Bagaimana cara mengatur keuangan bagi kolektor tas mahal? Tas mahal adalah sebuah kebanggaan bagi wanita pada umumnya. Jika hobi mengoleksi tas mahal, Anda perlu mempelajari cara mengatur keuangan yang sesuai.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Koleksi Tas Mahal adalah Kebanggaan

Tas bukanlah sekedar barang fungsional yang dapat membantu Anda membawa barang-barang setiap harinya. Ada banyak tas yang dianggap memiliki keindahan dan kualitas yang sangat baik hingga dijual dengan harga selangit. Anda tentu sudah tahu bahwa tas-tas bermerek terkenal seperti Hermes yang harganya bisa mencapai miliaran rupiah.

Di mata para pria, tas manapun mungkin terlihat sama saja. Tetapi tentu berbeda halnya dengan wanita. Tas mahal bukan hanya dinilai dari fungsinya tetapi juga keindahan dan kebanggaannya. Karena itu mengoleksi tas mahal adalah salah satu hobi yang paling umum di kalangan wanita. Jika Anda adalah salah satu penggemar tas mahal, Anda perlu mempelajari beberapa cara mengatur keuangan berikut ini:

Pekerja Sosialita, Gaji Rp 4 Juta Sebulan Ingin Beli Tas Louis Vuitton, Apakah Bisa - Finansialku

[Baca Juga: Pekerja Sosialita, Gaji Rp 4 Juta Sebulan Ingin Beli Tas Louis Vuitton, Apakah Bisa?]

 

#1 Ketahui Batas Kemampuan Anda

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, harga sebuah tas mahal yang sering dijadikan barang koleksi seringkali mencapai harga yang tidak terbayangkan. Karena itu sebelum menginginkan sebuah tas koleksi tersebut, Anda harus mengetahui batas kemampuan keuangan Anda terlebih dahulu. Mulailah dengan membuat laporan keuangan diri sendiri. Anda dapat menuliskan berapa besar pendapatan dan pengeluaran setiap bulan.

Cobalah mencari selisih dari pengeluaran dan pemasukan tersebut. Angka selisih ini yang nantinya dapat digunakan untuk membeli tas mahal yang Anda inginkan. Tetapi tentu saja hal tersebut dapat menjadi kenyataan jika Anda memiliki pemasukan yang mencukupi. Bagaimana jika pendapatan tidak mencukupi? Sebaiknya tunda dulu keinginan tersebut dan tinjau kembali keuangan Anda.

Apakah Barang Koleksi Termasuk Instrumen Investasi 1 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Barang Koleksi Termasuk Instrumen Investasi?]

 

#2 Carilah Komunitas yang Memberi Dampak Positif

Tahukah Anda bahwa ada komunitas-komunitas pecinta tas mahal? Tentu saja ada. Biasanya setiap hobi memiliki komunitas-komunitas tertentu dimana orang-orang yang memiliki hobi sama berkumpul. Jika Anda hobi mengoleksi tas mahal, cobalah cari komunitas yang memiliki kesenangan sama seperti Anda. Di sana Anda akan bertemu dengan orang-orang yang mengerti akan hal yang Anda sukai. Dengan begitu akan semakin banyak informasi yang Anda dapatkan.

Selain informasi, umumnya komunitas seperti ini dapat memberikan keuntungan-keuntungan tertentu. Misalnya saja informasi terbaru mengenai hobi tersebut pasti langsung sampai di telinga Anda. Selain itu tidak menutup kemungkinan Anda dapat menitip untuk membeli sebuah tas dari luar negeri kepada sesama anggota komunitas. Bahkan dalam beberapa kasus Anda dapat saling pinjam meminjam tas yang disukai. Dengan begitu Anda dapat menghemat biaya untuk membeli semua tas karena Anda dapat mencoba menggunakan tas milik teman sesama komunitas.

7 Jenis Hobi yang Dapat diBisniskan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: 7 Jenis Hobi yang Dapat Dibisniskan]

 

Hanya saja pastikan Anda memilih komunitas yang sehat. Jangan sampai mengikuti komunitas hanya membuat Anda semakin boros dan tidak bijaksana dalam memberi barang koleksi yang mahal tersebut. Komunitas yang Anda ikuti diharapkan dapat membuat Anda lebih cermat dan kritis dalam memilih barang yang akan dibeli.

 

#3 Semua Bisa Dicapai dengan Investasi yang Tepat

Tidak menjadi masalah jika Anda memiliki hobi yang harganya sangat mahal, asalkan Anda memang memiliki standar keuangan yang lebih tinggi. Perlu diingat bahwa hobi bukanlah hal yang primer melainkan sekunder. Hobi adalah keinginan, bukan kebutuhan. Kecuali jika Anda mampu membuat hobi tersebut sebagai sumber penghasilan. Jika tidak maka dengan kata lain hobi dapat dianggap sebagai ‘sarana’ untuk menghabiskan uang.

Uang yang dapat dihabiskan untuk hobi adalah uang yang berlebih, inilah alasan mengapa Anda perlu mencari tahu selisih pengeluaran dan pemasukan Anda. Karena jumlah uang yang dibutuhkan untuk membeli tas mahal tidaklah sedikit, Anda perlu solusi seperti berinvestasi. Dengan berinvestasi Anda memiliki peluang untuk mendapatkan bunga investasi. Hasil yang didapatkan akan semakin memudahkan Anda untuk membeli tas koleksi yang harganya mahal tersebut.

Hobi Koleksi Sepatu Coba 5 Cara Ini untuk Mengatur Keuangan Anda 3 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Cara Mengatur Keuangan di Tengah Paksaan Gaya Hidup Glamor]

 

Investasi tentunya dapat menjadi solusi jika saat ini Anda baru sampai pada tahap menyukai tas mahal tetapi belum sanggup membelinya. Tidak perlu meratapi ketidakmampuan membeli tas mahal tersebut. Lebih baik Anda mulai berinvestasi demi mempersiapkan dana untuk membeli tas mahal idaman Anda. Jadikan keinginan membeli tas mahal tersebut sebagai motivasi keuangan pribadi. Dengan begitu Anda akan bekerja lebih keras dan dapat berinvestasi lebih banyak lagi. Semakin banyak dana yang Anda investasikan maka akan semakin besar juga peluang keuntungannya. Tetapi ingat, pastikan Anda memilih produk investasi yang sesuai dengan kebutuhan dan pilihan Anda agar hasil yang didapatkan optimal.

 

Tas Boleh Mahal, Investasi pun Harus Besar

Koleksi tas mahal adalah dambaan dan kebanggaan kebanyakan wanita. Dengan memiliki tas mahal Anda mungkin merasa lebih cantik dan lebih percaya diri. Selain itu tas mahal memiliki nilai kebanggaan tersendiri yang membuat Anda terlihat lebih elegan dan glamour. Sah-sah saja jika Anda memiliki tas yang mahal, tetapi pastikan investasi Anda pun besar angkanya. Dengan begitu seluruh kebutuhan di masa depan akan lebih mudah terpenuhi sementara dana untuk membeli tas idaman pun terus berkembang.

 

Menurut Anda, apakah membeli tas mahal itu merupakan kebutuhan atau keinginan? Silakan beri pendapat atas jawaban Anda pada kolom di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Asian woman with bag – https://goo.gl/p3itHk

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang