Para calon investor, apakah Anda berminat untuk investasi berlian? Jika Anda berminat, mari kita simak sekilas mengenai investasi berlian termasuk cara investasinya berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Berlian? Mengapa?

Kondisi perekonomian memang selalu naik turun. Tetapi, sayangnya dalam 5 tahun terakhir ini perekonomian cenderung menurun. Dengan demikian, semakin banyak alternatif investasi potensial yang diincar para investor.

Salah satunya adalah investasi fisik seperti emas, perak, bahkan kini berlian. Investasi berlian sudah berkembang dan semakin digemari beberapa tahun terakhir ini.

Mengapa berinvestasi berlian? Memangnya menguntungkan?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, cobalah melihat beberapa alasan mengapa berlian ideal untuk dijadikan salah satu aset investasi Anda:

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

#1 Tidak Memakan Ruang

Alasan pertama yaitu tidak memakan ruang. Jelas sekali karena Anda bisa menyimpan berlian bernilai miliaran rupiah dalam sebuah brankas mini. Hal ini disebabkan oleh nilainya yang sangat tinggi.

 

#2 Tahan Lama dan Tidak Mudah Rusak

“Only diamond can cut a diamond” – Unknown

 

Sebagai substansi terkeras di dunia, Anda tidak perlu khawatir berlian Anda pecah saat terjatuh. Yang penting adalah menjaganya agar tidak hilang!

 

#3 Tahan terhadap Gerusan Inflasi

Layaknya logam mulia (emas), komoditi fisik memang umumnya tahan terhadap gerusan inflasi. Kelebihan lainnya yaitu tidak mudah rusak, seperti telah disebutkan sebelumnya. Dengan kata lain, berlian cukup ideal untuk dijadikan investasi.

 

#4 Dapat Dinikmati Keindahannya

“Diamonds are woman’s best friend” – Unknown

 

Karena berlian tidak mudah rusak dan keindahannya abadi, Anda bisa menggunakannya selama masa penyimpanan sebelum dijual kembali. Gunakan sebagai perhiasan atau hanya sekedar dinikmati keindahannya selagi masih berada di tangan Anda.

 

#5 Bersifat Fisik

Berbeda dengan saham atau reksa dana, berlian bersifat fisik.

Dengan kata lain, Anda bisa menggenggamnya, melihatnya, atau bahkan menggunakannya. Sifat ini menciptakan rasa aman karena uang Anda bukan hanya sekedar surat kepemilikan saham atau deposito.

Bagaimana Cara Investasi Berlian Sebagai Investor Pemula 02 - Finansialku

 [Baca Juga: Dibalik Alasan Mengapa Hacker Ransomware WannaCry Meminta Bitcoin, Mana yang Lebih Mahal: Bitcoin atau Emas?]

 

Namun satu hal yang sering diragukan oleh konsumen, apakah menguntungkan berinvestasi berlian?

Untuk menjawabnya, Finansialku akan menjabarkan sekilas mengenai investasi berlian sebagai berikut

 

Bagaimana Cara Memulai Investasi Berlian?

Melalui beberapa kelebihannya seperti telah diungkapkan sebelumnya, tentunya berlian menjadi salah satu jenis investasi yang patut dipertimbangkan.

Sebenarnya investasinya sederhana, seperti layaknya komoditi fisik lainnya, misalnya emas, perak, dan sebagainya. Prinsipnya adalah membelinya dengan harga murah, untuk kemudian dijual kembali dengan harga tinggi.

Namun, nyatanya tidak semudah dan sesederhana itu.

Bagi Anda para investor pemula, berikut tips-tips dalam memulai investasi berlian:

 

#1 Pelajari Dasar Investasinya

Namanya juga memulai sebuah investasi, tentunya harus dimulai dengan mempelajari dasar-dasar dan prinsipnya. Mulailah dengan mempelajari karakteristik berlian, mana yang bagus dan mana yang tidak.

Misalnya, Anda bisa mempelajari mengenai 4C dalam berlian, yaitu:

  • Color (warna)
  • Cut (potongan)
  • Carat (karat)
  • Clarity (kejernihan)

 

#2 Tentukan Anggaran Investasi

Setelah menentukan jenis berlian yang akan dibeli, maka selanjutnya Anda harus menentukan anggaran investasinya alias berapa banyak berlian yang akan dibeli?

Meski memang nilai awalnya cenderung lebih tinggi dari jenis investasi lainnya, jangan sampai Anda kalap dan overbudget dalam berinvestasi berlian ini.

 

Download Ebook Investasi Emas untuk Pemula

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang

 

#3 Lakukan Diversifikasi

Layaknya seorang investor sejati, don’t put all the eggs in one basket! Karena sekali jatuh bisa menghancurkan semuanya.

Penting untuk selalu melakukan diversifikasi dalam berinvestasi berlian, artinya bagi anggaran ke dalam beberapa buah investasi daripada menginvestasikan seluruhnya dalam satu jenis berlian saja.

Hal ini dilakukan demi antisipasi kerugian, karena Anda tidak akan pernah tahu, mana jenis berlian yang akan naik atau turun harganya.

Selain itu, hal ini akan membuat aset lebih likuid karena Anda bisa mencairkan sebagian saja.

Investasi Batu Berlian untuk Pemula, Berapa Modal yang Dibutuhkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Investasi Batu Berlian untuk Pemula, Berapa Modal yang Dibutuhkan?]

 

#4 Bandingkan Harga

Jangankan membeli berlian, membeli bawang putih saja Anda membandingkan dan menawar bukan?

Meskipun jelas, masih banyak yang belum menerapkan sistem perbandingan harga ini saat berinvestasi. Hasilnya? Yah rugi dong!

 

#5 Cari Berlian yang Langka dan Digemari

Sesuatu yang umum dan mudah dimiliki bukanlah sebuah aset yang ideal untuk dimiliki. Sesuai logikanya, sesuatu yang sulit didapatkan akan langka dan harganya akan naik.

Dengan demikian, carilah berlian yang langka, namun dicari banyak orang. Dengan demikian Anda meminimasi pesaing dan memiliki kemungkinan untung lebih banyak.

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

 

#6 Ketahui Apa yang Anda Dapatkan

Membeli berlian haruslah jelas asal usulnya, jangan sampai Anda seperti membeli kucing dalam karung. Untuk mengantisipasi kepalsuan, belilah berlian bersertifikat.

Ingatlah bahwa perbedaan kecil saja bisa mengubah harga berlian sangat banyak, sehingga penting untuk membeli berlian bersertifikat GIA, yakni gemological laboratory yang paling terkenal dan paling ketat aturannya.

 

#7 Lepas atau Terpasang

Saat menilai sebuah berlian, biasanya setting (kerangka) berlian tidak diperhitungkan. Namun apakah berarti Anda tidak boleh memasang berlian pada kerangkanya? Tentu tidak!

Setting yang baik dapat menonjolkan keindahan berlian, mulai dari bentuk hingga warnanya. Kenyataannya, mayoritas berlian langka yang diperjualbelikan terpasang pada sebuah setting yang indah.

Selain itu, Anda bisa menggunakannya jika berlian terpasang pada setting-nya.

Investasi Batu Berlian untuk Pemula, Berapa Modal yang Dibutuhkan 01 - Finansialku

[Baca Juga: 3 + 1 Prinsip Investasi Syariah yang Harus Diketahui oleh Calon Investor. Sudah Tahukah Anda Apa yang Dimaksud Riba?]

 

#8 Membeli Berlian dengan Harga Murah

Seperti telah dijelaskan pada poin #4, membandingkan harga dan mencari yang termurah adalah cara logis dalam berinvestasi berlian. Membeli dengan harga murah bukan berarti Anda membeli berlian yang tidak berkualitas.

Namun, artinya bagaimana cara memperoleh berlian berkualitas dengan harga murah.

Salah satu tipsnya adalah dengan membeli langsung ke produsen, dan menghindari pembelian dari pihak penengah.

 

#9 Jangan Malu Bertanya

Malu bertanya sesat di jalan, sebuah pepatah yang benar adanya. Begitu pula halnya dalam berinvestasi berlian.

Jika Anda masih tergolong baru dalam investasi berlian, jangan ragu untuk banyak bertanya. Hubungi ahli dan konsultan berlian untuk mengenal berlian lebih dalam.

Para HR, Ketahui Kapan Karyawan Mulai Berinvestasi! Ayo Bantu Mereka! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Terbaru! Cara Menanam Hidroponik di Rumah dengan Biaya Investasi yang Terjangkau]

 

Anda juga bisa menghubungi Finansialku untuk mengetahui solusi investasi yang tepat dengan anggaran dan kebutuhan Anda.

Dengan adanya perencana keuangan bersertifikat tentunya memudahkan Anda untuk memperoleh solusi keuangan berdasarkan fakta-fakta dan kondisi keuangan Anda.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kelemahan dalam Berinvestasi Berlian

Apa saja kelemahan dari investasi berlian? Sebelum mengambil keputusan lebih lanjut, simak dahulu beberapa risikonya berikut ini:

 

#1 Tidak Adanya Transparansi Harga

Berbeda dengan komoditi lainnya seperti emas dan perak, harga berlian tidak dapat dengan mudah dicek setiap harinya. Memang betul terdapat Rapaport Price List yang kerap dijadikan acuan, namun ini saja tidaklah cukup.

Pada akhirnya, harga berlian biasanya ditentukan oleh keseimbangan supply dan demand-nya.

 

#2 Sulit Diperjualbelikan

Membeli berlian merupakan hal yang mudah, namun sayangnya menjualnya akan menjadi hal yang sulit. Jika Anda berencana untuk berinvestasi jangka pendek, maka bisa dipastikan Anda akan rugi.

Mengapa? Karena biasanya penjual menerima pembelian berlian dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga jualnya.

Wow! Ini Dia 17 Material Termahal Di Dunia Sepanjang Masa 19 - Finansialku

[Baca Juga: Wow! Ini Dia 17 Material Termahal Di Dunia Sepanjang Masa]

 

#3 Membutuhkan Kesabaran

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, investasi berlian bukanlah investasi jangka pendek. Hampir mustahil untuk mengharapkan kenaikan harga hingga 20% dalam setahun pada investasi ini.

Namun, investasi ini bisa menguntungkan apabila dilakukan dalam jangka panjang.

 

Apakah Berlian merupakan Investasi yang Baik?

Setelah melihat serba serbi mengenai investasi berlian, apakah Anda sudah siap memulai investasi berlian Anda? Apakah investasi berlian menguntungkan?

Jawabannya adalah: Semua investasi akan menguntungkan jika Anda menjalaninya dengan bijak dan cerdas. Terkecuali investasi bodong yang memang ditujukan untuk menipu.

Dengan demikian, Anda bisa berinvestasi berlian asalkan Anda bisa meminimalkan risiko dan bersabar dalam melakukannya.

Apakah menurut Anda artikel ini memberikan manfaat? Jika iya, bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda yang juga sedang mencari alternatif berinvestasi.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai investasi berlian lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Noam Flint. Investing in Diamonds? All about Diamond Investment. Naturallycolored.com – https://goo.gl/166kPe

 

Sumber Gambar:

  • Cara Investasi Berlian – https://goo.gl/8JX7Rv
  • Investasi Berlian – https://goo.gl/DaNp9e

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang