Antara Instagram Reels vs TikTok, menurut kamu lebih bagus yang mana ya? platform mana yang akan lebih banyak digunakan?

Yuk simak artikel yang satu ini, biar kamu gak ketinggalan informasi menarik seputar Instagram Reels dan TikTok.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Instagram Reels vs TikTok, Mana yang Sering Kamu Gunakan?

Jika dihitung, sepertinya kini hanya sebagian orang saja yang tidak tau atau pun belum mendengar yang namanya Instagram bukan?

Terlebih selama beberapa tahun belakangan Instagram telah mengalami peningkatan jumlah pengguna yang cukup tinggi.

Yes, jika dibandingkan dengan beberapa media sosial lainnya, Instagram memang menjadi jauh lebih popular, bahkan melampaui beberapa media sosial yang sudah ada lebih dulu darinya.

Sebut saja diantaranya ialah Twitter dan Facebook, yang mana meskipun keduanya masih memiliki jumlah pengguna yang banyak, namun pamor Instagram tampaknya selangkah lebih tinggi.

Instagram Reels vs TikTok. Lebih Bagus yang Mana 03 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Video Tiktok, Aplikasi China Juara Dunia]

 

Suksesnya Instagram tentunya didukung oleh fitur-fitur menarik yang dihadirkan, salah satunya adalah Instagram Stories, yang sejak kehadirannya jumlah pengguna menjadi semakin bertambah dengan begitu cepat.

Selain itu Instagram juga terus menghadirkan fitur-fitur keren lainnya yang membuat penggunanya merasa puas dan senang saat mengakses aplikasi media sosial ini.

Uniknya, bersamaan dengan semakin meningkatnya popularitas Instagram, tanpa diduga-duga sebuah aplikasi media sosial lain yang bernama TikTok rupanya ikut mengalami pertumbuhan yang begitu pesat, khususnya untuk jumlah penggunanya.

Pertumbuhan jumlah pengguna TikTok ini pun terjadi di beberapa negara, yang salah satunya adalah di Indonesia.

Hal ini menjadi unik mengingat di Indonesia sendiri pada awalnya ada cukup banyak netizen yang mengaku tidak suka dengan aplikasi TikTok, dan kerap mem-bully orang-orang yang menggunakan aplikasi asal China ini karena merasa geli dengan konten-konten yang ada di dalamnya.

Namun meskipun menuai komentar yang negative, buktinya TikTok semakin lama semakin membesar dan mulai melampaui popularitas beberapa platform media sosial lainnya.

Bahkan ada beberapa yang mengatakan bahwa suatu saat TikTok ini bisa saja melampaui popularitas dari Instagram.

Nah, buat kamu yang bertanya-tanya mengapa TikTok bisa menjadi begitu popular, sebenarnya salah satu alasannya adalah karena banyak orang yang akhirnya merasa terhibur dengan konten-konten menarik dan lucu yang ada di Aplikasi TikTok.

Di tahun 2019 yang lalu, Aplikasi TikTok tercatat mampu melampaui Instagram dalam hal jumlah penggunduh pada tahun itu. Dan juga memiliki jumlah pengguna aktif yang setara dengan Aplikasi Instagram. Keren banget bukan?

 

Munculnya Instagram Reels

Melihat perkembangan pesat dan tak terduga yang dialami oleh TikTok tampaknya membuat pihak Instagram tidak dapat berdiam dan berpangku tangan saja, sehingga selain semakin aktif mengembangkan fitur-fitur yang sudah ada, mereka juga mulai memperkenalkan Instagram Reels.

Instagram Reels sendiri bukan lah sebuah aplikasi yang baru, tetapi lebih tepatnya adalah sebuah fitur yang ada di dalam Instagram.

Nantinya dengan menggunakan fitur terbaru ini, pengguna Instagram dapat membuat sebuah video berdurasi singkat, layaknya yang fitur yang ditawarkan oleh Instagram.

Pengguna dapat merekam video berbentuk multi clip dengan durasi 15 detik, yang mana video tersebut dapat direkam sekaligus ataupun satu per satu serial klip, dan kemudian dapat diedit, seperti menambahkan efek, audio, emoticon, dan berbagai fitur editing lainnya, sehingga video akan menjadi semakin keren.

Instagram Reels vs TikTok. Lebih Bagus yang Mana 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Mengaktifkan Instagram Shopping, Fitur Baru Instagram]

 

Secara keseluruhan, Instagram Reels ini tampaknya sangat mirip dengan apa yang disajikan oleh TikTok, namun Robby Stein selaku Product Director Instagram mengaku bahwa keduanya tetap memiliki perbedaan.

Pihak Product Director Instagram tampaknya ingin menegaskan bahwa fitur terbaru yang dikeluarkan olehnya benar-benar tidak 100% sama seperti yang dimiliki oleh TikTok.

Nah, berdasarkan informasi yang diberikan oleh Instagram, fitur ini nantinya akan ditaruh dalam jendela story Instagram atau pun di kamera Instagram.

Kemudian pengguna dapat membagikannya kepada semua orang melalui Instagram Stories, Feeds atau pun dengan menggunakan fitur Direct Message yang sudah ada di Instagram.

Jika teman-teman membagikannya di Instagram Stories, maka seperti biasa video Reels tersebut akan hilang juga setelah 24 jam.

Sedangkan jika teman-teman mengunggahnya di Feed Instagram, maka video Reels akan tetap ada di halaman profil pengguna serta dapat dilihat kapan saja, layaknya ketika teman-teman mengunggah foto atau pun video biasa.

 

Telah Hadir di 50 Negara!

Saat ini fitur Instagram Reels telah diluncurkan di kurang lebih 50 negara yang dianggap memiliki pasar strategis, yang pertama-tama diperkenalkan di Brazil dengan julukan Cenas, dan kemudian menyusul di beberapa negara lainnya seperti Inggris, Amerika Serikat, Prancis, Jepang, Spanyol, Jerman dan negara-negara lainnya.

Namun sayangnya, di Indonesia sendiri kamu masih belum bisa mengaksesnya, karena pihak Instagram masih belum meluncurkan untuk server Indonesia, namun kamu tidak perlu khawatir, karena tampaknya Instagram akan menghasilkan fitur terbarunya ini di semua negara, so tunggu saja ya!

 

Fitur Instagram Reels, Kira-kira Mirip TikTok Gak Ya?

Tentunya kamu penasaran dong dengan fitur-fitur apa aja yang dihadirkan oleh Instagram Reels ini. Nah, berikut adalah beberapa fitur yang nantinya akan kamu temukan jika Instagram Reels hadir di Indonesia.

 

#1 Edit Audio

Mirip dengan yang disuguhkan oleh TikTok, di Instagram Reels kamu juga bisa menambahkan atau menyelipkan audio sebagai suara latar ke dalam video yang kamu buat.

Di sini kamu bisa menggunakan lagu-lagu ataupun instrument music yang sudah ada di daftar library music Instagram, ataupun mengunggah suara dan lagumu sendiri.

Jika kamu merekam suara menggunakan Reels, ini nantinya akan menjadi audio original milikimu alias dilisensi, sehingga ketika rekaman suara ini nantinya disebarkan dan digunakan oleh pengguna Instagram Reels yang lain, nama kamu akan tertautkan.

props_internal_one]

 

#2 Align

Dengan fitur yang satu ini, kamu bisa memberikan paduan tambahan sehingga transisi dari satu klip dengan klip yang lainnya menjadi terlihat lebih seamless.

Biasanya fitur ini akan digunakan jika pengguna hendak menampilkan konten dengan perubahan baju, perubahan latar, atau pun penambahan jumlah orang dan sebagainya. Intinya fitur ini akan membuat transisi video kamu tampak lebih halus.

