2027.

Seperti diketahui saat ini koneksi 5G sudah tersedia di banyak kota di Inggris, namun jangkauannya amat jarang.

Menteri Digital dan Kebudayaan Inggris, Oliver Dowden mengakui sanksi AS terhadap Huawei pada Mei lalu telah berpengaruh signifikan dalam keputusan melarang Huawei mengembangkan 5G di Inggris.

“Ini bukan kebijakan yang mudah, tetapi harus dilakukan demi jaringan komunikasi Inggris, keamanan nasional dan perekonomian kami,” kata Dowden seperti dikutip CNN Indonesia, Rabu (15/07)

Kebijakan Inggris ini jadi angin segar bagi pemerintahan Donald Trump yang telah sejak lama mendesak sekutunya itu untuk mengenyahkan Huawei dari jaringan 5G.

Huawei di ‘Blacklist’ Akibat Perang Dagang Amerika-China 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pernah Dengar Teknologi 5G? Kapan Ya Masuk Ke Indonesia?]

 

Bukan tanpa alasan, AS berkeyakinan perusahaan asal China itu bisa menjadi ancaman keamanan.

Padahal teknologi 5G menjanjikan kecepatan internet yang lebih cepat dan mendukung banyak peralatan nirkabel seperti gim mobile hingga mobil otonomos.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, Mike Pompeo bulan lalu menyatakan bahwa penolakan terhadap Huawei dipicu oleh kesadaran masyarakat internasional akan bahaya dari Partai Komunis China yang disebutnya sebagai rezim mata-mata (surveilans).

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Respon Huawei Tentang Kebijakan Inggris

Sebelumnya saat adanya keputusan Inggris melarang operator seluler memakai peralatan telekomunikasi dari Huawei, perusahaan Tiongkok ini menyebut masih membuka ruang diskusi dengan pemerintah Inggris terkait penggunaan teknologinya.

Vice President Huawei, Victor Zhang, menyatakan akan mengambil berbagai langkah dalam mengatasi pembatasan yang diusulkan oleh pemerintah Amerika Serikat (AS).

“Saat ini kami bekerja sama secara dekat bersama-sama dengan para pelanggan kami mengambil langkah-langkah dalam mengatasi batasan yang diusulkan oleh Amerika Serikat, sehingga Inggris bisa menjaga posisi kepemimpinannya saat ini dalam penerapan teknologi 5G. Sebagaimana komitmen kami, kami masih terbuka untuk berdiskusi dengan pemerintah Inggris,” ujar Zhang sebagaimana dikutip dari Liputan6.

 

Lebih lanjut, Zhang menilai masih terlalu dini untuk menyatakan dampak dari pembatasan tersebut.

Huawei membantah menjadi mata-mata Tiongkok dan mengatakan AS ingin menggagalkan pertumbuhannya karena tidak ada perusahaan AS yang dapat menawarkan teknologi yang sama dengan harga kompetitif.

Sedangkan pihak Amerika Serikat pun terus mendesak sekutunya di Eropa, termasuk Inggris dan Jerman, untuk melakukan hal yang sama.

Zhang menegaskan semua produk serta solusi Huawei menggunakan teknologi dan komponen-komponen yang telah diawasi ketat oleh pemerintah Inggris.

“Teknologi kami telah digunakan secara luas dalam jaringan 5G di seluruh negeri, dan telah membantu masyarakat di sana untuk tetap terhubung selama penerapan lockdown,” tutur Zhang menegaskan.

Sekedar informasi, Eropa adalah pasar kunci bagi Huawei, yang menyumbang 24 persen penjualan pada tahun lalu.

Pada Senin lalu Huawei juga telah merilis laporan tengah tahun yang menyatakan pelambatan pertumbuhan.

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 15 Juli 2020. Inggris Resmi Larang Huawei Kembangkan 5G. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/2WfrIwL
  • Fitri Wulandari. 15 Juli 2020. Akhirnya, Inggris Putuskan Larang Huawei Ambil Bagian di Jaringan 5G. Tribunnews.com – https://bit.ly/30a50r4
  • Agustin Setyo Wardani. 15 Juli 2020. Peralatan 5G Huawei Harus Dicopot dari Inggris per 2027. Liputan6.com – https://bit.ly/3j70tOw
  • Julkifli Sinuhaji. 15 Juli 2020. Inggris Akhirnya Blokir Huawei, Jadi Kemenangan ‘Hasutan’ AS. Pikiranrakyat.com – https://bit.ly/3j3pYAr

 

Sumber Gambar:

  • 5G Huawei – https://bit.ly/3gZGEa7