Video Tiktok: Siapa yang tidak tahu aplikasi Tiktok? Aplikasi yang berasal dari China ini pernah menjadi kontroversi beberapa waktu lalu.

Meskipun begitu, sepertinya ketenaran Tiktok masih tidak memudar. Penggunanya pun saat ini semakin marak dan beragam.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengenal Video Tiktok, Aplikasi China Juara Dunia

Aplikasi musik video Tiktok kembali ramai setelah sebelumnya sempat mengundang kontroversi di Indonesia.

Saat ini, penggunaan Tiktok pun juga semakin variatif. Mulai dari lipsync lagu, koreo dance, hingga sekedar jokes receh.

Bukan hanya kontennya yang variatif, pengguna Tiktok pun juga semakin beragam. Jika sebelumnya pengguna Tiktok lebih banyak anak muda atau bahkan anak sekolah, saat ini orang dari berbagai usia juga mulai tertarik untuk membuat video Tiktok.

Banyaknya pengguna Tiktok menjadikan hampir semua orang pasti mengetahui aplikasi ini. Kalau tidak sebagai pengguna, maka setidaknya pasti pernah menemukan orang yang menggunakan aplikasi ini untuk membuat berbagai macam video.

Keragaman ini tentu saja membuat aplikasi Tiktok semakin ramai dan viral.

Namun, di balik maraknya pengguna Tiktok, sebenarnya bagaimana aplikasi musik video ini bisa semakin booming? Dan bagaimana awal mula perjalanan aplikasi ini hingga ramai digunakan orang di berbagai negara?

Mengenal Video Tiktok, Aplikasi China Juara Dunia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hanya Disini! Situs Download Musik Legal]

 

Kalau Anda penasaran, Anda bisa menyimak artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

 

Asal Usul Tiktok

Tiktok didirikan oleh sebuah perusahaan teknologi, yaitu ByteDance. Perusahaan ini adalah salah satu perusahaan teknologi raksasa yang ada di China. Aplikasi Tiktok ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2016 di China.

Uniknya, terdapat perbedaan nama aplikasi antara di China dengan di luar China. Di China sendiri, aplikasi Tiktok diberi nama dengan Douyin. Namun, untuk penggunaan di luar negeri, aplikasi ini menggunakan nama Tiktok.

Setahun setelah peluncurannya, yaitu pada tahun 2017, ByteDance memutuskan untuk mengakuisisi sebuah aplikasi yang cukup mirip dengan Tiktok milik perusahaan Amerika Serikat. Aplikasi tersebut bernama Musically.

Aplikasi ini pun juga sempat booming di Indonesia. Akuisisi Tiktok atas Musically memiliki nilai investasi kurang lebih sebesar US$1 miliar (Rp14,5 triliun).

Adanya akuisisi Musically oleh Tiktok ini menjadikan aplikasi Musically hilang dan bergabung bersama Tiktok. Dengan begitu, pengguna Musically secara otomatis akan menjadi pengguna Tiktok sehingga, semakin banyak juga orang yang menjadi pengguna Tiktok.

Mengenal Video Tiktok, Aplikasi China Juara Dunia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Belajar Cara Mengatur Keuangan Keluarga dari Musik]

 

Keberhasilan aplikasi Tiktok tentu saja membawa kesuksesan kepada ByteDance. Hal ini turut serta menjadikan perusahaan teknologi ByteDance menjadi salah satu perusahaan startup dengan valuasi yang cukup besar, yaitu sekitar US$75 miliar (Rp1.087,5 triliun).

Tentu saja nilai valuasi ini tidak hanya didapatkan dari aplikasi Tiktok saja. Selain Tiktok, ByteDance juga memiliki berbagai aplikasi lainnya.

Namun, dengan nilai valuasi sebesar itu, menjadikan perusahaan tersebut sukses menjadi perusahaan startup dengan level decacorn terbesar di dunia.

 

Kekuatan Aplikasi Tiktok dibanding Aplikasi Lainnya

Keunggulan aplikasi Tiktok tentu saja bukannya tanpa alasan. Ada beberapa sebab mengapa aplikasi sederhana ini bisa menjadi salah satu primadona aplikasi.

Berikut ini adalah beberapa alasan tersebut:

 

#1 Banyak Diunduh Orang di Seluruh Dunia

Tiktok saat ini telah menjadi salah satu aplikasi dengan pengguna terbanyak di dunia. Bahkan cukup bersaing dengan aplikasi-aplikasi Facebook Group.

Jika dilihat dari data yang dimiliki oleh Sensor Tower, pada kuartal 2 tahun 2019, Tiktok sudah diunduh hingga 160 juta kali.

Jumlah unduhan ini menjadikan Tiktok berada di urutan keempat sebagai aplikasi paling banyak diunduh. Masih kalah dari Whatsapp, Messenger Facebook, dan Facebook App.

Mengenal Video Tiktok, Aplikasi China Juara Dunia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Top 10 Aplikasi Paling Banyak Diunduh di Google Play Store]

 

Sedangkan jika dilihat dari jumlah unduhan sejak pertama kali diluncurkan, Tiktok sudah diunduh sebanyak 1,27 miliar unduhan. Tentu saja hal ini membawa Tiktok memiliki pendapatan yang juga besar.

 

#2 Pendapatan Tiktok

Secara pendapatan, aplikasi Tiktok memang mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Misalnya saja, pada Desember 2018 lalu, tercatat pendapatan Tiktok telah mencapai angka US$10,87 juta (Rp157,6 miliar). Sangat fantastis mengingat di bulan Juni 2018, Tiktok hanya bisa menghasilkan sebesar US$1,6 juta (Rp23,2 miliar) saja.

Jika dilihat secara persentase, bisa dibilang bahwa Tiktok berhasil meningkatkan keuntungan sampai dengan 588% dalam kurun waktu yang hanya 6 bulan saja. Sedangkan jika dilihat dari awal berdirinya, Tiktok berhasil meraih pendapatan sekitar US$113 juta (Rp1,6 triliun).

 

#3 Jadi Platform Penemuan Musik

Apa Anda pernah menemukan lagu yang menarik di Tiktok dan malah jadi penasaran dengan lagu tersebut? Tenang saja, bukan hanya Anda saja yang mengalami hal ini.

Ada banyak orang yang sama penasarannya dengan Anda. Begitu mereka menemukan lagu yang terdengar bagus dan menarik di Tiktok, mereka pun menjadi penasaran dan mencari lagu tersebut di platform musik lainnya.

Mengenal Video Tiktok, Aplikasi China Juara Dunia 05 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Alat Musik Termahal di Dunia, Harganya Setara Puluhan Apartemen]

 

Dengan begitu, secara tidak langsung, Tiktok juga bisa menjadi alternatif promosi lagu bagi musisi atau label baru untuk mengenalkan musiknya kepada masyarakat luas.

 

Kontroversi Tiktok

Meskipun memiliki banyak prestasi, aplikasi satu ini tetap saja tidak lepas dari sejarah kontroversinya yang pernah hadir. Mungkin Anda pun masih ingat beberapa kontroversi yang pernah muncul bersama Tiktok.

 

#1 Video Tiktok Sempat Diblokir Oleh Kementerian Kominfo RI

Di Indonesia, beberapa waktu lalu Tiktok pernah diblokir oleh Kementerian Kominfo RI. Anda pun mungkin masih mengingat kasus salah satu artis Tiktok yang sukses mengadakan meet and greet dengan follower Tiktoknya.

Keberadaan Tiktok dianggap membawa pengaruh negatif bagi anak-anak, sehingga beberapa pihak meminta dilakukan pemblokiran terhadap aplikasi ini.

Namun, setelah melewati berbagai negosiasi, pada akhirnya Tiktok kembali bisa diakses dan digunakan di Indonesia.

 

#2 Video Tiktok Resmi Diblokir di India

Bukan hanya di Indonesia saja, kontroversi Tiktok juga terjadi di luar negeri. Salah satunya di India.

Tiktok India telah diblokir secara resmi dengan alasan yang sama dengan di Indonesia, yaitu karena dianggap telah menjadi media penyebaran konten negatif dan pornografi.

Selain alasan tersebut, Tiktok India juga diblokir dengan satu alasan lain. Pemerintah India menganggap bahwa aplikasi Tiktok telah melanggar privasi pengguna dengan mengambil data penggunanya.

 

Tetap Banyak Pengguna Dari Seluruh Dunia

Terlepas dari kontroversi yang sempat terjadi dan dialami oleh aplikasi video singkat ini, faktanya aplikasi Tiktok tetap menjadi salah satu aplikasi dengan banyak pengguna di seluruh dunia.

Nah, itulah beberapa hal mengenai video Tiktok, aplikasi China juara dunia. Dengan semakin besarnya Tiktok, sebenarnya ini menjadi peluang bagi pengembang lain untuk menciptakan aplikasi pembanding atau rival dari aplikasi ini. Dengan begitu, persaingan di pasar juga akan semakin menarik.

 

Menurut Anda, selain alasan tersebut, apakah ada sebab lain mengapa Tiktok bisa menjadi aplikasi juara dunia? Jika ada, sampaikan pendapat Anda dengan menuliskannya di kolom komentar.

Dan apabila menurut Anda informasi pada artikel ini menarik, Anda bisa membagikannya juga kepada teman atau kerabat Anda lainnya.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 11 Agustus 2019. Tiktok, Aplikasi China Juara Dunia. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2mey2W0

 

Sumber Gambar:

  • Video Tiktok 01 – https://bit.ly/2kgVGk4
  • Video Tiktok 02 – https://bit.ly/2lT2kxp
  • Video Tiktok 03 – https://bit.ly/2kLi0CA
  • Video Tiktok 04 – https://bit.ly/2lShEul
  • Video Tiktok 05 – https://bit.ly/2kgVQYI