Virus Corona menyerang perekonomian global tak berarti menutup pintu-pintu investasi!

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Investasi Aman di Tengah Ketidakpastian Pasar Akibat Virus Corona

Pasca merebaknya virus corona di separuh dunia ini dampaknya menyasar pada perekonomian global. Termasuk Indonesia. Lajur investasi pun macet.

Meski begitu, ada banyak cara untuk memilih instrumen investasi yang tepat ditengah kondisi ekonomi di bawah bayang-bayang virus corona ini.

Biar Afdal, Simak 5 Investasi Paling Cocok Untuk Ibadah Haji 3

[Baca Juga: Investor, Pahami Dulu Perbedaan Investasi Obligasi dengan Saham]

 

Gambaran tentang investasi ini dijelaskan Direktur Strategi Investasi Bahana TCW Investment Management (Bahana TCW) Budi Hikmat serupa dengan kegiatan menanam dan menuai pohon.

“Investasi itu seperti menanam kalau ada buahnya jangan dibiarkan busuk buahnya bisa kita belikan pohon yang lain,” Dikutip dari CNBC Indonesia, Senin (09/03).

Kemudian, membeli valuta asing juga menjadi salah satu pilihan investasi di tengah ketidakpastian ekonomi karena virus corona.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira menjelaskan hal tersebut dengan melihat dari segi historis.

Bhima menyebut bahwa beda dengan krisis ekonomi di 2009 atau pun 1998, kini kebanyakan orang justru memilih membeli Yen Jepang dibanding Dolar AS.

Menurutnya pergerakan mata uang Jepang memang sedang menguat. Selama tiga bulan terakhir Yen Jepang mengalami apresiasi terhadap nilai Dolar AS hingga 2,8%.

Meskipun begitu, Bhima mengingatkan jangan terlalu gegabah melepas saham di kondisi seperti saat ini.

Pasalnya, masih ada kemungkinan keadaan pasar keuangan kembali membaik dalam waktu dekat.

“Tapi kita bisa lihat lagi datanya, kita akan menemukan bahwa seberapa cepat recovery itu. SARS aja 3 bulan, terus gaspol lagi. China hanya beberapa hari dia comeback. Jadi jangan asal ikut-ikutan jual,” Lanjut Bhima mengutip dari detik.com.

 

Tak perlu khawatir untuk memulai investasi meski keadaan pasar diambang ketidakpastian. Ingat, masih ada banyak cara. Tuangkan pendapatmu di kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya, agar orang lain juga tahu. Semoga bermanfaat, ya!

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Ade Miranti Karunia. 07 Maret 2020. Virus Corona Ancam Ekonomi, Ini Instrumen Investasi yang Patut Dilirik. Kompas.com – https://bit.ly/332nQkG
  • Dianda Audriene. 29 Febuari 2020. Siasat Investasi Ketika Ekonomi Diserang Virus Corona. CNN Indonesia – https://bit.ly/3302QLw
  • Herdi Alif Al Hikam. 07 Maret 2020. Di Tengah Serangan Corona, Investasi Apa yang Masih Aman? Detik.com – https://bit.ly/2Iyo3TA
  • Admin. 07 Maret 2020. Ini Investasi yang Bisa Dilirik Saat Ekonomi Global Terguncang Virus Corona. Kontan.co.id – https://bit.ly/2xnwcrx
  • Anisatul Umah. 08 Maret 2020. Pilihan Investasi Agar Tak Boncos Saat Corona Menyerang. CNBC Indonesia – https://bit.ly/2W7vCsr

 

Sumber Gambar:

  • Investasi di Tengah Corona – http://bit.ly/3aDR247