Berapa modal yang dibutuhkan untuk investasi batu berlian? Pertanyaan ini mungkin kerap ditanyakan oleh para pencinta batu berharga satu ini terutama bagi investor pemula yang memiliki minat investasi batu berlian. Pada artikel kali ini, Finansialku akan membahas serba-serbi mengenai batu berlian agar investasi Anda menguntungkan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Apakah Investasi Batu Berlian Menguntungkan?

Terdapat banyak pilihan investasi yang dapat Anda coba, masing-masing dengan harga yang beragam serta risiko investasi yang berbeda. Salah satunya adalah investasi batu berlian. Investasi batu berlian adalah investasi yang sedang booming dan mulai menarik banyak perhatian investor.

Berlian merupakan batu alam yang tahan akan goresan, tidak mudah rusak dan sangat awet, tidak heran harga berlian pun sangat mahal, bahkan ada yang mencapai miliaran rupiah. Pada investasi berlian pun biasanya Anda membutuhkan asuransi atas berlian tersebut dan hal ini akan menambah biaya investasi awal Anda.

Harga batu berlian senantiasa meningkat, ini berarti, suatu saat nanti ketika Anda ingin menjual kembali berlian Anda, Anda tidak perlu takut nilai investasi Anda akan mengalami penurunan harga. Tetapi tentu saja, harga sebuah berlian itu sendiri ditentukan oleh beberapa faktor seperti berat dan sertifikasi yang akan dibahas pada subjudul berikutnya.

Investasi Batu Berlian untuk Pemula, Berapa Modal yang Dibutuhkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya yang Seharusnya Dikeluarkan untuk Sebuah Cincin Tunangan?]

 

Sebuah investasi akan menguntungkan jika Anda memiliki strategi investasi yang tepat, sama halnya dengan investasi batu berlian. Tanpa adanya strategi investasi yang benar, bisa saja investasi Anda akan menjadi suatu investasi yang merugikan. Salah satu contoh strategi yang tepat adalah dengan membeli berlian sebagai investasi sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Menguntungkan atau tidaknya suatu investasi juga sangat bergantung pada berlian yang Anda beli. Logikanya, jika berlian yang Anda beli adalah berlian palsu maka tentu saja investasi Anda adalah investasi yang merugikan. Tetapi jika ternyata berlian Anda adalah berlian asli dan harganya semakin meningkat, maka investasi Anda akan memberikan return. Sebelum membahas faktor-faktor yang menguntungkan, sebaiknya Anda mengetahui cara untuk membedakan keaslian sebuah berlian.

 

10 Ciri Berlian Asli

Sebagai pemula, Anda harus berhati-hati dalam membeli berlian karena maraknya penipuan yang menjual berlian dengan sertifikat palsu. Berikut adalah 10 ciri-ciri berlian asli yang harus Anda perhatikan setiap akan membeli berlian.

 

#1: Keras

Batu berlian adalah batu yang paling keras di bumi, ini berarti benturan keras atau goresan tidak akan ‘melukai’ berlian Anda. Perhatikan apakah ada kerusakan di berlian yang Anda miliki. Jika ya, maka mungkin saja berlian yang Anda beli adalah palsu.

 

#2: Memiliki Berbagai Warna

Tidak hanya berwarna bening, berlian pun ada yang berwarna pink, kuning dan biru. 3 macam warna tersebut termasuk berlian dengan jenis langka. Berhati-hatilah dalam membeli berlian yang ditawarkan oleh penjual terutama jika berlian Anda memiliki warna selain ketiga warna tersebut.

Perhiasan Emas Apakah Bisa Dijadikan untuk Investasi - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Perhiasan Emas Apakah Bisa Dijadikan untuk Investasi?]

 

#3: Dapat Menggores Benda Apapun

Kekerasan berlian lebih tinggi dibandingkan benda apapun. Salah satu cara untuk membuktikan keaslian berlian adalah dengan menggoreskan ke suatu benda yang cukup keras seperti kaca. Setelah Anda menggoreskannya, lihatlah berlian tersebut, jika tidak rusak maka berlian yang Anda miliki adalah berlian asli.

 

#4: Pencerminan Tidak Jelas

Berlian yang asli adalah berlian yang tidak dapat merefleksikan sesuatu dengan jelas. Jika Anda meletakkan berlian asli di atas koran, maka Anda akan kesulitan membaca tulisan di koran. Tetapi sebaliknya jika Anda dapat membaca tulisan di koran dengan jelas, maka berlian yang Anda miliki adalah berlian palsu. Biasanya berlian palsu dibuat dari kaca yang mampu merefleksikan sesuatu dengan jelas.

 

#5: Refleksi Abu-abu

Walaupun pencerminannya tidak jelas, berlian asli hanya dapat memberikan warna refleksi berwarna abu-abu. Jika berlian yang Anda miliki merefleksikan warna di luar daripada warna abu-abu, maka berlian tersebut kemungkinan berlian palsu.

 

#6: Tidak Berkabut

Selain cara-cara di atas, terdapat cara mudah yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui keaslian berlian Anda, yaitu dengan menghembuskan nafas ke berlian tersebut. Jika kabut cepat pudar, maka berlian tersebut adalah berlian asli, tetapi jika kabut bertahan lama, maka berlian tersebut palsu.

Kenali Perbedaan Menabung Dan Investasi yang Perlu Anda Ketahui 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Perbedaan Menabung Dan Investasi yang Perlu Anda Ketahui]

 

#7: Mampu Merefleksikan Cahaya

Pastinya Anda sering mendengar bahwa berlian yang asli adalah berlian yang berkilau. Hal itu benar, karena berlian asli akan mampu merefleksikan cahaya di sekitarnya dan dari setiap sisinya. Jika ada sisi dari berlian yang Anda miliki yang tidak mampu merefleksikan cahaya, maka kemungkinan besar, berlian tersebut adalah berlian palsu.

 

#8: Tidak Bisa Dipanaskan

Berlian asli dapat menghilangkan panas dengan cepat, ini berarti jika Anda memanaskan berlian dengan cara dipanaskan dengan api atau uap panas, berlian Anda tidak seharusnya terasa panas. Berlian palsu adalah berlian yang terasa panas setelah Anda memanaskannya.

 

#9: Tidak Mudah Tergores

Sama seperti poin kedua di atas, jika berlian Anda dapat menggores benda keras seperti kaca dan berlian Anda tidak tergores, maka batu berlian yang Anda miliki adalah batu berlian yang asli.

 

#10: Berlian Palsu Mengapung di Air

Penipu akan memanfaatkan segala cara untuk membentuk sebuah berlian palsu dan dijual dengan harga layaknya berlian asli. Salah satu cara yang sering dipakai oleh penipu adalah dengan mencampurkan berlian asli dengan berlian palsu. Cara ini dapat dideteksi dengan mencelupkan batu berlian ke dalam air. Jika berlian mengapung maka berlian tersebut adalah berlian palsu atau telah dicampurkan dengan batu mineral lainnya.

Menimbang Keuntungan Dan Risiko Investasi Yang Sesuai Dengan Diri Anda

[Baca Juga: Menimbang Keuntungan Dan Risiko Investasi Yang Sesuai Dengan Diri Anda]

 

9 Keuntungan Berinvestasi Berlian

Berikut adalah 9 keuntungan yang dapat Anda peroleh jika berinvestasi berlian:

 

#1: Kebal Terhadap Inflasi

Berlian merupakan jenis investasi layaknya properti, karena berlian adalah instrumen investasi yang kebal terhadap investasi. Semakin tinggi tingkat inflasi, semakin meningkat pula harga berlian. Selain itu, berlian dapat memberikan Anda perlindungan dari reformasi mata uang dan krisis pasar.

 

#2: Anonimitas

Tidak seperti saham yang memerlukan identitas diri Anda, jika Anda memutuskan membeli berlian, Anda tidak perlu memberikan data diri atau harus melakukan pendaftaran khusus. Ini berarti investasi berlian merupakan investasi yang sifatnya pribadi.

 

#3: Internasional

Sama halnya dengan logam emas dan perak, berlian adalah batu berharga yang memiliki sertifikat yang diakui oleh dunia dan diperdagangkan di belahan dunia manapun.

 

#4: Harga Tidak Terikat

Harga berlian tidak dikontrol atau ditentukan oleh kepemerintahan dari negara tempat berlian tersebut dijual. Oleh karena itu, nilai berlian dapat bertahan bahkan ketika krisis ekonomi sedang melanda.

 

#5: Nilai yang Senantiasa Meningkat

Bagi Anda yang gemar investasi pada dunia otomotif pasti mengerti bahwa harga mobil senantiasa menurun dan kehilangan nilainya setelah jangka waktu tertentu. Tetapi hal ini tidak berlaku pada investasi berlian. Berlian termasuk salah satu batu yang paling keras dan menjadikan berlian tidak mudah rusak, awet dan tahan lama.

Apa Saja Jenis Batu Akik Termahal di Dunia 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Jenis Batu Akik Termahal di Dunia?]

 

#6: Tidak Membutuhkan Biaya Perawatan

Karena ketahanan dan sifat dari berlian itu sendiri, jika Anda memutuskan untuk berinvestasi berlian, Anda tidak memerlukan biaya untuk merawat berlian tersebut dan tidak perlu merogoh kocek untuk menjaga kualitas berlian.

 

#7: Permintaan Lebih Banyak dari Penawaran

Permintaan berlian diperkirakan akan terus meningkat sampai pada tahap di mana penawaran akan lebih rendah dibandingkan dengan permintaan. Dengan meningkatkan permintaan pasar akan batu berlian, maka hal tersebut akan meningkatkan harga berlian di masa yang akan datang.

 

#8: Nilai Emosional

Produk investasi yang satu ini adalah produk investasi yang memiliki nilai emosional, yang artinya berlian dapat dijadikan barang berharga yang diwariskan secara turun temurun dari 1 generasi ke generasi lain.

 

#9: Fungsi Ganda

Selain dijadikan produk investasi, Anda pun dapat menjadikan berlian sebagai perhiasan untuk mempercantik diri Anda. Dengan fungsinya yang ganda, maka berlian termasuk salah satu instrumen investasi yang cukup digemari oleh kaum wanita.

Hati-Hati Investasi Bodong, Berkedok Investasi Emas 2 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-Hati Investasi Bodong, Berkedok Investasi Emas]

 

Faktor yang Mempengaruhi Harga Berlian

Kembali ke pertanyaan awal, sebagai pemula mungkin Anda ingin mengetahui hal apa saja yang dapat mempengaruhi tinggi rendahnya harga sebuah berlian. Berikut adalah 4 faktor yang mempengaruhi harga berlian.

  • Berat berlian. Semakin berat sebuah berlian semakin mahal pula berlian tersebut. Harga berlian per karatnya juga berbeda, harga per karat untuk berlian dari 0,5 – 0,99 berbeda dengan 1,00 – 1,49. Berlian dengan karat kecil pun tidak sama nilainya dengan berlian dengan karat tinggi
  • Kualitas berlian. Pertama-tama, kualitas berlian dilihat dari potongannya. Semakin simetris potongan berlian, proporsi crown yang tepat serta kualitas poles yang baik dapat meningkatkan harga berlian tersebut. Kedua, kualitas sebuah berlian dilihat dari tingkat kejernihan berlian. Berlian yang jernih berarti tidak ada cacat bawaan dan tidak ada mineral lain yang terikut.
  • Kualitas sertifikasi. Terdapat banyak lembaga pemeringkat yang dapat mengeluarkan sertifikat atas berlian, seperti GIA (Gemological Institute of America), AGS (American Gem Society) dan lembaga lainnya. Biasanya sertifikasi GIA adalah yang paling terpercaya dan dikenal di seluruh dunia.
  • Bentuk berlian. Suatu berlian mendapatkan bentuk yang ada di pasaran setelah melalui proses pembentukan dan pembuangan dari berlian mentah. Banyak tidaknya berlian yang terbuang dari berlian mentah akan mempengaruhi harga berlian tersebut. Selain tersebut, jika bentuk berlian tersebut populer dan permintaannya tinggi, maka harga bentuk berlian tersebut pun akan semakin tinggi.

 

Memulai-Berinvestasi-Dari-Diri-Anda

[Baca Juga: Tips Memulai Berinvestasi, Mulailah dari Diri Anda Terlebih Dahulu]

 

5 Tips Berinvestasi Berlian untuk Pemula

Sebagai pemula, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti sebelum membeli berlian.

 

Tips 1: Pilih Tingkat Warna Mulai dari D-H

Skala warna ini adalah skala warna yang ditentukan oleh GIA (Gemological Institute of America), dimana peringkat D-F adalah warna yang paling bening atau putih sedangkan terus menuju Z adalah tingkat warna yang paling buram (cenderung kuning kecoklatan). Untuk sarana investasi, disarankan membeli berlian warna D-H adalah ini adalah berlian yang paling diminati.

