facebook_pixel

Moms Sudah Tahu, Perbedaan Emas Putih dengan Emas Kuning (Biasa) ?

Moms apakah Anda sudah tahu perbedaan emas putih dan emas kuning (biasa)? Baik emas putih dan emas kuning memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Jadi sebelum Anda berinvestasi, kenali terlebih dahulu karakteristiknya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Ternyata Mewariskan Reksa Dana kepada Ahli Waris itu Tidak Ribet

Kebanyakan orang tahunya emas itu warnanya kuning, padahal ada juga emas yang warnanya tidak kuning. Salah satunya adalah emas bewarna putih. Biasanya orang-orang menggunakan emas putih untuk perhiasan. Mulai dari anting-anting, kalung, cincin sampai dengan jam tangan. Moms, apakah sudah tahu perbedaan Emas Putih dengan Emas Kuning? Terus lebih unggul mana antara Emas Putih atau Emas Kuning? Nah, yuk kita sama-sama menyimak ulasan berikut ini….

moms-sudah-tahu-perbedaan-emas-putih-dengan-emas-kuning-biasa-finansialku

[Baca Juga : 7 Alasan Anda Harus Berinvestasi Emas, Sekarang Juga]

 

Sebenarnya emas putih terbuat dari emas kuning yang dicampuri dengan logam lain agar warnanya menjadi putih dan dilapisi dengan rhodium agar tampilannya menjadi  berkilau. Akan tetapi lapisan rhodium ini tidak bertahan lama, karena apabila lapisan rhodium ini dapat menipis. Tentu saja jika lapisan Rodhium menipis, maka emas putih tersebut akan pudar warnanya dan terlihat kekuningan. ingin tahu proses pembuatan emas putih? Yuk tonton video berikut ini:

 

Youtube Courtesy. Gabriel Jewelers. We can turn your Yellow Gold Jewelry into “White Gold” Rhodium Plating

 

Seperti pada video di atas, warna putih sebenarnya campuran antara emas murni (emas kuning) dengan logam lain. Kemudian emas tersebut dilapisi dengan menggunakan unsur kimia Rhodium. Lapisan Rhodium tersebut dapat pudar atau hilang jika sering digunakan, bergesekan dengan benda-benda tajam atau terlalu sering memoles cincin. Jika moms ingin membeli emas putih ketahui, Anda perlu tahu cara merawatnya :

 

Hati-Hati dengan Benda Tajam, Saat Menggunakan Perhiasan Emas Putih

Barang-barang yang terlalu sering digunakan akan memiliki risiko terbentur dengan benda-benda di sekitarnya. Hal itu juga berlaku pada emas putih. Jika perhiasan emas putih Anda terbentur, maka lapisan rhodium akan semakin menipis dan menyebabkan warna emas putih menjadi pudar.

pilih-investasi-logam-mulia-bersertifikat-atau-emas-lokal-cukim-2-finansialku

[Baca Juga : Mau Invest Emas, Pilih Logam Mulia atau Emas Tradisional (Cukim)?]

 

Jika Lapisan Rhodium Mulai Menipis, Lakukan Treatment dengan Melapisi Ulang

Apabila warna dari emas putih sudah mulai memudar, maka cara paling ampuh untuk mengatasinya dengan dilapisi Rhodium lagi agar warna emas putih kembali berkilau. Harga untuk pelapisan Rhodium ini tergantung pada seberapa pudarnya lapisan Rhodium pada emas putih dan seberapa tebal lapisan baru yang akan dibuat.

 

Jangan Memoles Emas Putih Terlalu Sering

Kebanyakan orang berpikir bahwa emas putih yang terkena goresan akan dibawa ke toko perhiasan untuk dipoles kembali. Namun cara seperti itu tidaklah efektif karena dengan memoles emas putih, lapisan rhodium pada emas putih dapat terangkat sehingga lama-kelamaan warnanya juga akan semakin pudar.

 

Dari uraian diatas sudah tahu kan, asal dari emas putih itu darimana dan bagaimana perawatannya. Nah sekarang kita akan membahas apa saja kelebihan dan kekurangan dari emas putih dan emas kuning. Moms kalau mau investasi emas, jangan lupa cek harga emas hari ini ya.

 

Kelebihan dan Kekurangan Berinvestasi Emas Putih dan Emas Kuning

Berikut ini penjelasan lebih detil mengenai plus minusnya berinvestasi di emas kuning (emas biasa) dan emas putih :

Emas Kuning

Kelebihan:

  • Emas kuning terbuat dari campuran emas murni dengan tembaga dan zinc
  • Harga emas kuning lebih murah dibanding emas putih.
  • Emas kuning juga tidak perlu dilapisi ulang seperti emas putih.
  • Emas kuning lebih klasik dan elegant dibandingkan dengan emas putih. 

Kekurangan:

  • Emas kuning terlihat bagus saat digunakan dengan orang yang memiliki kulit hangat (warna kulit sawo matang), tetapi jika digunakan oleh orang dengan kulit dingin (warna kulit lebih cerah dan pucat) akan terlihat pudar dan pucat.
  • Emas kuning harus dipoles secara berkala untuk mempertahankan kilaunya
  • Emas kuning lebih lunak dibanding emas putih sehingga lebih mudah tergores.

 

Pilih Mana Investasi Logam Mulia ANTAM atau Perhiasan Emas ya - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga : Pertanyaan Sulit, Kalau Investasi Emas Pilih Logam Mulia atau Perhiasan?]

 

Emas Putih

Kelebihan:

  • Emas putih terbuat dari campuran logam yang lebih kuat dibanding logam campuran emas kuning. Oleh karena itu emas putih lebih kuat dan tahan lama dibanding emas kuning.
  • Walaupun lebih kuat dari emas kuning, emas putih tetaplah ringan dan mudah dibentuk.
  • Apabila menginginkan perhiasan berwarna putih keabu-abuan, maka emas putih adalah alternatif pilihan yang lebih murah dibanding platinum atau titanium.
  • Emas putih bisa membuat berlian terlihat lebih bersinar, sedangkan emas kuning akan membuat berlian terlihat kekuning-kuningan.
  • Apabila menginginkan perhiasan yang terlihat modern, maka emas putih adalah pilihan yang tepat.

Kekurangan:

  • Beberapa emas putih mengandung nikel, sehingga menyebabkan reaksi alergi pada orang yang memiliki kulit sensitif. Sebelum membeli emas putih, sebaiknya tanyakan kandungan emas putih terlebih dahulu kepada penjual.
  • Kebanyakan emas putih menggunakan lapisan rhodium untuk membuatnya lebih bersinar. Akan tetapi lapisan rhodium dapat pudar sehingga Anda harus melapisinya lagi setidaknya setahun sekali.

 

 

Ringkasan

KeteranganYellow GoldWhite Gold
Daya tahan terhadap kerusakaanKuatSangat Kuat
Kekutan Agak LunakLebih Keras
Jika digunakan berulangTidak perlu perawatan khususHarus di lapisi ulang Rodhium
Kemudahan untuk diperbaikiMudahMudah tetapi perlu dilapisi
Biaya perawatanRelatif lebih murah Relatif lebih mahal

 

Setelah Tahu Perbedaan Emas Putih dan Emas Kuning, jadi Moms Pilih yang Mana?

Itulah penjelasan mengenai Emas Putih Vs Emas Kuning. Sudah dapat membayangkan kan apabila ingin membeli emas, mana yang harus dipilih, Emas Putih atau Emas Kuning. Jangan lupa share informasi ini ke ibu-ibu arisan atau saudara Anda, agar mereka juga benar saat memilih emas. 

 

Bu jadi kalau berinvestasi emas, pilih emas kuning atau emas putih? Silakan share jawaban Anda di bawah ini, terima kasih.

 

Sumber Gambar

  • White Gold vs Gold – https://goo.gl/JumGsQ

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment

Gratis Download E-book, Hanya untuk Anda!

Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula

Investasi Tepat, Untung Mendekat

Bagaimana cara berinvestasi reksa dana untuk investor pemula? Apa saja tips berinvestasi reksa dana agar untung lebih maksimal?

 

7.392 orang

sudah download