Artikel ini akan memberikan Anda 10 daftar alat musik termahal di dunia yang harganya dapat mencapai ratusan miliar Rupiah. Tidak percaya?

Simak artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Alat Musik Termahal di Dunia

Musik adalah sebuah bahasa universal yang dapat memberikan sejuta makna dan arti. Tentu saja sebuah keahlian seni harus disalurkan melalui alat yang tepat.

Jika Anda seorang seniman musik, Anda pasti tahu bahwa kualitas alat musik menentukan kualitas suara musik yang dimainkan. Hal inilah yang membuat para musisi berani membayar harga tinggi untuk memiliki alat musik yang berkualitas.

Kali ini Finansialku akan memberikan informasi 10 jenis alat musik termahal yang pernah dijual di dunia.

Harga yang sangat tinggi ini memiliki beragam alasan. Ada yang karena nilai sejarahnya, ada pula yang dikarenakan kualitas alat musik itu sendiri.

 

Alat Musik Termahal di Dunia #1: MacDonald Stradivarius Viola (US$45 Juta)

Nama biola ini diambil dari nama salah satu pemiliknya pada abad ke-19. The MacDonald adalah satu dari 10 biola Stradivarius utuh yang tersisa di dunia.

Biola ini dimainkan oleh co-founder Amadeus Quartet, Peter Schidlof hingga akhir hayatnya di tahun 1987.

Dilelang dengan harga yang fantastis, yakni 45 juta dolar AS (setara 630 miliar rupiah), biola langka legendaris ini belum mendapat pembeli yang cocok. Jadi, jika Anda berminat, biola ini masih bisa Anda dapatkan.

 

Alat Musik Termahal di Dunia #2: Duport Stradivarius Cello (US$20 Juta)

Pada tahun 2008, Nippon Music Foundation membeli cello karya Stradivari di tahun 1711 ini dengan harga 20 juta dolar AS (280 juta rupiah). Harga yang sangat fantastis!

Cello ini diberikan nama dari pemiliknya terdahulu, Jean-Louis Duport, pada abad ke-19.

Salah satu keunikan cello ini adalah lekukan atau peokan yang sangat terlihat pada cello ini. Rumornya, peokan ini disebabkan oleh sepatu boots Napoleon Bonaparte pada saat Duport meminjamkan cello ini ke beliau.

 

Alat Musik Termahal di Dunia #3: The Vieuxtemps Guarneri Violin (US$16 Juta)

Tidak tanggung-tanggung, biola ini memiliki harga setara miliaran Rupiah. Kabarnya biola ini dalam kondisi yang sangat baik dan tidak ditemukan adanya penambalan, walaupun umurnya telah mencapai 275 tahun.

Alat musik termahal ini dibuat oleh salah satu pembuat alat musik asal Italia yang sangat terkenal yaitu Guiseppe Guarneri di tahun 1741.

10 Alat Musik Termahal di Dunia, Harganya Setara Puluhan Apartemen 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Karier Ed Sheeran yang Akan Menggelar Konser di Indonesia]

 

Pemilik baru yang tidak ingin diketahui namanya mendonasikan biola ini sebagai pinjaman seumur hidup kepada Anne Akiko Meyers, seorang violis Amerika.

Nama biola ini diambil dari nama pemiliknya terdahulu, yaitu pemain biola terkenal asal Belgia, Henri Vieuxtemps. Setelah Henri, biola ini juga telah digunakan oleh Yehudi Menuhin, Pinchas Zukerman dan beberapa pemain biola legendaris.

 

Alat Musik Termahal di Dunia #4: Lady Blunt Stradivarius Violin (US$15,9 Juta)

Biola ini merupakan salah satu dari 2 biola yang dijaga dengan sangat baik. Biola ini dilelang pada penggalangan dana untuk gempa bumi dan tsunami Tohoku di tahun 2011.

 

Alat Musik Termahal di Dunia #5: The Paganini Stradivarius Cello (US$6 Juta)

Walaupun Anda tidak pernah memainkan alat musik bersenar, tetapi nama Antonio Stradivari mungkin sering terdengar. Pembuat alat musik termahal senar asal Italia ini merupakan salah satu yang paling terkenal di dunia.

Cello ini dahulunya dimiliki oleh Nicolo Paganini dan terakhir dimiliki oleh Bernard Greenhouse. Setelah kematiannya, keluarga Greenhouse memutuskan untuk menjual alat musik tersebut dengan niat agar alat musik tersebut jatuh ke tangan pemusik yang pantas.

Pembeli cello ini adalah seorang ‘pelindung seni’ asal Montreal. Ia meminjamkan cello ini kepada Stephane Tetreault, seorang musisi muda yang memiliki karier yang cukup menjanjikan.

 

Alat Musik Termahal di Dunia #6: The Heintzman Crystal Piano (US$3,2 Juta)

Salah satu alat musik luar biasa diperlihatkan kepada dunia pada pembukaan Olimpiade di Beijing pada tahun 2008. Piano yang memiliki keindahan luar biasa ini didesain oleh produsen piano asal Kanada, Heintzman Pianos.

