Pemerintah sudah membuka masa penawaran sukuk ritel SR 014. Ini simulasi perhitungan keuntungan dari investasinya!

Simulasi ini akan dibahas di artikel Finansialku di bawah ini. Catat, ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Simulasi Perhitungan Return Sukuk Ritel SR 014

Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah resmi membuka masa penawaran Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Sukuk Ritel Negara seri SR 014.

Masa penawaran ini sudah dibuka sejak Jumat (26/05) kemarin mulai pukul 09.00 WIB dan akan berakhir pada 17 Maret 2021 mendatang pada pukul 10.00 WIB.

Adapun, besaran imbal hasil atau kupon yang ditetapkan dari SR 014 ini adalah sebesar 5,47 persen.

“Tujuan penerbitan Sukuk Negara Ritel seri SR 014 adalah membantu membiayai APBN termasuk membiayai pembangunan proyek infrastruktur di Indonesia dan memperluas basis investor dalam negeri.” kata Nana Riana selaku Kepala Subdirektorat Peraturan dan Analisis Hukum Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) Direktorat Pembiayaan Syariah DJPPR dalam keterangan tertulis yang dikutip dari laman money.kompas.com, Jumat (25/02).

Dituliskan juga kalau investor bisa melakukan pemesanan dengan nominal mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 3 miliar, yang nantinya pembayaran kupon pertama akan dilakukan pada 10 April 2021.

Ini Simulasi Perhitungan Keuntungan Investasi Sukuk Ritel SR 014! 02

[Baca Juga: Meraih Financial Freedom Lewat Investasi Sukuk, Apa Bisa?]

 

Sementara untuk perdagangan surat utang, mulai bisa dilakukan terhitung sejak 11 Juni 2021 mendatang atau setelah berakhirnya minimum holding period.

SR 014 sendiri memiliki underlying aset berupa BMN dan proyek atau kegiatan lembaga negara pada APBN 2021.

Proses pemesanan pembelian sukuk ritel seri SR 014 ini dilakukan dalam empat tahap secara online, yaitu registrasi, pemesanan, pembayaran, dan setelmen.

Pemesanannya sendiri bisa dilakukan melalui sistem elektronik yang disediakan oleh 30 Bank di Indonesia sebagai mitra distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.

 

Buat Sobat Finansialku yang tertarik untuk investasi sekaligus membantu pemerintah, mungkin bisa lebih dulu melakukan simulasi perhitungan return dari SR 014 ini bersama Finansialku.

Mari ambil contoh kalau misalnya Sobat Finansialku membeli SR 014 senilai Rp 2 juta, maka berapa imbal hasil yang bisa didapatkan per bulan?

Maka, kita tinggal mengalikan nilai investasi dengan persentase nilai imbal hasil atau kupon, yang mana pada seri ini adalah sebesar 5,47 persen.

Sehingga, nilai imbal bersih yang didapatkan per tahun adalah:

2.000.000 x 5,47 Persen = Rp 109,400.

 

Sementara itu, nilai imbal bersih yang didapatkan per bulan adalah:

Rp 109.400 : 12 = Rp 9,117.

 

Untuk diingat, nilai ini belum bersih dari pajak, sehingga, nilai yang imbal bersih yang akan didapatkan setelah dipotong pajak adalah:

Rp 9,117 x 15% = Rp 1,367

Rp 9,117 – Rp 1,367 = Rp 7,750.

 

Dengan begitu, jika Sobat Finansialku melakukan investasi sebesar Rp 2 juta, maka jumlah imbal hasil yang akan didapatkan dari sukuk ritel SR 014 per bulannya adalah sekira Rp 7,750.

 

banneraudiobook_millennials_ini_loh_pentingnya_merencanakan_dan_mengatur

 

Investasi Nggak, Ya?

Sebenarnya tidak ada salahnya kalau Sobat Finansialku melakukan investasi di sukuk ritel SR 014 ini sekarang juga.

Pun, tidak salah juga jika Sobat Finansialku masih ragu dan bingung dalam mengambil keputusan, apakah harus menyimpan dana di instrumen investasi satu ini, mengingat keadaan keuangan setiap orang yang berbeda-beda.

Yang salah adalah ketika Sobat Finansialku tidak memahami kondisi keuangan sendiri dan asal membuat keputusan tanpa perhitungan yang jelas.

Oleh karena itu, jika Sobat Finansialku membutuhkan pendapat objektif dari pihak ketiga atau sudut pandang lain dari ahli, segera hubungi perencana keuangan dari Finansialku untuk konsultasi.

Konsultasi ini dapat dilakukan melalui fitur ‘Konsultasi Keuangan’ melalui aplikasi Finansialku.

 

Lewat fitur ini, Sobat Finansialku bisa melakukan konsultasi atau mengobrol langsung dengan para Perencana Keuangan yang siap menjawab semua pertanyaan Sobat Finansialku.

Untuk memanfaatkan fitur ini, Sobat Finansialku hanya perlu membuat akun secara gratis dan berlangganan premium, Rp 350 ribu untuk 365 hari atau satu tahun, yang mana artinya setara juga dengan Rp 959 per hari.

Dengan akun premium, bukan hanya melakukan konsultasi di mana pun dan kapan pun di hari kerja, Sobat Finansialku juga bisa melakukan pencatatan keuangan tanpa batas, merencanakan anggaran, membuat rencana keuangan, hingga belajar seputar keuangan lewat audiobook yang bisa didengarkan SEUMUR HIDUP.

Oleh karena itu, segera instal aplikasinya dan konsultasikan bersama Perencana Keuangan dari Finansialku sebelum investasi sekarang!

Oh ya! Kamu bisa dapatkan potongan diskon Rp 50.000 dengan memasukkan kode voucher CUAN50 saat upgrade aplikasi Finansialku satu tahun.

 

Apakah ada di antara dari Sobat Finansialku yang punya pendapat berbeda tentang SR 014 ini? Yuk, kita diskusikan di kolom komentar!

Sobat Finansialku juga bisa mendiskusikan informasi ini bersama teman-teman investor lainnya dengan membagikan artikel dari Finansialku lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

 

Sumber Referensi:

  • Cantika Adinda Putri. 26 Februari 2021. Kebal Gagal Bayar! Sukuk SR014 Resmi Dijual, Kuponnya 5,47%. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/2MtG6z
  • Hanum Kusuma Dewi. 25 Februari 2021. Beli SR014 Rp1 Juta, Berapa Imbalan Bersih per Bulan?. Bareksa.com – http://bit.ly/3kEVkPf
  • Mutia Fauzia. 26 Februari 2021. Tertarik Beli Sukuk Ritel SR014? Begini Perhitungan Hasilnya. Money.kompas.com – http://bit.ly/2ZY0nRb
  • Mutia Fauzia. 26 Februari 2021. Masa Penawaran SR014 Dibuka Hari Ii, Bisa Beli di Mana?. Money.kompas.com – http://bit.ly/3dV4fuj
  • Mutia Fauzia. 25 Februari 2021. Besok Mulai Ditawarkan, Kupon Sukuk Ritel SR014 5,47 Persen. Money.kompas.com – http://bit.ly/37RKkbL

 

Sumber Gambar:

  • 01 – http://bit.ly/3b33L3F
  • 02 – https://bit.ly/3kxu9Wg