Mau investasi emas atau investasi berlian ya? Mana yang lebih untung? Apa benar harga emas itu selalu naik? Bukannya investasi berlian itu katanya lebih menjanjikan daripada investasi emas?

Daripada cuma asal tebak dan dengar dari sana-sini yang belum tentu kebenarannya, lebih baik ketahui perbandingannya dan baca sendiri informasinya berikut ini sebelum menentukan apakah mau investasi emas atau investasi berlian. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Emas vs Investasi Berlian

Dari zaman nenek kakek masih muda hingga sekarang mereka ganti beberapa gigi mereka pakai emas, investasi emas memang gak pernah ada matinya.

Investasi emas memang menjadi salah satu pilihan bagi mereka untuk menyimpan dan melipatgandakan uang mereka dengan aman tanpa takut mengalami ganasnya inflasi.

Tapi, tunggu dulu! Walaupun investasi emas memang dipercaya menjadi salah satu investasi andalan para investor, tapi, bukan berarti dengan berinvestasi emas maka investor tidak terhindar dari fluktuasi harga emas di pasaran.

Yang namanya fluktuasi itu pasti ada kalanya harga mengalami kenaikan bahkan penurunan, demikian juga emas.

Anggap saja, saat harga emas batangan mulai turun, tentu kamu jadi mulai berpikir kembali apakah investasi emas adalah pilihan yang tepat untuk berinvestasi bukan?

Kira-kira, apakah investasi emas masih menjadi pilihan yang oke, ataukah perlu ada pilihan lain seperti investasi berlian yang dipercaya lebih menguntungkan?

Tapi, apakah benar berlian bisa jadi alat investasi yang membawa keuntungan? Bukankah berlian biasanya hanya dimanfaatkan sebagai aksesoris saja, seperti di beberapa negara di Eropa dan Amerika?

Eits, jangan salah! Ternyata berlian juga dimanfaatkan sebagai alat investasi di beberapa negara berkembang lainnya seperti India, Cina dan Rusia. Investasi berlian malah bisa menjadi sebuah peluang investasi yang menjanjikan dan menguntungkan.

Sebelum berinvestasi, Anda bisa membaca ebook Panduan berinvestasi emas untuk pemula di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Panduan Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

Perbandingan Investasi Emas & Investasi Berlian

Untuk lebih jelasnya, yuk simak satu persatu dari investasi emas dan juga investasi berlian berikut ini sebelum kamu menentukan pilihan investasimu!

 

#1 Investasi Emas

Emas memang logam mulia yang sudah tidak diragukan lagi menjadi sebuah barang mewah, barang mahal yang tidak hanya digunakan untuk perhiasan, tetapi juga bisa dijadikan sebagai alat investasi yang membawa keuntungan.

Emas yang tetap mempertahankan harganya tinggi adalah emas batangan, bukan emas yang telah menjadi perhiasan karena biasanya harga emas yang sudah menjadi perhiasan akan berkurang nilainya.

Karena nilainya yang sangat berharga, emas batangan pun dijadikan oleh banyak orang sebagai aset kekayaan.

Fluktuasi dari harga emas batangan memang cenderung konsisten sehingga bisa dikatakan jika harga emas batangan mengalami kerugian, berinvestasi emas tidak terlalu rugi, demikian juga sebaliknya.

Prospek Investasi Emas 2019 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Bisnis Investasi Emas? Ketahui Dulu Cara Perhitungan Pajak Penghasilan Beli Emas]

 

Berikut ini beberapa keuntungan dari berinvestasi emas batangan yang perlu Anda ketahui:

  • Dapat dijual atau dicairkan dengan sangat mudah. Berbeda dengan investasi lainnya seperti reksa dana yang harus menunggu beberapa hari untuk mencairkan dananya.
  • Emas dapat dijadikan barang jaminan jika Anda sedang butuh dana cepat untuk menebus sesuatu.
  • Membeli emas bisa dengan cara mencicil dengan membeli program tabungan emas dari Pegadaian.
  • Harga emas cenderung konsisten dan mengalami kenaikan.
  • Emas cocok untuk investasi jangka panjang.

 

#2 Investasi Berlian

Selain emas batangan, berlian juga sudah menjadi salah satu pilihan untuk investasi.

Tapi, sebelum beralih ke investasi berlian, Anda perlu tahu beberapa pertimbangan berinvestasi berlian.

Nilai berlian memang tinggi baik saat dibeli maupun dijual.

Untuk berinvestasi berlian yang memiliki kualitas baik, Anda perlu memiliki sertifikat yang biasanya berisi tentang penjelasan karakteristik baru berlian tersebut dan menunjukkan keaslian berlian.

Mengenai harga berlian, fluktuasi dari harga berlian cenderung belum stabil jika dibandingkan dengan harga emas, sehingga risiko kerugian akan lebih besar karena fluktuasi yang tidak stabil ini.

Investasi Batu Berlian untuk Pemula, Berapa Modal yang Dibutuhkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Investasi Berlian Sebagai Investor Pemula?]

 

Berikut ini beberapa keuntungan dalam berinvestasi berlian:

  • Alat proteksi dari inflasi karena berlian kebal dengan inflasi.
  • Anonimitas dimana Anda tidak perlu mendaftarkan diri secara khusus untuk berinvestasi berlian, sehingga berlian bisa menjadi aset pribadi Anda.
  • Berlian bisa menjadi alat tukar yang sah di seluruh dunia.
  • Harga berlian tidak terikat sehingga berlian dapat mempertahankan nilainya.
  • Berlian memiliki fungsi ganda, selain menjadi alat investasi, berlian juga bisa menjadi perhiasan yang indah dan dapat dipamerkan.
  • Tahan lama dan tidak mudah rusak. Berlian pun tidak terlalu mahal perawatannya.

 

Ketahui Kelebihan dan Kelemahan Investasi Emas serta Investasi Berlian

Pertimbangan yang matang sebelum investasi akan menentukan keuntungan yang bisa Anda dapatkan di kemudian hari. Kedua barang mahal ini memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing untuk dijadikan barang investasi.

Mana yang menjadi pilihan Anda? Apakah investasi emas atau investasi berlian?

Gunakan Aplikasi Finansialku untuk mencatat arus keuangan Anda, dari pendapatan hingga pengeluaran bahkan mencatat anggaran serta rencana membeli barang.

Mencatat keuangan harian dan merencanakan dana kebutuhan menjadi lebih mudah dan praktis dengan Aplikasi Finansialku yang ada di genggaman Anda.

Anda bisa dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Anda dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Apabila Anda memiliki kesulitan dalam perencanaan keuangan, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jika Anda memiliki saran, tanggapan atau pertanyaan, Anda dapat menuliskannya pada kolom yang telah tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Fitriana Monica Sari. 11 Mei 2018. Investasi Emas atau Berlian, Ini Perbandingan yang Harus Anda Ketahui. Liputan6.com – https://goo.gl/XLgi9r
  • Setyo Kinanthi. 20 Maret 2018. Tertarik Investasi Berlian? Ini Keuntungan yang Akan Kamu Dapatkan!¬†Swara.tunaiku.com – https://goo.gl/xgNcny
  • Dewi Puri. 15 Maret 2018. Ini Lho 5 Keuntungan Investasi Emas Batangan, Yuk Dicoba!¬†Moneysmart.id – https://goo.gl/DSfPdg

 

Sumber Gambar:

  • Emas Vs Berlian – https://goo.gl/9MfPSV