Bagaimana cara mengatur keuangan untuk kolektor gundam? Gundam merupakan barang koleksi yang unik, harganya pun terbilang tidak murah. Karena itu, sebagai kolektor Anda harus mengetahui kiat-kiat mengatur keuangan agar koleksi gundam tidak merusak keuangan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Barang Koleksi yang Tidak Murah

Action figure gundam merupakan salah satu dari sekian banyak barang koleksi yang unik dan menarik. Selain menarik untuk dilihat, koleksi gundam juga dapat menjadi kebanggaan tersendiri bagi pemiliknya. Bagi Anda para kolektor gundam pasti sudah tahu bahwa harga gundam beragam dan kebanyakan termasuk ke dalam kategori mahal. Tetapi jika sudah terlanjur hobi, berapapun harganya pasti akan Anda beli juga.

Untuk dapat memenuhi keinginan mengoleksi gundam, Anda tentu memerlukan modal. Keuangan bulanan harus diatur sedemikian rupa agar koleksi gundam dapat semakin lengkap tanpa mengganggu kebutuhan sehari-hari. Kali ini Finansialku akan membahas cara mengatur keuangan bagi Anda para kolektor gundam.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat digunakan untuk mengatur keuangan para kolektor gundam:

Ini 3 Tips Mengatur Keuangan untuk Kolektor Gundam 2 - Finansialku

 [Baca Juga: 5 Trik Mengatur Keuangan Bagi Orang yang Hobi Koleksi Hot Wheels]

 

#1 Buat Anggaran

Anda mungkin sangat menyukai gundam dan ingin melengkapi koleksi sebanyak-banyaknya. Tetapi jangan lupa, Anda juga memiliki tanggung jawab terhadap diri sendiri serta keluarga. Apalagi jika sudah berkeluarga, jangan sampai keinginan membeli gundam membuat kebutuhan keluarga jadi terbengkalai. Untuk menghindari hal tersebut, mulailah membuat anggaran.

Anggaran ini harus disesuaikan dengan frekuensi pendapatan Anda. Misalnya jika Anda seorang karyawan yang menerima gaji setiap bulan, buatlah anggaran bulanan. Sementara jika Anda seorang freelancer yang mendapat penghasilan tidak tetap, buatlah anggaran sesuai periode tertentu yang dapat Anda prediksi. Begitu seterusnya sesuai dengan ritme pendapatan Anda.

Hal yang harus dijadikan prioritas dalam anggaran tersebut bukan gundam ya. Tetapi penuhi terlebih dahulu kebutuhan-kebutuhan utama Anda dan keluarga. Mulai dari biaya tempat tinggal, makanan, transportasi dan biaya lainnya. Jangan lupa juga untuk memenuhi tujuan-tujuan keuangan utama seperti dana darurat, asuransi serta investasi. Setelah itu baru sisihkan sejumlah uang untuk membeli gundam yang baru.

Hobi Koleksi Sepatu Coba 5 Cara Ini untuk Mengatur Keuangan Anda 3 - Finansialku

[Baca Juga: Polling: Sudah Tahu Apa Alasan Membuat Anggaran Keuangan]

 

Dana darurat dan asuransi harus dijadikan prioritas karena Anda membutuhkan perlindungan setiap hari. Jangan sampai Anda mengutamakan uang untuk membeli gundam daripada untuk proteksi. Jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan dan tidak memiliki proteksi, bisa-bisa koleksi gundam pun sudah tidak akan menyenangkan hati Anda lagi. Karena itu prioritaskanlah kedua hal tersebut. Sabar dulu, setelah memiliki dana darurat dan asuransi, Anda juga masih harus menyiapkan dana untuk berinvestasi. Tetapi tidak perlu khawatir, keuntungan dari berinvestasi nantinya dapat digunakan untuk membeli gundam yang justru lebih banyak lho. Karena itu jangan merasa ‘sayang’ untuk berinvestasi sekarang. Anda akan menikmati hasilnya setelah beberapa waktu.

 

#2 Jadikan Gundam sebagai Sumber Penghasilan

Jika Anda seorang kolektor yang membeli, merakit dan menyimpan gundam di lemari pajangan berarti pembelian gundam adalah sebuah pengeluaran konsumtif. Artinya, uang yang digunakan tidak akan menghasilkan uang lagi. Gundam yang dibeli hanya akan menghibur mata dan pikiran tetapi membuat dompet Anda menderita. Mengapa tidak mengubah pengeluaran konsumtif tersebut menjadi pengeluaran produktif?

Ini 3 Tips Mengatur Keuangan untuk Kolektor Gundam 1 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Sumber Pendapatan Pasif yang Bisa Anda Peroleh Sekarang]

 

Jika Anda memang sangat menyukai dan mengerti tentang gundam, tidak ada salahnya menjadikan gundam sebagai bisnis. Cobalah mencari tahu cara untuk menjadikan gundam sebagai sumber penghasilan. Jika memungkinkan Anda dapat memperjualbelikan gundam. Selain dapat memenuhi hobi yang menghibur mata dan pikiran, Anda juga dapat ‘menghibur’ dompet bukan?

 

#3 Tentukan Waktu untuk ‘Menikmati’ Gundam

Bagaimana jika suatu saat Anda kehabisan uang dan tidak dapat membeli gundam? Atau Anda memiliki sejumlah uang yang seharusnya digunakan untuk keperluan lain. Tentunya Anda akan tergoda untuk membeli gundam yang baru. Berhenti! Keinginan tersebut akan membuat keuangan Anda menjadi berantakan.

Awas! Hindari 4 Kesalahan Besar Trading Saham untuk Pemula - Finansialku

[Baca Juga: 6 Kesalahan dalam Membuat Rencana Keuangan yang Sering Dilakukan]

 

Kami mengerti bahwa ketika sudah sangat menyukai suatu hobi, akan sulit untuk tidak memikirkannya. Tetapi hal ini harus dibatasi agar tidak menjadi kelewatan. Akan sulit menolak keinginan untuk terus membeli gundam baru jika Anda terus memikirkannya. Jika sedang tidak memiliki dana, Anda akan merasa tersiksa karena tidak dapat membeli gundam yang sangat diinginkan. Padahal jika menunggu pun hidup Anda tidak akan terancam. Ini hanya persoalan pikiran saja. Karena itu cobalah tentukan waktu tertentu dimana Anda boleh memikirkan dan menghabiskan waktu untuk gundam.

Dengan membatasi waktu dan pikiran, Anda tidak akan merasa tersiksa ketika tidak mampu membeli gundam. Cobalah fokus pada pekerjaan atau keluarga ketika memang bukan waktunya memikirkan hobi Anda.

Rencana Keuangan Bukan Jaminan, Apalagi Tidak Punya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Rencana Keuangan Bukan Jaminan, Apalagi Tidak Punya!]

 

Gunakan Proporsi yang Seimbang untuk Hobi

Jika seseorang telah jatuh hati pada sebuah hobi biasanya seluruh hal yang dimiliki akan dimaksimalkan untuk hobi. Mulai dari waktu, pikiran, tenaga hingga uang. Gundam yang mahal sekalipun tidak akan terasa mahal jika sudah terlanjur menyukainya. Tetapi Anda harus ingat bahwa masih ada prioritas lain yang harus Anda penuhi. Tentukanlah proporsi yang tepat dalam waktu dan uang yang Anda miliki untuk hobi dan kehidupan sehari-hari. Tidak ada salahnya memiliki sebuah hobi yang mahal selama Anda dapat mengatur keuangan dengan baik.

 

Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan ketik pada kolom di bawah ini. Tim perencanaan keuangan kami akan siap membantu Anda dalam menjawab pertanyaan yang Anda ajukan. Jangan lupa juga untuk membagikan informasi ini kepada teman terdekat Anda yang mengoleksi gundam, karena mereka pun harus mengetahui informasi yang berguna ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar:

  • Mainan Gundam – https://goo.gl/fvxE4Y
  • Koleksi Gundam – https://goo.gl/YdBNRA

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang