Sudahkah kamu mengetahui apakah itu teknologi 5G, dan kira-kira kapan ya teknologi ini bisa masuk ke Indonesia?

Jaringan internet terus mengalami perkembangan. Setelah 4G, kini akhirnya telah muncul teknologi 5G. Nah kali ini Finansialku akan membahas mengenai perkembangannya.

Jadi baca artikel ini sampai selesai ya sobat Finansialku!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pengertian dari Teknologi 5G

Teknologi menjadi aspek yang akan terus mengiringi setiap peradaban manusia. Namun seiring berjalannya waktu, abad ke-20 menjadi cikal bakal perkembangan yang sangat pesat dari teknologi itu sendiri.

Banyak sekali temuan-temuan maupun inovasi yang mungkin sebelumnya tak pernah terpikirkan oleh nenek moyang kita berabad-abad yang lalu. Salah satunya dari segi komunikasi.

Pernah Dengar Tentang Teknologi 5G Kapan Ya Masuk Ke Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Teknologi 5G: Cara Kerja, Keamanan, dan Bahayanya]

 

Diawali kemunculan surat untuk saling berkomunikasi kepada orang yang berada di wilayah yang sangat jauh. Kemudian, manusia menemukan alat komunikasi yang lebih efektif yakni telepon.

Tentu kamu masih ingat dan merasakan bagaimana teknologi telekomunikasi yang satu ini melakukan transformasi.

Dimulai dengan adanya fasilitas telepon umum di pinggir jalan, warung Telkom (wartel) hingga telepon rumah. Setelah itu muncullah telepon genggam yang lebih memudahkan kita dalam berkomunikasi melalui voice call maupun SMS.

Tak lama kemudian lahir teknologi komunikasi mutakhir berbasis 3G. Kebutuhan komunikasi pun semakin mudah terutama dalam kecepatan internet maupun video call. Seakan tidak pernah puas, inovasi pun kembali berkembang dengan kemunculan 3,5G dan 4G.

Kini yang terbaru tepatnya pada tahun lalu, para inovator berhasil mengembangkan sebuah teknologi yang lebih mutakhir yakni 5G.

5G sendiri merupakan sebuah istilah yang disematkan untuk menyebutkan tingkatan, generasi, ataupun standar dari pengembangan teknologi telekomunikasi seluler. Hal itu bisa diartikan bahwa 5G jauh lebih canggih dan mutakhir dibandingkan 4G.

Dalam sistem kerjanya, teknologi 5G masih menerapkan prinsip-prinsip dari generasi sebelumnya. Data akan dikirimkan melalui frekuensi gelombang radio yang memiliki tipe berbeda-beda.

Perbedaannya adalah gelombang radio yang menjadi media transfer data tersebut akan jauh lebih dioptimalkan. Dengan kata lain dibandingkan dengan 3G dan 4G, proses pengiriman data dari 5G akan jauh lebih cepat. Nah, berikut adalah beberapa keunggulan dari 5G.

 

#1 Kecepatan Data yang Tinggi

Teknologi jaringan 5G, memiliki kecepatan transfer data yang lebih tinggi dibandingkan generasi sebelumnya. Sehingga pengguna akan merasakan kemudahan dan kenyamanan yang lebih.

 

#2 Kecepatan Satu Mili Per Detik

Tak main-main kecepatan pengiriman data yang ditempuh dari teknologi 5G mencapai satu mili per detiknya.

 

#3 Koneksi dengan Peralatan Elektronik Lain

Salah satu kelebihan dari 5G adalah memungkinkan untuk terkoneksi dengan peralatan elektronik yang lain seperti peralatan rumah tangga, hingga mobil.

Menurut prediksi, jaringan 5G memiliki kecepatan bisa mencapai 800 GB. Luar biasa bukan!

 

Kapan Teknologi 5G Masuk ke Indonesia dan Bagaimana Kesiapannya?

Tentunya teknologi 5G akan dirasakan dampaknya hingga mengglobal. Itu artinya, Indonesia pun tidak akan luput dari pengaruh teknologi mutakhir ini. Tapi pertanyaannya adalah, kapan 5G akan hadir Indonesia dan sudahkah kita siap untuk menghadapinya?

Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (APTSI) berpendapat bahwasannya 5G diperkirakan baru akan hadir di Indonesia pada tahun 2022 mendatang. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan kehadirannya bisa lebih cepat.

Keberadaan 5G merupakan sebuah kesempatan besar bagi Indonesia. Itu artinya kita harus ikut berperan aktif dalam menyambut era baru telekomunikasi di dekade ini. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) selaku pihak terdepan dalam mempersiapkan hal ini, telah melakukan berbagai langkah.

Salah satunya adalah menggunakan 4% dari total PNBP yakni sebesar Rp 16 triliun untuk membeli frekuensi 5G. Tidak hanya itu, persiapan lainnya pun telah dilakukan seperti kesiapan industri, ekosistem masyarakat, serta regulasinya.

Kemenkominfo juga telah mempersiapkan berbagai kemungkinan lainnya terutama dampak negatif. Tentunya dengan semakin mutakhirnya teknologi yang diterapkan, maka akses akan semakin cepat serta jangkauan semakin luas. Sehingga kemungkinan muculnya desruptive technology akan jauh lebih besar.

Dampak sosialnya pun tentu akan jauh lebih kompleks jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, yakni 4G LTE.

Apalagi jika jaringan ini sudah bisa menyentuh semua kalangan. Sehingga edukasi harus dilakukan secara preventif, persuasif, dan juga komprehensif serta mengikut sertakan seluruh anggota masyarakat di dalamnya.

Pernah Dengar Tentang Teknologi 5G Kapan Ya Masuk Ke Indonesia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kualitas Mantap, Ini Harga dan Spesifikasi iPhone SE 2020]

 

Hanya tinggal menunggu waktu teknologi 5G masuk ke Indonesia. Bahkan bisa saja tahun 2020 menjadi titik awal era baru telekomunikasi ini.

Pertanyaannya adalah sudahkah kamu siap menghadapinya? Apakah kamu akan mengambil peluang atau hanya ikut terbawa arus tanpa melakukan apapun?

Ini saatnya kita mulai melakukan perencanaan keuangan sejak dini, untuk menyambut kedatangan jaringan 5G di Indonesia, yang tentunya memerlukan sejumlah dana untuk menikmatinya.

Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana caranya mengatur keuangan yang baik? Kalau belum, tenang, kamu bisa mengetahuinya secara rinci di e-book Finansialku yang bisa diunduh GRATIS dengan menekan tombol di bawah ini sekarang!

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Usia 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Sudah punya aplikasi mutakhir untuk mengatur keuangan kamu? Yuk download aplikasi dari Finansialku sekarang juga!

playstore icon
appstore icon

 

Kamu pasti pernah dengar Huawei kan? Penasaran ga sih bagaimana kisah sukses pendirinya? Yuk simak di video ini!

 

Nah, itulah pembahasan mengenai pengertian teknologi 5G, perkiraan kapan datangnya, hingga apa saja persiapan yang sudah dilakukan.

Artikel ini bisa dijadikan sebuah referensi sekaligus pengantar untuk kita semua dalam upaya mempersiapkan diri.

Kamu juga boleh men-share artikel ini kepada orang-orang terdekat. Semoga bermanfaat….

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 28 Maret 2019. Apa Itu Jaringan 5G? Dewaweb.com- https://tinyurl.com/y9x7u594

 

Sumber Gambar:

  • Jaringan 5G 01 – https://bit.ly/3d46uYY
  • Jaringan 5G 02 – https://bit.ly/3d3Nyd2
  • Jaringan 5G 03 – https://bit.ly/2X2IC2r