 

Tips 2: Pilih Bentuk Berlian yang Klasik

Bentuk berlian berbeda-beda, ada yang bentuknya klasik seperti bulat (round), persegi (square), ada pula yang bentuknya hati, bunga, oval atau berbentuk seperti buah pir. Bentuk klasik adalah bentuk berlian yang paling menguntungkan karena harganya tidak mahal dan harga jualnya pun tinggi.

 

Tips 3: Pastikan Kualitas dengan Sertifikasi

Kualitas sebuah berlian ditentukan oleh institusi besar, salah satunya adalah GIA. Dengan membeli berlian yang mempunyai sertifikasi resmi, Anda dapat menjamin kualitas investasi berlian serta keaslian berlian yang Anda beli.

 

Tips 4: Perhatikan Karakteristik Berlian

Terdapat 4 acuan yang dapat Anda pakai untuk menilai sebuah berlian yang disingkat menjadi 4C, yaitu:

  1. Clarity, yaitu kejernihan suatu berlian, dimana yang terbaik adalah flawless atau tidak memiliki cacat sedikitpun
  2. Color, yaitu warna sebuah berlian, semakin jernih atau putih warna sebuah berlian, maka harganya akan semakin mahal
  3. Cut, yaitu potongan sebuah berlian yang akan menentukan kilau sebuah berlian. Semakin bagus potongannya, semakin berkilau pula sebuah berlian.
  4. Carat, yaitu berat atau satuan berlian yang mana layaknya gram pada emas, semakin tinggi karat sebuah berlian semakin mahal pula berlian tersebut. Tetapi harus diingat bahwa 1 karat berlian akan lebih berharga dibandingkan 5 buah berlian yang ditotal 1 karat.

 

moms-sudah-tahu-perbedaan-emas-putih-dengan-emas-kuning-biasa-finansialku

[Baca Juga: Moms Sudah Tahu, Perbedaan Emas Putih dengan Emas Kuning (Biasa)?]

 

Tips 5: Waktu Untuk Membeli Berlian

Setiap investasi akan menguntungkan apabila waktu Anda membeli investasi tersebut tepat.

  • Belilah berlian pada saat dana investasi Anda mencukupi.
  • Pastikan bahwa Anda telah memiliki cadangan dana darurat sehingga Anda tidak perlu terpaksa menjual berlian dengan harga di bawah harga beli Anda.
  • Belilah berlian pada saat harganya sedang rendah.

 

Belilah Berlian di Toko Terpercaya

Untuk menghindari kerugian, sebaiknya Anda membeli berlian dari toko terpercaya dan yang sudah menjadi langganan investor berlian lainnya. Jangan sampai hanya karena perbedaan harga yang tidak seberapa, Anda membeli berlian palsu.

 

Setelah membaca artikel ini, tertarikkah Anda untuk berinvestasi pada batu berlian? Pernahkah Anda ditipu atau ditawarkan berlian palsu? Bagikan pengalaman Anda pada kolom komentar di bawah ini. Selamat berinvestasi!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 2 Juni 2016. Berlian – 10 Ciri Berlian Asli. Orori.com – https://goo.gl/z6KqTt
  • Admin. 19 November 2015. Berlian – 9 Keuntungan Investasi Berlian. Orori.com – https://goo.gl/Apmjfh
  • Admin.23 November 2015. Berlian – Apakah Investasi Batu Berlian Menguntungkan? Orori.com – https://goo.gl/rD4bDm
  • Admin. 1 Desember 2016. Berlian – Ingin Mulai Investasi Berlian? Perhatikan 4 Hal Ini? Orori.com – https://goo.gl/ot0cFV
  • Admin. 3 Oktober 2016. Panduan Cara Mengetahui Harga Berlian Hari Ini. Permata-berlian.info – https://goo.gl/PRHqJO

 

Sumber Gambar:

  • Investasi Belian – https://goo.gl/lcOiyA
  • Berlian – https://goo.gl/LYpxEz

 

 

Download E-Book Panduan Investasi Emas Untuk Pemula (GRATIS)

Download Ebook Panduan Berinvestasi Emas untuk Pemula - Harga Emas Hari Ini - Finansialku

Download Ebook Sekarang