10 Alat Musik Termahal di Dunia, Harganya Setara Puluhan Apartemen 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gelar Konser di Jakarta, Begini Perjalanan Karier John Mayer]

 

Piano ini dimainkan oleh Lang Lang pada saat pembukaan Olimpiade. Piano yang memiliki eksterior bening dan terbuat dari kristal ini hanya dimainkan dalam kurun waktu singkat dan dijual pada pelelangan kepada pembeli yang tidak ingin diberitahukan namanya.

 

Alat Musik Termahal di Dunia #7: The Reach Out to Asia Fender Stratocaster (US$2,7 Juta)

Fender Stratocaster adalah sebuah gitar eletrik yang didesain pada tahun 1954 oleh Leo Fender, Bill Carson, George Fullerton dan Freddie Tavares.

Di tahun 2004, untuk membantu para korban tsunami Samudra Hindia, sebuah fender strat yang telah ditandatangani dilelang.

10 Alat Musik Termahal di Dunia, Harganya Setara Puluhan Apartemen 03 - Finansialku

[Baca Juga: Dibalik Kisah Sukses Isyana Sarasvati dalam Mengejar Mimpi Jadi Musisi]

 

Tidak tanggung-tanggung, terdapat deretan artis dan musisi legendaris yang menandatangani gitar ini, mulai dari Paul McCartney, Eric Clapton, Bryan Adams, Keith Richards, Mick Jagger, Brian May, Jimmy Page, David Gilmour, Jeff Beck, Pete Townshend, Mark Knopfler, Ray Davies, Liam Gallagher, Ronnie Wood, Tony Iommi, Angus and Malcolm Young, Sting, Ritchie Blackmore, hingga Def Leppard.

 

Alat Musik Termahal di Dunia #8: John Lennon’s Steinway Z Piano (US$2,1 Juta)

Piano model Z merk Steinway ini merupakan salah satu piano legendaris. Piano yang pernah dimainkan oleh John Lennon dan Yoko Ono ini dibuat pada tahun 1970.

Pada pelelangan di bulan Oktober tahun 2000, George Michael membeli piano yang kabarnya memiliki bekas puntung rokok dengan harga 2,1 juta dolar AS (29 miliar rupiah).

Piano ini biasanya diikutkan pada tur khusus tempat tragedi kejam untuk memberikan nilai sentimental lirik lagu Imagine yang ditulis dan direkam John Lennon dengan piano tersebut.

 

Alat Musik Termahal di Dunia #9: Gasparo Bertolotti da Salo Viola (US$542 Ribu)

Gasparo adalah salah satu pembuat biola tertua di dunia yang mengembangkan seni pembuatan senar di abad ke-16. Beliau pun menerima murid untuk dapat meneruskan tradisi tersebut. Hingga saat ini, hanya ada 80 alat musik karya Gasparo yang masih bertahan.

 

Alat Musik Termahal di Dunia #10: Charlie Parker’s Grafton Alto Saxophone (US$210 Ribu)

Grafton Saxophone adalah sebuah saksofon alto yang terbuat dari plastik akrilik. Saksofon ini didesain oleh Hector Sommaruga di akhir tahun 1940-an yang dijual secara komersil di tahun 1950 hanya dengan harga 55 GBP (saat ini setara dengan Rp953 ribu), setengah harga saksofon kuningan konvensional.

10 Alat Musik Termahal di Dunia, Harganya Setara Puluhan Apartemen 04 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Kamera Termahal Di Dunia, Lihat Harganya Bikin Nangis!]

 

Salah satu musisi saksofon yang cukup dikenal masa itu adalah Charlie Parker. Kabarnya, salah satu sales Grafton meminta Parker untuk menggunakan saksofon tersebut untuk rekaman pertunjukannya di Toronto pada tahun 1953.

Parker dapat terdengar memainkan Grafton pada CD rekaman pertunjukan tersebut yang berjudul “Jazz at Massey Hall”. Saksofon yang digunakan Parker ini kemudian dijual di pelelangan di London pada bulan September 1994.

 

Bagaimana perasaan Anda? Takjub bukan? Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat. Silakan tuliskan komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 8 November 2016. The Top 5 Most Expensive Instruments In The World. Allianzmusicalinsurance.co.uk – https://bit.ly/32p5b1J
  • Admin. 21 Juni 2017. 10 Most Expensive Musical Instruments Ever Sold. Indiatoday.in – https://bit.ly/32tZsYw

 

Sumber Gambar:

  • Alat Musik Termahal 01 – http://bit.ly/311tO3k
  • Alat Musik Termahal 02 – http://bit.ly/2YqPt2W
  • Alat Musik Termahal 03 – http://bit.ly/2JVAFp4
  • Alat Musik Termahal 04 – http://bit.ly/2Yrl4l8

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG