Tahukah Anda bahwa investasi emas di bank itu memang bisa. Mau tahu caranya? Simak lengkapnya dalam artikel ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mengapa Harus Emas?

Jika Anda berangan-angan untuk mencapai financial freedom atau bebas keuangan, maka investasi adalah hal yang perlu Anda lakukan. Selain surat berharga, emas juga kerap dijadikan sebagai instrumen investasi.

Umumnya, investasi emas dipilih karena tidak tergerus inflasi. Kalaupun nilainya turun, nominalnya tak akan signifikan.

Investasi emas juga bisa melindungi dari risiko kerugian dibanding investasi uang. Emas yang mudah cari (liquid) juga memudahkan seseorang jika membutuhkan dana dengan cepat.

Di samping itu, emas menjadi alat tukar internasional dan menjanjikan jaminan proteksi.

 

Tentang Menabung Emas

Menabung emas bisa menjadi pilihan jitu jika Anda baru mulai berinvestasi. Hal tersebut lantaran nilai emas cenderung tetap, bahkan kerap naik.

 

#1 Investasi Emas di Bank Memangnya Bisa?

Jika Anda bertanya, “Bisakah investasi emas di bank?” jawabannya bisa. Namun, bank yang dimaksud adalah bank syariah. Selain itu Anda juga bisa melakukannya di Pegadaian.

Menyimpan emas di bank syariah dan Pegadaian jauh lebih aman. Harga emas akan mengikuti harga pasar, sehingga Anda bisa menabung sebanyak yang Anda mau.

Investasi Emas di Bank, Emang Bisa Pahami Ini Dulu! 0 1 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO: Kenapa Harus Mulai Investasi Dari Sekarang??]

 

#2 Cara Menabung Emas di Bank dan Pegadaian

Menabung emas di bank syariah dan pegadaian tergolong fleksibel dan minim biaya. Rata-rata, biaya penitipan hanya Rp 2.500 per bulan.

Berikut cara memulai investasi atau menabung emas di bank syariah dan pegadaian:

  1. Datang ke bank syariah atau kantor Pegadaian dengan menyertakan dokumen identitas diri yang masih berlaku.
  2. Mengisi formulir, dilanjutkan dengan biaya administrasi.
  3. Memilih jumlah emas yang ingin ditabung serta biaya penitipannya. Biaya penitipannya dikalkulasikan langsung selama setahun. Jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang, Anda bisa menjual kembali emas tersebut ke Pegadaian atau bank syariah. Massa emas yang dapat dijual maksimal 1 gram.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI EMAS BATANGAN/PERHIASAN Untuk PEMULA

Mockup Ebook Panduan Berinvestasi Emas Batangan

Download Ebook Sekarang

 

#3 Ketahui Tujuan Investasi

Sama seperti jenis investasi lain, saat berinvestasi emas Anda juga harus mempertimbangkan waktu yang tepat. Selain itu, Anda juga sebaiknya secara jelas memiliki tujuan, yakni untuk jangka panjang atau pendek.

 

#1 Investasi Emas Jangka Panjang

Investasi ini diperuntukkan jika Anda memiliki kebutuhan masa depan yang cukup banyak, seperti jaminan hari tua atau biaya pendidikan anak. Anda bisa berinvestasi untuk 10 tahun ke depan.

Investasi jangka panjang bisa dilakukan dengan membeli banyak emas dan diendapkan selama waktu tersebut. Bisa juga dilakukan dengan membeli sedikit demi sedikit sampai mencapai nominal yang Anda inginkan.

Kendati terus mengalami kenaikan, Anda harus memperhitungkan keuntungan. Sebab, persentase kenaikan harga emas tiap tahun selalu berubah.

Investasi Emas di Bank, Emang Bisa Pahami Ini Dulu! 0 2 - Finansialku

[Baca Juga: Tabungan Emas Di Pegadaian Digital: Investasi Emas Aman, Nyaman dan Menguntungkan]

 

#2 Investasi Emas Jangka Pendek

Emas adalah pilihan baik untuk investasi jangka pendek. Hal itu disebabkan oleh keberadaannya yang tahan inflasi sehingga dapat dijadikan jaminan.

Jika suatu saat Anda perlu tambahan dana untuk membeli kendaraan, emas bisa dengan mudah diuangkan. Menjual emas tidak sukar asalkan memiliki surat resmi.

Menjual emas memang mudah. Tapi, Anda harus tetap jeli mempertimbangkan waktu yang tepat untuk bertransaksi. Ini bertujuan untuk mendapatkan laba dan memperhitungkan modal serta nilai penjualan.

 

#4 Keuntungan Investasi Emas

Berikut kelebihan investasi emas yang bisa Anda dapatkan:

  1. Mudah dicairkan. Emas mudah dicairkan dan bisa dijual kapan saja, termasuk dalam situasi mendadak.
  2. Dapat digunakan untuk tabungan darurat.
  3. Memiliki nilai yang stabil, bahkan cenderung naik.
  4. Makin mudah dengan tabungan atau kredit. Sebab, beberapa lembaga seperti Pegadaian dan bank syariah telah membuka tabungan emas.
  5. Memiliki risiko yang cenderung kecil.
  6. Dapat dimulai dari nol. Artinya, setiap orang bisa melakukannya.
  7. Emas adalah proteksi nilai yang kuat.

 

Investasi untuk Masa Depan

Investasi adalah cara paling jitu jika Anda ingin bebas finansial di masa depan. Selain reksa dana, investasi emas juga cocok untuk pemula. Keduanya ramah pemain baru dan memiliki risiko kerugian yang tidak terlalu besar.

Jika Anda masih kebingungan, konsultasikanlah dengan ahli keuangan Anda.

Anda bisa terhubung dengan perencana keuangan dalam aplikasi Finansialku untuk mendapat rekomendasi investasi emas yang tepat atau untuk mendapat penjelasan mengenai investasi lainnya.

Aplikasi ini juga bisa untuk mengatur dan mencatat keuangan Anda. Download aplikasinya sekarang dan manfaatkan fiturnya, ya.

playstore icon
appstore icon

 

Itulah penjelasan mengenai investasi emas di bank yang bisa Anda lakukan. Sebelum mulai berinvestasi, pastikan Anda sudah paham mengenai hal tersebut agar tidak terjadi kesalahan.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Dyah Ikhsanti. 05 Mei 2020. Kenali Cara untuk Memulai Investasi Emas Serta Saat yang Tepat! Aturduit.com – https://bit.ly/3c3IBRw
  • Miftahul Khoer. 17 Desember 2019. Banyak yang Kepincut, Ini Lho Kelebihan dan Kekurangan Investasi Emas. Cekaja.com – https://bit.ly/3moQl5r

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Emas 1 – https://bit.ly/33JGrms
  • Investasi Emas 2 – https://bit.ly/3mEUQcl