 

#3 Timer and Countdown

Terkadang saat merekam video seorang diri, kamu membutuhkan jeda beberapa saat antara ketika kamu menekan tombol rekam hingga kamu memulai gerakanmu.

Maka dari itu, Instagram Reels memberikan fitur Timer and Countdown agar kamu dapat mengatur timer untuk merekam klip video dengan hands free alias tanpa menyentuh.

Nantinya ketika kamu menekan tombol rekam, Instagram akan menampilkan waktu hitungan mundur hingga akhirnya mulai merekam gerakan dan suaramu.

 

#4 Pengatur Kecepatan

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengatur kecepatan setiap klip video dan audio yang telah direkam ataupun dipilih.

Dengan begitu kamu bisa mempercepat bagian yang menurut kamu terlalu lambat, hingga membuat video slow motion.

 

#5 Efek AR (Augmented Reality)

Salah satu efek menarik yang diperkenalkan oleh Instagram Reels adalah efek AR. Nantinya untuk satu klip video, kamu bisa menggunakan salah satu efek yang dibuat oleh kreator AR ataupun pihak Instagram, dan ini bisa kamu akses dengan membuka galeri Instagram.

Efek AR ini tentunya akan membuat video kamu menjadi lebih menarik, terlebih karena kamu bisa menggunakan efek yang berbeda-beda dalam satu video.

Nah, itulah beberapa efek yang nantinya bisa kamu temui di Instagram Reels, dan menurut kamu apakah TikTok juga memiliki semua efek tersebut? Komen di bawah ya.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

15 Ebook Perencanaan Keuangan 20an

 

Mana yang Lebih Bagus?

Jika melihat secara keseluruhan, Instagram dan TikTok sebenarnya sama-sama menampilkan produk yang menarik dan menghibur, terlepas dari persamaan yang dimiliki oleh keduanya.

Hanya saja, memang terlihat lebih mudah saja jika seandainya kamu bisa membuat sebuah video melalui Instagram dan kemudian meng-upload-nya pada platform yang sama, pasalnya saat ini pun ada cukup banyak pengguna TikTok yang meng-upload videonya ke Instagram.

Namun kembali lagi, semuanya tergantung pilihan kamu, jadi kalau kamu memang lebih nyaman dengan salah satu diantaranya, ya tentu itu menjadi yang terbaik buatmu.

 

Nah sampai itulah beberapa informasi terbaru mengenai Instagram Reels dan TikTok, semoga bisa membantu kamu ya.

 

 

Sumber Referensi:

  • Naura Fadhila. Instagram vs TikTok. Yooreka.id – https://bit.ly/3jGobk1
  • Adhyasta Dirgantara. 23 Januari 2020. TikTok Akan Lebih Besar dari Instagram, kok Bisa? Ini Datanya!  Idntimes.com – https://bit.ly/3oLBLGz
  • Mochammad Ade Pamungkas. 09 Agustus 2020. Cara Gunakan Fitur Instagram Reels Pesaing TikTok. Tirto.id – https://bit.ly/37YYYPC
  • Bill Clinten. 06 Agustus 2020. Instagram Reels Resmi Meluncur di 50 Negara, Siap Saingi TikTok. Tekno.kompas.com – https://bit.ly/38aXhPd
  • Prasetyo Herfianto. 06 Agustus 2020. Menjadi Pesaing TikTok, Inilah Fitur & Cara Pakai Instagram Reels. Gizmologi.id – https://bit.ly/35Pszbs

 

Sumber Gambar:

  • Instagram Reels vs Tiktok 01 – https://bit.ly/2JG3iZK
  • Instagram Reels vs Tiktok 02 – https://bit.ly/3k9ZdJZ
  • Instagram Reels vs Tiktok 03 – https://tcrn.ch/3eB4J7l