Instrument Investasi Terbaik di Dunia adalah … Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas sebuah topik yang menjadi perdebatan “Kira-kira Instrument investasi seperti apa yang menjadi instrument investasi terbaik di dunia?”

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Instrument Investasi Terbaik di Dunia

Sebelumnya Finansialku pernah mengutip sebuah quote dari Louis Glickman yang menyatakan bahwa investasi terbaik di dunia adalah PROPERTI. Tapi apakah benar demikian?

Menurut Finansialku instrument investasi terbaik di dunia adalah investasi pada DIRI SENDIRI. Apa maksudnya?

Setelah mempelajari kisah sukses para investor top di dunia, seperti Warren Buffet. Kesuksesannya sempat menjadikan Warren Buffet orang terkaya di dunia setelah Bill Gates. Warren Buffet mengawali kisah suksesnya dengan memilih instrument investasi terbaik di dunia, yaitu pengembangan diri, meningkatkan pengetahuan dan pengalaman.  

Instrument Investasi Terbaik di Dunia - Pengembangan Diri - Finansialku

 

Banyak orang merasa investasi itu membingungkan, instrument investasi sangat banyak di dunia ini dan kebanyakan orang mempertanyakan instrument investasi terbaik di dunia. Kesalahan umum seorang investor pemula adalah:

  1. Fokus pada produk dan mencari untung secepat-cepatnya, sebesar-besarnya.
  2. Investor yang menyesuaikan produk investasi.

 

Jalan yang benar adalah:

  1. Investor pemula fokus pada pendidikan dan pengalaman. Setelah memiliki pengetahuan dan pengalaman, investor dapat berinvestasi dengan cara yang benar. Jika cara investasi sudah benar, kemungkinan profit akan mengikuti.
  2. Produk investasi yang menyesuaikan dengan tujuan – tujuan keuangan investor.

 

Berapa Jumlah Investasi Pada Diri Sendiri

Setelah kita mengetahui bahwa pengembangan diri adalah investasi terbaik, apa langkah selanjutnya? Mengenal berapa jumlah uang yang harus disiapkan atau dianggarkan untuk pengembangan diri. Kira-kira berapa jumlah uang yang harus dianggarkan untuk investasi pada diri sendiri?

 

English

Invest three percent of your income in yourself (self-development) in order to guarantee your future.

Brian Tracy

 

Indonesia

Investasikan 3% dari pendapatan Anda, sebagai garansi masa depan Anda.

Brian Tracy

 

Finansialku sendiri menganut pemahaman Brian Tracy dan kami juga meyakini bahwa investasi terbaik di dunia ini adalah pada Diri Sendiri (pengembangan diri). Berdasarkan hasil riset angka 3% kurang cukup besar untuk pengembangan diri di Indonesia.

 

Emang apa saja yang termasuk dalam pengembangan diri? Pengembangan diri tidak hanya di bidang investasi dan keuangan, tetapi  juga kesehatan (bayar personal trainer), musik (les musik), masak (les masak dan membuat kue), cara berkomunikasi, kepemimpinan, pemasaran dan lain sebagainya.

Berapa jumlah dana yang harus dianggarkan untuk pengembangan diri?

 

Investasikan minimal 5% dari pendapatan Anda, untuk pengembangan diri Anda.

Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Jadi kalau pendapatan seseorang Rp 10juta per bulan atau Rp 120juta per tahun, maka orang tersebut memiliki anggaran untuk pengembangan diri sebesar Rp 5% x 10.000.0000 = Rp 6.000.000 per tahun. Jika Anda meyakini juga investasi terbaik di dunia ini adalah investasi di Diri Anda, maka Anda tidak akan ragu untuk menganggarkan dana untuk mengembangkan diri Anda.

Pak, saya ingin ini, ingin itu banyak sekali dan angka 5% tidak cukup. Apa yang harus dilakukan? Gunakan skala prioritas!

 

Apa saran Anda?

Pak Ronald memiliki pendapatan Rp 5 juta per bulan. Ingin ikut kelas olahraga (gym) dan ingin belajar bermain musik. Disisi lain orang tersebut juga memiliki banyak tujuan keuangan, antara lain mencicil rumah, kendaraan dan mempersiapkan dana hari tua. Bagaimana membuat prioritas? Apa saran Anda untuk Pak Ronald? Silahkan tinggalkan komentar Anda

Pengembangan diri dapat dilakukan dengan banyak cara. Intinya adalah kita menjadi pribadi yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya. Pengembangan diri bisa dimulai dengan membaca buku, seminar, pelatihan, termasuk membuat rencana keuangan. Membuat rencana keuangan untuk dapat memenuhi apapun tujuan keuangan Anda, kapanpun waktunya dan berapapun jumlahnya.

 

Kesimpulan, Apa Investasi Terbaik di Dunia?

Jadi investasi terbaik di dunia menurut Finansialku adalah investasi pada diri sendiri (pengembangan diri yang berkelanjutan). Anggarkan minimum 5% pendapatan tahunan Anda untuk berinvestasi pada investasi terbaik di dunia yaitu Diri Anda Sendiri.

 

Sumber:

  • Water – http://goo.gl/44DRMP
  • Identifying Self Development – http://goo.gl/2SRXPO

 

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang